NarasiLia.com

be a good life and happy family

Bagaimana mengetahui anda hamil dan kapan melahirkan?

Tulisanku ini hanya berupa sudut pandang dan pengalaman pribadi saja ya, setidaknya anda yang membaca punya referensi biar gak bingung. Kalau beneran hamil, ucapkan syukur dan segera bilang ke suami anda..*cateeet.

Bagaimana mengetahui anda hamil dan kapan melahirkan?

Ini pengamatan saya selama hamil. Tanda-tanda hamil biasanya dimulai berasa kok gak haid nih, biasanya kan sudah tahu setiap 28-30 hari sekali pasti kita haid. Tanda selanjutnya payudara terasa keras dan sakit.  

Apakah selalu diiringi mual dan muntah? Belum tentu, ada lho teman saya yang sama sekali gak mengalami mual muntah, katanya itu hamil kebo. Tapi kalau saya selalu diiringi mual dan muntah.

Kapan harus cek dengan tespack?
Kalau menurut saya, lebih baik cek urin dengan testpack (pregnancy test) setelah mengalami terlambat haid di hari ke 40. Misalkan bulan 15 November anda masih mengalami haid, namun menginjak tanggal 15 Desember anda terlambat haid, wah berarti kemungkinan tanggal 22 Januari 2012 anda mengalami usia kehamilan 1 bulan. Baru bisa anda tes urine pagi hari dengan menggunakan testpack. 
Karena pada saat ini muncul hormon yang sering disebut dengan hormon kehamilan ini yaitu HCG (human chorionic gonadotropin) dalam tubuh, bisa di check pada usia 14 hari setelah masa ovulasi atau sekitar saat anda tidak mendapatkan haid melalui urin. HCG diproduksi oleh plasenta dan hormon ini ada dalam tubuh ketika sel telur yang telah dibuahi menempel ke rahim. Hal ini terjadi sekitar enam hari setelah hubungan seksual, walau tidak bisa dipukul rata. Pada kenyataannya kadar HCG akan meningkat secara drastis seiring dengan bertumbuhnya janin.

Caranya menggunakan testpack:

1. Tampung urine pertama pagi hari anda pada wadah kecil. Sebelumnya siapkan saat menjelang tidur malam
2. Lalu celupkan tespack sebatas garis yang disarankan
3. Tunggu hasil garis merah yang menunjukkan hasil negatif atau positifnya kehamilan anda. Baca petunjuk pada kemasan testpack, jika garis 1 merah berarti anda negatif hamil, demikian pula jika menunjukkan 2 garis merah anda hamil. Selamat! 
4. Periksa kehamilan anda ke dokter SpOG

Kapan periksa ke dokter?

Biasanya lebih enak periksa ke dokter itu di bulan kedua atau ketiga kehamilan, jika tidak ada masalah kehamilan, karena kantung rahim yang mulai membesar atau janinnya sudah bisa dilihat melalui USG. 

Namun jika anda sudah mengalami masalah kehamilan seperti mual muntah berat, atau mudah pingsan, atau mengalami flek, segera pergi ke dokter untuk diberikan penanganan lebih awal, seperti pemberian vitamin, zat besi, asam folat, kalsium, obat penguat rahim, dan segala anjurannya. Sebaiknya zat tambahan tersebut harus diminum ya, jangan peduli merek, yang penting harga terjangkau.
 

Menghitung Perkiraan Tanggal kelahiran?


Dengan cara menghitung Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), dan menggunakan Rumus Neagele:
 

Yaitu:
Tanggal haid  - bulan  - thn terakhir haid
       +               -                  +
       7               3            1 / (9bln)              =
Tanggal lahir   bulan lahir   tahun lahir bayi 
Catatan: untuk bulan yang tidak bisa dikurangi Januari, Februari, Maret. Maka tahun terakhir hanya ditambah 9 bulan.

Contoh:
Misalnya 2 bulan lalu anda haid pada tanggal 15 November 2012. Namun ternyata pada tanggal 8 atau 15 Desember 2012 anda tidak haid lagi, naah maka tanggal 15 November 2012 itu yg disebut  Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). 

Jadi mari kita hitung sbb:
a. 15 ditambah 7
    (7 berarti perhitungan 7 hari)

b. November adalah bulan 11, dikurangi 3
    (3 berarti 3 bulan, anggapan usia kehamilan adalah 9 bulan dari 12 bulan)

c. 12 ditambah 1
    (anggapan periode setahun kedepan)

Jadi enaknya gini:
15 -  11 -  12
 +      -     +
 7      3     1  =
22     8    13

Nah, kemungkinan di calon dede lahirnya tanggal; 22 Agustus 2013 (atau mungkin tanggalnya maju 1-2 minggu, bisa tanggal 7-15 Agustus 2013)

Rumus diambil dari berbagai sumber dan saya menghitung sesuai perkiraan dan dugaan pribadi pada pengalaman anak pertama dan kedua.

Ketika saya menghitung dengan metode ini untuk kedua anak saya, yup, ternyata mereka lahir sesuai dengan hitungan, alhamdulillah..

Bagaimana mengetahui anda hamil dan kapan melahirkan?

Contoh 1 :
tanggal 25 Januri 2006 itu saya mengalami Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). 

Hitungannya gini:
25 -  01 -  06
 +      -     +
 7      3     9bln  =
 2     11    06


Nah, kemungkinan di calon dede lahirnya tanggal; 2 November 2006 (atau mungkin tanggalnya maju 1-2 minggu, bisa tanggal 15-24 Oktober 2006)
Daaaann...ternyata maju 1 minggu. Shidqi lahir pada tanggal 22 Oktober 2006.

Contoh 2 :
Tanggal 15 November 2009 itu saya mengalami Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). 
Hitungannya gini:
15 -  11 -  09
 +      -     +
 7      3     1th  =
22     8    10

Nah, kemungkinan di calon dede lahirnya tanggal; 22 Agustus 2010 (atau mungkin tanggalnya maju 1-2 minggu, bisa tanggal 7-15 Agustus 2010)
Daaaann...ternyata anak keduaku lahir pada tanggal 14 Agustus.

Allah Maha Kuasa, Subhanallah

Begitu ulasanku, semoga dapat diambil manfaatnya. 
Aku ucapkan selamat ya atas kehamilan anda.
Semoga senantiasa sehat dan selamat, aamiin.. 




- by.Lia Lathifa

11 komentar:

  1. Kalo perkiraan lahir udah ditahu, tentu lebih mudah untuk siap2 yah, seperti perlengkapan dede dan finansial.

    Banyak teman saya yang sadar kalo hamil justru udah jalan beberapa bulan. Maklum, rata2 calon ibu baru. Masih pada blank soal itu. Dan ada pula yang perhitungan bulan-nya beda sama dokter hehehe...

    Subhanallah... berguna banget nih Mak. Mesti disimpen buat masa depan hehehe... belum merid nih Mak hihihi... #malu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung ke blog saya..

      iya mbak, insyaallah kita jadi bisa merencanakan kehamilan juga, KB alami, itu yg saya lakukan saat ingin menambah anak yg kdua, hehe

      alhamdulillah jika berguna, semoga cepet merid ya ^_^

      Hapus
  2. Wow..makasi Bun
    Bisa buat itung2an kalo nanti terlambat haid
    Semoga sebentar lagi ..amin

    Salam kenal ya :)

    www.thesulistyawans.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. semoga bermanfaat mbak, terimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  3. trimakasih infonya, ya bun...sangat bermanfaat bg sy yg saat ini lg hamil...smoga nanti bisa melahirkan dg lancar, mudah (gangsar) & si bayi plus sy (ibunya) dlm keadaan sehat lahir&batin.aamiin...skali lg trims ya, bun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ya mbak Ira, kudoakan juga semoga lancar, gampang tanpa kendala apapun, sehat terus, tetap semangat dan selalu berserah diri kepada Ilahi.. terimakasih sudah mampir, salam kenal yaa ^_^

      Hapus
  4. Ulasan Yang Sangat Bermanfaat dan bisa saya jadikan referensi untuk mengetahui kapan Istri Saya Melahirkan Sang Buah Hati Saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir pak, semoga mndapatkan keturunan yang sehat dan cerdas ya..

      Hapus
  5. nice sharing, mbak
    semoga bentar lagi saya telat, huehehe

    BalasHapus
  6. Mbak...aku bln september haid tnggl 21..,nah bln oktober ini bln haid ...,apa sya ada kemungkinan hamil ga ya?

    BalasHapus
  7. Mbak..bln september kmrin sya haid tnggl 21...nah bln oktober ini blom haid...apa ada kmungkinan sy hamil?

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow This Blog