Mengulik Penanganan Saraf Kejepit Di RS Premier Bintaro. Ada Apa Saja?

Mengulik Penanganan Saraf Kejepit Di RS Premier Bintaro

Diajak seorang teman untuk ikut acara hospital tour dan talkshow mengenai "Fakta dan Mitos Seputar Saraf Kejepit" di RS Premier Bintaro, tak mungkin kutolak. Ini adalah kesempatan bagus, mengingat aku juga sedang mengalami masalah nyeri di bagian punggung hingga pinggang bawah sejak beberapa bulan ini. 

Meski sudah berobat, tapi rasanya belum puas terjawab. Kalau sedang muncul nyeri, sungguh aduhai, kecentit gitu. Bila gerak sedikit saja, tiba-tiba terasa sentakan menarik otot. Tubuh jadi kaku tidak bisa miring ke samping dan dada terasa sesak susah mengambil napas. Lutut pun terasa ngilu saat hendak berdiri. 

Aih, berasa udah kena penyakit orang antik nih, udah dibenerin yang ini, nanti mengeluh lagi yang lain, padahal diriku belum jompo banget lho, wkwk..


Melihat Fasilitas Kesehatan Unggulan dan Canggih di RS Premier Bintaro


Dari Bogor menuju RS Premier Bintaro tidaklah sulit. Pagi itu, aku naik kereta Commuterline jurusan stasiun Bojonggede turun di stasiun Jurangmangu. Dilanjutkan naik bus gratis nomor 03 dari depan Bintaro XChange Mall langsung diantar lewat depan rumah sakit. Sungguh perjalanan yang menyenangkan.

Mengulik Penanganan Saraf Kejepit Di RS Premier Bintaro

Sebelum talkshow bersama dokter spesialis dimulai, kami diperkenankan melihat beberapa fasilitas kesehatan unggulan yang ada di RS Premier Bintaro. Wah sungguh takjub dibuatnya. Beneran komplit dan canggih, tempat perawatannya laksana hotel, pelayanannya pun ramah. 

Ini sih bikin mood jadi baik, karena suasananya tidak menakutkan, membuat pasien jadi nyaman dan mudah-mudahan jadi cepat sembuh. Ada apa saja itu?

● Spine Center

https://www.narasilia.com/2022/08/saraf-kejepit-di-rs-premier-bintaro.html

Punya masalah ortopedi, sport injury, tulang belakang seperti skoliosis, gangguan tidur, terapi wicara, dan butuh rehabilitasi medik untuk pemulihan? RS Premier Bintaro pun memiliki Spine Center yang sangat lengkap.


https://www.narasilia.com/2022/08/saraf-kejepit-di-rs-premier-bintaro.html

Berada di Tulip Clinics lantai 2, kita bisa menjalani pengobatan, fisioterapi dan rehabilitasi bersama ahlinya. Alat fisioterapi dan rehabilitasinya banyak banget dan masing-masing memiliki fungsinya, diupayakan pasien benar-benar bisa pulih sedia kala.

● MRI 3 Tesla di ruang Radiologi

https://www.narasilia.com/2022/08/saraf-kejepit-di-rs-premier-bintaro.html

Tak perlu ke luar negeri, di RS Premier Bintaro memberikan fasilitas ini sesuai kebutuhan pasien. Dengan kecanggihan teknologi MRI 3 Tesla, gambar seluruh anatomi tubuh mulai dari otak, tulang belakang, perut, tungkai/kaki, saraf, jaringan otot, serta organ lainnya dengan mudah terdeteksi secara detail sehingga dokter dapat memberikan diagnosa dengan tepat.


https://www.narasilia.com/2022/08/saraf-kejepit-di-rs-premier-bintaro.html

Keunggulan lainnya, MRI 3 Tesla tidak menyebabkan pasien terkena paparan radiasi karena alat ini menggunakan medan magnet dan gelombang radiofrekuensi. Tidak bising. Nyaman untuk pasien karena bisa sesuai dengan bentuk tubuh, diberi kacamata 3D dan headphone agar bisa sambil menonton film favorit.

● Medical Check Up untuk Visa

https://www.narasilia.com/2022/08/saraf-kejepit-di-rs-premier-bintaro.html

Yap, buat kalian yang butuh medical check up untuk mendapat visa ke luar negeri seperti Amerika, Canada, Australia, Selandia Baru, dan UK Inggris bisa datang ke RS Premier Bintaro. Meliputi pemeriksaan fisik, laboratorium, radiologi, dan lainnya. Ruang ini bertepat dengan klinik anak di lantai 1.

● Skin & Laser Clinic


Mengulik Penanganan Saraf Kejepit Di RS Premier Bintaro

Buat kamu yang punya masalah kulit seperti jerawat, muka bopeng, ingin menghilangkan tanda lahir atau tatto, Skin & Laser Clinic di RS Premier Bintaro mampu memberikan layanan tanpa rasa sakit karena menggunakan alat canggih 'Fotona Lasers'.

● Stroke Center

Mengulik Penanganan Saraf Kejepit Di RS Premier Bintaro

Awal tahun 2022, RS Premier Bintaro menjadi salah satu penyedia Stroke Center di Indonesia, khususnya di Tangerang. Memberikan pelayanan kesehatan untuk pasien yang mengalami stroke mulai sub akut hingga hiperakut. Bahkan bisa melayani pasien neurologis alias masalah kelainan saraf, seperti saraf kejepit.


Stroke Center RS Premier Bintaro ditangani oleh tim medis dengan berbagai disiplin antara lain:
• dokter spesialis saraf,
• dokter spesialis orthopedi dan traumatologi,
• dokter spesialis bedah saraf, intensivist,
• dokter spesialis rehabilitasi medik,
• dokter spesialis radiologi dan radiologi intervensi,
• dokter spesialis emergensi medis
dokter spesialis gizi klinik

Lengkap banget kan? 

Hal ini bertujuan agar pasien stroke dan kelainan saraf bisa tertolong sesegera mungkin agar tidak ada komplikasi atau serangan berulang, meminimalisir cacat dan kematian. Ruang Stroke Center pun terintegrasi berdekatan dengan ruang CCU (Critical Care Unit), berada di lantai 2.


Mengupas Mitos dan Fakta Saraf Kejepit


Tepat pukul 10.00 WIB kami memasuki ruang pertemuan, ngopi-ngopi cantik. Setelah itu dilanjutkan mengupas mitos dan fakta mengenai saraf kejepit bersama dr. Omar Luthfi, SpOT (K) Spine.

https://www.narasilia.com/2022/08/saraf-kejepit-di-rs-premier-bintaro.html

Beliau menjelaskan 
tulang belakang pada manusia itu sendiri berjumlah total ada 33 bagian, mulai dari leher sampai tulang ekor, bertugas sebagai penopang kepala, leher, bahu, pinggul, dan melindungi sumsum tulang belakang dari cedera. 

https://www.narasilia.com/2022/08/saraf-kejepit-di-rs-premier-bintaro.html

Di tulang 
belakang memiliki saraf penting yang berfungsi untuk motorik penggerak, sensorik perasa, dan otonom organ internal. Saraf ini memberikan perintah. Bayangkan, jika saraf tulang belakang kejepit, maka satu dari fungsi tubuh akan abnormal. 

Gejala Saraf Kejepit itu adalah:
  • Nyeri menjalar sampai ke tungkai bawah, bahkan sampai telapak dan jari kaki
  • Sering kesemutan dan mati rasa (kebas/baal)
  • Gerakan kaki melemah
  • Gangguan rangsangan untuk buang air kecil maupun besar (BAK/BAB)

➡️ Apakah nyeri punggung bawah atau sakit pinggang itu adalah syaraf kejepit? 

Ini mitos ya, karena nyeri punggung bawah itu bukan gejala neurogenic (kompresi saraf/saraf kejepit) saja, tetapi bisa jadi karena ada:
▪︎ masalah otot, 
▪︎ masalah struktur tulang belakang (Spondylogenic), 
▪︎ gangguan organ dalam seperti ginjal (Vicerogenic), 
▪︎ bahkan bisa pengaruh dari masalah psikologis.

Wah, jangan-jangan sakit punggungku sampai sampai menjalar ke lutut bisa disebabkan masalah psikologis kali yeee. Kecapekan gitu kan, bukan karena jompo, ihihi..

Pantesan dokter sebelumnya bilang: "ibu kena asam lambung, bisa jadi hipertensi juga, karena tekanan darahnya 160/80, banyak istirahat dan kurangi stress".

"Iya dok, saya emang wonder women, segala dikerjain, semua dipikirin, gaji suami cukup sebulan gak nih? Yahh, namanya juga ibu-ibu", jawabku dalam hati, bukan beneran terucap, di depan dokter mah mengangguk-angguk saja, ehee..


➡️ Apakah saraf kejepit dapat menyebabkan kelumpuhan?

https://www.narasilia.com/2022/08/saraf-kejepit-di-rs-premier-bintaro.html

Tentu saja ini fakta, apalagi jika pernah mengalami cedera komplit. Jika tidak ditangani dengan tepat akan menyebabkan adanya jepitan saraf pada punggung bawah dan mengganggu gerakan karena sarafnya terjepit, tidak berfungsi semestinya. 

Biasanya hal ini mudah terjadi karena proses penuaan (Lumbal Stenosis), pergeseran tulang belakang, patah tulang, kelelahan otot, dan infeksi. Gejala syaraf kejepit pada orangtua biasanya tidak bisa jalan atau berdiri, sakit di bagian kaki.


 ➡️ Apakah jika nyeri boleh diurut atau dikretek-kretek?

Jika sedang mengalami nyeri punggung bawah, faktanya kita boleh minta diurut, apalagi jika tubuh terasa lelah. Tapiiii, dokter Omar mengingatkan, tidak semua bisa diurut atau dikretek-kretek, khawatir malah bertambah parah. 

Siapa saja mereka yang tidak boleh? Orang yang sedang mengalami cedera otot dan ligamen, cedera bantalan tulang belakang, fraktur, dan osteoporosis.


➡️ Apakah saraf kejepit harus selalu dioperasi?

Tidak selalu ya, ini mitos. Karena saraf kejepit masih bisa ditangani dengan cara:
- Bed rest, istirahat total maksimal 2 hari
- Minum obat pereda nyeri (analgesik)
- Menggunakan korset khusus kesehatan punggung dan pinggang
- Mengikuti program rehab medik oleh dokter spesialis dokter fisik dan rehabilitasi 

https://www.narasilia.com/2022/08/saraf-kejepit-di-rs-premier-bintaro.html

Jika tidak ada perubahan, kunjungi dokter, lalu akan dilakukan manajemen Intervensif yaitu pemberian obat atau terapi sesuai target area secara spesifik. Tidak berhasil juga, malah terjadi kelemahan anggota gerak dan berpotensi kelumpuhan? Yuk, minta dioperasi saja.

Jangan takut dioperasi, faktanya operasi tidak menyebabkan kelumpuhan, resikonya cuma 0-2%, sangat kecil kan? Apalagi ilmu pengetahuan dokter semakin maju, ketrampilannya semakin tinggi, dan peralatannya semakin canggih seperti dilakukan teknik Dekompresi Saraf dengan Endoscopy dan bisa dilakukan menggunakan Robotic Spine Surgery. So, kenapa ragu?


➡️ Adakah tips agar kita tidak terkena saraf kejepit?

Tips dari dr. Omar Luthfi Sp.OT (K-Spine) agar kita terbebas dari syaraf kejepit, adalah:

1. Jaga Berat Badan
2. Olahraga teratur, agar tubuh tetap lentur berstamina
3. Hindari kegiatan beresiko tinggi, seperti berlari, angkat beban
4. Lakukan berenang, yoga, sepedaan sebagai terapi ringan
5. Kalau dirasa kebas pada anak muda, belum tentu syaraf kejepit, bisa krn gangguan aliran darah, kurang vit B12. Minumlah vitamin.

Jika masih penasaran kalian langsung aja hubungi pihak RS Premier Bintaro, atau bisa mencari informasi terbaru di @premierbintaro #rspremierbintaro #SarafKejepit 




19 komentar:

  1. Ehmm soal tulang harus ekstra hati-hati, nih, apalagi tentang saraf salah pijat atau kretek dikit bisa bahaya. Harus memahami masalahnya dulu, paling aman sih memang dibawa ke dokter, baru tahu permasalahan dan solusinya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. pengen banget ke RS Premier Bintaro
    karena pastinya lengkap untuk semua gangguan saraf
    apakah epilepsi bisa ditangani tuntas di rumah sakit ini gak ya?

    BalasHapus
  3. Efek pikiran ternyata bisa ke mana-mana ya, Mbak. Termasuk juga bisa kena saraf kejepit. Saya juga terkadang kepikiran kalau untuk urusan rumah tangga hihihi. Sehat selalu untuk kita :)

    BalasHapus
  4. Ternyata ada banyak hal yang digunakan untuk menolong saraf kejepit, ya. Kirain cuma diapain gitu pakai alat khusus.

    BalasHapus
  5. Lengkap banget materi talk show nya.. saya juga sering nyeri punggung, Mbak.. apalagi pas PMS duh ambyar banget rasa badan ini, dan Alhamdulillah baca artikel ini jadi tau kalau itu bukan termasuk saraf kejepit.

    BalasHapus
  6. Saraf kejepit ini bahaya juga ya kalau dibiarkan tanpa ada penanganan.
    Apalagi pas baca bagian "buat menggerakkan aja makin terasa ketarik ototnya" deuh sesuatu banget pastinya

    BalasHapus
  7. Penanganan saraf kecepit pada ahlinya seperti tim kesehatan akan memberkan kesempatan penanganan dengan tepat.

    BalasHapus
  8. Saraf kejepi memang harus ditangani secara medis dan segera, karena kasihan ngelihat yang ngalamin, susah jalan dan menahan sakit. Untungnya sekarang ada RS Premier Bintaro yang fasilitasnya lengkap.

    BalasHapus
  9. RS premier bintaro ahlinya menangani saraf kejepit berarti ya kak, noted banget. MAsalah kesehatan tubuh yang harus segera mendapatkan penanganan

    BalasHapus
  10. Fasilitasnya lengkap banget ya Lia di RS Premier Bintaro. Pasien bisa cepat sembuh. Aku jadi tahu nih mana yang mitos dan fakta seputar saraf kejepit

    BalasHapus
  11. Saya pernah mengalami syaraft kejepit hampir setahun lamanya di sepanjang tulang belakang. Alhamdulillah dengan menjalani fisioterapi, obat yang diresepkan serta istirahat yang cukup, perlahan gejalanya berkurang. Hingga kini, tidak diperkenankan mengangkat barang-barang berat, salah posisi dalam melakukan sesuatu dan tidak boleh terpeleset atau jatuh.

    BalasHapus
  12. Lengkap banget ya. Itu ruang rehabilitasi mediknya keren. Jadi ingat waktu ibu kena stroke, fasilitas rehabilitasi mediknya terbatas. Ya namanya juga rumah sakit daerah. Coba kalau ada pilihan kaya di sini ya.. Eh tapi tetep, mending sehat daripada sakit sih 😊

    BalasHapus
  13. Saya tuh sering kesemutan Mba, kaya Baal gitu. Kadang kram juga. Wah ini harus dicek kayanya. Seneng deh Liat fasilitasnya RS Premier Bintaro. RS modern dengan fasilitas terbaik pastinya. Rekomended buat penanganan saraf kejepit pasti ke RS ini

    BalasHapus
  14. Penanganan saraf kejepit dengan baik membuat keluarga pasien menjadi tenang ya. Kebetulan mama mertuaku suka kambuh, bisa nih RS ini jadi rekomendasi ya!

    BalasHapus
  15. Alat fisioterapi ya lengkap banget ya mbak dan apa stroke center juga. Yg ada cedera saraf semoga dapat banyak bantuan di sini ya, hati2 dan sehat selalu untuk kita

    BalasHapus
  16. Lengkap banget fasilitas pemeriksaan di RS Premier Bintaronya ya mba. Bisa untuk keperluan MCU visa ke luar negeri juga yang negaranya disebutkan di atas ya. Noted banget

    BalasHapus
  17. Pengen ke skin&laser clinic nya duhh jerawat, bekas jerawat segala2 soal wajah ini mah bisa banget clean lagi kayanya disana hehe

    BalasHapus
  18. Wah iya ya, mungkin kurang vitamin juga nih. Btw, rumah sakitnya lengkap yaa, fasilitas dan desainnya juga okez modern. Gak serem deh kalo ke RS jadinya

    BalasHapus
  19. Penasaran sama skin and laser nya RS premier bintaro kak. Kira-kira, juga ada layanan untuk menghilangkan glrk hitam gak ya?

    BalasHapus

Untuk mencegah spam, yuk gunakan akun google untuk berkomentar. Jika ada pertanyaan khusus, silahkan kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you so much ❤