Masak Tanpa Kompor, Pakai Tiara Pot Pro 12 in 1 dan Donabe Rice Cooker 3 in 1 By Polytron

Masak Tanpa Kompor, Pakai Tiara Pot Pro 12 in 1 dan Donabe Rice Cooker 3 in 1 By Polytron
Masak tanpa kompor


Wow, lagi-lagi pemerintah bikin masyarakat heboh. Setelah kenaikan harga BBM, akan ada pembagian kompor listrik untuk masyarakat menengah ke bawah. Kompor induksi dua tungku berdaya 1000 watt, dengan pelengkap satu alat masak dan satu miniature circuit breaker. Kabarnya, paket kompor listrik siap pakai ini dibandrol sekitar Rp. 1,8 juta. Tujuannya untuk menekan biaya subsidi LPG import. 

Apakah benar-benar jadi solusi terbaik? Entahlah. Yang pasti, lebih banyak protes dibanding happy dengan kebijakan ini,  terutama emak-emak, termasuk Mulan Jamila -anggota DPR- yang mengkritik kebijakan tersebut: "Masakan khas Indonesia kurang cocok pakai kompor listrik induksi". Dan kali ini netizen banyak yang mendukung kritiknya. *wah kebaikan mbak Mulan lagi naik daun.

Rencana lainnya, rumah para penerima kompor listrik induksi tersebut juga akan ditambah daya kwh-nya. Pokoknya sudah diperhitungkan. Masyarakat tinggal pakai. Asik, iya, tapi bagaimana dengan tagihan bulanannya nanti, makin besar ya gak? Kalau ada kerusakan, nanti dimana tempat service-nya dan berapa biayanya? *Ihh nanya mulu.. 

Dulu aku pernah pakai kompor listrik, hadiah dari kakak. Tapi jarang kupakai, menurutku panasnya lama, gak bisa langsung ngejos seperti pakai kompor gas. Panci dan wajan biasa di rumah pun tidak bisa digunakan pada kompor listrik induksi itu. Aku harus membeli lagi panci dan wajan feromagnetik khusus. Harganya mahal. Benar-benar tak cocok buat kantong kami yang pas-pasan. Akhirnya kompor tersebut kujual dengan harga murah lewat instagram.


Andai Kompor Listrik Digantikan Dengan Rice Cooker Serbaguna 12 Fungsi Masak 


Untungnya, kabar terakhir kebijakan tersebut dibatalkan. Namun, andai memang kebijakan tersebut harus tetap dilaksanakan sesuai mandat, kenapa tidak beralih saja pakai Rice Cooker yang memiliki 12 fungsi masak dalam 1 alat? Benar-benar praktis, lho. Sama-sama pakai listrik... *eciyee sok ngatur.

Alasannya bisa membantu kita bisa memasak berbagai aneka hidangan sehat. Bikin soup, presto, air frayer, kukus, masak nasi, dan lainnya. Tinggal siapkan bahan dan cetek-cetek sesuai fungsi. Waktunya juga bisa kita atur. Bayangin 12 fungsi masak!

Memang ada produk seperti itu? 

Ada, pernah lihat di Bibli.com. Dan kebetulan kemarin Sabtu aku melihat langsung produknya di Farmers Market Margocity Depok bersama komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) dalam kegiatan Cooking Class bersama chef Beatrix, jebolan Masterchef Indonesia ke-4. Beliau mengajarkan kami cara memasak dua menu sekaligus, yaitu Hainam Chicken Rice dan Albondigas Soup alias sup bola-bola ayam. 

Menariknya, Chef Beatrix masak tidak menggunakan kompor. Cukup menggunakan alat masak produk baru dari Polytron Home, yaitu Donabe Rice Cooker dan Tiara Pot Pro 12-in-1 function cook. Ini lho yang aku maksud tadi. Kira-kira bisa gak ya pemerintah bagiin ini aja, aku mau bangeeet! Apalagi harganya gak beda jauh, sekitar 1 jutaan saja juga.

