Persiapan Jitu Agar Anak-Anak Anteng Ditinggal Di Rumah

Persiapan Jitu Agar Anak-Anak Anteng Ditinggal Di Rumah

Meninggalkan anak-anak di rumah memang selalu bikin galau ya. Merasa dilema, ada tanggung jawab yang harus dikerjakan, tetapi anak-anak juga harus dipantau. Jadi pengennya pilih dua-duanya.

Sama sepertiku, setiap mendapat undangan seminar pastinya bikin aku senang, asyiik ada alasan keluar rumah lagi nih. Ibu macam aku ini butuh hiburan juga kan. Tetapi jika undangannya bersyarat tidak membolehkan membawa anak, spontan bikin aku jadi galau, *ups.

Setidaknya aku harus memutar otak gimana caranya supaya anak-anak bisa anteng ditinggal di rumah dengan aman. Agar aku bisa melangkah pergi tanpa adanya rengekan. Tentunya sudah ada urutan persiapan jitu yang matang. Antara lain:


Pertama, persiapan izin suami.

Kebahagiaanku dapat undangan tidaklah sempurna jika belum mendapat izin suami. Untuk membuka hatinya, aku harus membeberkan apa manfaat dari acara, anak-anak pulang sekolah dengan siapa, besok masak apa, semua harus lengkap, mirip mengajukan proposal pada boss gitu deh.

Untuk mempersiapkan kondisi yang aman dan terkendali, biasanya aku bekerja sama dengan suami. Kalau sudah deal, insyaallah anak-anak juga jadi patuh dan gak banyak rewel.

Hari Sabtu biasanya suami libur kerja, jadi anak-anak aman bersamanya. Selain hari itu, aku bisa menitipkan sebentar kepada tetangga yang dipercaya. Begitulah solusi utamanya. Yakin deh, anak tidak akan rewel selama ditinggal mamanya.


Kedua, persiapan mental anak-anak.

Cara mendidik anak itu bukan hanya biar pinter belajar di sekolah, tetapi mengajarkan persiapan mental juga perlu, agar menjadi anak hebat. Melalui diskusi, Shidqi dan Selma sih sudah mengerti bahwa aku harus pergi meninggalkan mereka untuk mengikuti acara maupun seminar, bukan mau jalan-jalan enak, tetapi kerja nyari tambahan uang sekolah.

Mereka memaklumi, sebagaimana tugas mereka bersekolah di pagi hari, bunda ada kesibukan di luar selain di rumah. Terutama Shidqi, sudah faham tugasnya harus pulang bareng adik dan memboncengnya naik sepeda. Di rumah pun dia sudah mampu menggoreng telur dan nugget.

Tetapi lain dengan si kecil, harus pakai trik khusus. Biasanya kalau pagi dia masih tidur, mudah saja aku pergi. Kalau sudah bangun, aku harus mengajaknya muter-muter naik motor dulu, lalu diajak main sama anak tetangga sementara aku menjemput Selma agar bisa menemani adiknya.

Persiapan Jitu Agar Anak-Anak Anteng Ditinggal Di Rumah
memberikan pengarahan itu perlu sejak dini

Begitulah, meskipun si bungsu termasuk anak yang anteng jika kuajak pergi, namun aku harus tetap menghormati para pengundang acara. Pasti ada alasan yang harus dipatuhi agar acara mereka berjalan dengan baik tanpa ada gangguan tingkah laku dan berisiknya anak-anak.

Makanya sekarang harus pintar pilih-pilih waktu dan acara, supaya tidak keseringan juga meninggalkan anak-anak. Pernah kepengen memasukkan Syadid ke Daycare, tetapi malah takut anaknya gak betah. Kan, emaknya galau lagi, hehe..


Ketiga, persiapan bekal anak-anak di rumah.

Selama beberapa kali ditinggal, tidak ada kendala. Asalkan aku sudah menyiapkan nasi, lauk, dan cemilan kesukaan mereka. Aku pun menasihati para kakak untuk saling mengingatkan makan. Jika si kecil mau makan, tolong disuapi, atau mau minum susu tolong dibikinin.

Mereka sih senang-senang saja, asalkan aku tidak boleh pergi terlalu lama, tidak pulang malam, dan tentunya harus bawa oleh-oleh, alias buah tangan penuh cinta. Sudah ada makanan di rumah, tetap saja tangan ini tidak boleh melenggang kosong.


Persiapan Jitu Agar Anak-Anak Anteng Ditinggal Di Rumah
oleh-oleh  penuh cinta baru

Motor baru masuk garasi saja suara mereka akan ramai: “Bundaaa. Bunda pulang bawa apa?”. Ha..ha..ha.. dasar anak-anak, gak peduli bundanya masih sakit kepala saking ngantuknya.

