NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

11.11.19

Bluder Roll Talubi, Roti Jaman Belanda Oleh-Oleh Khas Bogor


Siang itu temanku "ngidam" ingin makan bluder, sejenis peganan yang teksturnya mirip roti tapi cita rasanya sedikit mirip bolu. Jika disobek nampak berserat namun lembut. Bluder sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Roti kuno sebutan nenekku dulu.



Tapi temanku itu inginnya Bluder yang ada di Madiun sebagai oleh-oleh. Beuhh, jauhnya. Sedangkan posisi kami ada di Bogor. Masa sih harus ke Madiun dulu? Mau pesan dari sana? Yakin tahan lama selama diperjalanan kurir? Minimal dua hari sampai, itu pun harus pakai ongkos 2x lipat.

Lalu bagaimana? 

Beruntung ternyata di Bogor juga ada Bluder lho, bentuknya digulung seperti lapis surabaya. Didalam gulungannya ada tambahan keju, coklat, atau abon. Bluder Roll namanya, kini kita bisa membelinya di Talubi Store.

Jadi begitu temanku bilang kepengen bluder, langsung saja aku beritahu: "di Bogor udah ada nih, di Talubi!"

Oiya, sebelumnya Talubi ini terkenal dengan Bika Bogornya. Talubi adalah singkatan dari Talas dan Ubi, jadi semua penganan oleh-oleh di sini dibuat menggunakan bahan dasar talas dan ubi, pastinya cita rasanya berbeda dengan kue lainnya. 

Kamu tahu kan manfaat talas dan ubi?

Talas itu serat pangannya tinggi lho, baik untuk pencernaan, mencegah darah tinggi dan kolesterol, sedangkan ubi mengandung vitamin A, C, dan B yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Jadi menurutku cocok nih buat kalian yang ingin makan kue yang sehat. Tokonya ada di 4 (empat) tempat, yaitu di: jalan Pajajaran, Sholeh Iskandar, depan Soto jalan Suryakencana, dan di Gadog pusat oleh-oleh.



Selain Bika Bogor, Talubi juga menyediakan aneka kue lainnya seperti Banana Cheese cake, Spikoe, Brownis kukus, Brownis panggang, dan yang terbaru sekarang ini ada Bluder Roll. Harga Bluder Roll dibandrol sesuai variannya:
1. Bluder Roll Coklat Rp. 29.000
2. Bluder Roll Keju Rp. 32.000
3. Bluder Roll Abon Rp. 38.000

Dua minggu lalu aku sudah mencicipinya, ketiga isian langsung aku pesan, abisnya bingung enakan yang mana, apakah keju, coklat, atau abon? Alhamdulillah kirimannya cepat sampai, siang-siang abang kurir dari Jet Express memanggil: "pakeeeet..!".

Begitu kami buka, packingnya aman, dibungkus bubble wrap, jadi isi bludernya tidak ada yang hancur. Anak-anak sudah tak sabar ingin mencicipinya. "Sebentar, kita liat dulu apa aja rasanya nih? Nanti potong-potong dulu yaa..!", pesanku.

Jadi, kiriman paket Bluder Roll Talubi ada 3 varian, mantap deh jadi gak penasaran mana aja yang paling enak?

Ternyata enak semua, tapi masing-masing pilihan mendominasi. Aku gak bisa mana yang paling enak, karena si kakak lebih suka yang keju, si adik senang yang abon, sedangkan senang yang coklat.

👉 Isian coklatnya itu terasa coklat gurih susu gitu, padat, dan manis pahitnya pas. Dan yang paling mantap itu tidak terasa tengiknya coklat mesis. Coklatnya kualitas baik deh. Lidahku gak bisa bohong..



👉 Sedangkan bluder kejunya juga enak, kejunya beneran keju yang terasa susunya, tapi gak bikin eneg sih. Nah, menurutku kalau potongan bluder keju dan bluder coklat doigabung, makin enaaaak banget. Aku memang paling suka padanan kue atau roti seperti itu.



👉 Untuk bluder abon pun tak kalah enak, abonnya pekat dengan dagingnya, manis asinnya sesuai. Menurutku ini mirip roti abon merek yang sering ada di mall itu lho. Kebayang kan?



Bluder Roll abon ini menurutku paling enak dimakan saat sarapan, karena cukup membuat perutku kenyang sebelum berangkat bertugas sebagai ibu yang sibuk wara-wiri antar anak sekolah.

Jadi buat kalian yang mau mencicipinya bisa lihat di instagramnya ya di @bikabogor. Di sini semua aneka kue pun ada jadi bisa pilih yang lainnya sebagai oleh-oleh. Yeayy..!


17 komentar:

  1. Mba Lia, aku penasaran ama rasa susu kejunya, mba. Kebayang enaknya dan yakin deh nggak bikin eneg. Bika Talubi mah udah terkenal kulinernya enak enak :)

    BalasHapus
  2. Ampuun, racun makanan manis ini, ahaha. auto tergiur liat fotonya, jadi pengen ngerasain juga. kalau ke Bogor mau beli ah :D

    BalasHapus
  3. Kemarin padahal pas kulineran di Bogor sempet lewat Talubi. Duh kalau tau ada bluder kayak gini, kemarin mampir kesana. Itu Bluder Abonnya menggiurkan.. yummy

    BalasHapus
  4. Yang keju dan abonnya bikin ngiler ish.. bogor kini semakin banyak ya oleh oleh khasnya.. jadi semakin banyak pilihan buah tangan deh kalo dari bogor.. rencanyanya bulan depan mau ke bogor.. mau icip icip roll talubi ini juga ahhh

    BalasHapus
  5. Bikin ngiler banget deh bluder roll Talubi ini. Jadi banyak pilihan ya oleh-oleh dari Bogor, dan kalau aku sih ngiler banget sama yang isian abon ini. Langsung cuss ke Bogor ahhhhh

    BalasHapus
  6. Aku udah cobain juga Mba, rotinya empuk banget. Aku paling suka yang cokelat karena cokelatnya melimpah.

    BalasHapus
  7. Melihat potongannya aja aku udah ngiler mbak, itu tebal banget ya isiannya. Pasti kenyang lah makan sepotong, apalagi kalau ditambah dengan kopi atau teh panas. Mantap nih. Saat ini baru ada di Bogor aja ya kalau mau beli?

    BalasHapus
  8. Wahh Talubi sekarang ada bludernya ya. Aku udah nyobain bolu nya, enak, lembut dan manisnya pas. Nah bludernya kayaknya layak dicoba juga nih.

    BalasHapus
  9. Di dekat rumah juga ada yang jual bluder, biasa beli kalau ada tamu hehe.. aku penasaran sama bluder kejunya, kangen bolu keju nih . Btw harganya terjangkau yaa

    BalasHapus
  10. pernah ke Bogor tapi belum ada cobain ini kue. Dari tampilannya oke banget dan menggugah selera. Next time kalau ke kota hujan, wajib nih beli dan bawa pulang

    BalasHapus
  11. Pengen nyobain yang abon. Dulu pernah sih pesen yang bika buat dikirim ke Bandung. Mo nyoba pesen bluder ini juga ah.

    BalasHapus
  12. Saya langsung ngiler lihat foto-foto bluder rool ini, Mbak Lia. Keju, cokelat, apalagi abon semua saya suka. Requaes buka di Kebumen, Mbak hehehe.

    BalasHapus
  13. Wuihh jadi pingin nyobain bluder roll yang coklat deh Mbak... hmmm pasti so yummie. Ntar kl adek saya yg main ke Bogor pulang ke Medan, saya nitip deh bluder roll talubi ini. TFS yaa Mbak Lia

    BalasHapus
  14. Unik banget ya bluder tapi bentuknya roll, biasanya kan bundar gitu. Sedap juga tuh yang isinya abon, cocok bener buat sarapan. Mengenyangkan dan sehat.

    BalasHapus
  15. lohhh aku baru tahu ini namanya bluder, taunya selama ini bolu gulung ahaha...
    Enak yang manis atau asin ka?

    BalasHapus
  16. Ini kuenya enak pakai banget ya Mbak, aku pernah cobain :) eh satu kotak habis sendiri. Mau cari di Bekasi ga Nemu yang seenak ini

    BalasHapus
  17. Kalo ke Bogor emang suka sih liat oleh-oleh blider tallubi ini bertebaran, tapi akunya jg belum pernah coba hehe. Harganya cukup terjangkau ya, aku ngiler sama yg rasa abon

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge