NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

22.12.12

Bagaimana mengetahui anda hamil dan kapan melahirkan?

Bagaimana mengetahui anda hamil dan kapan melahirkan?


Apa kabar bu?

Kali ini tulisanku ini mengenai kehamilan dan kapan melahirkan anak, hanya berupa sudut pandang dan pengalaman pribadi saja ya, setidaknya anda yang membaca punya referensi biar gak bingung. Kalau beneran hamil, ucapkan syukur dan segera bilang ke suami anda..*cateeet.

Bagaimana mengetahui anda hamil dan kapan melahirkan?

Ini pengamatan saya selama hamil. Tanda-tanda hamil biasanya dimulai berasa kok gak haid nih, biasanya kan sudah tahu setiap 28-30 hari sekali pasti kita haid. Tanda selanjutnya payudara terasa keras dan sakit.  


Apakah selalu diiringi mual dan muntah? Belum tentu, ada lho teman saya yang sama sekali gak mengalami mual muntah, katanya itu hamil kebo. Tapi kalau saya selalu diiringi mual dan muntah.


Kapan harus cek dengan tespack?



Kalau menurut saya, lebih baik cek urin dengan testpack (pregnancy test) setelah mengalami terlambat haid di hari ke 40. Misalkan bulan 15 November anda masih mengalami haid, namun menginjak tanggal 15 Desember anda terlambat haid, wah berarti kemungkinan tanggal 22 Januari 2012 anda mengalami usia kehamilan 1 bulan. Baru bisa anda tes urine pagi hari dengan menggunakan testpack. 


Karena pada saat ini muncul hormon yang sering disebut dengan hormon kehamilan ini yaitu HCG (human chorionic gonadotropin) dalam tubuh, bisa di check pada usia 14 hari setelah masa ovulasi atau sekitar saat anda tidak mendapatkan haid melalui urin. 


HCG diproduksi oleh plasenta dan hormon ini ada dalam tubuh ketika sel telur yang telah dibuahi menempel ke rahim. Hal ini terjadi sekitar enam hari setelah hubungan seksual, walau tidak bisa dipukul rata. Pada kenyataannya kadar HCG akan meningkat secara drastis seiring dengan bertumbuhnya janin.


Caranya menggunakan testpack:


1. Tampung urine pertama pagi hari anda pada wadah kecil. Sebelumnya siapkan saat menjelang tidur malam
2. Lalu celupkan tespack sebatas garis yang disarankan
3. Tunggu hasil garis merah yang menunjukkan hasil negatif atau positifnya kehamilan anda. Baca petunjuk pada kemasan testpack, jika garis 1 merah berarti anda negatif hamil, demikian pula jika menunjukkan 2 garis merah anda hamil. Selamat! 
4. Periksa kehamilan anda ke dokter SpOG


Kapan periksa ke dokter?


Biasanya lebih enak periksa ke dokter itu di bulan kedua atau ketiga kehamilan, jika tidak ada masalah kehamilan, karena kantung rahim yang mulai membesar atau janinnya sudah bisa dilihat melalui USG. 



Namun jika anda sudah mengalami masalah kehamilan seperti mual muntah berat, atau mudah pingsan, atau mengalami flek, segera pergi ke dokter untuk diberikan penanganan lebih awal, seperti pemberian vitamin, zat besi, asam folat, kalsium, obat penguat rahim, dan segala anjurannya. Sebaiknya zat tambahan tersebut harus diminum ya, jangan peduli merek, yang penting harga terjangkau.

 
Bagaimana mengetahui anda hamil dan kapan melahirkan?

Menghitung Perkiraan Tanggal kelahiran?



Dengan cara menghitung Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), dan menggunakan Rumus Neagele:

Yaitu:

Tanggal haid  - bulan  - thn terakhir haid
       +               -                  +
       7               3            1 / (9bln)              =
Tanggal lahir   bulan lahir   tahun lahir bayi 


Catatan: untuk bulan yang tidak bisa dikurangi Januari, Februari, Maret. Maka tahun terakhir hanya ditambah 9 bulan.


Contoh:
Misalnya 2 bulan lalu anda haid pada tanggal 15 November 2012. Namun ternyata pada tanggal 8 atau 15 Desember 2012 anda tidak haid lagi, naah maka tanggal 15 November 2012 itu yg disebut  Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). 

Jadi mari kita hitung sbb:

a. 15 ditambah 7
    (7 berarti perhitungan 7 hari)



b. November adalah bulan 11, dikurangi 3
    (3 berarti 3 bulan, anggapan usia kehamilan adalah 9 bulan dari 12 bulan)

c. 12 ditambah 1
    (anggapan periode setahun kedepan)

Jadi enaknya gini:
15 -  11 -  12
 +      -     +
 7      3     1  =
22     8    13

Nah, kemungkinan di calon dede lahirnya tanggal; 22 Agustus 2013 (atau mungkin tanggalnya maju 1-2 minggu, bisa tanggal 7-15 Agustus 2013)



Rumus diambil dari berbagai sumber dan saya menghitung sesuai perkiraan dan dugaan pribadi pada pengalaman anak pertama dan kedua.



Ketika saya menghitung dengan metode ini untuk kedua anak saya, yup, ternyata mereka lahir sesuai dengan hitungan, alhamdulillah..


Contoh 1 :

tanggal 25 Januri 2006 itu saya mengalami Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). 



Hitungannya gini:

25 -  01 -  06
 +      -     +
 7      3     9bln  =
 2     11    06


Nah, kemungkinan di calon dede lahirnya tanggal; 2 November 2006 (atau mungkin tanggalnya maju 1-2 minggu, bisa tanggal 15-24 Oktober 2006)
Daaaann...ternyata maju 1 minggu. Shidqi lahir pada tanggal 22 Oktober 2006.

Contoh 2 :

Tanggal 15 November 2009 itu saya mengalami Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). 

Hitungannya gini:
15 -  11 -  09
 +      -     +
 7      3     1th  =
22     8    10

Nah, kemungkinan di calon dede lahirnya tanggal; 22 Agustus 2010 (atau mungkin tanggalnya maju 1-2 minggu, bisa tanggal 7-15 Agustus 2010). Daaaann...ternyata anak keduaku lahir pada tanggal 14 Agustus.

Allah Maha Kuasa, Subhanallah


Begitu ulasanku mengenai hamil dan kapan melahirkan, semoga dapat diambil manfaatnya. Aku ucapkan selamat ya atas kehamilan anda. Semoga senantiasa sehat dan selamat, aamiin.. 





4 komentar:

  1. trimakasih infonya, ya bun...sangat bermanfaat bg sy yg saat ini lg hamil...smoga nanti bisa melahirkan dg lancar, mudah (gangsar) & si bayi plus sy (ibunya) dlm keadaan sehat lahir&batin.aamiin...skali lg trims ya, bun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ya mbak Ira, kudoakan juga semoga lancar, gampang tanpa kendala apapun, sehat terus, tetap semangat dan selalu berserah diri kepada Ilahi.. terimakasih sudah mampir, salam kenal yaa ^_^

      Hapus
  2. Tapi tanda-tanda hamil ini sama kayak tanda-tanda haid sih mba, jadi agak saru ngebedainnya. Klo telat pun bukan berarti saya hamil, kadang ternyata malah mundur haidnya

    BalasHapus
  3. tipsnya oke nih..mksh mbak

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge