NarasiLia.com

be a good life and happy family

Manfaatkan Ampas Jahe Jadi Kukis

Jangan buang ampas jahe anda!

Kenapa? 

Bisa dipakai buat bahan kue lho. Aku sudah mencobanya.

Berawal saat aku diserang batuk hebat setelah melahirkan. Batuknya mungkin berasal dari lelahnya begadang dan menyusui baby newborn. 

Minum obat batuk hitam tidak mempan, obat batuk herbal juga tidak meredakan. Hampir dua minggu batuknya tak kunjung hilang, rasa gatal di tenggorokan, perut bagian bawah jadi terasa pegal dan nyeri akibat tertekan.

Akhirnya mencoba terapi minum air jahe dan susu saja. Jahe kan mengandubg minyak atsiri, gingerol, vitamin C yang dipercaya mengobati batuk, gatal tenggorokan, mual, masuk angin, serta menghangatkan badan.

Cara praktis yang kulakukan adalah dengan melumatkan jahe di blender bersama air matang. Diperas, ditampung dalam botol. Tak perlu direbus lagi, karena menurutku kadar kandungan jahe akan berkurang jika terkena suhu tinggi.

Jika ingin minum, tinggal dituang ke dalam gelas, kemudian mencampurkannya dengan susu.

http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/resep-ampas-jahe-bisa-menjadi-kukis.html
nyam, nyam, nyam

Namun disaat ingin membuang ampas jahenya, rasanya kok sayang banget ya. Pasti tetap bisa dimanfaatkan. Mau bikin apa ya? 

Tiba-tiba teringat kukis jahe. Terbayang renyah dan gurihnya kukis.

Setelah uji coba, ternyata enak juga. Makan kukis jadi tidak mau berenti, tidak cukup 2 keping, tapi mau lagi, mau lagi, dan mau lagi. Meskipun kata Shidqi kukisnya terasa pedas hangat, hihi..

Serat ampas jahenya memang agak terasa, tapi jadi crispy, renyah, gak bikin seret di tenggorokan. Bukankah serat makanan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kan?


Bagaimana cara membuat kukis ampas jahe?

Ini resepnya:
Bahan:
- 200 gr margarin
- 150 gr gula pasir
- 500 gr tepung terigu.
- 50 gr tepung maizena (tidak pakai juga tidak apa-apa kok)
- 3 sdm susu bubuk.
- 1/2 sdt baking powder
- 2 butir telur, ambil kuningnya saja
- 50 gr ampas jahe, boleh lebih.
- 75 gr choco chips

Cara Membuat:
1. Olesi loyang dengan margarin. Sisihkan
2. Kocok margarin dan gula pasir hingga berwarna putih seperti krim.
3. Masukkan kuning telur, aduk rata.
4. Masukkan tepung, baking powder dan susu bubuk, aduk rata dengan sendok.
5. Masukkan ampas jahe, dan choco chips (sisakan sedikit untuk hiasan)
6. Aduk semua dengan tangan hingga rata (beri sedikit tepung pada telapak tangan anda agartidak lengket)
7. Comot sedikit demi sedikit adonan kukis, lalu bentuk membulat dan pipihkan di atas loyang, hingga adonan habis.
8. Beri hiasan choco chips pada setiap kukis
9. Panggang di dalam oven dengan api sedang.
10. Matikan kompor, dan diamkan kukis hingga dingin
11. Simpan di dalam toples kedap udara.

Porsi: 30 keping kukis jahe, atau tergantung cetakan selera anda.

Oiya, bagaimana nasib batuknya? 
Alhamdulillah, ikut membaik. Lebih mempan dibanding obat biasa. Tentu saja dibantu dengan tidur yang cukup, dan makan makanan bergizi.


Selamat mencoba ya teman :)


34 komentar:

  1. Wah kreatif mak. Kayaknya eñak tuh kukisnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memanfaatkan yg ada mbak, enak kok :-)

      Hapus
  2. Maksudnya ini ginger cookies gitu ya mba? Aku kok ngebayangin nya gak doyan ya hehehe.. Harus makan jahe, ampas jahe.. Aku coklat aja hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, hehe.. gak suka jahe ya?

      Hapus
  3. Kayane ni cucok buat musim dingin ini. Minum jahenya dapat, cemilan ada, pas....

