10 Keunggulan ASUS ZenBook Ultra Ringan Yang Bikin Liburanmu Jadi Asik


https://www.narasilia.com/2019/01/keunggulan-asus-zenbook-ultra-ringan-tipis.html
#2019PakaiZenBook

Banyaknya promo hotel dan tiket kereta gede-gedean sempat menggoda benak saya. Terbayang-bayang rasanya ingin cepat-cepat memesannya saja, mumpung murah dan banyak diskonnya.

Namun apa daya, rencana liburan berakhir gagal karena mendadak rumah harus direnovasi, ada yang bocor, dan kemudian disusul si kecil harus dirawat di rumah sakit. Mau tidak mau semua rencana jalan-jalan dibatalkan.

Sedih, penat, dan lelah cukup membuat saya sempat uring-uringan, kapan sih bisa menikmati liburan, saya butuh sebentar saja. Tapi begitu melihat si kecil yang terbaring penuh selang, aku harus tegar, gak boleh mengeluh.

Agar semuanya terhibur, solusinya saya membawa laptop ke rumah sakit. Tak apalah berat dibawa-bawa ke sini, tujuannya supaya bisa menghibur si kecil yang rewel, itu pun atas persetujuan suster dan dokter.

Dengan begitu, dia bisa mengalihkan rasa sakitnya dengan menonton film kereta kesayangannya dan belajar di saluran streaming pada layar laptop. Mengobati jiwanya.


https://www.narasilia.com/2019/01/keunggulan-asus-zenbook-ultra-ringan-tipis.html
Ada yang minta nonton kereta kesayangan di laptop

Saya pun jadi bisa selonjoran meluruskan punggung dan kaki di saat si kecil menguasai laptop. Uhhh, Alhamdulillah ya jika dinikmati, ternyata di rumah sakit pun bisa menjadi tempat liburan yang mengasyikkan. 

Saya bisa santai sejenak dari rutinitas di rumah. Seperti nyonya besar, bisa menitipkan pakaian kotor ke jasa laundry, makan tinggal ke warteg atau pesan online, dan lebih banyak hanya leyeh-leyeh menemani si kecil.

Ahh, asik banget. Kalau di rumah mana bisa begini? Yang ada malah sibuk mengurus tetek bengek ini itu yang tak kunjung habisnya. Kesimpulannya, hidup itu memang harus dinikmati saja, tak usah diratapi, right? 😘

Apalagi jika dia telah tertidur, laptop aku gunakan untuk menonton film, main games, melanjutkan menulis blog tanpa diganggu, menyelesaikan job content placement berharap semoga bayarannya bisa segera ditransfer. 

Meskipun tak jadi jalan-jalan, dengan laptop saya tetap bisa menikmati liburan. Apalagi banyak foto-foto perjalanan para teman yang terpampang di facebook maupun Instagram. Anggap saja ikut merasakan, dengan memberikan like dan mengomentarinya saja sudah membuat saya terhibur.

Namun sayangnya, laptopku sedikit 'malas loading', lama gitu deh, apalagi jika dipakai untuk mengedit foto dan untuk bermain games, argghh bikin kezel. Kalau sudah begini, lebih enak tutup laptop dan ikutan tidur dengan si kecil, hehe.. 

Tapi mana tenang jika dipikiran hanya ada tugas dan tugas. Hmm, jadi mengkhayal andaikan bisa punya laptop yang enteng, kerjanya cepat dan mumpuni seperti ASUS ZenBook yang sedang ramai dibicarakan, pasti lebih asik. Kenapa begitu? 

Konon katanya ASUS ZenBook tipe S UX391UA itu enteng tapi tahan banting, kerjanya wus-wus-wus, sehingga dapat mendukung kinerja multimedia, hiburan dan travelling dengan sangat baik, semua urusan jadi lancar, cepat selesai tanpa ada gangguan ngelag atau ngehang.

Hmm, seperti apa ya? Jadi penasaran 🤔

Kebetulan pertengahan bulan Desember lalu saya menghadiri undangan mbak Mira Sahid di bilangan Sarinah Jakarta, beliau adalah founder komunitas blogger yang mahsyur. Di sana kami diperkenalkan dan bisa memegang langsung laptop senilai 26 jutaan itu 🤩

Wow, senang banget dong!

Adalah ASUS Zenbook tipe S UX391UA, laptop ultrabook yang ramping, tipis, paling ringan dibawa. Mbak Mira menyatakan bahwa laptop ini sangat tangguh, ramping, ringan dan mempesona seperti dirinya. Hmm, jadi penasaran apa benar yang dikatakannya? 😊


10 Keunggulan ASUS ZenBook S UX391UA Yang Bikin Liburanmu Jadi Asik



1. Ultra Ringan dan Tipis

Beratnya cuma 1 kg lho, tebalnya hanya 12,9mm. Tanganku saja mampu mengangkat seperti sebuah baki minuman. Bentuknya ringkas, sehingga mudah diselipkan ke dalam tas. Bentuknya gak kegedean, gak menuh-menuhin tempat.

https://www.narasilia.com/2019/01/keunggulan-asus-zenbook-ultra-ringan-tipis.html
Satu tangan saya kuat mengangkat ZenBook ultra ringan dan tipis ini

Cocok banget jika nanti saya bawa saat travelling bersama anak-anak saat liburan. Pundak pun tak bakalan encok hanya karena membawanya ke sana kemari. Mau ngetik di pesawat, kereta, maupun bis dan mobil, asyik-asyik aja.

2. Bezel Ultra Tipis
Asus ZenBook S UX391UA memiliki bezel layar yang sangat tipis. Melalui teknologi NanoEdge Display, di ultrabook ini bezelnya hanya 5,9 milimeter. Inilah rahasia mengapa Zenbook bisa mempertahankan dimensi bodinya menjadi sangat ringkas.

Resolusinya Full HD (1920x1080 pixel), layar berukuran 13,3 inci namun tetap memiliki rasio sebesar 85% terhadap bodinya. Artinya sebagian besar frame berlayar LED. Cocoklah buat kita yang suka bekerja untuk membuat designer, mengedit foto atau video.

Memiliki color gamut Adobe sRGB sebesar 100%, kerapatan pixel 331ppi untuk reproduksi detail gambar yang tinggi. Sudut pandang atau viewing angle-nya juga sangat lebar mencapai 178⁰ sehingga dari samping pun kualitas warna layarnya tetap bagus.

3. Ultra Tangguh dengan Standar Militer
Apakah dengan bodi tipis dan ringan membuat laptop Asus ZenBook ini jadi lebih ringkih? Wah, tenang. ASUS ZenBook S UX391UA ini tahan banting, karena designnya sudah tersertifikasi Military Grade MIL-STD 810G.


https://www.narasilia.com/2019/01/keunggulan-asus-zenbook-ultra-ringan-tipis.html
Serangkaian test uji coba pada ketahanan ASUS ZenBook

Artinya sudah berhasil melewati serangkaian pengujian yang ekstrem, seperti tes guncangan (vibration test), tes jatuh (drop test), tes penggunaan di ketinggian (altitude test), hingga tes di suhu tinggi dan rendah (temperature test).

Jadi gak perlu deg-degan lagi kalau laptop ini jatuh, rusak tertindih di dalam tas ketika bepergian, atau saat dibawa ke tempat yang suhunya ekstrim. Kan Asus ZenBook gak gampang panas.

4Kinerja Ultra Kencang
Meskipun punya body tipis dan ringan namun performanya memiliki prosesor Intel Core i7-8550U, dengan konfigurasi 4 core 8 thread, dan memiliki kecepatan hingga 4.0GHz. Kencang dan irit daya karena menggunakan pemrosesan 14nm serta memiliki TDP 15 Watt.

RAM sebesar 16GB yang berjalan di frekuensi 2133MHz. Terdapat M.2 NMVe PCIe SSD sebesar 512GB, dan waktu booting hanya dalam hitungan detik. Mampu menjalankan beberapa game casual yang ada di Steam seperti Interplanetary, XCOM: Enemy Unknown dengan cukup baik.

Adanya dukungan GPU Intel UHD 620 memenuhi kebutuhan multimedia terkini, seperti dapat memutar video 4K, mendukung graphic powerhouse, aplikasi profesional seperti Adobe Photoshop, dan Lightroom.

5. Koneksi Ultra Cepat
ZenBook S UX391UA ini sudah didukung dengan tiga port USB Type-C. Dua di antaranya merupakan port Thunderbolt 3, kecepatan transfer data bisa sangat tinggi hingga 40Gbps karena adanya dukungan Port ini.

https://www.narasilia.com/2019/01/keunggulan-asus-zenbook-ultra-ringan-tipis.html
Banyak port buat koneksi kerjamu

Kita bisa mengoneksikan aksesoris high-end seperti external graphic card dock, berfungsi sebagai display output, sehingga bisa dikoneksikan dengan monitor ekstra seperti proyektor. Terdapat dua dongle yang tersedia, yaitu USB Type-C to USB Type-A, serta USB Type-C to HDMI.

Selain konektivitas melalui kabel (wired), ASUS juga menyediakan pilihan koneksi melalui fitur nirkabel (wireless), dilengkapi dengan Wi-Fi dual-band 802.11ac sehingga bisa terus terkoneksi ke internet. Adanya Bluetooth 4.2 juga bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti wireless headphone atau mouse.

6. Ultra Senyap
Duh, gak banget ya kalau di tempat umum berisik hanya karena bunyi kipas laptop, apalagi di rumah sakit, malu-maluin aja. Nah, Zenbook ini senyap banget, karena sudah dilengkapi dengan kipas bertekhnologi khusus yaitu fitur Quiet Fan. Cukup dengan mengakses fitur Quick Launch di Taskbar, lalu pilih ikon Quiet Fan, dan pilih opsi Quiet Fan ON untuk mengaktifkannya.


https://www.narasilia.com/2019/01/keunggulan-asus-zenbook-ultra-ringan-tipis.html
Jeroannya ASUS ZenBook S UX391UA

7. Ultra Dingin
Dengan menggunakan sebuah kipas ultra tipis dengan impeller yang tebalnya hanya 0,3 milimeter membuat ZenBook S UX391UA menjadi tak mudah panas. Tehnologi ini bisa menghasilkan aliran udara 13,4 % lebih baik dari kipas di ultrabook lainnya, sehingga suhunya bisa ditekan hingga 5⁰C lebih dingin.

8. Ultra Nyaman dengan ErgoLift Design
- Sudut bukaan laptop: ErgoLift adalah desain yang membuat bodi laptop bisa terangkat dan membentuk sudut 5,5. Sudut ini pun dapat membuat layar pada ZenBook S UX391UA bisa berfungsi sebagai penopang bodi saat kita gunakan, dan memiliki rongga ekstra di bagian bawahnya sehingga sirkulasi udara ultrabook tetap terjaga lebih optimal.


https://www.narasilia.com/2019/01/keunggulan-asus-zenbook-ultra-ringan-tipis.html
Nyaman banget ngetik pakai ASUS ZenBook S UX391UA

- Keyboard: Sudut ErgoLift juga membuat sudut pandang mata terasa pas dan sangat optimal untuk mengetik. Di tempat gelap pun kita tidak akan kesulitan menggunakannya, karena didukung keyboard yang ergonomis dan memiliki travelling distance 1,2mm. Dilengkapi dengan LED backlight sehingga di tempat gelap pun akan tetap nyaman.


https://www.narasilia.com/2019/01/keunggulan-asus-zenbook-ultra-ringan-tipis.html
keyboardnya nyala lho, cocok kalau lagi mati lampu

- Touchpad:  ZenBook UX391UA sudah dilengkapi dengan fitur gesture system, bisa disentuh hingga 5 (lima) jari, sehingga semakin mudah melakukan navigasi selama memakainya tanpa harus menggunakan mouse. Praktis banget kan?

https://www.narasilia.com/2019/01/keunggulan-asus-zenbook-ultra-ringan-tipis.html
tekhnologi touchpad dan fingerprint

Di ujung kanan atasnya terdapat sebuah sensor sidik jari (fingerprint). Sensor ini telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello di Windows 10 sehingga kita bisa masuk ke Windows tanpa password, pastinya keamanan semakin terjaga.

9. Ultra Audio Premium
Rongga yang ada di bawah bagian sudut ErgoLift juga berfungsi membuat sistem audio jauh lebih baik. Posisi dua speaker berada di bawahnya dan memiliki kemampuan surround sound, cocok banget untuk para pecinta film, music, dan games.

Suara yang dihasilkan memiliki tingkat distorsi yang rendah dan lebih jernih berkat penggunaan amplifier khusus. Ditambah dengan dukungan sistem audio bersertifikasi Harman Kardon dan SonicMaster Premium, ZenBook UX391UA bisa menghasilakan kualitas suara premium.

10. Baterai Ultra Awet
Baterai lithium-polymer 4-cell dan diklaim bisa bertahan selama 7 sampai 13,5 jam. Dengan kondisi layar tetap terang 50 persen, mode battery saving di Windows 10, Wi-Fi terkoneksi ke internet, dan melakukan streaming YouTube sambil membuka dua dokumen Microsoft Office.

Kalau perlu kita bisa mengisi daya laptop ini dengan adapter charger-nya yang ringkas dan mudah dibawa. Oiya, ada fitur khusus yaitu ASUS Battery Health Charging yang batas pengisian baterainya bisa disesuaikan.

Misalkan batas pengisian ke 80%, begitu baterai terisi pada batas itu, secara otomatis sistem akan mengganti atau menghentikan pengisian daya. Kondisi ini dapat memperpanjang usia baterai, sehingga tidak rusak jika pengisian daya dilakukan secara terus menerus hingga baterai penuh.

Berikut kesimpulannya:

Main Spesifikasi
ASUS ZenBook S UX391UA
 - CPU
Intel® Core™ i7-8850U Processor
8M Cache, up to 4.00 GHz
 - Operating System
Windows 10 Home
 - Memory
16GB 2133MHz LPDDR3
 - Storage
512GB PCIe 3.0 x4 SSD
 - Display
13.3" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080),
ultra slim, 60Hz, 300 nits
 - Graphics
Intel UHD 620
 - Input/Output
1x audio jack combo, 1x Type C USB3.1 Gen 1, 2x Type C USB3.1 Gen 2 (Thunderbolt™ 3) with fast charging and display connectivity support, WiFi
 - Weight
With anti-glare display: Approx. 1kg
With glossy display: Approx. 1.05kg
 - Camera
HD Webcam
 - Connectivity
Built-in Bluetooth V4.2
 - Audio
High-quality stereo speakers (with smart amplifier), Harman Kardon-certified ASUS SonicMaster Premium audio system
 - Battery
50 Whrs Lithium-Polymer Battery
 - Dimension
311 x 213 x 12.9mm (WxDxH)
 - Colors
Deep Dive Blue, Rose Gold
 - Price
Rp26.299.000
 - Warranty
2 tahun garansi global
          

Bagaimana, tertarik untuk memilikinya? Saya pun sangat demikian, asik banget deh kalau bisa pakai laptop ultra tipis, ringan dan keren ini. Saya berharap supaya menjadi solusi agar bisa bekerja sambil tetap menemani anak-anak berlibur dan refreshing dengan asik, aamiin.. 😇

Dengan ASUS ZenBook S UX391UA jasmani dan rohani kita tetap sehat bersinergi. Setuju??


