Januari 27, 2016

Cara Mudah Membuat Kue Laba-Laba

"Tek..tek..tek!", suara kaca gerobak kue cubit dipukul si abang.
Berhenti di depan rumah. Anak-anak berkerumun membeli. Wuih, pada jajan. Saya perhatikan mereka bukan membeli kue cubitnya, tapi versi kue lainnya yaitu kue laba-laba.

"Bang, bang, beli kue laba-labanya". Riuh rendah suara anak-anak berebut membeli minta dilayani duluan.

Kue laba-laba itu sebenarnya menggunakan adonan kue cubit juga, tapi adonannya lebih encer dan dicetak menggunakan botol yang tutupnya dilubangi. Tangan si abang bergerak-gerak ke sana kemari (tentunya masih di atas wajan) membentuk adonan cair menyerupai sarang laba-laba.

http://lialathifa.blogspot.com/2016/01/cara-mudah-membuat-kue-laba-laba.html
jaring-jaring mirip sarang laba-laba gitu deh

Karena itulah anak-anak menyebutnya kue laba-laba. Enak sih, gurih, manis, kriuk renyah. Selempeng kue laba-laba tipis dan kecil dihargai seribu rupiah. Saya lihat anak-anak cepat sekali melahapnya, tapi aduh, kertas koran pelapis kuenya itu lho, dibuang sembarang. "Hei, hei, anak-anak, ayo ambil sampahnya, buang di tempatnya ya, tuh di sana!".


Biasanya Selma sering melirik saya sambil tersipu. Dia mau juga beli. Oke, sekali itu saya belikan, biar gak kuper gitu deh. Kasihan juga dia tidak ikut menikmati sensasi makan bareng seperti teman-temannya. Tetapi selanjutnya, esok harinya, saya membujuknya, "maaf ya nak, gak usah jajan dulu. Kita bikin sendiri aja yuk!".

"Memang bunda bisa?", tanyanya tak percaya.

"Bisa dong," jawab saya mantap. Diam-diam browsing, hehe..

Cara membuatnya memang gampang banget saudara-saudara. Alat yang paling penting adalah wajan teflonnya, untuk mematangkan adonan kue laba-laba itu. Kalau saya menggunakan double pan. Kalau pakai wajan biasa, kita memerlukan sedikit minyak agar tak lengket. 

Yuk, kita buat sama-sama!. Modalnya murah meriah, apalagi cuma pakai 1 butir telur.


Bahan Adonan Kue Laba-Laba:
- 250 gram tepung terigu
- 1 butir telur
- 100 gram gula pasir
- 1/2 sdt soda kue
- 100 gram margarin, cairkan
- 250 ml air
- 2 sdm susu bubuk putih (tidak pakai juga tidak apa-apa)

Peralatan:
- Botol plastik yang mudah ditekan, dan lubangi tutup bagian atasnya
- Wajan Teflon bertutup atau pakai double pan
- Sodet untuk membolak-balik adonan kue

Cara Membuat Kue Laba-Laba:
1. Mixer telur dan gula pasir hingga mengembang putih
2. Masukkan tepung terigu dan soda kue, aduk rata
3. Masukkan margarin cair perlahan-lahan sambil diaduk rata
4. Masukkan susu bubuk dan air, aduk lagi hingga adonan terasa tidak kental lagi.
5. Tuang ke dalam botol yang tutupnya sudah dilubangi
6. Siapkan wajan teflon, lalu panaskan. Pastikan apinya kecil saja, agar tidak cepat gosong
7. Tuang adonan cair kue sambil menggerak-gerakan botol, buat seperti sarang laba-laba.

http://lialathifa.blogspot.com/2016/01/cara-mudah-membuat-kue-laba-laba.html
cetak kue dengan botol

http://lialathifa.blogspot.com/2016/01/cara-mudah-membuat-kue-laba-laba.html
before - after
8. Tutup wajan, tunggu adonan kue hingga kecoklatan, lalu balik
9. Tutup lagi wajan, tunggu lagi adonan hingga kecoklatan sempurna, lalu lipat mengunakan sodet.
10. Angkat, lalu hidangkan.

Kemarin saya buat hampir menjadi 10 lembar kue laba-laba. Sebelum tuntas memasak, kue itu sudah diserbu duluan, jadi saya lupa jadi berapa persisnya. 

Proses membuat adonan hanya 5-7 menit, tapi proses mencetak kue laba-labanya cukup lama. Saya pun bisa sambil mondar-mandir melayani bayi Syadid dan menjemur cucian. Ah, yang penting semua beres.

Tipsnya: jika adonan masih kelihatan terlalu kental, tambahkan air, supaya kuenya tidak terlalu tebal seperti kue cubit. Semakin tipis, semakin enak dan renyah. Mungkin mirip creepes ya.

7. Tuang adonan cair kue sambil menggerak-gerakan botol, buat seperti sarang laba-laba.
lihat dari dekat, kriuk!

Sudah, begitu saja kok. Gampang kan? 
Jajanan ini memang mudah dibuat dan murah meriah. Anak-anak anda pasti suka. Apalagi kalau diberikan variasi es krim, nyam, nyam. Orang dewasa seperti kita pun suka. Selamat mencoba membuat ya!


40 komentar:

  1. kebeneran bgt ini.. aku baru bgt bikin.. iya gampang bikinnya ya.. kifah sering beli di tukang lewat juga, dan emaknya ga mau kalah.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, gak mau kalah sama abang2 yah. Gampang banget, sampe jadi bikin terus :D

      Hapus
  2. Saya ga punya wajan teflonnya hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gitu beli loyang kue cubit aja mak, kurleb 17rb, bisa pakai itu meski tetap pakai olesan margarin :-)

      Hapus
  3. Whoaaaa...Kayla suka beli tuh di abang-abang...
    Rasanya rada mirip kue pukis gitu kan yaaaah :)

    Ternyata bikinnya gak terlalu susah yah mbak :))
    *tinggal malesnya ini sih hehehe...*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kue pukis tebal, ini tipis mak, jd lebih kriuk.. haha wah malesnya buang aja ke laut

      Hapus
  4. aakkkk pengen nyobak, engkiu sharenya ya mak :)

    BalasHapus
  5. I get it! Mba, sepertinya mudah ya.. Aku baru tau buatnya dari tepung gitu.. Aku juga baru tau kalau pake soda kue bikinnya.. Itu untuk biar mengembang gitu ya mba?

    BalasHapus
  6. Aku mau eksekusi ini ah mbaaa. Kangen jajanan sd. Ini kriuk yah mba? Lembek2 jg ku doyan :))

    BalasHapus
  7. Baru tahu ada kue ginian. ;D Perlu dicoba nih. :D Kayanya simpel

    BalasHapus
    Balasan
    1. simpel bgt mak.. enak, murah meriah :D

      Hapus
  8. noted, biasanya beli di abang yang suka lewat, sekarang udah punya resepnya jadi mo nyoba ahhh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..yuk bikin mak.. *maaf ya bang

      Hapus
  9. Ni, kayane makanan khas medan ya, mbak? Dulu pernah tetanggaku yg asli sana bikin, biasanya dia makan sama kari

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh kalau dimakan pakai kari namanya Roti Jala atau Canai, rasanya asin gurih.. kalau ini manis :-)

      Hapus
  10. Aku dirumah juga lagi seneng bikin kuecubit nih. Inget banget si kue laba-laba ini kan selalu dijual juga bareng kuecubit abang2 yaah.. Coba bikin ah nanti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi itung-itung bikin suasana jajan sama anak-anak, saingan sama abang2 :D

      Hapus
  11. gampang bikinnya :)
    nanti coba bikin ah.. terimakasih resepnya Mak :)

    BalasHapus
  12. Wah gampang ya mbak, iya ini kayak crepes ya, tapi bentuknya kayak jaring

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, bener banget, pokoknya suka nemuin di abang-abang tukang kue cubit

      Hapus
  13. Ini adonannya sama kaya kue cubit kan yaa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, cuma bedanya kue cubit agak kental adonannya, kalau kue laba-laba kan agar encer

      Hapus
  14. Aah bunda kreatif..abang kue cubit dpt saingan deh..
    Simple tp pasti anak demen...kriuk gt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe maaf bang.. iya mbak, supaya puas makannya, bikin sendiri

      Hapus
  15. Belum pernah nyobain, liat juga pertama kali di blog ini. Dari judul, gue baru ngeh ternyata kuenya bentuk jaring. Gue kira bentuk laba-laba beneran kayak roti buaya. Hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha maaf wahyu, ini lebih tepatnya memang jaring laba-laba ya, tapi anak-anak kampung sini bilangnya kue laba-laba. Ayo dong coba, belinya di tukang kue bocah gitu

      Hapus
  16. Mau coba buat ahhh.. siapa tahu adik sukaaa... ^^

    BalasHapus
  17. enak itu. Apalagi kalau garing. Kriuk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampe ludes tak bersisa saking kriuknya :)

      Hapus
  18. bahannya sih kayaknya mudah didapat tp harus telaten ya mba biar jadi kaya sarang laba2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahannya semua ada di warung mbak.. gak hrs telaten sih, cuma puterin2 gitu aja :)

      Hapus
  19. adonannya sih sam aya tinggal cara membuatnya aja yang beda. jadi pingin bikin mbak

    BalasHapus
  20. Coba ah pake wajan Teflon biasa bisa nggak ya?

    BalasHapus
  21. Anak anak saya juga suka nih kue laba2. eh tp disini disebutnya apa ya. kyk y anak2 bilang y kue cubit.

    BalasHapus
  22. ich gampang ya, daripada beli di abang tek-tek -tek, eh....di sini lagi demam sekali loh, kue cubit dan laba-laba, jangan -jangan abangnya sama..hehee

    BalasHapus
  23. Nggak sulit ternyata... Enak buat hiburan tamu anak anak yaa..

    BalasHapus
  24. Izin, pinjem resepnya ya, mbak. Kapan-kapan saya mau buat juga:)

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com