be a good life and happy family

Masak Ayam Kecap Dengan Rice Cooker.

Sudah beli ayam, bumbu ada, eh ternyata gas habis. Betenya tuh di sini.. *unjuk perut.
Secepat kilat ambil tabung kosong, beli isi ulang di warung langganan, eh ternyata stok kosong.. *bibir mulai manyun
Keliling komplek gas belum ketemu juga.
Pikiran melayang kemana-mana. Meskipun sudah disimpan dalam freezer, tapi tetap saja kepikiran lapar, mau beli lauk matang, duh sayang ah uangnya.. *bumil lapar :)

Mendadak kepikiran masak saja menggunakan bantuan rice cooker alias magicom. Yaa meskipun agak boros listrik, apalah daya, tak ada rotan akar pun jadi, gak ada gas listrik pun jadi.

Sebelumnya persiapkan bahan (ini selera saya): 
- 1 kg ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong sesuai selera.
- 1 gelas air
- 6 sdm kecap manis
- 75 gr gula jawa
- 2 lembar daun sereh
- 2 jari lengkuas, geprek
- 2 sdm minyak goreng
- Daun salam, daun jeruk secukupnya

Bumbu Semur yang dihaluskan adalah:
- 8 siung Bawang Putih
- 4 buah kemiri
- 4 siung bawang merah
- 1/2 jari jahe
- 1/2 sdt ketumbar
- 1/2 sdt lada bubuk
- Garam secukupnya

Cara memasak:
1. Saya mulai mempersiapkan wadah dan mencolok kabel listrik rice cooker.  
2. Tunggu beberapa saat sampai wadah bagian dalam agak panas.
3. Beri sedikit minyak goreng, tumis dan aduk bumbu halus hingga wangi
4. Beri air, lalu masukkan satu persatu potongan ayam.

5. Masukan garam, kecap, gula jawa, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan daun sereh.
6. Aduk sebentar, pastikan air mulai mendidih. Tutup rice cooker. 
7. Tunggu sampai 35 menit. Jika masih ada airnya, tunggu sampai mulai mecek-mecek. Matikan rice cooker, cabut kabel listrikya
8. Lebih enaknya sih kalau sudah dapat gas, yaa teruskan saja di wajan, hehe..
9. Pindahkan ke piring besar. 
10. Cuci wadahnya, dan selanjutnya masak nasi ya, biar klop :D


Selamat mencoba. Lumayan buat persiapan sahur. 

Semoga tidak mati lampu, hehehe..


11 komentar:

  1. ternyata bisa ya masak ayam kecap pakai rice cooker. nyobain ah nanti

    BalasHapus
  2. bisa mak.. asal jangan lupa ditengok hehe

    BalasHapus
  3. saya coba di rumah deh :D

    BalasHapus
  4. kayaknya saya kapan-kapan harus nyobain masak pake rice cooker. Udah banyak resep yang saya baca tentang masak pake rice cooker. Tapi belum pernah coba :D

    BalasHapus
  5. waah..baru tahu nih. Gak apa-apakah ke teflonnya mbak?? dipake buat numis juga kan yaa? klo gpp...lumayan simpel ya klo lg gak ada gas

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah gak papa mak :)
      darurat, asal jangan sering-sering

      Hapus
  6. mak lia, dulu saya pernah buat kuah bakso pakai mejikom biar praktis. waktu itu malam doa bersama di skul. biar enak repot makan bakso, bikin kuahnya pake mejikom, setelah mendidih bakso dimasukkan, beres deh

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow This Blog