NarasiLia.com

be a good life and happy family

10 Tips Mengatasi Rumah Kecil Tanpa Berantakan



“Aduuh, rumahku mirip kapal pecah, pusiiing…”
Atau
 “Maaf yaa, datang ke rumah malah berantakan gini. “ Mulai sibuk menyingkirkan semua yang menghalangi langkah dengan tangan bahkan menggeser dengan kaki.

Hayo ngakuu, anda pernah seperti itu? Ya, aku juga, problema ini kerap dialami hampir seluruh ibu rumah tangga. Terlebih jika ibu seorang diri mengatur segala tetek bengek yang ada di dalam rumah, tak punya asisten rumah tangga. Syukur-syukur ada bapak-bapak yang mengalami hal ini (haha, maaf, biar sama-sama menikmati maksudnya, peace.. *nyengir).

“Ya gak apa-apa jeung, namanya juga ada anak kecil,” begitu biasanya mereka berujar. Entah ingin menghibur atau melegitimasi bahwa problemanya sama kok.

Tetap saja malu jika rumah terlihat berantakan. Tapi mau bagaimana ya? Si kecil memang senang bereksplorasi, rumah kecil, susah ngaturnya. Jujur sih, rasanya memang kekurangan tempat. 

Eh, eh, jangan pesimis dulu. Ingat yaa, kita ini sebagai panutan anak-anak. Jika sang ayah atau ibu pintar mengatur dan menata ruangan serta menjaga aturan di dalam rumah, yakin deh, semua akan terkendali. Anak-anak akan meniru dan mengikuti pola yang ada. “Itu di sana tempatnya, ini di sini tempatnya, “ begitu kira-kira.

Rumahku memang kecil dan kerap kali berantakan. Diberesin, berantakan. Kerjaan di rumah  belum selesai, belum masak, belum menjemur, belum balas bbm/WA/sms, belum nyuapin Selma, belum jemput si Shidqi, belum mencari artikel untuk sosial media yang kukelola. Arrgghh..

Hal inilah yang diangkat oleh JYSK bersama Vera Valentine Wijaya selaku Design Interior, ibu Yuna Eka, serta ibu-ibu blogger Sabtu lalu. JYSK hadir dalam rangka ingin memberi solusi setiap masalah yang ada. Terutama kondisi di dalam rumah yang kecil dan “padat” berisi dengan aktifitas anak-anak.

Tips & Trik Solusi Rumah Kecil

Menurut Vera Valentine, ada 10 (sepuluh) problema yang bisa diatasi dengan cara yang dapat membuat hidup kita lebih mudah dan efisien, seperti:

1.       Rumah selalu berantakan.
Coba perhatikan, apa yang terjadi? Ow..ow.. biasanya terjadi karena penempatan barang tidak teratur dan tidak pada tempatnya, setuju? Oke, solusinya adalah:
-          Carilah container/box besar yang bagus dan unik. Untuk dapat memasukkan barang-barang yang kecil-kecil seperti mainan anak-anak. Ajaklah mereka untuk bertanggung jawab membereskan mainannya selesai bermain. Pilihlah box yang disukai anak-anak, yang memiliki roda kokoh sehingga dapat dipindah ke sana kemari, serta bertutup agar tidak mudah terkena debu.
  -          Anda juga bisa menyimpan barang-barang di dalam container lainnya. Susun dengan rapi, maka akan terlihat sedap dipandang mata.

sumber foto: disini

-          Sebaiknya jangan menggunakan kardus. Selain tidak mempunyai nilai artistik, kardus tidak tahan lama, dan mudah rusak (apalagi jika dirayapi, hiiyy).

My Solution:
Niih, akhirnya menumpuk semua mainan di dalam box.



2.       Ruangan rumah sempit
Rumah kecil bukanlah mimpi buruk, apalagi banyak barang yang diperlukan. Siasatilah dengan:
-          Berikan cermin atau kaca lebar dan luas di sisi-sisi ruangan. Hal ini akan memberikan efek ruangan terlihat lebih luas dari sebenarnya.
-    Pilihlah furniture minimalis yang cantik dan tidak memberikan efek kusam dan membosankan
-          Jangan memilih furniture yang terlihat tebal atau besar, karena akan memberikan kesan ruangan semakin sempit.
-          Pilihlah furniture yang memiliki kaki-kaki penyangga tinggi, sehingga akan membuat kesan ringan.
-          Gunakan dinding untuk menyangga rak-rak yang digunakan menyimpan buku atau barang lainnya.

My Solution:
-          Memang asyik membuat rak-rak susun seperti ini, tidak harus ditempatkan di lantai yang rasanya membuat rumah terasa makin sempit.

 


 3.       Rumah tanpa ruang penyimpanan (gudang).
Ini nih yang sering menjadi kendala, banyak barang yaa otomatis harus banyak tempat penyimpanan. Makin sempit dong. Eh, tunggu:
-          Coba dapatkan furniture yang multifungsional. Ada lho kursi yang memiliki ruang untuk dapat digunakan untuk menyimpan barang. Buka, isi, dan tutup lagi.

sumber disini

-          Pilihlah lemari dengan sudut minimalis namun banyak memiliki ruang atau laci
-        Manfaatkan ruang kosong antara lemari dan plafon rumah, bisa kita isi box-box penyimpanan. Atau gunakan ruang kosong antara ranjang dan lantai.

My Solution:
-          Ini termasuk solusi gak? Haha, masih juga berantakan.


4.       Rumah tanpa taman
Biasanya ini terjadi di apartemen atau rumah tipe minimalis. Alaminya manusia dekat dengan alam hijau, jangan khawatir:
-          Gunakan tanaman plastik yang mirip dengan dedaunan atau ornament unik berbentuk tanaman.
sumber foto: disini
-          Belilah benda-benda yang menampilkan air mengalir, mengeluarkan gemericik air, dan berbentuk batu alam.
-          Buatlah polibag berisi tanaman sayur mayur yang dapat dipanen beberapa bulan, susun bertingkat atau berbaris di rak juga memungkinkan teras mini anda menjadi indah.


5.       Rumah sempit, anak aktif.
Bukan jadi alasan rumah sempit, anak-anak jadi tidak bebas bergerak. Buang kekhawatiran ibu. Takut jatuhlah, terbenturlah, nabraklah, memecahkan pajanganlah. Mereka akan terkekang dan menjadi bosan di rumah. Nah sekarang cukuplah anda:
-         Pilih furniture yang memiliki sudut aman, rounded, tidak tajam.
-         Segera memperbaiki baut atau paku yang menonjol sebelum dapat melukai anak-anak.
-        Pilihlah kursi yang terbuat dari busa dan kain, agar mengurangi bahaya benda tajam terhadap anak-anak.
-           Pilih tempat tidur anak yang memiliki ruang bermain di bawah ranjang kasur. Seru lho, seakan-akan mereka memiliki ruang privasi. Untuk anak yang masih kecil, pilihkan tempat tidur di posisi rendah agar tidak terjatuh.


6.       Ruangan tanpa area privasi.
Problemanya rumah atau apartemen adalah hanya memiliki sedikit ruangan, padahal kita ingin adanya area privasi. Solusinya adalah:
-          Pilihlah devider pembatas ruangan yang memiliki multifungsi dan berongga. Devider yang tertutup akan menambah kesan sempit ruangan.

Devider (sumber: di sini)

-          Pilihlah warna yang soft, dominan, dan satu aksentual pada pembatas ruangan berongga, seperti warna cream dengan putih, pink dengan biru muda, batasilah maksimal 3 warna

7.       Satu kamar untuk dua anak.
Biasanya ini terjadi ketika mereka mulai beranjak usia pra TK, keinginannya beracam-macam, selalu berebut dan tidak mau kalah. Mau dipindahkan tetapi belum punya kamar khusus masing-masing anak.
Jangan cemas, jadikan ruangan itu menjadi milik bersama, namun tetap batasi bahwa ini punya kakak, ini punya adik. Misalkan gunakan frame untuk dapat menyimpan hasil karya mereka. Berikan lemari kecil untuk masing-masing anak, hal ini akan membuat mereka merasa bertanggung jawab pada barang miliknya sendiri.

My Solution:
Memberikan area privasi masing-masing melalui warna sprei. Kakak tidur diatas, adik tidur di bawah. Ranjang bawah bisa dimasukkan ke bawah ranjang. Simple kan?




8.       Tempat tidur kurang rapi.
-          Pilihlah seprai sesuai ukuran kasur anda dan anak-anak, serta memiliki karet atau resleting. Hal ini menjaga agar sprei tidak mudah lepas dan berantakan.
-          Anda bisa membeli ranjang otomatis yang dapat dinaik turunkan dengan bantuan remote, sehingga memudahkan anda memasang seprei/bedcover.
Shidqi masih penasaran sama bed ini

-   Perhatikan duvets, pilihlah yang covernya dapat diganti. Tak perlu khawatir, ada cara gampang untuk mengganti sarungnya.



 
9.       Menyimpan Pernak-pernik tanpa berantakan.
Biasanya koleksi miniatur atau souvenir undangan pernikahan bentuknya lucu-lucu, gak mungkin disimpan begitu saja. Pajang dong. Boleh, tapi jangan sampai papah marah karena terkesan berantakan (stt, apa jangan-jangan kebalik, ibu yang sering cerewet, hihihi).
-          Buatlah pajangan anda stand out. Mirip dagangan yang akan dipamerkan, siapa tahu juga malah menjadi sumber rejeki.
-          Belilah rak minimalis yang berwarna putih, karena dapat memantulkan kesan mewah diantara souvenir yang beraneka warna, sehingga terlihat kontras.

10.   Kedatangan Tamu menginap.
Galau punya rumah sempit tapi kedatangan tamu dan mereka menginap? 
Tak perlu khawatir, coba deh gunakan kasur angin (bisa dikembang kempiskan), sleeping bag, ranjang lipat, bahkan sofa bed. Sofa bed bisa anda gunakan untuk duduk maupun menjadi kasur untuk tamu anda. 
 Jika tamu sudah pulang, semua bisa disimpan rapi tanpa berantakan. Meja lipat juga dapat dijadikan solusi untuk menaruh makanan dan minuman lebih banyak lagi.

Sofa bed


Solusi Alat Tidur Tamu

meja lipat (sumber JYSK)


Bergaya Scandinavia

Penasaran ya, kok furniture-nya unik dan fungsional banget. Ternyata memang dirancang bergaya Scandinavia (Finlandia, Denmark, Norwegia, Swedia, dan Islandia). Gaya rancangan ini dikenal sejak abad ke-19, berkesan sederhana, alami, dan efisien. 

Cirinya sebagian terbanyak terbuat dari kayu jenis bright tress (pinus) yang solid sehingga tahan lama, berkualitas. Berwarna lembut, alami, hangat dan bercahaya seperti beige, putih, kuning, merah cherry, dan turquoise. 

dok.pribadi

Mungkin karena di wilayah sana minim sinar matahari, sehingga di dalam rumah diciptakan sensasi cerah seperti suasana di outdoor. Penekanan pada terangnya lampu meja, lampu langit-langit yang indah dan ringkas. Dindingnya panel-panel kayu yang tersusun dengan warna putih atau hijau, lantainya juga terbuat dari kayu, laminasi atau papan putih gloss dilapisi pernis transparan. Waw, kebayang ya suasana romansa Eropa. Klasik namun mewah.

