April 02, 2013

Wow... Silahkan Copas Tapi Pakai Izin ya!

Gak sengaja menemukan blognya mas Ricky Pratama yang membahas tentang cara mengetahui bahwa tulisan kita di jiplak tanpa izin dan ternyata bisa dilaporin lho, tau-tau blog kita dihapus, wah.. (Baca disini)

Kesimpulannya yang menurut saya paliiiing gampang, kaya gini:
1. Sorot salah satu judul atau kalimat pada tulisan kita
2. Copy (tekan Ctrl +C)
3. Buka www.google.co.id
4. Masukan dan paste (Ctrl + V) pada kolom pencarian, jangan lupa beri tanda " di awal dan akhir kalimat, seperti contoh ini:

"Cara Menstimulasi Kecerdasan Emosi"

5. Lalu klik google search
6. Hasilnya keluar beberapa link.. liat aja, ada yg mirip2 gak? Kalau hasilnya nihil ya berarti gak ada yang jiplak.
Akhirnya aku mencoba dan hasilnya jadi bikin ketawa...merinding disko.. deg-degan juga.. Bener-bener mentah dijiplak semua (Nama Shidqi dan Selma masih bertengger). 

Saya posting tanggal 16 maret, dan saya mencoba mempublish di vivalog (situs ini tidak sembarang menerbitkan tulisan kita, soalnya ada beberapa tulisanku yang gak lolos), ternyata dia posting di kaskus pada 21 Maret .. contohnya ini: 
http://www.kaskus.co.id/post/515adce08327cf1d0900000e#post515adce08327cf1d0900000e. (maklum orang newbie, jadi pengen postingan instan)

Disitu memang dicantumkan sumber, dari log.viva.co.id, namun jika anda membuka vivalog tersebut, maka tulisan tersebut akan diarahkan kepada blog kita (ini tulisan asli saya disini ), artinya memang itu asli ide saya, mumetnya saya, begadangnya saya, ngantuknya saya. Bahkan mengorbankan waktu saya untuk gak sempet nyuci, masak, tidur, mandi.. *halah, lebay, hehe (beneran saya sampe pernah belum mandi dari pagi sampai malam) ---> Males aja kaleee

Nah intinya, membuat karya itu ternyata dibutuhkan kesabaran sampai berjam-jam, butuh kesabaran pula atas tingkah laku orang yang ingin bekerja instan, doyan copas hanya dalam beberapa menit (tanpa izin!), ambil hikmahnya semoga membuka hidayah dan rejeki saya, hehehe..amin


Ketika saya sedikit berbicara melalui status pribadi di jejaring sosial ternyata mendapat reaksi yang cukup santai: yaa bagus dong, bagi-bagi ilmu..
Mengeluh? Gak suka?  Oh bukan itu.. Bukan., reaksi yang terbangun dalam diri bukanlah saya pelit ilmu, namun ingin membangun jiwa masyarakat Indonesia untuk saling menghargai hasil karya orang lain, minimal melalui kata-kata santun berupa kata izin.

Ya cukup bilang aja pada kolom komentar tulisan kita; nice info, izin copas yaa.. Nah kan enak kalo gitu, kecuali kalau tidak terdapat kolom komentar di blog, lain soal, tapi kan ada fesbuk gitu lho, mampir kek..Siapa tau malah jadi temen yang saling membangun. Ayo, jadilah manusia berani berkarya, minimal karya tulisan berupa curhat *kaya gini, hihi

Oya, sebagai catatan log.viva.co.id itu adalah situs yang diperuntukkan bagi para pengguna blog yang ingin membooster jumlah pengunjung kepada blog kita, seperti kata saya tadi, jika lolos ke dalam urutan tulisan di sana, dengan waktu singkat julah pengunjung kita cukup besar, coba aja!.. silahkan lihat caranya disini

Oke semoga berguna, salam kreatifitas, berikan ilmu sebanyak-banyaknya, tapi jiplaknya pake izin yaaa ^_^

#cari lagi aaah, ada gak yaa tulisan saya dijiplak?


7 komentar:

  1. Menurut saya kalau sebuah tulisan sampai dijiplak, pasti tulisan tersebut bagus dan bermanfaat. Pasti kesel banget jadinya ya Mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, berarti bisa jadi indicator tulisan juga ya. Hanya menjadi himbauan aja sih, apa salahnya jika ingin copas, kita tetep jalin silaturahmi walau sekedar komen di kolom komentar kaya gini ya mbak, bukan kesannya umpet2an terus jembreng deh, hehe..#curcol lagi deh ^_^

      Hapus
  2. wah dapet ilmu baru, makasih ya mbak, semoga yg copas tanpa izin segera insyaf... salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, sama-sama mbak, saya juga abis dapat ilmu dari mas Ricky Pratama :)..

      bukan hanya insyaf mbak, tapi jadi makin mengerti arti kreatifitas itu sangat berharga, makanya jadi harus saling mnghargai. Ingin menggebrak sebagian mental masyarakat Indonesia yg hanya doyan jiplak dan copas tulisan orang tanpa izin.

      Hapus
  3. makasih mak ilmunya. salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak Ida.. maaf baru reply :)

      Hapus
  4. wah dapet ilmu baru, makasih ya mbak, semoga yg copas tanpa izin segera insyaf...

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com