    BalasHapus
  4. zero waste nih mbak ya, sarinya diminum, ampasnya kita gunakan, good idea mbak

    BalasHapus
  5. Oh kirain ampasnya nggak akan ada sari-sarinya lagi. Resepnya bisa ditiru nih. Makasih ya mba :)

    BalasHapus
  6. jadi ingat ginger bread nih mbaaa...coba aah kukis jahe..pasti rasanya manis dan hangat ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iyaa mbak, manis hangat gurih

      Hapus
  7. Kreatif banget Mba Lia :)
    Saya pun suka sekali cookies jahe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cookies memang bikin ketagihan ya :-)

      Hapus
  8. makasih tips obat dan kue jahe ny mb..ak suka bgt wangi jahee.. susu jahe juga sukaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mak.. kebayang susu jahe di puncak, minumnya sambil jongkok :D

      Hapus
  9. Wooo baru tau resep obat batuk jahe ini.
    Syg, sy blm bisa bikin kue, Mba :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jahe membuat badan jadi hangat, daya tahan tubuh juga jadi bagus, batuknya alhamdulillah hilang.. coba mbak, gampang kok :)

      Hapus
  10. wah ternyata bisa ya ampas jahe jadi kue,bener-bener reatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ini juga adaptasi dari resep di buku, ternyata ada juga yg pakai ampas jahenya :)

      Hapus
  11. e yaampun ini makanan kesukaan aku banget #secara hobinya ngemil
    hehe

    wah bermanfaat banget ya ampas jahenya..
    apalagi klo fresh from the oven...buuuuhh...laperrr

    BalasHapus
  12. enakkkk kayak e
    bisa juga ya ampase...

    BalasHapus
  13. Buat, syaa obat batuk terampuh memang jahe. Malah sekarang saya setiap hari mengkonsumsi jahe. saya suka kukis jahe. Tapi kalau pakai ampas begitu gak akan terasa ampasnya di lidah, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampasnya jadi ikut kerig dan renyah mbak. Iya sama, jahe jadi andalanku tiap batuk

      Hapus
  14. Kalo dah jadi ampas, kan kandungan vitamin nya ngak ada hehehe
    Apa rasanya yaa setelah jadi kukis ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kandungan lainnya msh ada mas dari bahan tepung dll, kan sarinya udah kita minum, haghaghag.. ih rasanya tetep enak, coba dong

      Hapus
  15. wah bisa dicoba neh, aku suka kukis jahe

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak yaa. Dengan senang hati saya persilahkan tulisan ini dikomentari, agar silaturahim terjalin dan saling memberi dukungan dengan baik.

Tapi mohon maaf ya, komentar tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Follow Narasilia by Email

Labels

keluarga Cerita Tips Solusi anak hebat daya tangkap anak Bahagia Dunia Akhirat produk Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) Review bayi Kreasi living fun and healthy lomba menulis CommuterLine jalan-jalan Kesehatan Resep Sehat kehamilan Kegiatan Anak Keajaiban Pendidikan Cara Mendidik Anak dunia bunda imajinasi stasiun Ide bakteri Islami Testimoni makanan melahirkan Cemilan Silaturrahim belanja hemat Stress ayah curhat makan-makan susu cair pertumbuhan #GakMasalahDong Alergi Anmum Essential Jualan Online demam lomba perawatan bayi resep masakan ASI Bekal Masa Depan Buah Lokal Facebook Gadget Ibu-Ibu Doyan Nulis Morinaga Platinum Perencanaan Keuangan #AyahLuarBiasa Busways KRL ekonomi AC Makanan Tradisional Masalah Kulit Restoran baby spa hamil impian pijat habis melahirkan resep tabloid 5Star Skin Protection Film From Womb To World GOJEK Gangguan Pernapasan Generasi Platinum Ibu-Ibu Doyan Bisnis Morinaga Chil-Go! Pampers Referensi buku Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) lactobasillus olahraga popok cuci ulang sepeda Android Cerita Unik Koran Lactacyd Moment Tanpa Gula Tambahan Televisi Tuberculosis Ulang Tahun Warung Blogger cerita dongeng daun pisang pijat ibu hamil Anmum Bunda Inspiratif Buka Puasa Bersama Cap Kaki Tiga Anak Frisian Flag Give Away Glucogen Gusi Berdarah Kidzania Jakarta Kosmetik Halal Meja Makan Punya Cerita Mommy n Me Baby Spa Premium Mommy n Me Bogor Nanospray Omron Nebulizer Slimmer Terapi gangguan pernapasan Tupperware Voucher Belanja cosmopolitan cukup satu tetes downline kandungan gizi ikan kardus susu kertas resi muntaber resep ikan pepes tiket #BabyCanLearn #BabyCanread #LawanDiabetes #LombaBlogNUB #Sembuhkan TB #my1stNutripuffs Baby Blues Bayar Pajak Biocell BoboiBoy Cetaphil Cetaphilexperience Cetaphilid Cetaphilindonesia Diabetes Fashion Show Furniture Grand Indonesia Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) JYSK Keluarga Minum Susu Lactacyd White Intime Mamypoko Love Touch Merchant Sodexo One Day One Juz (ODOJ) Parodontax Pepsodent Petite Blossom Philips Disney Post Partum Syndrom Rangking1 Reseller Sabun Anti Kuman Sabun Keluarga Taman Bogor Tempra Theragran-M TransTV Vivalog anyang-anyangan baby spa Bogor baby spa jakarta buah nusantara bumbu pepes elevenia fruit summit 2015 fun bike honor infeksi saluran kemih martabak pepes ikan prive uri-cran radio rujak sabun shower gel testpack voucher MAP