18 komentar:

  1. Ringan dan tipis bangeet ya Mbak Lia. Praktis dibawa kemana_mana. Liburan pun bisa nenteng-nenteng laptop nih buat ngeblog. Nggak harus nunggu balik ke rumah dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, kerja langsung beres ya

      Hapus
  2. Wah beratnya hanya 1 kg? Keren banget ini ringan dan tipis bisa mobile ya ga bikkn rempong. Asus laptop inj spesifikasinya canggih udah pake standar militer segala...jadi kepengen punya 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seberat telor buat makan 3 hari hihi

      Hapus
  3. Ya ampun baca tulizan ini aku berasa pengen banget punya laptop ini. Naksir banget karena tipis mba dan kinerjanya udah pasti jempolan

    BalasHapus
  4. Banyak banget ya keunggulanya. Aq paling suka slim-nya itu lho. Ringan dibawa kesana sini.

    BalasHapus
  5. Iya rmang bawa laptop ke rumah sakit jadi tenang yaa.. apalagi laptopnya baru dan bagus macam laptop asus. Saya juga mauu. Hahaha.. tapi harganya. Masya Allah..

    BalasHapus
  6. Aku nih lagi kesel sama laptop aku mbak karena lemot banget. Kayanya ini pertanda aku harus ganti laptop deh. Asus ini enteng ya mbak jadi enak kalau dibawa2

    BalasHapus
  7. Suami aku rekomendasiin asus zenbook ini lho.. katanya dia lihat reviewnya di media online.. spesifikasinya oke, sangat ringan tapi kokoh.. apasih.. ya intinya asus yang aku punya sebelumnya lebih berat dan InshaAllah next laptop asus lagi.. nabung dulu ya.. btw, asik banget kalo dah punya laptop ini.. kemana-mana asik aja bawanya.. ringan sih

    BalasHapus
  8. Ya Rabbi kece amat nih ASUS ZenBook S UX391UA ya, udah slim ringan, tahan banting juga, fiturnya juga canggih dan lengkap.

    Cocok banget emang buat teman travelling&dibawa kemana2 nda bikin pegel hehehe. Ngarep banget dapet kado dsn doorprize ini deh, biar makin semangat nulisnya hihihi.

    BalasHapus
  9. prosesornya mantap sekali 17, punya saya baru i3. Jadi ingin beli nih. Wah tema blognya semakin mantap, sukses terus.

    BalasHapus
  10. Kasian dedenya udah sembuh? Tapi setidaknya bisa beristirahat sejenak di rumah sakit. Wah laptop tua saya juga udah mulai lemot, kayaknya kalo nambah Asus speknya oke banget nih

    BalasHapus
  11. Mau bgt punya ini, semoga aku bisa punya ini, keren bgt ya Mba

    BalasHapus
  12. yg bikin aku tertarik ama laptop ini krn tahan bantingnya sesuai std militer. utk yg punya anak msh balita, laptop thn banting kyknya wajib ya mba. secara laptopku aja udh sempet jatuh gara2 anak2. ga kebayang kalo sering2 begitu :D. makanya kalo cari laptop baru aku pasti cari yg kuat

    BalasHapus
  13. Waw spesifikasinya bagus banget ya Bunda. Aku jadi pingin juga nih beli laptopnya hehe

    BalasHapus
  14. kalo diliat2 sih malah kayak papan buat kertas gitu. ringan kayaknya pas buat dibawa ke mana2.

    BalasHapus
  15. Laptop masa depan, harga masih dalam tahap pengembangan. Saya berharap ke depannya ada lagi laptop kewlas premium dengan harga terkangkau. Yah, kecanggihan teknologi selalu bikin saya mupeng.
    Laptop punya keponakan berat banget, yang punya anak sahabat lumayan berat, bemum pernah terbayang dalam benak saaya ada laptop supertipis yang kokoh dan tahan banting serta canggih.
    Saya suka cara pikir Mbak, positif kala alami musibah. Hem, pasdahal; anak sakit 'kan bikin sedih dan riau, terutama saya. Semoga ke depannya anak Mbak tetap sehat, ya.Dan bisa liburan sungguhan bareng ASUS ke tempat asyik. Salam.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, jangan lupa gunakan akun googlemu agar tidak menjadi spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com