Cara Mudah Merapikan Alis Sendiri Agar Terlihat Natural

Cara Mudah Merapikan Alis Sendiri Agar Terlihat Natural 
“Widih, alisnya!”

Seberapa sering kamu memperhatikan alis seseorang yang melintas di depanmu atau bahkan dirimu sendiri? Kalau aku sering. 

Meskipun aku bukan orang yang suka berdandan, tapi diam-diam aku sering memperhatikan cara orang merias dirinya dengan make up. 

Terutama pada bagian alis yang rapi dan sesuai bentuknya, terlihat natural.


Cara Mudah Merapikan Alis Sendiri Agar Terlihat Natural


Alis yang sesuai dengan bentuk mata dan wajah membuat wanita tampak mempesona. Bahkan bentuk alis itu dianggap bisa membentuk karakter seseorang. 

Alis adalah bingkai mata, menambah cantiknya wajah. Coba saja kalau tidak ada alis, ngeri kan liatnya? Hehe..

Namun, ada rasa menggelitik ketika aku melihat seseorang yang bentuk riasan alisnya tidak sesuai dengan mata dan wajahnya. 

Bukan apa-apa sih, bukan usil, tapi menurutku banyak yang memaksakan bentuknya walaupun tidak sesuai dengan wajahnya.

Sekedar ikut-ikutan trend, tanpa menyadari karakter dirinya. Ketika sedang musim alis tipis, dia ikuti, sengaja mencukur, kemudian digambar lagi dengan pensil alis. Sedang musim alis tebal mirip shincan, dia ikutin lagi, labil.

Hasilnya malah terlihat aneh, tampak tidak natural, alis terlalu besar ukurannya dibandingkan matanya, atau sering banget pangkal alis dekat hidung mirip kotak batako. 

Bukannya cantik tapi jadi nampak sangar, judes, atau malah jadi terlihat sayu dan lelah.. *heuu

Kalau mau bersyukur mah sebenarnya alis yang sudah Allah ciptakan sejak kecil itu adalah anugerah. Pasti sudah pas ukurannya, bikin cantik sesuai bentuk wajah kita. 

Namun kitanya yang suka kurang puas, takut gak kekinian, akhirnya malah galau, ribet sendiri.

Hati-hati lho, Allah melaknat orang yang suka mencukur atau mentato alisnya, menurut pak ustad karena hal itu seperti tidak bersyukur pada penciptaan-Nya. 

Sebaliknya, orang yang bersyukur pada dirinya sendiri akan menambah cantik luar dalam

Dan kabar gembiranya, menurut survey, para lelaki pun menyenangi perempuan yang beralis natural, masih nampak bulu-bulu halusnya walau pun tipis, karena terkesan jujur dan tidak berlebihan.. *uhuy!

Cara Mudah Merapikan Alis Sendiri


Terus bagaimana dong kalau tidak boleh dicukur, kan kita mau juga terlihat cantik alami, natural? 

Boleh-boleh saja berhias untuk mempercantik diri, namun sebaiknya alis yang sudah ada, tinggal dirapikan saja, tanpa harus mencukurnya.

Kalau memang ingin menambahkan volumenya, tinggal dirias menggunakan alat rias khusus alis, lalu sapukan ke arah pelipis, sehingga akan tampak natural dan sedap dipandang.

Bahkan ada yang rajin memberi minyak menumbuh rambut untuk mengembalikan kealamian alis. 

Gimana? Mau coba?

Cara Mudah Merapikan Alis Sendiri Agar Terlihat Natural


Nah, jika ingin tetap mencoba berdandan, apa saja yang bisa diaplikasikan pada alis kita? Ini nih contoh-contohnya:

- Pensil Alis
Pensil alis memiliki bahan yang tidak terlalu pekat dan mudah dihapus, sehingga cocok bagi pemula. Bentuk yang menyerupai pensil mempermudah pengguna untuk membentuk pola dan menebalkan alis.

- Pensil alis dengan sikat
Biasanya pensil sudah dilengkapi dengan sikat, sehingga bulu-bulu pada alis tidak perlu dipotong, cukup disisir dan dirapikan menggunkan sikat alis tersebut. Untuk kulit perempuan Indonesia, pensil alis hadir dalam dua warna, yaitu hitam dan coklat gelap.

- Eyebrow powder
Kemasan menyerupai eyeshadow, tetapi bentuknya bubuk. Produk ini memang cukup sulit digunakan karena diaplikasikan menggunakan kuas khusus, apalagi jika membentuk pola alis. Eyebrow powder cocok digunakan untuk jenis alis yang sudah tebal dan memiliki bentuk rapi, namun jarang-jarang.

- Eyebrow gel
Produk lainnya adalah eyebrow gel. Produk ini mirip dengan eyeliner yang berbentuk gel, bahkan kuas yang digunakan juga sama. Eyebrow gel banyak diminati oleh orang-orang yang menginginkan tampilan alis bold.

Varian warna eyebrow gel juga lebih beragam, mulai dari hitam, cokelat tua, cokelat muda, hingga pirang. Produk ini kerap digunakan untuk berbagai acara fashion.

- Eyebrow mascara.
Sesuai dengan namanya, produk ini memang memiliki sikat yang mirip dengan mascara, hanya dengan ukuran yang lebih kecil. Eyebrow mascara umumnya tidak berwarna atau bening. Produk ini digunakan untuk merapikan alis yang sudah tebal dan berbentuk rapi.


Pakai Pensil Alis Sesuai Bentuk Wajah 


Tips agar alis lebih nampak sempurna adalah merapikan alis sesuai wajahmu. Ini penting banget..

Dan menurut beberapa artikel yang pernah kubaca, ada tips yang perlu kita ketahui agar bentuk alis sesuai dengan bentuk wajah, antara lain:

1. Wajah Bulat = buatlah garis alis yang tinggi agar wajah terlihat panjang
2. Wajah Kotak = sebaiknya jangan membuat garis alis yang terlalu lancip
3. Wajah Panjang = bentuklah alis dengan ekor alis yang agak panjang, agar tampak seimbang
4. Wajah Hati = sebaiknya hindari garis alis yang terlalu tebal
5. Oval = buatlah sudut garis alis yang natural untuk menyeimbangkan bentuk wajah

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat 5 cara untuk membuat alis sesuai bentuk wajah.

Sebagai pemula, kira-kira pakai riasan khusus alis mana yang lebih baik, apakah pensil alis, pensil alis bersikat, eyebrow powder, eyebrow gel?

Tenang jangan bingung, berdasarkan ulasan dari berbagai beauty enthusiast, produk terbaik untuk alis yang sering digunakan adalah pensil alis yang memiliki sikat, contohnya Pensil Alis Wardah.

Cara Mudah Merapikan Alis Sendiri Agar Terlihat Natural


Kenapa begitu? Ada beberapa alasan kenapa kamu harus pilih Pensil Alis Wardah.

(+) Keunggulannya, antara lain:

- Pensil alis Wardah hadir dengan dua warna yaitu cokelat dan hitam. Warna yang dihasilkan tidak terlalu pekat, sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari dan terlihat lebih natural, tidak berlebihan.

- Baik untuk muslimah. Karena beberapa ulasan dari beauty enthusiast bahwa pensil alis Wardah akan memudar jika digunakan saat wudhu, sehingga sholat tetap sah.

- Produk ini paling banyak dicari karena selain bahannya yang lembut, memiliki tutup dan sikat, harga juga sangat terjangkau, dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama hingga berbulan-bulan.

- Panjang pensil alis kurang lebih 15 sentimeter dengan berat bersih 100 gram. Pada umumnya dijual dengan harga Rp 35.000. Meskipun ada di beberapa toko atau distributor, harganya bisa bervariasi, lebih mahal atau lebih murah.

- Pensil alis Wardah memiliki kemasan yang simple, persis seperti pada gambar. Tidak ada kotak atau dikemas secaca khusus, hanya disegel menggunakan plastik. Oleh sebab itu, ketika membeli pastikan segel plastik tidak rusak.


(-) Namun sayangnya, tetap ada beberapa kekurangan dari pensil alis ini, seperti:

- Meskipun pensil alis Wardah sudah dilengkapi dengan sikat pada tutup pensil, tapi tidak disediakan rautan, sehingga harus beli secara terpisah.

- Produk ini tidak terlalu tahan lama dan memiliki kencenderungan mudah dihapus. Sehingga penggunaan alis harus dipulas dua hingga tiga kali dalam sehari, agar tampilan alis tetap rapi dan indah.

- Hal tersebut ada baiknya sih karena mudah dibetulkan jika salah, sehingga aman bagi pemula. Namun, akan menyulitkan jika harus digunakan untuk beraktivitas seharian.

Cara Mudah Merapikan Alis Sendiri Agar Terlihat Natural


Sekarang, pilihan ada ditangan kamu ya, teman. Kesimpulannya, Allah tetap menyukai keindahan, namun jangan berlebih-lebihan. Alis boleh dirias sekedar untuk dirapikan agar terlihat lebih natural dan cantik.

Selamat mencoba!


40 komentar:

  1. wah aku termasuk punya alis yang gak teratur , tapi jarang dibetulkan, mksh sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, semoga biar dipraktekan 😊

      Hapus
  2. Alisku itu tipe alis yang tebal dan hitam, jadi kalau di aplikasiin sama pensil alis mirip banget mbak kayak sinchan. Sampai sekarang, karena kebiasaan gapernah pakai pensil alis jadi gabisa bikin alis pakai pensil alis, sebenernya pengen banget mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sama mbak, toss kita, palingan kalo mau pergi pesta aja aku pake yg warna brown

      Hapus
  3. Ternyata bentuk alis itu bisa mempercantik bentuk wajah juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya karena alis itu bingkai mata yg punya karakteristik

      Hapus
  4. Harga produknya cukup terjangkau ya, pas banget di kantong emak-emak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap makanya nyarinya yg murah meriah tapi oke

      Hapus
  5. Sampai sekarang masih belum bisa bikin alis sendiri, selalu pakai cetakan wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi yg penting pas bentuknya

      Hapus
  6. Recomended baget nih, kebetulan pensil alisku uda mau abis, besok-besok beli ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes pilih yg baik dan halal

      Hapus
  7. Akuuuu adalah wanita yang kaga bisa rapihin alis, wkwkwk. Aku bingung, takut aneh. Pernah bikin alis, eh kata suamiku ky sinchan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk samaan dong kita mak.. yg ada aja dirapihin

      Hapus
  8. alat alat sih ready kak eksekusinya yang sulit hahaha thx tipsnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya ya, mari dieksekusi

      Hapus
  9. Mbaa, aku pun suka kalau lihat ada alis yang rapi teratur gitu. Bikin muka jadi kliatan pangling. Aku belum begitu jago pakai pensil alis tapi selalu mencoba untuk memakai pensil alis yang oke biar makin bikin pangling :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan, alis itu sederhana tapi kalo salah jadi bikin aneh atau sebaliknya kalo dirapihin dengan baik akan bikin pangling

      Hapus
  10. wakakka aku jarang sih ngalis kalau lagi pengen aja. sekarang malah lagi suka tampil bare face hanya sun screen. Tapi kalau diperlukan yang penampilan rapi akan aku usahakan untuk mengalis hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap gak harus setiap saat ngalis ya mbak 😊

      Hapus
  11. Waaahhh tipsnya bermanfaat banget nih, aku langsung praktekin buat merapihkan alis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mbak, terimakasih sudah mampir

      Hapus
  12. Aku beneran paling ga bisa ngalis gitu mba, jadi alis ya tampil apa adanya aja, pernah sih coba2 gitu ya pengen ngalis, tapi hasilnya jadi lucu wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi tapi kamu udah manis kok tanpa ngalis

      Hapus
  13. Dari dulu saya paling susah dan ga pernah berhasil tentang alis ini. Baca info ini jadi pengen praktekkan siapa tahu berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sebaiknya ngalis sesuai bentuk wajah dan trs konsisten

      Hapus
  14. Waah ternyata pinter make up yaa, mau dong dialisin, eh didandani alisku.
    Paling susah bikin cakep bagian mata nih, termasuk alis.
    Terima kasih mba Lia,. tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus latihan merapihkan terus menerus mbak

      Hapus
  15. Aku masih yang termasuk gagal kalau bikin alis mbak hihihi suka gak sinkron kanan sama kirinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha nah ini yg ngeri kalo kanan kiri beda

      Hapus
  16. Aku adalah orang yang bisa dibilang gak berani otak atik alis, jaman SD pernah di sipatin eh malah serem wkwkw. Trauma. Jadi sekarang cuma pake sisir alis :D nasib alis tebel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya kalau alis dah tebal sebaiknya pakai warna coklat muda dan cukup disisir aja

      Hapus
  17. aku juga suka perhatiin bentuk alis orang mba,, wwkwkw meskipun aku sendiri blas nggak pernah pake alis atau make up gitu. hihihi. Salut ya sama yang simetris banget rapiin alis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss kita, aku sudah usil dalam hati kalo liat alis yg kurang pas hihi, padahal kalo ngalis sendiri juga blm tentu bener wkwk

      Hapus
  18. Nda pernah bikin alis wkwkwk. Tp kmrn waktu didandanin MUA,doi bilang klo kekuatan pesona wanita itu ada pada daerah sekitar mata termsk alis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, banyak pria yg suka liat mata dan alis pasangannya

      Hapus
  19. Aku termasuk yg gak pernah merhatiin alis wkwkwk. Tapi suka liat alis org yg dihias tapi tetep natural gtu. Baru tau kalau pakai pensil alis kudu nyesuaiin tipe wajah jg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku pun begitu, suka liat alis yg didandanin tapi masih keliatan bulu-bulunya, jadi keliatan cantik natural

      Hapus
  20. Hiks mungkin aku cewe yg gk terlalu pusing sama alis y mba.. tapi punya pincil alis dr wardah jarang d pake juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha pensil alisku malah dijadiin ngegambar 😂😂

      Hapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com