dok.pribadi

  Semua Ada Di JYSK

Semua furniture dan peralatan tadi bisa kita dapatkan di JYSK Scandinavian Living. Value, Function, dan in Style sesuai logonya. JYSK hadir di Indonesia sebagai toko perlengkapan rumah tangga pertama yang menawarkan barang-barang berkualitas, modern, efisien, durability. Dikemas dalam suasana berbelanja yang menyenangkan, sehingga dapat mengubah rumah anda yang biasa berubah menjadi luar biasa. Mereka yakin bahwa masyarakat Indonesia juga memiliki minat perabotan yang simple namun stylish.



dok.pribadi


 JYSK merupakan salah satu penyedia produk Scandinavia ini. Toko pertamanya justru ada di Aarhus Denmark yang dibuka pada tahun 1979. Di tahun 2014 ini telah memiliki lebih dari 2100 toko yang tersebar di 36 negara, termasuk Indonesia. Sudah dipercaya karena mempertahankan mutu dan designnya, sehingga mendapat pengakuan dari The Royal Danish Court bahwa JYSK sangat berkembang pesat pada kategori sleeping and living retail Industry.

Store ala Scandinavia ini menyediakan dalam 3 rangkaian harga yang terbaik, yaitu:
-          Basic (get a good product for a good price)
-          Plus (get extra comfort and quality)
-          Gold (get the absolute best quality that money can buy)
        
 So, tunggu apalagi? Datang saja, ada di Taman Anggrek Mall lantai 2 No. 213Sttt.. ada diskon 20-51% sampai tanggal 25 September 2014 (selama persediaan masih ada).  Soal harga, terjangkau dan tidak terlalu mahal seperti dugaanku. 

Selain berbelanja, anda akan dimanjakan dengan fasilitas bebas pengiriman, free installation dan free Danish refreshment corner.  Mau menikmati ice cream lembut seperti ini?
dok.pribadi
 
 Come on, welcome!
#kurasdompet
#MakeYourLifeEasier
#JYSKCorner

24 komentar:

  1. Hai mak, salam kenal.... Nama anak kita sama ya. Anakku juga Sidqi.
    Tipsnya keren2 deh. Makasih udah sharing ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mak, makasih yaa udah mampirr.. eh toss dulu deh.. salam yaa utk Shidqi juga

      Hapus
  2. Cocok.... Wajib mampir nih kyknya saya.. Hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..cucok ya mbak, terimakasih dah mampir

      Hapus
  3. Tipsnya keren..btw, tempat penyimpanan di atas lemari, paling keren..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahaha.. paling terkesan natural ya mak.. makasih ya dah mampir

      Hapus
  4. ya ampuuun... kok malah ngiler es krimnya ;D

    BalasHapus
  5. Naksir meja makan putih itu mak *_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi sama mak, aku lgsg kepincut yg itu.. minimalis artistik

      Hapus
  6. Rumah sempit memang harus bener2 pinter pilih interior ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepat banget mbak.. tembok klo bisa gak boleh nganggur :-)

      Hapus
  7. Wah boleh juga dilongok yang di MTA tuh, kelihatannya menarik. Thanks infornya ya Bun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyah silahkan melongok, mirip toko tetangga sebelah si aa cece :D
      terimakasih ya sudah mampir

      Hapus
  8. waah baru tahu nih ada JYSK...mirip2 konsepnya sm IKEA yaa.... cucok buat yag rumahnya "minimalis"...tp soal rapihnya agahk sudah juga klo selalu ada 3 krucils yang siap ngeberantakin tiap hari kali yaa...
    thx udah sharing tipsnya ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes mak, tos dulu sama sayah, haha.. makasih sudah mampir :-)

      Hapus
  9. Cakep nih tulisannya, bermanfaat banget bunda.
    Oia, cek Informa juga deh. Mereka itu toko yg jual home decor dan interior. Ada banyak pilihan furniture juga disana. Aku kemarin naksir sofa lipatnya mereka, kapan2 belinya tapi. Style-nya sangat skandinavia juga. Nampaknya Informa masih bersaudara dengan IKEA, yang sayangnya belum masuk total di pasar Indonesia :(

    Salam,
    Mira.

