NarasiLia.com

be a good life and happy family

Mari Belanja di Koperasi Pabrik Khong Guan

Jika anda pernah tinggal di kawasan Cibubur-Ciracas Jakarta Timur, pasti tahu kan pabrik Khong Guan yang bertempat di jalan Raya Bogor km.26, posisinya persis di samping swalayan Naga. Di halaman depan terpasang baliho berbentuk kaleng biskuit yang fenomenal.

Setiap melewatinya pada sore hari, pasti tercium aroma biskuit yang harum dan manis semerbak keluar dari sana. Pertanda biskuit sedang diproduksi. Cukup membuat kenyang walaupun perut masih keroncongan.

Seingatku, tahun 80-an dan aku belum bersekolah, pabrik itu sudah ada. Jika pulang kantor, Ayah sering membawa oleh-oleh berupa biskuit remahan di dalam kaleng besar, isinya banyak. Katanya beli di koperasi pabrik Khog Guan. Kenapa disebut remahan? karena di dalamnya terdapat aneka biskuit yang sudah patah, remuk, tidak layak bentuknya, dikumpulkan dan dijual kembali dengan harga cukup terjangkau.

Mari Belanja di Koperasi Pabrik Khong Guan


Namanya anak-anak, meskipun bentuk biskuitnya jelek, tetapi tetap senang makan biskuit. Campuran antara remahan biskuit dan krimnya tetap enak dimakan. Apalagi jika dimasukkan ke dalam plastik dan ditumbuk. Cara makannya dengan menengadahkan kepala ke atas dan mulut menganga selebar-lebarnya. Rasanya memberikan sensasi tersendiri.

Sekitar mulut belepotan terkena bubuk biskuit, sedangkan lidah terus mengemut. Jika mulut penuh, bicara pun sulit karena akan menyemburkan bubuk biskuit itu. Blurp.. blurp.. Ah, jadi ingat masa itu, nostalgia yang membuat kangen.

Bicara soal koperasi Khong Guan, ternyata bukan hanya ada di Jalan Raya Bogor saja. Tetapi ada juga di daerah Cibinong, kabupaten Bogor. Kalau tidak salah di wilayah Rungkut, Surabaya juga ada. Yang saya tahu, tempat ini akan selalu ramai didatangi para pembeli eceran maupun borongan, apalagi musim menjelang hari Raya.

Harga yang ditawarkan memang sedikit murah dibanding toko-toko lainnya. Tak heran jika banyak yang rela antri untuk mendapatkan pilihan biskuit yang diinginkan. Bahkan sepanjang trotoar di sekitar pabrik akan terlihat para penjual dadakan yang beratapkan terpal, menjajakan aneka biskuit untuk memberikan solusi praktis bagi para pembeli eceran yang tak tahan antri.

Mari Belanja di Koperasi Khong Guan



Kali itu saya mencoba mampir ke salah satu koperasi Khong Guan di daerah Cibinong. Lokasinya dekat dengan ITC Cibinong yang bisa menembus ke arah Pemakaman Ciri Mekar. Saat itu saya sengaja melewatinya setelah berobat di Rumah Sakit Sentra Medika. Beruntung, lokasi sudah tergolong sepi, mungkin karena waktu menunjukkan pukul 14.30 WIB, sebentar lagi koperasi akan tutup. Kalau pun penuh, pasti saya akan mundur perlahan, gak kuat bejibun.

Mereka melayani pembeli setiap hari Senin hingga Jum'at mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB, Sabtu pada pukul 08.00 - 13.00 WIB, sedangkan hari Minggu/Tanggal Merah mereka libur. Ada tata tertib yang harus kita fahami, semua harus teratur mulai dari pemilihan biskuit, bayar, dan antri dipanggil kembali bersama pesanan.


Berikut caranya:

1. Ambil kertas kecil yang disediakan. Lalu pilih biskuit yang anda inginkan, di situ sudah tersedia harga pada masing-masing kue. Ada nissin, wafer, Genji, Togo, Superco, Combocheez, dan macam-macam lainnya. Anda tinggal tulis kode dan jumlah pesanan di dalam kertas.

