NarasiLia.com

be a good life and happy family

Resep Martabak Manis Buatanku Sendiri

Siapa bilang bikin martabak itu susah? Cobalah, sudah punya fasilitas segudang panci komplit, dari nenek sampai buyut, tak satu pun dipakai, sayang banget kaaan?. Padahal keuntungan kita bisa berkecimpung di dapur membuat kue adalah pasti disayang keluarga, dirindukan anak-anak, dan dibanggakan suami (walau kayanya diem2 aja bangganya ^_^)

Satu hal lagi, hidup jadi hemat banget. Tak perlu jajan martabak diluar dan tak perlu antri. Bikin deh 2 jam sebelumnya, selanjutnya taraaaa..jadilah 2 loyang martabak. Kalau boleh menghitung pengeluaran belanja bahan-bahannya, jadinya bisa dapat banyak bangeet...

Yuk Coba resep ini, sudah sering aku praktekin sendiri.



Resep Martabak Manis
Bahan:
-350 gram tepung terigu (kunci biru)
-75 gram gula pasir
-3 butir telur, dikocok sebentar (pakai sendok biasa juga bisa)
-500 ml susu hangat (bisa susu bubuk/santan + 450ml air hangat)
-5 gram ragi instant
-½ sendok teh baking powder
-½ sendok teh garam

Cara Membuat :
1. Campur tepung terigu, gula, ragi, baking powder dan garam, aduk rata
2. Masukkan telur, aduk rata. Tambahkan susu hangat, aduk kembali, sampai adonan benar-benar tercampur dan halus tidak ada gumpalan.
3. Tutup dengan lap. Diamkan adonan hingga mengembang selama 1.5 jam
4. Masukkan dalam wajan anti lengket (atau wajan yang tebal, aku pakai hepikol) dengan api sedang. Jika sudah tampak lubang-lubang meletup baru wajan ditutup sebentar. (Jika api kurang panas, adonan tidak bisa berlubang)
5. Lalu kecilkan apinya, tunggu 1menit
6. Buka tutupnya, taburi gula pasir, sampai adonan tipis dipinggir wajan dah mulai mengelupas, angkat
7. Olesi permukaan martabak dengan butter/margarin, taburi macam2 toping sesuka hati
8. siap santap

Bisa jadi 2 loyang martabak, selamat mencoba!


nb: kenapa susu hangat? pernah nonton chef juri di Mastechef Australia bilang: dengan susu hangat membuat adonan memiliki suhu kamar (30'C), dengan demikian bakteri di dalam ragi menjadi nyaman, sehingga membuat adonan mengembang dengan baik.

- by.Lia Lathifa

2 komentar:

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow This Blog