    P.S. Mampir2 blog aku juga ya bun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh iya, bener..bener.. sekilas memang mirip.. tapi aku blm tau yg ikea.. makasih ya mak sudah mampir, meluncuuur ke.blogmu :-)

      Hapus
  10. Dari dulu suka banget sama sofa lipat. Kapan lalu ada promo di Ca*efour harga 999 ribu. Eh begitu berminat promonya sudah habis :D

    BalasHapus
  11. Tipsnya oke banget bun, salam kenal

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak yaa. Dengan senang hati saya persilahkan tulisan ini dikomentari, agar silaturahim terjalin dan saling memberi dukungan dengan baik.

Tapi mohon maaf ya, komentar tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Follow Narasilia by Email

Labels

keluarga Cerita Tips Solusi anak hebat daya tangkap anak Bahagia Dunia Akhirat produk Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) Review bayi Kreasi living fun and healthy lomba menulis CommuterLine jalan-jalan Kesehatan Resep Sehat kehamilan Kegiatan Anak Keajaiban Pendidikan Cara Mendidik Anak dunia bunda imajinasi stasiun Ide bakteri Islami Testimoni makanan melahirkan Cemilan Silaturrahim belanja hemat Stress ayah curhat makan-makan susu cair pertumbuhan #GakMasalahDong Alergi Anmum Essential Jualan Online demam lomba perawatan bayi resep masakan ASI Bekal Masa Depan Buah Lokal Facebook Gadget Ibu-Ibu Doyan Nulis Morinaga Platinum Perencanaan Keuangan #AyahLuarBiasa Busways KRL ekonomi AC Makanan Tradisional Masalah Kulit Restoran baby spa hamil impian pijat habis melahirkan resep tabloid 5Star Skin Protection Film From Womb To World GOJEK Gangguan Pernapasan Generasi Platinum Ibu-Ibu Doyan Bisnis Morinaga Chil-Go! Pampers Referensi buku Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) lactobasillus olahraga popok cuci ulang sepeda Android Cerita Unik Koran Lactacyd Moment Tanpa Gula Tambahan Televisi Tuberculosis Ulang Tahun Warung Blogger cerita dongeng daun pisang pijat ibu hamil Anmum Bunda Inspiratif Buka Puasa Bersama Cap Kaki Tiga Anak Frisian Flag Give Away Glucogen Gusi Berdarah Kidzania Jakarta Kosmetik Halal Meja Makan Punya Cerita Mommy n Me Baby Spa Premium Mommy n Me Bogor Nanospray Omron Nebulizer Slimmer Terapi gangguan pernapasan Tupperware Voucher Belanja cosmopolitan cukup satu tetes downline kandungan gizi ikan kardus susu kertas resi muntaber resep ikan pepes tiket #BabyCanLearn #BabyCanread #LawanDiabetes #LombaBlogNUB #Sembuhkan TB #my1stNutripuffs Baby Blues Bayar Pajak Biocell BoboiBoy Cetaphil Cetaphilexperience Cetaphilid Cetaphilindonesia Diabetes Fashion Show Furniture Grand Indonesia Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) JYSK Keluarga Minum Susu Lactacyd White Intime Mamypoko Love Touch Merchant Sodexo One Day One Juz (ODOJ) Parodontax Pepsodent Petite Blossom Philips Disney Post Partum Syndrom Rangking1 Reseller Sabun Anti Kuman Sabun Keluarga Taman Bogor Tempra Theragran-M TransTV Vivalog anyang-anyangan baby spa Bogor baby spa jakarta buah nusantara bumbu pepes elevenia fruit summit 2015 fun bike honor infeksi saluran kemih martabak pepes ikan prive uri-cran radio rujak sabun shower gel testpack voucher MAP