Tapi Alhamdulillah deh, semua trik dan persiapan seperti ini membuatku jadi lebih mudah untuk bisa hadir pada setiap acara. Hatiku menjadi tenang, gak ada lagi ganjalan di hati dan pikiran. Biasanya kalau sudah begitu, rejeki buat anak-anak pun ada saja, seperti dimudahkan Allah.


Oleh-oleh baru untuk anak-anak


Tips agar anak-anak bahagia adalah bawakan mereka oleh-oleh yang bervariasi, jangan yang itu-itu saja. Anak-anak kan sifatnya suka melihat yang baru, mereka belajar melalui visual, menggunakan pandangan matanya.

Binar mata mereka sangat berbeda jika dibawakan sesuatu yang baru. Contohnya saat kemarin aku bawakan Julie’s Peanut Butter Sandwich. Mereka senang banget: “Biskuit apaan ini, bunda? Baru ya?”.

Persiapan Jitu Agar Anak-Anak Anteng Ditinggal Di Rumah
pilah-pilih cemilan baru di Indomaret

“Bunda, dibuka ya. Lucu ih gambarnya, ada anak perempuan dikuncir. Biskuit kacang ini ya? Cobain ya”, sahut Shidqi.

Memang betul sih, mataku juga tertuju pada pandangan pertama saat memandangi biskuit ini di rak Indomaret. Aku tertarik melihat logo tergambar anak perempuan berkuncir dua, lucunya mengingatkan diriku pada anak perempuanku yang suka dikuncir dua, kiri dan kanan.

Persiapan Jitu Agar Anak-Anak Anteng Ditinggal Di Rumah
lucu kan logonya Julie's?

Mungkin asal usul Julie’s Peanut Butter Sandwich ini juga berdasarkan kisah si anak perempuan itu, namanya si Julie, anak yang memiliki biskuit lapis krim kacang. *Hehe, ngarang banget ya?

Awalnya sih sempat ragu, kok gak ada logo halalnya. Diimport oleh PT Dima Indonesia, Jakarta. Aku mengecek bolak-balik, sampai searching internet ternyata kabarnya masih dalam proses pendaftaran perizinan Halal MUI.
Persiapan Jitu Agar Anak-Anak Anteng Ditinggal Di Rumah

Tapi setelah melihat ada izin BPOM RI ML 235609059055 aku mulai tertarik. Apalagi biskuit ini buatan negara Malaysia sejak tahun 1985, yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Wallahu a’lam.

Enak lho biskuit ini, renyah, gurih, berasa paduan asin manis. Lapis krimnya manis, khas selai kacang tanah yang lezat yang bermanfaat sebagai antioksidan, menambah serat pangan, mengurangi resiko jantung, dan pastinya mencegah kanker.


Persiapan Jitu Agar Anak-Anak Anteng Ditinggal Di Rumah
kerenyahan biskuit dengan paduan rasa gurih manisnya kacang

Julie’s Peanut Butter Sandwich terbuat dari tepung terigu, selai kacang, minyak nabati, gula, sirup glukosa, susu bubuk skim, pati jagung, bubuk whey, bubuk keju, ragi, dan perisa sintetik mentega.

Teman-teman Selma di sekolah saja sangat suka. Begitu aku sajikan Julie’s Peanut Butter Sandwich kepada mereka, awalnya malu-malu, namun lama-lama mereka nambah lagi dan lagi. Lapar apa doyan?


Persiapan Jitu Agar Anak-Anak Anteng Ditinggal Di Rumah
Selma dan teman-teman sekolahnya sangat suka lho

Pastinya jadi biskuit favorit baru. Seneng deh melihatnya, Selma jadi makin disukai teman sekolah. Biskuit Julie’s Peanut Butter Sandwich bisa menjalin keakraban dan silaturahim antar teman. Aku jadi seperti menemukan cinta dari Julie’s, cocoknya dijuluki #BuahTanganPenuhCintaDariJulies.


Bertabur Hadiah Penuh Cinta Dari Julie’s


Alasan lainnya aku menemukan dan memilih Julie’s Peanut Butter Sandwich adalah ternyata sampai 30 April nanti ada bertabur hadiah cinta jutaan rupiah, berupa :
  • 1 pcs Modena microwave senilai Rp 5.000.000, voucher belanja senilai Rp 1.000.000 dan paket produk, untuk pemenang pertama.
  • Cooking set senilai Rp. 2.000.000,  voucher belanja senilai Rp 1.000.000 dan paket produk, untuk pemenang kedua.
  •  Dan 10 hadiah hiburan berupa voucher belanja senilai Rp 250.000 dan paket produk, untuk 10 orang pemenang.
Persiapan Jitu Agar Anak-Anak Anteng Ditinggal Di Rumah
Julie's bertabur hadiah keren

Yuk ikutan...!

Mumpung sudah membeli Julie’s Peanut Butter Sandwich ukuran 90 gram, ayolah kita ikut serta lomba foto berhadiah keren ini. Syarat lainnya adalah: 

1. Jangan dibuang struk pembeliannya di Indomaret ya, harus disimpan, dan kirimkan bukti scan/foto ke direct message Instagram @Julies.ind atau Facebook Julie’s Indonesia sebagai tanda ikut serta lomba.

2. Follow semua media sosialnya, lalu upload foto terbaikmu ke facebook atau instagram menggunakan produk Julie’s dibarengi barang-barang yang mendukung kegiatan keseharianmu.

3. Sertakan cerita kepada siapa kita berbagi dan makan bareng sambil mencicipi biskuit Julie’s Peanut Butter Sandwich ini. Tentunya bersama orang-orang tersayang.

4. Foto tadi ditag ke Instagram @Julies.ind atau Facebook Julie’s Indonesia dan gunakan hastag #BuahTanganPenuhCintaDariJulies

Bagaimana, kamu sudah siap memberikan buah tangan penuh cinta dari Julie’s Peanut Butter Sandwich? Ayo segera ikutan lomba fotonya ya, jangan sampai ketinggalan.




65 komentar:

  1. saya kalau di kasih julies sandwich peanut butter bakalan anteng juga mba, hahaha, soalnya suka banget sama selai kacang, nanti coba cari ah di minimarket, nyobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha bisa aja, yuk makan bareng sama anak-anak

      Hapus
  2. Saya baru tahu ada snack tersebut. Besok aah sepulang kerja mampir ke Indomaret buat beli. icip-icip sekaligus ikutan kontesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk ikutan lombanya mbak, voucher belanjaaa

      Hapus
  3. Aman ketika meninggalkan anak-anak itu kalau di rumah ada stok makanan dan ada ayahnya. Kalau sudah gedhe lebih santai lagi.

    Btw, mupeng sama biskuit Julies.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, anakku masih termasuk kecil-kecil :)

      Hapus
  4. Jadi pengen ikutan lomba fotonya

    BalasHapus
  5. Aku juga sekarang paling sering ngomongin tentang pentingnya sekolah ke anak, soalnya dia mulai mogok2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sering ngobrol dengan anak-anak sambil makan memang penting

      Hapus
  6. Aku setuju banget sama pemikiran bunda tentang membangun mental anak..
    zaman sekarang, pasti orang tua pengin anaknya pintar,, tapi lupa buat membangun sikap, mental, dan karakter anak.. karena mungkin alasan sibuk atau apa,,
    tapi dari apa yang bunda sampaikan, gak ada alasan lagi buat ndidik anak walaupun kita sibuk di luar...

    deal with it

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbak, mental anak yang siap menerima situasi apapun

      Hapus
  7. Aih samaan ama aku juga selalu utamakan ijin suami mba. Kan kita istri solehah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haghaghag aamiin ya robbal aalamiin

      Hapus
  8. Saya suka banget sama langkah2 bunda kalau mau keluar rumah, terutama yang tentang izin suami :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak. Izin suami memang paling utama

      Hapus
  9. Hadiahnya kece-kece banget ya. Aku sudah coba biskuit ini, rasa kacangnya enak banget nggak meleket di tenggorokan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Julies rasa kacang ini enak banget

      Hapus
  10. saya jugsla suka bgt dg julies peanut sandwich, sealain rasanya enak jg bergizi :D

    BalasHapus
  11. Pingin ikutan lomba fotonya, ssiapa tahu bisa menang, ehehe.

    BalasHapus
  12. Dimakan rame2 tambah asik ya, semakin menghangatkan suasana di rumah. Enak dan seruuuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pada suka banget tuh anak-anak

      Hapus
  13. Duh alergi selai kacang. Ada varian lainnya gak bun? selai coklat misalnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih selai kacang aja kayanya nih mbak yg aku liat

      Hapus
  14. Saya juga suka mba karena kerasa banget kacang dan gurih kuenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biskuitnya asin, selai kacangnya juga asin manis

      Hapus
  15. Gk galau lagi kalau cemilan kesukaan udah d sediakan aplg dah izin sm misua langka jd ringan buat kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi tenang semuanya :)

      Hapus
  16. Fav ku bangetttt ini. Tau biskuit julie pertama kali dr mama yg bawain. Trus lgs suka, krn pada dasarnya aku suka peanut butter. Makanya biskuit ini jd fav. Slalu stok utk di kantor jaga2 kalo pgn cemilan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah oleh-oleh mama juara nih :)

      Hapus
  17. karena aku bekerja sih anak2 anteng kalau gak ada aku , camilan memnag hrs ada juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. Enak ya kalau sudah biasa ditinggal :)

      Hapus
  18. Enak ya biskuitnya. Pengin ikut lombanya euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak beli biskuit Julies trs ikutan lombanya

      Hapus
  19. julie's peanut butter sandwich memang enak banget biskuitnya. pas banget buat dijadikan cemilan

    BalasHapus
  20. Wah kalo dikasi biskuit, anak-anak memang lebih anteng. Saya juga lebih anteng mbak ... haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yiahaha yg anteng anteng

      Hapus
  21. Banyak banget biskuitnya. Anak-anak bakal anteng seharian deh.

    BalasHapus
  22. julie's peanut butter sandwich memang enak banget biskuitnya. pas banget buat dijadikan cemilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bangeet, Julie's emang pas jadi cemilan enak

      Hapus
  23. anak-anak saya sudah besar, jadi kalau di tnggal tidak begitu was-was

    BalasHapus
  24. kemarin aku baru beli enak juga rasanya dan cocok buat cemilan di saat banyak deadline hahaha. Jadi curhat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaaap nih banyak DL hihi, beli Julie's biskuitnya juga yg banyak ya

      Hapus
  25. Kalau camilan udah jelas halalnya gini ku suka ku suka :D
    Anak2ku juga suka camilan ini mbak. Kalau aku suka makan sambil ngeteh2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin dicelup es kopi susu enak banget juga lho

      Hapus
  26. Anak-anakku kayaknya lebih anteng kalo aku malah gak ada di rumah mba.. Hihi.. Tapi iya sih, anak-anak Kan suka banget nyemil ya.. Jadi di rumah mesti ada stok camilan juga supaya mereka anteng.. :D Bisa nyemil sambil main atau nonton juga kalo anak-anakku.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, kebalikannya dong kita nih. Nice sharing mbak, terimakasih :)

      Hapus
  27. Waooool.... aku kayaknya belum pernah coba julies ini deh. Besok ah mau beli di minimarket aja kan bisa buat nemenin nyetir mobil. Makannya pas lampu merah atau saat santai aja. Kebayang enaknya Julies biskuit hhhmm 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, bisa jadi teman ganjel perut di saat macet

      Hapus
  28. Yes.. ijin suami tuh nomor 1 yaa. Kayaknya jalan ga bakalan tenang kalau suami blm ijinin. Acara harus jelas ngapain. Anak2 ga boleh terlantar. Dsb2.. xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus panjang persiapannya biar semua tenang dan senang :)

      Hapus
  29. Namanya emak2 ya pasti rempong urus ini itu segala rupa printilan. Padahal mah cuma mau pergi sbentar doang tapi "keamanan" di rumah perlu dijamin dulu biar semua senang. Hehe. Btw lombanya seru tuh hadiahnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi begitulah ibu. Semoga dapat hadiah yg keren itu ya

      Hapus
  30. Biskuit Julie's ini enak dan bergizi banget.. Walau import alhamdulillah halal

    BalasHapus
  31. Bagi2 dong biskuitnya... ? :)

    Ikutan lomba yach mbak ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha niih dibagii (fotonya aja)

      Hapus
  32. Biasanya aku nyiapin mental dgn izin ke anak2 dari jauh hari nih mbaa.. wah makanan perlu banget ada, apalagi klo kita pergi ya hehe. Supaya anteng karena perutnya nggak lapar^^ camilan enaaak

    BalasHapus
  33. terimakasih tipsnya bund, kalo anak-anak banyak di luar rumah emang gak tenang rasanya sebagai orang tua. memang harus di siasati supaya betah di rumah.

    BalasHapus
  34. Wah hebat ya si kakak yang udah bisa menjaga adiknya, bahkan masak gampang macam telor dan nugget pun mau. BTW saya belum pernah nyobain biskuit Jully's ini. Ternyata produk luar ya. Kalau ke KL lagi bakalan aja nih, haha...

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah membaca ulasanku. Boleh dong isi dengan komentarmu, biar lebih seru..

Tapi, mohon maaf komentarnya tetap dimoderasi, supaya blog ini aman dari spam. Ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi email : bunda.shidqi@gmail.com