Membuat Gula Halus Sendiri

Membuat gula halus sendiri itu ternyata gampang, asal punya blender, hehe. Ide ini muncul ketika aku sedang membuat donat tetapi lupa membeli gula halusnya, tanpa gula halus donat itu jadi kehilangan ciri khasnya.

Kebetulan aku menggunakan blender Electrolux, hadiah dari Rinso dan Fira Basuki, hehe.. (baca ceritanya Balada Blender di sini), jadi apapun bereksperimen dengannya.

Terus karena blender itu udah usang, akhirnya coba pakai blender Miyako. Memang sih ada perbedaannya, lebih cepat halus menggunakan Electrolux.

Gak papa lah, yang ada aja, yang penting ada gula halus, ya kan? Apalagi pas malas keluar rumah. Sekarang saatnya membuat gula halus, gampaaang banget, mau tahu caranya?

Caranya:

1.  Gunakan blender kecil penghancur bumbu kering. Masukkan gula pasir biasa seukuran setengah gelasnya. Jangan penuh-penuh nanti malah jadi gak halus.



2. Lalu pasang pada badan blender, putar dengan kecepatan perlahan-lahan, kemudian sedang, dan cepat.


3. Matikan dan periksa. Jika masih ada bongkahan, ulangi giling kembali.

4. Naah ini hasil akhirnya. Gak kalah keren kan dengan gula halus bermerk.


5. Oya, ada tips supaya hasilnya tidak menggumpal, bisa ditambahkan tepung maizena sebanyak 5% dari jumlah gula pasir yang kita haluskan tadi.

6. Simpan dalam toples atau wadah tertutup rapat supaya tetap kering.

Selamat mencoba!


3 komentar:

  1. kalau pake mixer bisa gk ya? soalnya blender rusak :'( yg ada tinggal mixer.. huaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai mixer gak bisa mbak, kurang halus.. cara lain bisa dengan digerus/diulek :)

      Hapus
  2. Anonim26.4.16

    Apa tips agar gula halus tidak menggumpal dan mengeras ketika disimpan didalam kemasannya ? apakah ada bahan tambahan lainnya ?

    BalasHapus