NarasiLia.com

be a good life and happy family

Bagaimana mengetahui anda hamil dan kapan melahirkan?


A. Bingung Anda hamil atau tidak ?
Misalkan bulan 15 November anda masih mengalami haid, namun menginjak tanggal 15 Desember anda terlambat haid, wah berarti kemungkinan tanggal 22 Januari 2012 anda mengalami usia kehamilan 1 bulan. Baru bisa anda tes urine pagi hari dengan menggunakan testpack. 
Karena pada saat ini muncul hormon yang sering disebut dengan hormon kehamilan ini yaitu HCG (human chorionic gonadotropin) dalam tubuh, bisa di check pada usia 14 hari setelah masa ovulasi atau sekitar saat anda tidak mendapatkan haid melalui urin. HCG diproduksi oleh plasenta dan hormon ini ada dalam tubuh ketika sel telur yang telah dibuahi menempel ke rahim. Hal ini terjadi sekitar enam hari setelah hubungan seksual, walau tidak bisa dipukul rata. Pada kenyataannya kadar HCG akan meningkat secara drastis seiring dengan bertumbuhnya janin.

Caranya:
1. Tampung urine pertama pagi hari anda pada wadah kecil. Sebelumnya siapkan saat menjelang tidur malam
2. Lalu celupkan tespack sebatas garis yang disarankan
3. Tunggu hasil garis merah yang menunjukkan hasil negatif atau positifnya kehamilan anda. Baca petunjuk pada kemasan testpack, jika garis 1 merah berarti anda negatif hamil, demikian pula jika menunjukkan 2 garis merah anda hamil. Selamat! 
4. Periksa kehamilan anda ke dokter SpOG

B. Bagaimana Cara menghitung perkiraan kelahiran?
Dengan cara menghitung Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), dan menggunakan Rumus Neagele:
yaitu:
tanggal haid  - bulan  - thn terakhir haid
       +               -                  +
       7               3            1 / (9bln)              =
tanggal lahir   bulan lahir   tahun lahir bayi 
catatan: untuk bulan yang tidak bisa dikurangi Januari, Februari, Maret. Maka tahun terakhir hanya ditambah 9 bulan.

contoh:
misalnya 2 bulan lalu anda haid pada tanggal 15 November 2012. Namun ternyata pada tanggal 8 atau 15 Desember 2012 anda tidak haid lagi, naah maka tanggal 15 November 2012 itu yg disebut  Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). 

Jadi mari kita hitung sbb:
a. 15 ditambah 7
    (7 berarti perhitungan 7 hari)

b. November adalah bulan 11, dikurangi 3
    (3 berarti 3 bulan, anggapan usia kehamilan adalah 9 bulan dari 12 bulan)

c. 12 ditambah 1
    (anggapan periode setahun kedepan)

jadi enaknya gini:
15 -  11 -  12
 +      -     +
 7      3     1  =
22     8    13

nah kemungkinan di calon dede lahirnya tanggal; 22 Agustus 2013 (atau mungkin tanggalnya maju 1-2 minggu, bisa tanggal 7-15 Agustus 2013)

C. Rumus diambil dari berbagai sumber dan saya menghitung sesuai perkiraan dan dugaan pribadi pada pengalaman anak pertama dan kedua.
ketika saya menghitung dengan metode ini untuk kedua anak saya, yup, ternyata mereka lahir sesuai dengan hitungan, alhamdulillah
contoh 1 : (ANAK PERTAMA)
tanggal 25 Januri 2006 itu saya mengalami Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). 

Hitungannya gini:
25 -  01 -  06
 +      -     +
 7      3     9bln  =
 2     11    06


nah kemungkinan di calon dede lahirnya tanggal; 2 November 2006 (atau mungkin tanggalnya maju 1-2 minggu, bisa tanggal 15-24 Oktober 2006)
Daaaann...ternyata maju 1 minggu, Shidqi lahir pada tanggal 22 Oktober 2006.

contoh 2 : (ANAK KEDUA) 
tanggal 15 November 2009 itu saya mengalami Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). 
Hitungannya gini:
15 -  11 -  09
 +      -     +
 7      3     1th  =
22     8    10

nah kemungkinan di calon dede lahirnya tanggal; 22 Agustus 2010 (atau mungkin tanggalnya maju 1-2 minggu, bisa tanggal 7-15 Agustus 2010)
Daaaann...ternyata Selma lahir pada tanggal 14-8-2010.

Allah Maha Kuasa, Subhanallah



doc.pribadi


11 komentar:

  1. Kalo perkiraan lahir udah ditahu, tentu lebih mudah untuk siap2 yah, seperti perlengkapan dede dan finansial.

    Banyak teman saya yang sadar kalo hamil justru udah jalan beberapa bulan. Maklum, rata2 calon ibu baru. Masih pada blank soal itu. Dan ada pula yang perhitungan bulan-nya beda sama dokter hehehe...

    Subhanallah... berguna banget nih Mak. Mesti disimpen buat masa depan hehehe... belum merid nih Mak hihihi... #malu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung ke blog saya..

      iya mbak, insyaallah kita jadi bisa merencanakan kehamilan juga, KB alami, itu yg saya lakukan saat ingin menambah anak yg kdua, hehe

      alhamdulillah jika berguna, semoga cepet merid ya ^_^

      Hapus
  2. Wow..makasi Bun
    Bisa buat itung2an kalo nanti terlambat haid
    Semoga sebentar lagi ..amin

    Salam kenal ya :)

    www.thesulistyawans.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. semoga bermanfaat mbak, terimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  3. trimakasih infonya, ya bun...sangat bermanfaat bg sy yg saat ini lg hamil...smoga nanti bisa melahirkan dg lancar, mudah (gangsar) & si bayi plus sy (ibunya) dlm keadaan sehat lahir&batin.aamiin...skali lg trims ya, bun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ya mbak Ira, kudoakan juga semoga lancar, gampang tanpa kendala apapun, sehat terus, tetap semangat dan selalu berserah diri kepada Ilahi.. terimakasih sudah mampir, salam kenal yaa ^_^

      Hapus
  4. Ulasan Yang Sangat Bermanfaat dan bisa saya jadikan referensi untuk mengetahui kapan Istri Saya Melahirkan Sang Buah Hati Saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir pak, semoga mndapatkan keturunan yang sehat dan cerdas ya..

      Hapus
  5. nice sharing, mbak
    semoga bentar lagi saya telat, huehehe

    BalasHapus
  6. Mbak...aku bln september haid tnggl 21..,nah bln oktober ini bln haid ...,apa sya ada kemungkinan hamil ga ya?

    BalasHapus
  7. Mbak..bln september kmrin sya haid tnggl 21...nah bln oktober ini blom haid...apa ada kmungkinan sy hamil?

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak yaa. Dengan senang hati saya persilahkan tulisan ini dikomentari, agar silaturahim terjalin dan saling memberi dukungan dengan baik.

Tapi mohon maaf ya, komentar tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Follow Narasilia by Email

Labels

keluarga Cerita Tips Solusi anak hebat daya tangkap anak Bahagia Dunia Akhirat produk Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) Review bayi Kreasi living fun and healthy lomba menulis CommuterLine jalan-jalan Kesehatan Resep Sehat kehamilan Kegiatan Anak Keajaiban Pendidikan Cara Mendidik Anak dunia bunda imajinasi stasiun Ide bakteri Islami Testimoni makanan melahirkan Cemilan Silaturrahim belanja hemat Stress ayah curhat makan-makan susu cair pertumbuhan #GakMasalahDong Alergi Anmum Essential Jualan Online demam lomba perawatan bayi resep masakan ASI Bekal Masa Depan Buah Lokal Facebook Gadget Ibu-Ibu Doyan Nulis Morinaga Platinum Perencanaan Keuangan #AyahLuarBiasa Busways KRL ekonomi AC Makanan Tradisional Masalah Kulit Restoran baby spa hamil impian pijat habis melahirkan resep tabloid 5Star Skin Protection Film From Womb To World GOJEK Gangguan Pernapasan Generasi Platinum Ibu-Ibu Doyan Bisnis Morinaga Chil-Go! Pampers Referensi buku Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) lactobasillus olahraga popok cuci ulang sepeda Android Cerita Unik Koran Lactacyd Moment Tanpa Gula Tambahan Televisi Tuberculosis Ulang Tahun Warung Blogger cerita dongeng daun pisang pijat ibu hamil Anmum Bunda Inspiratif Buka Puasa Bersama Cap Kaki Tiga Anak Frisian Flag Give Away Glucogen Gusi Berdarah Kidzania Jakarta Kosmetik Halal Meja Makan Punya Cerita Mommy n Me Baby Spa Premium Mommy n Me Bogor Nanospray Omron Nebulizer Slimmer Terapi gangguan pernapasan Tupperware Voucher Belanja cosmopolitan cukup satu tetes downline kandungan gizi ikan kardus susu kertas resi muntaber resep ikan pepes tiket #BabyCanLearn #BabyCanread #LawanDiabetes #LombaBlogNUB #Sembuhkan TB #my1stNutripuffs Baby Blues Bayar Pajak Biocell BoboiBoy Cetaphil Cetaphilexperience Cetaphilid Cetaphilindonesia Diabetes Fashion Show Furniture Grand Indonesia Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) JYSK Keluarga Minum Susu Lactacyd White Intime Mamypoko Love Touch Merchant Sodexo One Day One Juz (ODOJ) Parodontax Pepsodent Petite Blossom Philips Disney Post Partum Syndrom Rangking1 Reseller Sabun Anti Kuman Sabun Keluarga Taman Bogor Tempra Theragran-M TransTV Vivalog anyang-anyangan baby spa Bogor baby spa jakarta buah nusantara bumbu pepes elevenia fruit summit 2015 fun bike honor infeksi saluran kemih martabak pepes ikan prive uri-cran radio rujak sabun shower gel testpack voucher MAP