NarasiLia.com

be a good life and happy family

Masak Ayam Kecap Dengan Rice Cooker.

Sudah beli ayam, bumbu ada, eh ternyata gas habis. Betenya tuh di sini.. *unjuk perut.
Secepat kilat ambil tabung kosong, beli isi ulang di warung langganan, eh ternyata stok kosong.. *bibir mulai manyun
Keliling komplek gas belum ketemu juga.
Pikiran melayang kemana-mana. Meskipun sudah disimpan dalam freezer, tapi tetap saja kepikiran lapar, mau beli lauk matang, duh sayang ah uangnya.. *bumil lapar :)

Mendadak kepikiran masak saja menggunakan bantuan rice cooker alias magicom. Yaa meskipun agak boros listrik, apalah daya, tak ada rotan akar pun jadi, gak ada gas listrik pun jadi.

Sebelumnya persiapkan bahan (ini selera saya): 
- 1 kg ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong sesuai selera.
- 1 gelas air
- 6 sdm kecap manis
- 75 gr gula jawa
- 2 lembar daun sereh
- 2 jari lengkuas, geprek
- 2 sdm minyak goreng
- Daun salam, daun jeruk secukupnya

Bumbu Semur yang dihaluskan adalah:
- 8 siung Bawang Putih
- 4 buah kemiri
- 4 siung bawang merah
- 1/2 jari jahe
- 1/2 sdt ketumbar
- 1/2 sdt lada bubuk
- Garam secukupnya

Cara memasak:
1. Saya mulai mempersiapkan wadah dan mencolok kabel listrik rice cooker.  
2. Tunggu beberapa saat sampai wadah bagian dalam agak panas.
3. Beri sedikit minyak goreng, tumis dan aduk bumbu halus hingga wangi
4. Beri air, lalu masukkan satu persatu potongan ayam.

5. Masukan garam, kecap, gula jawa, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan daun sereh.
6. Aduk sebentar, pastikan air mulai mendidih. Tutup rice cooker. 
7. Tunggu sampai 35 menit. Jika masih ada airnya, tunggu sampai mulai mecek-mecek. Matikan rice cooker, cabut kabel listrikya
8. Lebih enaknya sih kalau sudah dapat gas, yaa teruskan saja di wajan, hehe..
9. Pindahkan ke piring besar. 
10. Cuci wadahnya, dan selanjutnya masak nasi ya, biar klop :D


Selamat mencoba. Lumayan buat persiapan sahur. 

Semoga tidak mati lampu, hehehe..


11 komentar:

  1. ternyata bisa ya masak ayam kecap pakai rice cooker. nyobain ah nanti

    BalasHapus
  2. bisa mak.. asal jangan lupa ditengok hehe

    BalasHapus
  3. kayaknya saya kapan-kapan harus nyobain masak pake rice cooker. Udah banyak resep yang saya baca tentang masak pake rice cooker. Tapi belum pernah coba :D

    BalasHapus
  4. waah..baru tahu nih. Gak apa-apakah ke teflonnya mbak?? dipake buat numis juga kan yaa? klo gpp...lumayan simpel ya klo lg gak ada gas

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah gak papa mak :)
      darurat, asal jangan sering-sering

      Hapus
  5. mak lia, dulu saya pernah buat kuah bakso pakai mejikom biar praktis. waktu itu malam doa bersama di skul. biar enak repot makan bakso, bikin kuahnya pake mejikom, setelah mendidih bakso dimasukkan, beres deh

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak yaa. Dengan senang hati saya persilahkan tulisan ini dikomentari, agar silaturahim terjalin dan saling memberi dukungan dengan baik.

Tapi mohon maaf ya, komentar tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Follow Narasilia by Email

Labels

keluarga Cerita Tips Solusi anak hebat daya tangkap anak Bahagia Dunia Akhirat produk Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) Review bayi Kreasi living fun and healthy lomba menulis CommuterLine jalan-jalan Kesehatan Resep Sehat kehamilan Kegiatan Anak Keajaiban Pendidikan Cara Mendidik Anak dunia bunda imajinasi stasiun Ide bakteri Islami Testimoni makanan melahirkan Cemilan Silaturrahim belanja hemat Stress ayah curhat makan-makan susu cair pertumbuhan #GakMasalahDong Alergi Anmum Essential Jualan Online demam lomba perawatan bayi resep masakan ASI Bekal Masa Depan Buah Lokal Facebook Gadget Ibu-Ibu Doyan Nulis Morinaga Platinum Perencanaan Keuangan #AyahLuarBiasa Busways KRL ekonomi AC Makanan Tradisional Masalah Kulit Restoran baby spa hamil impian pijat habis melahirkan resep tabloid 5Star Skin Protection Film From Womb To World GOJEK Gangguan Pernapasan Generasi Platinum Ibu-Ibu Doyan Bisnis Morinaga Chil-Go! Pampers Referensi buku Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) lactobasillus olahraga popok cuci ulang sepeda Android Cerita Unik Koran Lactacyd Moment Tanpa Gula Tambahan Televisi Tuberculosis Ulang Tahun Warung Blogger cerita dongeng daun pisang pijat ibu hamil Anmum Bunda Inspiratif Buka Puasa Bersama Cap Kaki Tiga Anak Frisian Flag Give Away Glucogen Gusi Berdarah Kidzania Jakarta Kosmetik Halal Meja Makan Punya Cerita Mommy n Me Baby Spa Premium Mommy n Me Bogor Nanospray Omron Nebulizer Slimmer Terapi gangguan pernapasan Tupperware Voucher Belanja cosmopolitan cukup satu tetes downline kandungan gizi ikan kardus susu kertas resi muntaber resep ikan pepes tiket #BabyCanLearn #BabyCanread #LawanDiabetes #LombaBlogNUB #Sembuhkan TB #my1stNutripuffs Baby Blues Bayar Pajak Biocell BoboiBoy Cetaphil Cetaphilexperience Cetaphilid Cetaphilindonesia Diabetes Fashion Show Furniture Grand Indonesia Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) JYSK Keluarga Minum Susu Lactacyd White Intime Mamypoko Love Touch Merchant Sodexo One Day One Juz (ODOJ) Parodontax Pepsodent Petite Blossom Philips Disney Post Partum Syndrom Rangking1 Reseller Sabun Anti Kuman Sabun Keluarga Taman Bogor Tempra Theragran-M TransTV Vivalog anyang-anyangan baby spa Bogor baby spa jakarta buah nusantara bumbu pepes elevenia fruit summit 2015 fun bike honor infeksi saluran kemih martabak pepes ikan prive uri-cran radio rujak sabun shower gel testpack voucher MAP