Mari Belanja di Koperasi Pabrik Khong Guan
pilih dan tulis

2. Serahkan kertas pesanan dan bayar di loket kasir, tunggu hingga anda ditanya namanya dan menerima struk pembayaran sebagai tanda bukti. Pastikan antri dengan tertib. Sudah ada tiang pembatas, biasanya masih saja ada yang malas antri, bahkan ada yang titip-titipan macam bayar di loket Puskesmas saja.

Mari Belanja di Koperasi Pabrik Khong Guan
serahkan kertas dan bayar di loket ini.

3. Tunggu di kursi penantian, karena nama kita akan dipanggil. Jika sudah dipanggil, tunjukkan struk tanda pembayaran tadi untuk distempel bahwa pesanan sudah diterima. Kemudian semua pesanan akan diserahkan.

Mari Belanja di Koperasi Pabrik Khong Guan
tempat penyerahan pesanan biskuit

Mari Belanja di Koperasi Pabrik Khong Guan
lokasi menunggu dan beberes pesanan

Serunya melihat orang-orang yang berbenah membereskan posisi biskuit. Banyak sekali yang mereka beli. Sepertinya akan dijual kembali. Dapat untung Rp. 1000 - Rp. 2500 cukup membuat kantong kita terisi kembali jika jualan biskuit ini.

Anda tertarik?

Silahkan mampir ke lokasi:
Jakarta: Jl. Raya Bogor, km.26, Ciracas, Jakarta Timur (samping swalayan Naga)
Cibinong: Jl. H. Ashari no.35, dekat samping ITC Cibinong, Jawa Barat
Surabaya: Rungkut Surabaya


- by.Lia Lathifa

66 komentar:

  1. oh begitu ya, enak juga ay dibuat camilan sore dg harga yang murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bahkan bukan sore saja, tiap saat, anak2 paling suka ngemil :-)

      Hapus
  2. Biasanya ada diskon enggak bu kalau beli langsung disitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya sdh lumayan murah kurleb selisih smp 25-30%, kalau diskon besar gak tau deh

      Hapus
  3. Wahhh dulu ibuku sering belanja disitu loh mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah deketan dong kita :-)

      Hapus
  4. Oh di Surabaya ada juga. Asyik dong, bisa sedikit lebih murah kalo beli lamgsung di situ, ini cocok buat yang beli dalam jumlah besar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, banyak yg borong utk jualan atau oleh2 pulang kampung :-)

      Hapus
  5. kalo ke cileubut, saya sering lewat pabrik ini
    tapi ga pernah mampir :)

    btw kalo ingat khongguan jadi kepikiran pas lebaran 2014
    beli biskuitnya tapi isinya remah-remahan rangginang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mampir aja :-)
      eaaa, tertipu rengginang ya? haha

      Hapus
  6. Yang di Malang adakah? Lumayan nih buat pas lebaran nanti :D BTW, sudah follow blognya, ya? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe Malang sepertinya gak ada .. oh oke, terimakasih sdh follow me :-)

      Hapus
  7. Harga'a jauh lebih murah disini yah dari pada di super market

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, makanya banyak yg ambil buat jualan di warung

      Hapus
  8. Wah enak dong selain bisa nyemil terus juga bisa jualan dan dapet untung, hihihi sayangnya di Bandung gak ada :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya bisa ngirit kalo beli buat oleh2..
      Main ke Jakarta aja mbak :D

      Hapus
  9. jaman sd dulu, kalo makan biskuit biasanya saya hancurin dulu biskuitnya Mbak, rasanya lebih enak dan gakperlu dikunyah lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama spt caraku wkt kecil diatas :-)
      rasanya jadi sensasional ya krn dicampur :-)

      Hapus
  10. Pengen beli buat didagangin di kantor suami, tapi kok jauh yaa. Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe deket kok, masih Jakarta :D

      Hapus
  11. teringat masa kecil. celupin biskuit kong guan ke dalam susu. nikmat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho kok sama, hehe.. jangan2 suka buka-bukain biskuit juga nih cuma diambil gulanya :D

      Hapus
  12. Khong guan dari generasi ke generasi :-)
    Jadi laper

    BalasHapus
  13. Iya, rame tuh di jalan raya itu. Tapi baru tahu ada koperasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di spanduknya pake nama koperasi :-)

      Hapus
  14. mayan ya diskonnya bisa sampe 30%
    tapi kesananya jauuu...khong guan emang idola apalagi kalau lebaran xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya juga ya, mmg jauh dari echa. Klw gak pake khong guan kaya ada yg kurang ya :D

      Hapus
  15. Kalau penggemar Slank bilang, "Slank tiada matinya", nah kalau ini bisa di bilang, "kue tiada matinya". DAri sedari dulu kue Kong guan ini ada aja bahkan sampai sekarang. Ternyata untuk beli aja pakai ngantri yaw Kak? btw bisa jadi lahan bisnis kak, kalau di setiap penjualan dapat untung seribu sampai dua ribu lima ratus perak. Btw itu per kaleng apa per apa Kak Lia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang off dulu buat jualan, ada baby soalnya :)
      itu selisih harga perbungkus

      Hapus
  16. Oh gitu mbak? Bagus juga ya sistem pembelian nya, kaya di loket2 tujuan wisata.

    BalasHapus
  17. Pgn kesanaa,lumayan enak di kantong enak di perut;p

    BalasHapus
  18. Enak juga yaa bisa menikmati Khong Guan yang terkenal sejak saya kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kesukaanku juga:)

      Hapus
  19. Wahhh

    BUat yang punya warung tentu berguna banget ya keberadaan koperasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, soalnya banyak yg suka sama biskuit ini ya, pasti laku dijual :)

      Hapus
  20. Ibu mertuaku dulu sering belanja di sini mbak..biasanya klo mau lebaran, jd mborong di sana utk bingkisan lebaran, kau pernah ikut beberapa kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbak, kalau lebaran buanyak yg antri utk borong :)

      Hapus
  21. Waah barutau, info berharga nih hihhiii. Kalengnya yg jadul itu lo, fenomenal & legendaris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya khongguan mmg fenomenal smp dibuat meme

      Hapus
  22. Kalo aku beli nya yg di wahid hasyim juga ada dan murah juga, kebetulan deket ama kantor

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya, ada juga ya, asyik dong deket kantor, murah lagi :-)

      Hapus
  23. kebayang disini pasti rame menjelang lebaran ya mbak hohohoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak, males deh antrinya

      Hapus
  24. aku sering lewat situ tapi belum pernah nyoba euy, kalo lebaran perlu banget ke Kong Ghuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah mumpung deket mak, mampir deh :-)

      Hapus
  25. Biskuit yang paling aku tunggu di kala lebaran nih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya sepertinya harus ada ya saking legenda

      Hapus
  26. Padahal dekat wilayah tinggal saya juga ada pabrik ini. Waahhh...Jadi mau nyoba blanja dan masarinnya sekalian. Trimakasih infonya yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya, dekat sama pabrik yg mana mbak? sama-sama ya, semoga laris manis :)

      Hapus
  27. Biskuit yg disukai mendiang ompung saya... BAgus jg pengaturan antriannya. Sekarang rata2 memang mesti diatur seperti ini ya biar gak rusuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jd lbh teratur mbak :-)

      Hapus
  28. Aq pengen belanja paket lebaran nih.. Itu jual produk khongguan aja atau ada yg lain? Seperti monde.. Goodtime dan wafer tango yaaaa.. Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus produk khong guan, serena dan monde saja, kalo lain pabrik sepertinya gak dijual :-)

      Hapus
  29. ada kontak nomor gak yang di cibinong? saya mo tanya harga-harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada no. kontak, lgsg datang saja mas, di sana sdh tertera harganya

      Hapus
  30. Dijualnya kalengan atau pakai plastik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaleng ada, toples ada, plastik ada.. datang saja mbak

      Hapus
  31. buka hari apa dan jam berapa ya mba? kalau khongguan biskuit kaleng besar berapa harga? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. di atas ada keterangannya: setiap hari Senin hingga Jum'at mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB, Sabtu pada pukul 08.00 - 13.00 WIB, sedangkan hari Minggu/Tanggal Merah mereka libur

      Harga saya gak tahu sekarang mbak, hehe

      Hapus
  32. Semoga aja harga untuk biscuit khong guan kaleng besar 1700 gram lebih murah ya mba?

    BalasHapus
  33. Mbak khong guan 1700grm sekarang harga berapa?

    BalasHapus
  34. Wah ini belinya yg pecahan atau utuh sih? Kong Gian gak hbis hbis soalnya banyak isi nya Dan variant banyak

    BalasHapus
  35. ada list harganya ga saya buat paket lebaran lumayan banyak

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow This Blog