NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

20.6.23

Belajar Pasang GA4 Bareng Kelas BRT Network

Belajar Pasang GA4 Bareng Kelas BRT Network

Sudah pasang GA4 belum di blog kamu? Aku sudah. Gak sangka ya, dua belas tahun lalu punya blog niatnya cuma buat nulis curahan hati dan pengalaman pribadi, tapi makin kesini makin pusing mikirin persaingan dunia digital yang semakin ramai seiring jaman.

Sebagai bloger merasa dituntut harus lebih jago mengelola blog secara profesional. Udah gak boleh santai, nanti ketinggalan, harus meningkatkan kualitas kalo emang mau tulisannya dibaca orang dan bisa menghasilkan cuan.

Salah satunya gak boleh ketinggalan buat mengupgrade Google Analytic yang dihubungkan ke blog. Ini bermanfaat untuk parameter, melihat seberapa banyak pembaca yang mampir ke tulisan-tulisan di blog. Darimana mereka berasal. Dan artikel mana yang paling sering dicari. Semakin banyak pembaca, maka blog semakin berkualitas. Rating nya bagus. Klien pun akan tertarik bekerjasama.

Nah, ternyata Google ini kepengen media analisanya berkembang lebih baik. Ada generasi baru yang manfaatnya memaksimalkan jenis properti pelaporan baru, dirancang untuk masa depan mengukur kualitas blog dan mengumpulkan data aplikasi.

Menurut Support Google yang kubaca, GA4 ini akan menggunakan data berbasis peristiwa, bukan berbasis sesi, mengontrol privasi pengukuran tanpa cookie, mengkonversi perilaku, memprediksi dengan model simple dan terintegrasi langsung ke blog sehingga membantu peningkatan pada web atau aplikasi.

Belajar Pasang GA4 Bareng Kelas BRT Network
Udah di warning supaya di setup ke GA4

Informasi perubahan menjadi Google Analytic 4 ini sudah diisukan beberapa tahun belakangan. Tapi emang dasar aku, baru mau ngutak-ngutik ketika orang-orang mulai ramai ngomongin: "Eh, buruan ganti. Awal Juli Google Analytics Universal-nya ilang lho. Diganti sama GA4. Udah belom?". 

Boro-boro! Aku masih cuek, mencoba mengabaikan hal ini. Otakku masih sibuk mikirin sekolah anak-anak, apalagi menjelang ujian, PPDB, dan ajaran baru. *hmm, mulai curhat deh!

Meski begitu, aku sesekali suka tanya sana sini walau memang nyatanya belum sepenuhnya mau mencoba sendiri. Walau waktunya sudah mepet, aku butuh teman buat ngoprek bareng-bareng. Biar sama-sama merasakan keseruan jadi programer dadakan, hehe..

Sampai akhirnya aku ikutan kelas blogger di Kelas BRT Network pada hari Jumat malam kemarin. Wah bersyukur banget nih, soalnya diajari oleh Mas Pewe yang sudah piawai mengelola website besar. Pasti udah paham banget. Kelas ini pun gratis. Kesempatan baik tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Malam itu, bersama puluhan anggota blogger yang ikut, aku menyimak bagaimana cara pasang GA4 di Blogspot dan Wordpress. Awalnya mas Pewe seperti kecepetan menjelaskannya, padahal daya tangkapku tidak sekelas Intel Pentium Gold, sudah rada lemot. Apalagi ini belajar online, kendala sinyal bisa saja terjadi menghambat penyampaian.

Tapi tak putus asa, pelan-pelan aku mencoba pasang kode step by step meski pun ada salahnya dan bakalan harus diulang-ulang lagi. Untung kelasnya serius tapi santai, mas Pewe dan mbak Monic sabar banget menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Termasuk aku..

Awalnya class room dijadwalkan sampai 1.5 jam saja, tetapi malah molor, nambah waktunya demi menjawab penasaran para blogger yang nampak bersemangat. Itu saja terus berlanjut tanya jawab di grup whatsapp. Aku yang cuma bisa diam menyimak, malah semakin mumet. Kami pun diberi tugas menulis kesan ikut kelas dan disarankan memberikan sepenggal cara pasang GA4 ini.

Waduh, bisa gak ya aku menyimpulkan dengan baik? Intinya begini deh:

1. Kalian harus buka dulu situs www.analytics.google.com kemudian langsung buat properti GA4 baru.

2. Selanjutnya fokus ke aliran data (Data Streams) sampai muncul Measurement ID dan salin.

Belajar Pasang GA4 Bareng Kelas BRT Network

3. Buat tag Konfigurasi Google Analytics dan tempel Measurement ID sampai muncul kode tag yang harus kalian pasang di template html blog.

4. Jika sudah ketemu, sebaiknya diparsing dahulu supaya kodenya bisa diterima oleh html 5, tidak error saat disave, dan lebih SEO Friendly.

5. Buka blog kalian, cari tema, lalu edit html. Temukan kode </head> lalu pasang kode tag yang sudah disalin di atas <body>

Belajar Pasang GA4 Bareng Kelas BRT Network


6. Selanjutnya save dan tunggu konfigurasi tag manager berjalan dan menunjukkan perhitungan seberapa banyak pembaca yang mampir.

Oiya saat mengedit html, pastikan dulu kalian nge-back up supaya kode template blog tidak berubah error. Dan kalau belum berhasil, terus coba ya sampai betul-betul ada laporan angka User, New User, Event Count, Average Engagement Time. Ditampilkan  bersamaan peningkatan grafik. Pada keterangannya akan muncul sekitar 48 jam kemudian.

Alhamdulillah di hari ketiga ini, sepertinya Google Analytic 4 di blog aku sudah lancar terukur. Nampak hasil terbaru bagaimana perilaku dan berapa banyak audience yang mampir. Ada sekitar 180 user dan new user. Dan terlihat keyword dan artikel mana yang paling banyak dicari audience. 

Belajar Pasang GA4 Bareng Kelas BRT Network

Gini-gini bangga sih, gak sangka aku yang gaptek bisa juga mengelola blog layaknya programer. Apa karena bawaannya blogger.com jadi masih termasuk mudah ya? Entahlah. Soalnya aku tidak terlalu memperhatikan teman-teman yang pasang GA4 di Wordpress. Pastinya sampai hari ini, masih banyak peserta yang bingung dan gagal pasang.


Meski pun blog aku ini tidak terlalu mengalami kendala, namun aku mau belajar lagi. Bahkan mau coba dari awal. Dikosongkan kembali, mulai dari awal, dan mencoba pasang lagi. Terserah gimana keputusan team BRT Network nanti, apakah aku masih harus remidial karena dianggap belum paham atau boleh ikut kelas lanjutan.

Terimakasih banyak sebelumnya sudah diizinkan bergabung ikut classroom kelas blogger belajar bareng di Kelas BRT Network. Jadi ada semangat buat utak atik meskipun rada mumet. Kalau kamu gimana, sudah aman pasang GA4 di blog? Mantap! 👍


1 komentar:

  1. Bagi blogger pasti penting banget buat tahu perkembangan performa blog, nah penting banget buat mempelajari google analytics ini. Yap, jadi ingat soal perpindahan GA ini, tapi soal pasang GA4 perlu belajar. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge