NarasiLia.com

be a good life and happy family

Wow... Silahkan Copas Tapi Pakai Izin ya!

Gak sengaja menemukan blognya mas Ricky Pratama yang membahas tentang cara mengetahui bahwa tulisan kita di jiplak tanpa izin dan ternyata bisa dilaporin lho, tau-tau blog kita dihapus, wah.. (Baca disini)

Kesimpulannya yang menurut saya paliiiing gampang, kaya gini:
1. Sorot salah satu judul atau kalimat pada tulisan kita
2. Copy (tekan Ctrl +C)
3. Buka www.google.co.id
4. Masukan dan paste (Ctrl + V) pada kolom pencarian, jangan lupa beri tanda " di awal dan akhir kalimat, seperti contoh ini:

"Cara Menstimulasi Kecerdasan Emosi"

5. Lalu klik google search
6. Hasilnya keluar beberapa link.. liat aja, ada yg mirip2 gak? Kalau hasilnya nihil ya berarti gak ada yang jiplak.
Akhirnya aku mencoba dan hasilnya jadi bikin ketawa...merinding disko.. deg-degan juga.. Bener-bener mentah dijiplak semua (Nama Shidqi dan Selma masih bertengger). 

Saya posting tanggal 16 maret, dan saya mencoba mempublish di vivalog (situs ini tidak sembarang menerbitkan tulisan kita, soalnya ada beberapa tulisanku yang gak lolos), ternyata dia posting di kaskus pada 21 Maret .. contohnya ini: 
http://www.kaskus.co.id/post/515adce08327cf1d0900000e#post515adce08327cf1d0900000e. (maklum orang newbie, jadi pengen postingan instan)

Disitu memang dicantumkan sumber, dari log.viva.co.id, namun jika anda membuka vivalog tersebut, maka tulisan tersebut akan diarahkan kepada blog kita (ini tulisan asli saya disini ), artinya memang itu asli ide saya, mumetnya saya, begadangnya saya, ngantuknya saya. Bahkan mengorbankan waktu saya untuk gak sempet nyuci, masak, tidur, mandi.. *halah, lebay, hehe (beneran saya sampe pernah belum mandi dari pagi sampai malam) ---> Males aja kaleee

Nah intinya, membuat karya itu ternyata dibutuhkan kesabaran sampai berjam-jam, butuh kesabaran pula atas tingkah laku orang yang ingin bekerja instan, doyan copas hanya dalam beberapa menit (tanpa izin!), ambil hikmahnya semoga membuka hidayah dan rejeki saya, hehehe..amin


Ketika saya sedikit berbicara melalui status pribadi di jejaring sosial ternyata mendapat reaksi yang cukup santai: yaa bagus dong, bagi-bagi ilmu..
Mengeluh? Gak suka?  Oh bukan itu.. Bukan., reaksi yang terbangun dalam diri bukanlah saya pelit ilmu, namun ingin membangun jiwa masyarakat Indonesia untuk saling menghargai hasil karya orang lain, minimal melalui kata-kata santun berupa kata izin.

Ya cukup bilang aja pada kolom komentar tulisan kita; nice info, izin copas yaa.. Nah kan enak kalo gitu, kecuali kalau tidak terdapat kolom komentar di blog, lain soal, tapi kan ada fesbuk gitu lho, mampir kek..Siapa tau malah jadi temen yang saling membangun. Ayo, jadilah manusia berani berkarya, minimal karya tulisan berupa curhat *kaya gini, hihi

Oya, sebagai catatan log.viva.co.id itu adalah situs yang diperuntukkan bagi para pengguna blog yang ingin membooster jumlah pengunjung kepada blog kita, seperti kata saya tadi, jika lolos ke dalam urutan tulisan di sana, dengan waktu singkat julah pengunjung kita cukup besar, coba aja!.. silahkan lihat caranya disini

Oke semoga berguna, salam kreatifitas, berikan ilmu sebanyak-banyaknya, tapi jiplaknya pake izin yaaa ^_^

#cari lagi aaah, ada gak yaa tulisan saya dijiplak?


6 komentar:

  1. Menurut saya kalau sebuah tulisan sampai dijiplak, pasti tulisan tersebut bagus dan bermanfaat. Pasti kesel banget jadinya ya Mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, berarti bisa jadi indicator tulisan juga ya. Hanya menjadi himbauan aja sih, apa salahnya jika ingin copas, kita tetep jalin silaturahmi walau sekedar komen di kolom komentar kaya gini ya mbak, bukan kesannya umpet2an terus jembreng deh, hehe..#curcol lagi deh ^_^

      Hapus
  2. wah dapet ilmu baru, makasih ya mbak, semoga yg copas tanpa izin segera insyaf... salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, sama-sama mbak, saya juga abis dapat ilmu dari mas Ricky Pratama :)..

      bukan hanya insyaf mbak, tapi jadi makin mengerti arti kreatifitas itu sangat berharga, makanya jadi harus saling mnghargai. Ingin menggebrak sebagian mental masyarakat Indonesia yg hanya doyan jiplak dan copas tulisan orang tanpa izin.

      Hapus
  3. makasih mak ilmunya. salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak Ida.. maaf baru reply :)

      Hapus

Hallo teman, terimakasih banyak yaa. Dengan senang hati saya persilahkan tulisan ini dikomentari, agar silaturahim terjalin dan saling memberi dukungan dengan baik.

Tapi mohon maaf ya, komentar tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Follow Narasilia by Email

Labels

keluarga Cerita Tips Solusi anak hebat daya tangkap anak Bahagia Dunia Akhirat produk Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) Review bayi Kreasi living fun and healthy lomba menulis CommuterLine jalan-jalan Kesehatan Resep Sehat kehamilan Kegiatan Anak Keajaiban Pendidikan Cara Mendidik Anak dunia bunda imajinasi stasiun Ide bakteri Islami Testimoni makanan melahirkan Cemilan Silaturrahim belanja hemat Stress ayah curhat makan-makan susu cair pertumbuhan #GakMasalahDong Alergi Anmum Essential Jualan Online demam lomba perawatan bayi resep masakan ASI Bekal Masa Depan Buah Lokal Facebook Gadget Ibu-Ibu Doyan Nulis Morinaga Platinum Perencanaan Keuangan #AyahLuarBiasa Busways KRL ekonomi AC Makanan Tradisional Masalah Kulit Restoran baby spa hamil impian pijat habis melahirkan resep tabloid 5Star Skin Protection Film From Womb To World GOJEK Gangguan Pernapasan Generasi Platinum Ibu-Ibu Doyan Bisnis Morinaga Chil-Go! Pampers Referensi buku Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) lactobasillus olahraga popok cuci ulang sepeda Android Cerita Unik Koran Lactacyd Moment Tanpa Gula Tambahan Televisi Tuberculosis Ulang Tahun Warung Blogger cerita dongeng daun pisang pijat ibu hamil Anmum Bunda Inspiratif Buka Puasa Bersama Cap Kaki Tiga Anak Frisian Flag Give Away Glucogen Gusi Berdarah Kidzania Jakarta Kosmetik Halal Meja Makan Punya Cerita Mommy n Me Baby Spa Premium Mommy n Me Bogor Nanospray Omron Nebulizer Slimmer Terapi gangguan pernapasan Tupperware Voucher Belanja cosmopolitan cukup satu tetes downline kandungan gizi ikan kardus susu kertas resi muntaber resep ikan pepes tiket #BabyCanLearn #BabyCanread #LawanDiabetes #LombaBlogNUB #Sembuhkan TB #my1stNutripuffs Baby Blues Bayar Pajak Biocell BoboiBoy Cetaphil Cetaphilexperience Cetaphilid Cetaphilindonesia Diabetes Fashion Show Furniture Grand Indonesia Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) JYSK Keluarga Minum Susu Lactacyd White Intime Mamypoko Love Touch Merchant Sodexo One Day One Juz (ODOJ) Parodontax Pepsodent Petite Blossom Philips Disney Post Partum Syndrom Rangking1 Reseller Sabun Anti Kuman Sabun Keluarga Taman Bogor Tempra Theragran-M TransTV Vivalog anyang-anyangan baby spa Bogor baby spa jakarta buah nusantara bumbu pepes elevenia fruit summit 2015 fun bike honor infeksi saluran kemih martabak pepes ikan prive uri-cran radio rujak sabun shower gel testpack voucher MAP