8/15/2017

Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic

Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic #OliSpesialMotorku

Dua hari lalu aku dibuat takjub melihat ketangguhan seorang ibu yang membonceng seorang anak sekolah. Motornya gesit banget, wus, wus, wus. Selap kanan, selip kiri. Mungkin sedang terburu-buru mengejar waktu supaya tidak telat, sehingga melaju jauh di depan.
Motornya matic, seperti motorku.
Sempat tergelitik sih, pengen terus mengekor di belakangnya dan mengukur kecepatan motornya. Biar sama-sama balapan. Wong tarikan motorku sangat enteng, gak ada getaran, maklum habis ganti oli motorMembuat motorku rasanya jadi 2x lebih kencang, 2x lebih bandel, dan 2x lebih efektif.
Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic
Oli pilihanku bening berwarna kuning keemasan
Tapi otakku masih waras, jumlah penumpang motorku lebih banyak, ada tiga orang anak kecil. Aku lebih mengutamakan keselamatan diriku, anak-anak, dan tentu saja orang lain. Alon alon asal kelakon. Kalau kami kecelakaan, bukan cuma merugikan diri sendiri, orang lain juga bakalan kena kesenggol.
Sekarang semakin banyak pengendara motor perempuan. Menurut data Porlantas Polri pun, pengendara perempuan meningkat sebanyak 42% pada tiga tahun belakangan ini. Apalagi banyak serbuan produk motor maticmembuat pengendara perempuan semakin banyak, semakin mudah saja membawa motor, tanpa repot oper gigi, cukup tancap gas pakai tangan, *weeeeng...

Perempuan memang tertuntut berani mengendarai motor, karena demi menunjang perekonomian keluarga, mengantar jemput anak sekolah, pergi ke pasar, pergi ke rumah sakit, pergi bekerja, berkunjung ke rumah mertua, datang ke seminar, kuliah, berdagang dan berbisnis. The power of kepepet. 

Termasuk aku, kamu, dan ibu tadi. 
Sadarilah, mengendarai motor harus tertib lalu lintas dan bisa merawat motor.
Semakin bertambahnya jumlah motor, semakin menambah kemacetan jalan. Kita tetap harus mematuhi berkendara demi keselamatan. Nah, kalau sudah macet, motor akan digas rem, gas rem, gas rem. 

Beuuh, kondisi seperti ini nih yang akan membuat mesin akan cepat panas. Mesin yang panas sebaiknya segera didinginkan, agar mesin motor terawat dan tidak mudah ngadat. 
Dengan kondisi seperti itu, sudahkah kita tertib dan merawat motor dengan benar?

Merawat Motor Matic

Boleh dong, sekali-kali aku ngomongin perihal motor. Perempuan yang cerdas, bukan cuma bisa ngomongin dapur dan sumur, sekarang harus pintar juga dengan urusan motor. Kita harus sadar, bisa pakai motor, harus juga bisa merawatnya.
Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic

Motorku berwarna hitam, aku menyebutnya Si Hitam. Si Hitam kubeli dengan uang tabungan hasil berdagang dan menulis di internet. Dari bulan ke bulan, berasa banget bayar cicilannya. Begitu juga bayar pajak tahunannya. Alasan inilah yang membuat aku harus merawat Si Hitam dengan baik, seperti merawat anak sendiri.
Perempuan yang cerdas, bukan cuma bisa ngomongin dapur dan sumur, harus pintar juga dengan urusan motor. 
Sebagai perempuan yang sering menggunakan motor, sebaiknya kita juga harus perhatikan beberapa tips ini, agar motor tetap awet tahan lama dan tidak sebentar-bentar mogok :
1. Jangan ngebut.
Kita bukan pembalap profesional, motor matic memiliki batas kecepatan. Lebih baik kecepatan gas selalu stabil. Manfaatnya bahan bakar bisa dihemat, tidak boros.
2. Rajin memanaskan mesin.
Meskipun kita jarang pakai, ternyata mesin motor harus rajin dipanaskan. Setidaknya bawalah sebentar jalan-jalan keluar agar mesin tetap terlumasi secara optimal.
3. Gunakan BBM Yang Pas
Usahakan bahan bakar jangan sampai benar-benar habis. Isilah dengan pas. Bensin yang kosong akan membuat kotoran-kotoran yang ada di dalam bensin tidak larut, efeknya membuat kerja karburator semakin berat.
4. Rutin mengganti oli terbaik
Jangan sampai lupa waktu untuk mengganti oli ya, bu. Biasanya batas maksimal 2.000 km atau berselang 2 bulan. Jika rutin mengganti oli, mesin pun terjaga dari kerusakan dini. Kita bisa berikan oli spesial motor matic yang tepat, asli, dan memiliki SNI.
Khusus motor matic, oli ada dua bagian. Yaitu:
a. Oli mesin : berguna melumasi jantung motor agar mesin motor bergerak dengan sempurna, tarikannya menjadi enteng dan mesin tahan lama.


Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic

b. Oli gear (gardan) : berguna melumasi roda gigi motor transmisi otomatis, spesial untuk motor matic atau skutic. Motor bebek dan sport tidak menggunakan oli ini.



5. Servis motor secara berkala.
Servis motor bertujuan agar seluruh bagian-bagian mesin yang kurang maksimal atau rusak dapat diperbaiki dan ditangani dengan seksama. Seperti filter (penyaring udara), tali rem, lampu, busi, dan lainnya, agar kendaraan enak dikendarai dan keselamatan pun terjaga.
6. Rajin mencuci body motor
Rajin mencuci motor bukan saja membuatnya berkilap, tetapi dapat mengurangi endapan debu, lumpur, dan air hujan yang dapat membuat warna motor menjadi pudar dan membuat korosi.
7. Lengkapi Surat Resmi
Jangan lupa, kita semua yang sudah berusia 17 tahun wajib memiliki dan melengkapi SIM, STNK, dan BPKB yang asli. Perbarui setiap 5 tahun sekali, jika ingin berkendara dengan selamat dan terjamin aman.

Si Hitam ini sering kali bekerja keras. Bukan cuma dibawa untuk antar jemput anak sekolah, tetapi juga pernah dipinjam ayah untuk pergi ke kantor. Perjalanan menuju ke Cibitung memakan waktu dua jam lebih, begitu sebaliknya. Apalagi kata ayah, perjalanan ke sana, debunya gak nahan. Daerahnya cukup panas, jarang pohon-pohon besar, dan dekat kawasan pabrik.

Jalanan di komplek rumah kami pun rusak, berlubang dan tanjakannya juga banyak, maklum deh tinggal di desa Bojong Gede. Nah, kalau sudah dipakai setiap hari seperti ini, Si Hitam harus dikasih oli yang bisa mendinginkan mesinnya, supaya tetap efektif, kencang, dan bandel dibawa kemana saja. Pastinya supaya lebih awet tahan lama mengabdikan tenaganya untuk keluarga kami.

Memilih Oli Motor Matic Spesial Yang Tepat

Kenapa sih harus memilih oli yang bisa mendinginkan mesin?
Begini, jika dibandingkan mesin mobil, mesin motor itu lebih berat beban kerjanya, perputaran mesinnya lebih tinggi. Akibatnya, gesekan dan panas pada mesin pun muncul lebih tinggi. Apalagi mesin motor matic, kebutuhan pembakarannya lebih banyak dibandingkan motor manual seperti bebek dan sport.


Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic
ilustrasi mesin motor

Kecepatan putaran roda pada motor matic lebih mengandalkan bukaan gas, dengan gaya sentrifugal, sehingga beban kerjanya lebih besar dan lebih panas. Ditambah kemacetan yang dapat membuat sirkulasi udaranya jadi sedikit, makanya motor matic lebih membutuhkan liquid cooler (cairan pendingin).
JADI JANGAN SALAH PILIH OLI.
Pilih oli yang aman untuk mesin.
Kalau salah pilih, oli akan cepat menguap dan menyusut karena adanya panas di ruang pembakaran dan akibat gesekan antar logam di jantung motor. Piston yang bergerak di jantung motor harus diberi pelumas yang baik.
di sinilah jantungnya motor matic

Solusinya motor matic harus diberi oli spesial matic yang dapat mendinginkan 2 kali lipat, agar 2 kali lebih enteng, dan 2 kali lebih bandel kerjanya. Jadi lebih efektif kerjanya, gak tanggung-tanggung.
Bagaimana memilih oli yang tepat?
Yuk, kita kenalan dulu dengan spesifikasi dasar oli. Kita bisa memilih oli yang tepat dengan mengecek tingkat spesifikasi oli dengan standarisasi SAE, API, dan Jaso. 

Standarisasi itu adalah sebagai berikut :
1. SAE (Society of Automotive Engineers): SAE ini menunjukkan tingkat kekentalan (viskositas) oli yang dipengaruhi oleh suhu. Pelumas ini akan menjadi encer pada suhu tinggi atau menjadi kental pada suhu rendah. Kekentalan oli terhadap perubahan suhu dapat diukur berdasarkan Indeks Viskositas.
Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic

2. API (American Petroleum Institute): standar API menunjukkan spesifikasi performa oli sesuai perkembangan tekhnologi mesin motor.
Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic

3. Jaso (Japan Automobile Standars Organization): Jaso menunjukkan spesifikasi oli mesin motor yang berhubungan dengan mekanisme kerja mesin dan kopling, sehingga dampak terjadinya selip kopling dan hilangnya tenaga (power loss) bisa dikurangi.
Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic

Pilih oli yang encer apa kental?
Jika motor masih dibawah usia 5 tahun, lebih baik pilihlah oli yang encer agar oli lebih mudah melumasi piston hingga sela-sela logam. Tingkat kekentalan bisa dicek menggunakan 3 standarisasi tadi.
Tetapi jika usia motor semakin ‘tua’, sudah mengalami bored up, atau clearance sudah melebar, lebih baik pilih oli yang kental agar kerja oli sempurna dan tidak ikut terbakar. Jika oli ikut terbakar, jantung motor akan kotor dan menyisakan emisi bahaya yang dikeluarkan melalui knalpot. Asap motor jadi terbentuk putih bahkan berbau sangit.
Apa Oli Pilihanku untuk Si Hitam Motor Matic?
Awalnya sempat bingung, maklum masih pemula. Belum faham jenis oli matic yang terbaik untuk motorku. Tetapi untungnya aku mendapat rekomendasi S.O.S (Special Oli Suggestion) di website Federal Oil. 

Di sana kita akan diarahkan akan pilihan oli yang sesuai dengan motor kita. Pilih kategori motor seperti matik, bebek, atau sport  pilih merk  type  pilihan oli yang direkomendasikan.
Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic
SOS membantu memilihkan oli yang sesuai dengan motormu  
Karena motorku belum genap 5 tahun, kategori matic series 110 cc, akhirnya hasil pilihannya adalah Federal Oil Matic 30 (SAE 10W-30, API SL, Jaso MB). Kalau menurut informasi Federal Oil Matic 30 ini memiliki keunggulan.
Keunggulan dari Federal Oil 30, yaitu mengandung :
1. Viscoelastic Molecules : Meningkatkan tarikan perubahan kecepatan (akselerasi) dan ketahanan mesin motor.
2. Advanced Active Moly : Melindungi gesekan antar komponen mesin, sehingga menjaga suhu mesin tetap dingin.
3. Double ACT Cleaner : Dapat membersihkan kotoran pada seluruh permukaan komponen mesin, jadi kinerja mesin lebih optimal.
Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic

Selain itu, Federal Oil Matic 30 ini mengandung Synthetic Base Oil, memberikan kestabilan, kualitas oli lebih tinggi, dan usia pakai lebih panjang, pastinya jadi hemat. Dan tekhnologi API SL yang lebih tinggi membuat kemampuan oli melindungi gesekan piston jadi lebih tinggi. Juga bahan aditifnya terbaik, lebih menyempurnakan kebutuhan dan fungsi oli di dalam mesin.
Keunggulan inilah yang membuat mesin tetap dingin meskipun di cuaca panas, macet, debu, dan tanjakan tajam. Gak percaya? Awalnya aku juga kurang yakin, tapi apa salahnya dicoba. Akhirnya ketika ganti oli untuk kedua kalinya, aku dibuat takjub lho. 
Alasanku Memilih Oli Motor Spesial Federal Oil Matic
oli bekasnya mirip kuah rawon encer.. #plak..! 
Oli bekasnya masih terlihat encer, mengucur seperti seperti air, tidak terlalu pekat seperti oli merk lain yang dahulu pernah kupakai. Artinya memang Federal Oil 30 membuat mesinku sehat bebas residu bekas pembakaran mesin. Padahal kan seperti ceritaku tadi, Si Hitam kerjanya berat.

Jadi sekarang, aku sudah percaya diri, gak bingung lagi memilih oli saat di depan etalase bengkel motor:

" Bang, oli Federal Matic 30, ya ".

" Yang ini aja neng, bagus ", saran abang montir.

" Bukan, bang. Mau yang Federal aja", sanggahku. 

" Nih, Federalnya".

"Jangan yang 40, bang. Kan tadi mintanya yang 30. Motor saya kan serinya gak cocok buat oli itu, umur motornya belum pas 5 tahun, kalo merk ini cocoknya pakai oli yang bla..bla..bla..bla ".

Lalu abang montir pun mingkem. Entah kagum atau malah mendadak bete mendengar ocehanku, hihi.. 

Apa Alasan Lebih Memilih dan Percaya Pada Federal Oil?
Federal Oil itu produksi asli Indonesia, lho. Federal Oil juga sudah menjadi sponsor di balapan motor internasional. Kita patut bangga menjadi bagiannya, menjadi konsumen yang setia menggunakannya. 

Dari tahun ke tahun Federal Oil ini sudah dipercaya selama 29 tahun sebagai oli resmi (genuine oil) dan mengedepankan kualitas. Jadi wajarlah aku lebih mempercayainya sebagai oli motor terbaik dan oli motor matic pilihanku.

Harganya juga gak mahal, cuma Rp. 34,000. Masih dapat kembalian buat beli semangkok bakso dan segelas air mineral.

Oiya, Federal Oil juga berhasil menyabet beberapa penghargaan seperti:
No
Penghargaan
Tahun
1.
Penghargaan Employer of Choice (OEC)
2013
2.
Social Award untuk kategori 2 Wheel Engine Lubricant
2014
3.
Penghargaan Superbrands
2015
4.
Best Achievement Succesfully Implementing Corporate Transformation
2015
5.
Penghargaan Indonesia Original Brand (IOB)
2015
6.
Penghargaan Social Media Award untuk kategori 2-Wheel Engine Lubricant
2015
7.
“TOP BRAND AWARD” kategori Pelumas Motor (Two Wheel Engine Lubricant)
2016
8.
Indonesia Best Brand Award
2016
9.
Minyak Pelumas Motor Matic Terbaik dan Minyak Pelumas Motor Terbaik
2016
10.
Penghargaan dalam kategori 2-Wheel Engine Lubricant
2016

Federal Oil semakin pantas dipercaya. Hati-hati dengan oli palsu, pastikan membeli Federal Oil yang asli. Untuk mengetahui oli yang asli, kita bisa cek kemasan pelindung seperti dari tutupnya yang berlogo timbul dan alumunium pengaman pada mulut botolnya. Warna oli Federal juga bening kuning keemasan.
perhatikan bagian tutup oli asli

Agar tidak tertipu dengan oli yang palsu, pastikan kita beli di toko dan bengkel resmi atau via online di tokopedia.com, bukalapak.com, dan blibli.com. Puas deh pakai Federal Oil Matic, membuat 2 kali revolusi dingin pada motor, melindungi kerusakan mesin sejak dini. Seperti pada video dibawah ini, tonton deh:

Itulah review pengalamanku memilih dan menggunakan oli motor Federal Oil Matic 30 #OliSpesialMotorku, lalu bagaimana pengalaman menggunakan oli pilihanmu?

Sumber informasi selengkapnya bisa baca di,
Website            : www.federaloil.co.id
Facebook         : Federal Oil Indonesia
Twitter              : @federaloil_id
Instagram         : @federaloil_id
Youtube            : Federaloil id



55 komentar:

  1. memang federal oil membuat mesin tidak gampang panas dan mengoptimalkan kinerja mesin agar bekerja maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas, apalagi ada Active Moly-nya

      Hapus
  2. Bener banget tuh mbak, terlebih mayoritas ibu2 (termasuk saya ^_^) bisanya cm pake, giliran rusak/jdwl servis nyuruh bapak2nya, hehehh..
    Banyak juga tuh pengguna motor matic yg motornya sering dipaksa di jalan menanjak. Saya pernah dengar matic itu sebaiknya digunakan di jln mendatar saja, betul ga tuh mbak?
    Anyway thanks ya, tulisannya bermanfaat banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok-besok jangan nyuruh bapak lagi ya, hehe.. sebelum rusak lbh baik kita rawat dengan Oli yang cocok untuk motor kita. Untuk tanjakan, kayanya gak jadi penghalang lho sekarang buat motorku

      Hapus
  3. Kaya saya pas motor rusak atau ada gangguan nyerah aja. Tapi kalau mau pakai hihi... Tak mau tahu minta suami beresin semuanya. Terima beres meski ga tau pakai oli apa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya, dulu aku begitu, sejak ada website Federal Oil, aku diarahkan supaya pilih oli yang sesuai dengan kategori motor kita. Begitu nyobain langsung eh alhamdulillah terbukti yahud

      Hapus
  4. Jadi nambah pengetahuan tentang oli. Pemakaian oli yang tepat membuat motor nggak cepat rusak juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, mesin jadi awet dan enteng tarikannya

      Hapus
  5. Jadi keinget udah lebih dari 3 bulan gak ganti oli. Btw aku pake oli ini juga loooh :)

    omnduut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha ayo buruan ganti oli pake Federal Oil

      Hapus
  6. selain ahli ngurusin dapur dan sumur ternya mbak Lia juga pandai ngurusin motor.,salut sama wanita hebat yang satu ini.., pokoknya like dah.!hehe


    Okey Mbah..,semoga kompetisinya sukses, dan jadi pemenangnya... Amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haisshh bisa aja nih mbah jeni.. Terimakasih :)

      Hapus
  7. Aku nggk punya motor say, tapi ini info bagus untukku, aku ingin share ke teman-teman pengguna motor agar pakai oli federal biar mesin tidak cepat panas dan juga keuntungan lainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nanti mbak Maya punya motor, jangan lupa pake oli yg asli dan mantap ya hhehe

      Hapus
  8. iya suami sering bilang kalau dia nggak pakai oli sembarangan khawatir merusak mesin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke siap, semakin mantap pake oli berkualitas

      Hapus
  9. Wahhh Oli nya kok sama dengan motorku hehe.

    BalasHapus
  10. Ah iya bener nih, banyak bengkel yg jual oli palsu. Kudu hato2 benar dan pilih bengkel terpercaya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nanti malah kita yg rugi, rusak susu sebelanga

      Hapus
  11. yg penting jangan telat mengganti oli ya mbak, agar mesin awet

    BalasHapus
  12. wah, lengkap nih tipsnya. terimakasih ya sharingnya :)

    BalasHapus
  13. waaah... artikelnya komplit banget, keren...!
    abis berapa jam nih buat nulisnya...? *takjub

    eh iya bund, ane curiga ibu-ibu yang disebutin di awal artikel itu anggota geng motor, makanya jago ngebut hehehe...

    salam hoki dan salam blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalo memang dianggap komplit :)
      haha gak keliatan geng motor atuh mas

      Salam blogger, dan hoki juga

      Hapus
  14. Tulisannya lengkap sekali, mba. Aku juga pakai motor matic dan merasakan benar kalau harus memilih oli yang tepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku pun jadi lebih faham thd oli motor :)
      terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  15. Memang terbukti ampuh ini oli, mesin motor jadi dingin. BTW itu gambar diatas lagi ngisi oli, tapi gak penuh-penuh ya, hehehe... Keren lah

    Eh saya juga ikutan loh, kuylah kepoin blog Ndeso saya aah, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sudah meluncur ke blog-nya, aduh ini mah master, infografisnya keren, ampun saya mah :)
      Haha iya abang montirnya doyan nuang-nuang

      Hapus
  16. Wahhh keren, bisa ngerawat motor sendiri. Aku ga bisa bawa motor. Tapi mau ngenalin Federal Oil Matic ke suami ah.
    Terima kasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya sebaiknya tau oli motor yang cocok buat motor matic. Naik motor matic gampang lho mbak, yg penting ada keberanian

      Hapus
  17. Menggunakan motor di aktivitas sehari-hari, wajib aware ya mbakbama oli motornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, apalagi dipakai setiap hari, kena macet, jalanan berdebu. Pastinya harus periksa ke bengkel dan ganti oli dengan Federal

      Hapus
  18. Dirumah ada juga motor matic rajin dirawat dipanasin ganti oli dll
    Bisa bahaya juga kalau tidak ganti oli secara berkala. Bisa seret dan kotor mesinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap jiwa mas, rajin merawat si matic :)
      terimakasih tipsnya

      Hapus
  19. Wah..aku juga pengendara motor matic.. tapi kalo ganti only serhin tukang bengkel..aja.., jadi tau kalo matic beda oli ma motor bebek biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, nah skrg sudah tahu kan oli apa yang mau dipakai? ya Federal Oil dong ^_^

      Hapus
  20. Beralih ke oli federal matic ah,
    Makash sharenya ya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo, monggo, dijamin asik..
      sama-sama mbak Inda :)

      Hapus
  21. sama mbak, saya juga selalu menggunakan oli ini untuk motor matik di rumah. ga pernah pakai yang lain.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah kepincut terus ya mas :)

      Hapus
  22. Yaaah teringat sudah belum servis motor. Makin percaya dengan kualitas Federal Oil supaya motor makin awet dan tarikannya enteng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, yuk diservice, jangan lupa minta olinya Federal, eaaa :D

      Hapus
  23. Federal oil bikin bandel motor bisa lebih enak dipakai jalan jauh ya kak

    BalasHapus
  24. Federal Oil memang top begete dah, saya juga pake, tarikan kenceng namun berkendara tetap nyaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua jempol deh buat Federal Oil, juga buat mas Maman :)

      Hapus
  25. Behhh kalo saya jadi abang montirnya mah langsung tutup aja dech bengkelnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. saking betenya yak dengerin emak-emak beli oli :D

      Hapus
  26. Mantep mba..komplit sekali penjelasanya..bisa di tiru nih cara mba, buat semua pengguna metic..makasih mba..

    BalasHapus
  27. Aku nda mudeng dunia peroli olian ni mb lia hahaaa
    Coba deh ntar tak tanya paksu bener gA federal oil recomended buat kendaraan?
    Secara klo kmn2 duduk di samping pakkusir yg mengendarai matic supaya baek jlnnya

    BalasHapus
  28. Federal Oli matic emang makjlebsurejleb banget sih, selain performanya mantap, akselerasi penggunaan oli federal emang bisa mengalahkan motor formula one yang olinya kosong sih

    BalasHapus
  29. memilih oli yang tepat buat motor kesayangan itu perlu, apa lagi matic tipe Honda sudah pasti Federal oil ya neng..?

    BalasHapus
  30. Oli federal ini kyknya emang udah terkenal ya?
    AKu jarang kasi oli sendiri, seringnya kubawa ke bengkel pas perawatan motor rutin hehe

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Ibu rumahan, penyuka impian, blogger, hobi naik Commuterline & busway. Penikmat rendang, rujak dan kopi. Pengagum musik Josh Groban. Lulusan akademi gizi yang aktif di dapur sendiri. Admin Sosmed Pempem-Bebibum Clothdiapers. Anggota berbagai komunitas online. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow By Email