Memang keistimewaannya apa aja? 

Begitu melihat fungsi dan cara kerja kedua alat tersebut aku langsung kagum. Cara kerjanya praktis, cocok buat kita yang lebih suka masak makanan yang gampang. Tinggal tumis-tumis, cemplang-cemplung semua bahan dan bumbu, dibiarkan sampai matang, selesai. Kita bisa memanfaatkan waktu untuk mengerjakan yang lainnya, tak perlu lumutan di dapur saking lamanya. Misalkan bisa sambil nyetrika dan nonton drama korea, ihiii..

Tiarapot Pro 12 in 1 dilengkapi dengan fitur 12 fungsi mode untuk masak. Mulai dari Pressure Cooker hingga Slow cooker. Konsepnya, hanya menekan satu tombol, kita bisa memasak berbagai jenis masakan dengan satu pot alias dalam pancinya itu lho. 

Masak Tanpa Kompor, Pakai Tiara Pot Pro 12 in 1 dan Donabe Rice Cooker 3 in 1 By Polytron

Dengan tombol fitur Smart Program, Tiarapot Pro dirancang sebagai tempat masak aneka menu, yaitu:

1. Membuat sup, seperti kemarin, chef Beatrix memasak sup bola-bola ayam (Albondigas Soup)

2. Merebus daging

3. Mempresto, 

4. Merebus kacang 

5. Slow cook

6. Menumis, 

7. Menanak nasi

8. Memasak biji-bijian hingga empuk

9. Membuat bubur

10. Mengukus, 

11. Membuat yogurt

12. Mode Sous vide, yaitu cara masak dengan memasukkan bahan ke dalam kantong kedap udara dan suhu rendah dalam waktu panjang, biasanya seperti steak. 

Sekedar info, Tiarapot Pro ini bisa dijadikan tempat untuk Air Fryer lho, menggoreng tanpa minyak. Alatnya dijual terpisah. Alangkah baiknya sekalian saja, sayang jika dilewatkan, karena design-nya portable, simpel, ukurannya cukup luas dengan diameter 22cm.

Masak Tanpa Kompor, Pakai Tiara Pot Pro 12 in 1 dan Donabe Rice Cooker 3 in 1 By Polytron

Tiarapot Pro Smart Steam Release, membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat selesai masak. Proses memasak 70% lebih cepat dibanding metode masak tradisional, praktis, dan sangat menghemat waktu.

Masak Tanpa Kompor, Pakai Tiara Pot Pro 12 in 1 dan Donabe Rice Cooker 3 in 1 By Polytron

Terbukti kemarin tuh, chef Beatrix bisa merebus kacang merah kering hingga empuk, menumis, merebus Albondigas Soup hingga matang menggunakan Tiarapot Pro. Hasilnya terlihat sangat menggugah selera. TiaraPot Pro 12-in-1 function cook berukuran besar, sekitar 6 liter, berkapasitas 900 watt. Setara dengan kompor listrik induksi kan?

Nah, kalau masak nasi dengan  Donabe Rice Cooker, nasi bisa pulen seperti nasi Jepang, memiliki teknologi DONAHEAT 3D sehingga bisa memaksimalkan kualitas makanan, membuat nasi tahan hingga 48 jam tanpa kering dan tetap enak, karena panasnya merata dari 3 arah. Selain masak nasi, bisa untuk mengukus juga.

Masak Tanpa Kompor, Pakai Tiara Pot Pro 12 in 1 dan Donabe Rice Cooker 3 in 1 By Polytron

Seperti kemarin, chef Beatrix membuat nasi ayam Hainam menggunakan Donabe Rice Cooker. Nasinya lembut, ayamnya juga langsung empuk, bumbunya meresap sampai ke dalam. Aromanya menggoda. Oya, kapasitas listrik Donabe Rice Cooker sebesar 400 watt, ukuran 2 liter.

Mudah-mudahan produk ini bisa menjadi solusi kita dalam membantu konversi gas ke alat masak listrik. Kualitas produk Polytron kan sudah terpercaya sejak 47 tahun lalu.


Resep Hainan Chicken Rice dan Albondigas Soup ala Chef Beatrix 


Apakah kalian penasaran bagaimana cara membuat 2 menu praktis dan enak ala chef Beatrix di acara cooking class kemarin? Nih, aku share ya. Mudah-mudahan bisa kamu recook di rumah. 


👉🏻 Hainan Chicken Rice 


Bahan Nasi:

• 300 gram beras
• 750 ml kaldu ayam ( satu ruas jari diatas beras)
• 3 siung bawang putih, dicincang halus
• 3 sdm bombay cincang
• 30 gr jahe, dimemarkan
• 2 sendok teh garam
• minyak wijen secukupnya
• 1 sendok makan minyak untuk menumis 

Bahan Kuah Kaldu:
• 3 siung bawang putih, cincang
• 1 liter kaldu ayam
• 1 sendok makan rata garam atau kaldu bubuk 

Bahan siraman ayam:
• 1 sendok teh minyak wijen
• 2 sdt kecap asin
• 5 sdm kaldu ayam 

Membuat Nasi Ayam Hainan: 
1. Rebus ayam di dalam air bersama jahe, bawang putih, dan daun bawang sampai mendidih. Masukkan minyak wijen, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Masak sampai ayam matang. Angkat ayam. Lap kering. Buang tulangnya. Potong-potong. 

2. Masukkan sedikit minyak wijen. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum, di dalam panci Donabe Rice Cooker. 

3. Masukkan beras, aduk bersama tumisan, tambahkan garam, gula pasir. Tuangkan kaldu, garam dan merica. 

4. Masukkan ayam yang sudah dimarinasi, susun diatas beras. Tutup rice cooker masak sampai matang. 

3. Siraman ayam : campur jadi satu semua bahan, siram diatas ayam



👉🏻 Albondigas Soup 

Masak Tanpa Kompor, Pakai Tiara Pot Pro 12 in 1 dan Donabe Rice Cooker 3 in 1 By Polytron

Bahan-bahan:

• 1/2 kg paha ayam cincang
• 1 telur ayam
• 100 gr bawang bombay, cincang halus
• 1 cup nasi putih
• 3 siung bawang putih cincang halus
• 2 sdt garam
• Lada hitam bubuk dan oregano kering secukupnya
• 50 gr kacang merah yang sudah direbus empuk


Bahan Tambahan Soup:
• 4 potongan kentang
• 3 wortel besar potong potong seperti kentang
• 3 sdm bawang bombay cincang
• 3 siung bawang putih cincang
• 2 liter kaldu ayam
• 250 gr tomat yang haluskan hingga menjadi bubur
• Irisan daun ketumbar dan jeruk nipis, jika suka 

Cara Membuat Soup: 
1. Buat adonan bakso: campur ayam giling, telur, bawang merah, nasi, bawang putih, garam, merica, dan oregano ke dalam mangkuk besar dan aduk dengan tangan atau sendok sampai tercampur 

2. Bentuk bola-bola 2 inci sampai adonan habis, atur bola di piring untuk dimasukkan nanti.

3. Tumis bawang bombay, bawang putih hingga wangi, tambahkan kaldu ayam dan tomat yang dihancurkan ke Tiarapot Pro, didihkan dengan ukuran api sedang-tinggi. 

4. Tambahkan kentang, kacang merah, wortel, ke dalam panci. Biarkan mendidih selama 5 menit, lalu pencet tombol kecilkan ukuran api menjadi sedang-rendah. 

5. Tambahkan bakso ke dalam kaldu dan biarkan masak selama 10 menit.

6. Tambahkan 2-3 gelas air lagi jika perlu dan biarkan mendidih selama 10-15 menit, sampai sayuran lunak. 

7. Angkat panci dari api dan biarkan dingin selama 5 menit. Sajikan dengan irisan daun ketumbar dan jeruk nipis. 


Gimana, asik banget ya, bisa bikin bahagia, hehe. Kamu juga pengen punya alat masak ini? Yakin deh, bikin masak jadi mudah dan praktis. Harganya juga masih masuk akal, apalagi masih ada promo.

Cek info lengkapnya di:
- www.polytron.id
- @polytron.home
- @polytronindo

Selamat mencoba berkreasi dalam 1 Rice Cooker!



48 komentar:

  1. boleh lah di coba resepnya ini mbak dan lebih enak memang masak pakai kompor biasa karena banyak keseruannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya sih, tapi bisa jadi alternatif buat yang suka masak praktis seperti saya, plang plung tinggal

      Hapus
  2. waoooo all in one banget nih, cocok buat yang suka praktis-praktis, jadi ingat waktu ngekos saya punya rice cooker all in one kek gini, tapi nggak sebanyak fungsi ini sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya cocok bener buat anak kost yang alat masaknya simpel

      Hapus
  3. Omggg kalau kayak gini nggak perlu banyak barang lagi di dapur ya! Rice cookernya udah lengkap semua, masak jadi hemat barang dan praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok buat dapur minimalis kaya dapur saya, gak cukup nyimpan panci banyak-banyak

      Hapus
  4. Kepraktisan dan tentunya hemat listrik jadi idaman, apalagi Tiarapot ini mendukung untuk siapa saja membuat kreasi hidangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap bener banget say, bisa banyak model masakan

      Hapus
  5. Tiarapot Pro ini merangkap air fryer yaaaaa. Waaah menang banyak kalau bisa punya satu. Lihat foto Mba Nia masak Albondigas Soup wiiii simpel banget jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsipnya tinggal plung cemplung, numis pun bisa di pot yang sama

      Hapus
  6. Alhamdulilah terimakasih backlinknya ya Mbak Lia, barakallah

    Pernah lihat di status teman tengan Tiara Pot Pro, ternyata sebagus itu ya, terlebih produk Polytron yang menjamin kualitas produknya dengan mendirikan banyak layanan purna jual

    Saya kesengsem pingin beli untuk anakku yang bujang dan baru nempati rumah baru.
    Dia bingung mau beli peralatan dapur yang serba guna.
    Jawabnya ya Tiara Pot Pro ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh selamat untuk bujangnya mbak, hebat nih. Yuk dihadiahin Tiara Pot Polytron aja hehe

      Hapus
  7. Kok pinter banget sih yang punya ide menciptakan Tiara Pot ini, bisa ada 12 fitur untuk proses memasak yang berbeda.

    Nah iya, kalau beneran mesti beralih ke kompor listrik, berarti harus nambah biaya buat beli peralatan masak lagi mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu pernah terimajinasi ada alat yang bisa bantu masak tanpa repot, eh ternyata sekarang ada

      Hapus
  8. Tampak multifungsi banget Tiara Pot ini. Bisa untuk 12 mode memasak, termasuk mempresto dan fungsi airfryer dengan tambahan alat. Ya walaupun ga bisa serentak masak lebih dari 1 masakan sekaligus, yang artinya harus gantian, tetep membantu banget ya. Mungkin kudu punya 2 kalau mau cepet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya bener kalo mau lebih cepet stok Tiara Pot dua biji ya

      Hapus
  9. Ya ampun. Kegunaannya banyak banget ya. Bisa buat sayur, sup, nanak nasi, mempresto, bikin yoghurt wah semuanya jadi praktis dalam satu alat gak pakai kompor ya
    Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran sama hasil yougurtnya, kan lumayan bisa buat jualan

      Hapus
  10. wahh benaran praktis yaa, kita gak butuh banyak alat masak lagi, udah bisa pakai tiara pot pro ini

    BalasHapus
  11. Masak makin mudah banget nih dengan tiara pot pro. Berbekal satu alat amsak bisa masak banyak. Mau merebus, mau mengukus semua bisa dilakukan dengan mudah

    BalasHapus
  12. Multi fungsi banget ya mbak, ini mamaku kalau liat alat canggih di dapur gini mesti minta beli. Ahaha. Segala macem bisa dilakukan di satu tempat dari ngukus, numis, bikin sup dll

    BalasHapus
  13. duh nasi hainannya menggoda banget
    Apalagi dimasak pakai Donabe Rice Cooker ya?
    Nasinya bakal lebih pulen dan ayamnya lebih gurih

    BalasHapus
  14. Lebih praktis ya, karena bisa untuk membuat beragam olahan makanan.
    Terpikirkan kalau traveling bareng keluarga bawa ini pasti menyenangkan.

    BalasHapus
  15. Rice cookernya idaman mak-emak banget yaa. Bikin hemat gas. tinggal mikir bayar listriknya aja lagi. Hehe.. Polytron emang selalu tau kebutuhan mak-mak zaman now🤩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha emang ada sisi lain yang harus membengkak, daripada dihantui harga gas juga kan

      Hapus
  16. Satu alat bisa untuk 12 fungsi. Regone piro Mbak......
    Saya pernah pakai magic comp untuk memasak lauk saat ga ada gas seminggu, di hari ketiga, magic com-nya mati total. Hiks.
    Jadi pengen beli ini, apalagi beberapa fungsi itu butuh ketelatenan mengendalikan panas dan waktu saat memasak dengan panci biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pas gak ada gas, magic com tuh ngebantu banget

      Hapus
  17. Nah, ini yang aku nantikan dari tulisan teh Lia mengenai kemampuan dari 12 fitur Tiara Pot Pro. Karena agar punya gambaran mau masak apa yaa.. Setelah memiliki produk Polytron yang canggih ini..?
    Beneran suka banget sama fiturnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun kepincut, suka banget sama modenya

      Hapus
  18. Satu alat tapi bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi ya kak. Multiguna banget. Apalagi kapasitasnya juga besar ya. 6 liter. Cukup lah buat maska kalau ada hajatan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe hajatan serumah doang kayanya

      Hapus
  19. wah aku baru tahu kalau produk polytron punya alat masak seperti ini. sungguh sangat praktis ya...

    BalasHapus
  20. paling butuh fungsi pressure cooknya biar kalo masak daging jd empuk. maklum di rumah anak2 masih pada balita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, menurutku ini praktis banget dibanding harus ngeluarin presto lagi

      Hapus
  21. cocok banget nih buat keluarga minimalis yang gak pengen punya banyak barang di dapur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget. Aku suka yang praktis begini

      Hapus
  22. Mbak Aku suka banget nasi ayam Hainan. Dan jadi lebih mudah kalau memasak menggunakan donabe rice cooker ya

    BalasHapus
  23. Wah, baru tahu nih, kalau Polytron telah melebarkan sayap inovasinya hingga menyentuh ruang dapur para Ibu. Tentunya para Ibu yang hobby masak, wajib coba nih teknologi terbaru dari Polytron yaa Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, selama ini kita taunya televisi, audio dan mesin cuci

      Hapus
  24. Aku suka sama Tiara Pot Pro 12 in 1 ini karena bisa sekalian jadi air fryer. Kereeeeen. Pengen ih punya satu. Semoga suami beliiiiiin. Amiiiiiiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga dapet hadiah Tiara Pot

      Hapus
  25. Cakep banget nih desainnya mbak. Naksir deh!

    BalasHapus
  26. Aduh, teknologi makin canggih aja ya. Merambah ke dapur emak2 sekarang.

    BalasHapus
  27. Naksir sm tiarapotnya, bikin masak apa jadi lebih mudah ya ka

    BalasHapus

Untuk mencegah spam, yuk gunakan akun google untuk berkomentar. Jika ada pertanyaan khusus, silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you so much ❤