NarasiLia.com

be a good life and happy family

Ayah, Mandikan Bayi Yuk!

Berapa banyak para ayah yang bisa mengurus anak?
Berapa banyak anak lelaki yang dibimbing ayahnya ke masjid?
Berapa banyak anak lelaki yang terlihat sering berjalan bersama ayahnya?

Sering kali yang kita lihat adalah, anak bersama ibu, anak bersama teman-teman, atau anak hanya sendirian. Ayah sibuk bekerja, bahkan lembur, mengingatkan diri sendiri, inilah fenomena kehidupan sekarang. Padahal anak memang membutuhkan sentuhan kasih dan sayang dari sosok ayah. Bukan hanya dari seorang ibu.

Bahkan kisah-kisah Nabi pun menggambarkan sosok ayah Ibrahim mengiringi langkah Ismail, sosok kakek dan paman Rasulullah, Luqman seorang ayah yang bijaksana yang namanya tertera dalam Al-Quran, menghadirkan penerus yang luar biasa.


Kampanye "Suamiku, Ayah Luar Biasa"

Press Conference nih

Kali ini Zwitsal mempersembahkan kampanye yang bertemakan Suami dan ayah yang luar biasa. Acara ini digelar di Hotel DoubleTree by Hilton. Lokasinya persis di dekat pintu keluar stasiun Cikini. Lokasi yang sangat kugemari. Hanya bermodal naik Commuterline, ihi..

Narasumbernya menghadirkan Irgi Ahmad Fahrezy sebagai moderator, dimulai dengan sambutan Rika Sandi, selaku Brand Manager Zwitsal. Rika yang masih muda dan cantik menyampaikan keinginan Zwitsal mendukung peran serta ayah ikut andil di rumah. Karena peran ayah di rumah ternyata dapat membantu mendukung dan memaksimalkan semua potensi yang ada pada perkembangan anak. Zwitsal ingin hadir di dalam momen berharga bagi ayah dan ibu di setiap waktu dalam mengasuh si kecil. Terutama saat memandikan.

Coba perhatikan deh, berapa banyak ayah yang bisa memandikan si kecil yang baru lahir? 
Proses membuka baju, mengajak bercakap-cakap atau mungkin bersenandung, mengangkatnya ke dalam bak berisi air, membasuh badan dan kepala bayi, hingga mengeringkan dan memakaikan pakaiannya kembali. Semua ini rata-rata dikerjakan oleh sang ibu. Benar kan?

Sesuai dengan survey seperti ini:
Hanya 21% ayah selalu membantu ibu merawat si kecil.

survey
Dan sebagian besar hampir 90% sebenarnya ibu percaya kok, ayah bisa berperan aktif dalam merawat si kecil, sehingga dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak.

survey

Hal ini juga didukung oleh praktisi Neurosains Terapan, ibu Anne Gracia. Sesuai dengan teori Pyramid of Learning (Willoam & Schellenberger), kematangan sistem syaraf pusat dan perkembagan optimal 7 sistem sensorik menjadi dasar untuk mencapai perkembangan kognitif, gerak, dan fungsi sensor.



Stimulasi Tambahan Dari Ayah

Adapun 7 Sistem Sensorik Anak harus distimulasi sedini mungkin melalui:

1. Stimulus Taktil: 
Berhubungan dengan indra peraba, biasanya dilakukan melalui sentuhan dan tekanan. Bisa melalui memijat lembut.

2. Stimulus Penciuman:
Berhubungan dengan aroma tubuh ayah maupun ibu.
Ada tips unik, jangan pakai parfum di daerah depan tubuh, hal ini akan menyebabkan bayi tidak akan tenang. Pakailah di belakang leher, atau punggung, yang memungkinkan jauh dari endusan hidung si kecil.

3. Stimulus Visual
Berhubungan dengan cara melihat kegiatan dan kondisi ayah dan ibu sesering mungkin. Dalam hal ini saat ibu membimbing ayah memandikan si kecil, dia akan melihat betapa kerjasama dan kekompakan serta kesabaran dari kedua orangtuanya sedari kecil.

4. Stimulus Auditori
Membuka baju sambil bercakap-cakap bahkan bernyanyi akan memberikan efek pendengaran yang baik untuk si kecil.

5. Stimulus Pengecapan:
Hal ini dilakukan saat si kecil makan dan minum dan sering memasukkan apapun ke dalam mulut.

6. Stimulus Vestibular:
Rangsangan keseimbangan tubuh si kecil bisa dilakukan dengan ayunan, menimang, dan menggendong

7. Stimulus Propioseptif:
Stimulasi ini berhubungan dengan rangsangan pada persendian tubuh. Bisa dirangsang melalui pijatan di wilayah persendian, maupun gerak olahraga.

Semua tersebut dapat dilakukan oleh ayah bersama si kecil sejak lahir. Mulailah berani memandikan dan memakaikan baju si kecil dengan suasana ceria menggunakan Zwitsal Classic Series. Ada shampo, babybath, baby powder, baby lotion, baby cologne dan Baby Wipes (tisue basah).

Menurut penelitian keterlibatan ayah dalam memandikan, menggendong, menimang, menyuapi, memijat si kecil akan menumbuhkan kedekatan emosional yang baik. Membuat anak akan lebih percaya diri dalam bergaul, tumbuh dengan perkembangan emosional yang stabil, kemampuan sosial yang maksimal, sehingga menurunkan masalah di rumah, sekolah, maupun lingkungannya.

HEBAATT..



Belajar Memandikan Bayi Bareng Dian Sastro

Eh, acara ini didukung juga oleh Brand Ambassador Dian Sastro. Melihat dirinya secara langsung memang terbukti dia itu inner beauty. Gaya dia bicara jadi teringat film AADC. Dia bercerita tentang suaminya (si Indra, begitu dia menyebutnya) yang akhirnya turun tangan memandikan si kecil

Dian beberapa kali akhirnya menyuruh baby sitter-nya untuk pergi sehari saja jalan-jalan (enaknyaa..). Dian ingin agar kerepotannya terhadap kedua anaknya dapat dijalankan bersama dengan suaminya tanpa bantuan asisten. Tak disangka suaminya secara naluri memang langsung perhatian, dan anak-anak justru lebih menurut daripada sebelumnya. Lebih percaya diri dan terlihat aktif. Seru juga ya..

Dan beberapa saat Ibu Anne dan Dian mempraktekkan cara memandikan bayi yang benar. Tipsnya topang bagian belakang leher bayi dengan telapak dan 5 jari tangan kiri, dan kaitkan salah satu tangan bayi ke lengan ayah atau ibu agar dapat memberikan kemantapan dalam memandikan bayi baru lahir hingga tangan kanan anda bebas bergerak membersihkan tubuh bayi.

Sesi ini cukup seru, para undangan yang laki-laki ditantang untuk memandikan bayi. Asyiiik, dengan sendirinya Dian Satro mendekati kursi saya, ahaha, puas jeprat jepret close up. Memandikan boneka bayi seperti halnya memandikan bayi beneran lho, bapak-bapaknya grogi. Hmm, apa karena Dian Sastro-nya ya??? :)

yihaa..
Kalau penasaran yuk tonton videonya:


Oke, acaranya ditutup dengan sesi pembagian doorprize, hadiah livetwit, busana terbaik, dan foto-foto serta makan siang dengan aneka menu yang lezat. Acara yang pas untuk calon baby-ku yang ketiga, calon adiknya Selma. Ilmu dapat, goodiebag dapat, perut pun kenyang. Alhamdulillaah :)



Oiya acara ini juga ada lomba Blogger. Nanti aku share ya.


NUMPANG MEJENG:
Smile

bareng emak blogger dan Ibu Anne Gracia

gaya dulu, hihi



2 komentar:

  1. peran ayah dalam pola asuh sama pentingnya dengan peran ibu, ya

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak yaa. Dengan senang hati saya persilahkan tulisan ini dikomentari, agar silaturahim terjalin dan saling memberi dukungan dengan baik.

Tapi mohon maaf ya, komentar tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Follow Narasilia by Email

Labels

keluarga Cerita Tips Solusi anak hebat daya tangkap anak Bahagia Dunia Akhirat produk Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) Review bayi Kreasi living fun and healthy lomba menulis CommuterLine jalan-jalan Kesehatan Resep Sehat kehamilan Kegiatan Anak Keajaiban Pendidikan Cara Mendidik Anak dunia bunda imajinasi stasiun Ide bakteri Islami Testimoni makanan melahirkan Cemilan Silaturrahim belanja hemat Stress ayah curhat makan-makan susu cair pertumbuhan #GakMasalahDong Alergi Anmum Essential Jualan Online demam lomba perawatan bayi resep masakan ASI Bekal Masa Depan Buah Lokal Facebook Gadget Ibu-Ibu Doyan Nulis Morinaga Platinum Perencanaan Keuangan #AyahLuarBiasa Busways KRL ekonomi AC Makanan Tradisional Masalah Kulit Restoran baby spa hamil impian pijat habis melahirkan resep tabloid 5Star Skin Protection Film From Womb To World GOJEK Gangguan Pernapasan Generasi Platinum Ibu-Ibu Doyan Bisnis Morinaga Chil-Go! Pampers Referensi buku Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) lactobasillus olahraga popok cuci ulang sepeda Android Cerita Unik Koran Lactacyd Moment Tanpa Gula Tambahan Televisi Tuberculosis Ulang Tahun Warung Blogger cerita dongeng daun pisang pijat ibu hamil Anmum Bunda Inspiratif Buka Puasa Bersama Cap Kaki Tiga Anak Frisian Flag Give Away Glucogen Gusi Berdarah Kidzania Jakarta Kosmetik Halal Meja Makan Punya Cerita Mommy n Me Baby Spa Premium Mommy n Me Bogor Nanospray Omron Nebulizer Slimmer Terapi gangguan pernapasan Tupperware Voucher Belanja cosmopolitan cukup satu tetes downline kandungan gizi ikan kardus susu kertas resi muntaber resep ikan pepes tiket #BabyCanLearn #BabyCanread #LawanDiabetes #LombaBlogNUB #Sembuhkan TB #my1stNutripuffs Baby Blues Bayar Pajak Biocell BoboiBoy Cetaphil Cetaphilexperience Cetaphilid Cetaphilindonesia Diabetes Fashion Show Furniture Grand Indonesia Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) JYSK Keluarga Minum Susu Lactacyd White Intime Mamypoko Love Touch Merchant Sodexo One Day One Juz (ODOJ) Parodontax Pepsodent Petite Blossom Philips Disney Post Partum Syndrom Rangking1 Reseller Sabun Anti Kuman Sabun Keluarga Taman Bogor Tempra Theragran-M TransTV Vivalog anyang-anyangan baby spa Bogor baby spa jakarta buah nusantara bumbu pepes elevenia fruit summit 2015 fun bike honor infeksi saluran kemih martabak pepes ikan prive uri-cran radio rujak sabun shower gel testpack voucher MAP