Desember 23, 2015

Manfaatkan Ampas Jahe Jadi Kukis

Jangan buang ampas jahe anda!

Kenapa? 

Bisa dipakai buat bahan kue lho. Aku sudah mencobanya.

Berawal saat aku diserang batuk hebat setelah melahirkan. Batuknya mungkin berasal dari lelahnya begadang dan menyusui baby newborn. 

Minum obat batuk hitam tidak mempan, obat batuk herbal juga tidak meredakan. Hampir dua minggu batuknya tak kunjung hilang, rasa gatal di tenggorokan, perut bagian bawah jadi terasa pegal dan nyeri akibat tertekan.

Akhirnya mencoba terapi minum air jahe dan susu saja. Jahe kan mengandubg minyak atsiri, gingerol, vitamin C yang dipercaya mengobati batuk, gatal tenggorokan, mual, masuk angin, serta menghangatkan badan.

Cara praktis yang kulakukan adalah dengan melumatkan jahe di blender bersama air matang. Diperas, ditampung dalam botol. Tak perlu direbus lagi, karena menurutku kadar kandungan jahe akan berkurang jika terkena suhu tinggi.

Jika ingin minum, tinggal dituang ke dalam gelas, kemudian mencampurkannya dengan susu.

http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/resep-ampas-jahe-bisa-menjadi-kukis.html
nyam, nyam, nyam

Namun disaat ingin membuang ampas jahenya, rasanya kok sayang banget ya. Pasti tetap bisa dimanfaatkan. Mau bikin apa ya? 

Tiba-tiba teringat kukis jahe. Terbayang renyah dan gurihnya kukis.

Setelah uji coba, ternyata enak juga. Makan kukis jadi tidak mau berenti, tidak cukup 2 keping, tapi mau lagi, mau lagi, dan mau lagi. Meskipun kata Shidqi kukisnya terasa pedas hangat, hihi..

Serat ampas jahenya memang agak terasa, tapi jadi crispy, renyah, gak bikin seret di tenggorokan. Bukankah serat makanan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kan?


Bagaimana cara membuat kukis ampas jahe?

Ini resepnya:
Bahan:
- 200 gr margarin
- 150 gr gula pasir
- 500 gr tepung terigu.
- 50 gr tepung maizena (tidak pakai juga tidak apa-apa kok)
- 3 sdm susu bubuk.
- 1/2 sdt baking powder
- 2 butir telur, ambil kuningnya saja
- 50 gr ampas jahe, boleh lebih.
- 75 gr choco chips

Cara Membuat:
1. Olesi loyang dengan margarin. Sisihkan
2. Kocok margarin dan gula pasir hingga berwarna putih seperti krim.
3. Masukkan kuning telur, aduk rata.
4. Masukkan tepung, baking powder dan susu bubuk, aduk rata dengan sendok.
5. Masukkan ampas jahe, dan choco chips (sisakan sedikit untuk hiasan)
6. Aduk semua dengan tangan hingga rata (beri sedikit tepung pada telapak tangan anda agartidak lengket)
7. Comot sedikit demi sedikit adonan kukis, lalu bentuk membulat dan pipihkan di atas loyang, hingga adonan habis.
8. Beri hiasan choco chips pada setiap kukis
9. Panggang di dalam oven dengan api sedang.
10. Matikan kompor, dan diamkan kukis hingga dingin
11. Simpan di dalam toples kedap udara.

Porsi: 30 keping kukis jahe, atau tergantung cetakan selera anda.

Oiya, bagaimana nasib batuknya? 
Alhamdulillah, ikut membaik. Lebih mempan dibanding obat biasa. Tentu saja dibantu dengan tidur yang cukup, dan makan makanan bergizi.


Selamat mencoba ya teman :)


34 komentar:

  1. Yumm, enak nih kue jahe :)

    BalasHapus
  2. Wah kreatif mak. Kayaknya eñak tuh kukisnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memanfaatkan yg ada mbak, enak kok :-)

      Hapus
  3. kreatif, terimakasih tipsnya

    BalasHapus
  4. Maksudnya ini ginger cookies gitu ya mba? Aku kok ngebayangin nya gak doyan ya hehehe.. Harus makan jahe, ampas jahe.. Aku coklat aja hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, hehe.. gak suka jahe ya?

      Hapus
  5. Kayane ni cucok buat musim dingin ini. Minum jahenya dapat, cemilan ada, pas....

    BalasHapus
  6. zero waste nih mbak ya, sarinya diminum, ampasnya kita gunakan, good idea mbak

    BalasHapus
  7. Oh kirain ampasnya nggak akan ada sari-sarinya lagi. Resepnya bisa ditiru nih. Makasih ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih terasa jahenya mbak :-)

      Hapus
  8. jadi ingat ginger bread nih mbaaa...coba aah kukis jahe..pasti rasanya manis dan hangat ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iyaa mbak, manis hangat gurih

      Hapus
  9. Kreatif banget Mba Lia :)
    Saya pun suka sekali cookies jahe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cookies memang bikin ketagihan ya :-)

      Hapus
  10. makasih tips obat dan kue jahe ny mb..ak suka bgt wangi jahee.. susu jahe juga sukaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mak.. kebayang susu jahe di puncak, minumnya sambil jongkok :D

      Hapus
  11. Wooo baru tau resep obat batuk jahe ini.
    Syg, sy blm bisa bikin kue, Mba :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jahe membuat badan jadi hangat, daya tahan tubuh juga jadi bagus, batuknya alhamdulillah hilang.. coba mbak, gampang kok :)

      Hapus
  12. wah ternyata bisa ya ampas jahe jadi kue,bener-bener reatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ini juga adaptasi dari resep di buku, ternyata ada juga yg pakai ampas jahenya :)

      Hapus
  13. e yaampun ini makanan kesukaan aku banget #secara hobinya ngemil
    hehe

    wah bermanfaat banget ya ampas jahenya..
    apalagi klo fresh from the oven...buuuuhh...laperrr

    BalasHapus
  14. enakkkk kayak e
    bisa juga ya ampase...

    BalasHapus
  15. Buat, syaa obat batuk terampuh memang jahe. Malah sekarang saya setiap hari mengkonsumsi jahe. saya suka kukis jahe. Tapi kalau pakai ampas begitu gak akan terasa ampasnya di lidah, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampasnya jadi ikut kerig dan renyah mbak. Iya sama, jahe jadi andalanku tiap batuk

      Hapus
  16. Kalo dah jadi ampas, kan kandungan vitamin nya ngak ada hehehe
    Apa rasanya yaa setelah jadi kukis ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kandungan lainnya msh ada mas dari bahan tepung dll, kan sarinya udah kita minum, haghaghag.. ih rasanya tetep enak, coba dong

      Hapus
  17. wah bisa dicoba neh, aku suka kukis jahe

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com