NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

31.3.17

Lakukan 5 Bahasa Kasih Ini Agar Tercipta Quality Time Bersama Anak

Hai..hai.. ayah bunda.
Tanggal muda nih. Sudah lama kan, gak jalan-jalan sama anak-anak? *eh itu sih saya, hihi..

Jangan sampai anak-anak semakin bete karena kita gak punya jadwal pergi bermain. Saatnya mengisi kegiatan anak yang tertunda.

Akhirnya saya harus segera menciptakan quality time agar mereka tetap sehat juga cerdas.




Tugas kerja memang menjadi prioritas. Semua harus berjalan dengan baik tanpa ada yang diabaikan. Meski sibuk bekerja tapi diharapkan masih bisa kumpul bersama keluarga. Menemani anak-anak bermain dan belajar.

Merasakan agak sulit membagi waktu bukan saja dialami bagi orangtua pekerja di luar rumah. Saya pun mengalaminya.

Walaupun lebih banyak di rumah, tapi pekerjaan  saya juga menumpuk, tak punya asisten, mengerjakan semua kerjaan pokok dan juga sampingan. *curcol.

Hal ini membuat mereka sempat merasa "kesepian".

Ada saja tingkah mereka yang mencari perhatian. Terutama jika saya ketiduran, kok ya gak bisa pulas sebentaaar saja. Selalu dicolek-colek dengan alasan ini itu. 

Si bungsu Syadid pun sepertinya tidak suka main sendiri, selalu saja menarik-narik tangan ini untuk minta tolong.

Beuuuh, mata panda makin menjadi-jadi nih.

Mau tidak mau, sebagai orangtua dengan profesi apapun, kita harus cerdas menciptakan dan mengatur waktu yang tepat. 

Membagi waktu kepada setiap anak. Terutama si kecil yang sangat membutuhkan kebersamaan di masa golden age-nya. 

Kita harus membuat waktu yang berkualitas dan berkesan baik serta membuat anak bahagia. Persis sepeti yang dikatakan J. Raymond Lagdameo, selaku Category Marketing Manager Nestle LACTOGROW, saat memberikan sambutan pertama pada kesempatan Kamis kemarin, saat konfrensi pers di Potato Head, Pacific Place, Jakarta.


Bagaimana caranya agar Quality Time itu tercipta?

Jangan pernah beranggapan jika kita sudah ada di rumah, berarti sudah memberikan kebahagiaan kepada anak. 

Belum tentu lho. Bisa saja diri kita ada di rumah tapi jiwa dan pikiran kita ada di tempat lain. Betul??

Merasa anak-anak sudah ada di samping kita, tapi malah sibuk sendiri, sibuk bersosial media, tak pernah lepas gadget, atau malah seringnya malas berinteraksi dengan anak-anak. Kalau ditanya, jawabnya: ahh, nanya mulu sih, pikir sendiri dong. *ah, jadi malu.

Psikolog ibu Elizabeth Santosa, Mpsi, Psi, ACC mengatakan bahwa kebersamaan ayah, ibu, dan anak bisa tetap terjaga secara harmonis dengan terciptanya Quality Time.




Waktu dihabiskan bersama benar-benar terasa nyambung, ada interaksi, ada canda tawa, memberikan perhatian penuh tanpa adanya gangguan.

Manfaatnya, anak-anak bisa menjadi mengerti makna keluarga dan lebih mengenal dirinya. Anak yang dapat merasakan Quality Time bersama keluarganya dapat tumbuh berkembang menjadi anak yang percaya diri, supel, ramah, dan bahagia.

Oiya ada tipsnya nih, agar Quality Time itu dapat dilakukan. Ayah dan bunda bisa menerapkan 5 Bahasa Kasih Untuk Anak (Love Languages of Children):
  1. Afirmasi: sesuatu yang disampaikan dibalut dalam kalimat yang memotivasi, mendukung, dan memberikan semangat kepada anak. Misalkan dia bisa makan dan memakai baju sendiri, katakan "wah anak mama hebat sudah bisa mengerjakan sendiri".
  2. Waktu Berkualitas: saat bersama anak-anak kita benar-benar bisa menjadi pendengar yang baik, fokus memperhatikan dirinya, menjaga kontak mata, dan memberikan ekspresi senyum, merengut, tertawa, dan lainnya.
  3. Sentuhan Fisik yang baik: berikanlah mereka pelukan, usapan di punggung, belaian di kepala, bergandengan tangan, cium pipi, dan bahkan memijat.
  4. Apresiasi: ayah dan ibu bisa memberikan apresiasi yang tulus, ekspresikan kasih dan sayang melalui reward atau hadiah. Berikan sesuatu yang anak-anak impikan tapi setelah mereka bisa bersabar dan melakukan hal yang keren. Seperti memberikan kejutan gitu deh, pasti deh mereka senang banget
  5. Melayani atau membantu: ada yang mengatakan anak yang sering dibantu malah akan membuatnya manja. Nah berikan pelayanan dan bantuan sepantasnya, sebagian kita bantu sebagian kita percayakan kepada mereka bahwa mereka mampu mengerjakan.
Nah dengan kelima hal tersebut, diharapkan anak akan merasa dicintai, semoga bahagia dunia akhirat *tsaah. Jika saling mempengaruhi dengan dinamika emosi yang serupa maka anak akan tumbuh bahagia dan menunjukkan kecerdasannya menjadi anak hebat.

Seperti pasangan ganteng dan cantik 'Fahri Albar dan Renata' betul-betul memperhatikan kedua anaknya, terutama River dalam menciptakan quality time disela-sela kesibukannya sebagai artis.



Kalau sudah begitu, orangtua pun akan bahagia, bukan?

Jadi ada cara mendidik anak yang menyenangkan. Anak-anak pun punya bekal masa depan.


Quality Time Dukung Anak Bahagia dan Sehat


Pada kesempatan yang sama, DR. dr. Saptawati Bardosono, MSc, selaku ahli gizi medik FKUI menambahkan bahwa anak yang bahagia juga menjadi anak yang sehat. Apalagi jika didukung makanan dan minuman yang bergizi. 

Anak yang bahagia tidak mudah sakit. Karena saluran cernanya mampu memberikan kemampuan penyerapan zat gizi yang di dapat dari apa yang mereka konsumsi. Beliau menjelaskan ciri pencernaan yang sehat adalah adanya keseimbangan komunitas mikrobiota yang baik pada usus.

Mikrobiota tersebut dikenal dengan sebutan prebiotik, bakteri baik Lactobacillus Reuteri. Biasanya didapat dari produk susu, keju, youghurt. Tapi bisa juga didapat dari makanan prebiotik (probiotik) yang ada pada makanan berserat.

Hubungannya bagaimana?

Begini, jika anak memiliki pencernaan yang baik, dapat membuat mood anak juga menjadi baik, nafsu makan baik, anak pun ceria, lincah, memiliki daya tangkap yang baik akhirnya pintar dan bahagia.

Jadi jangan lupa ya, selain kasih sayang berikan juga nutrisi yang baik dengan komposisi zat gizi mikro dan makro yang simbang. Seperti yang ada dalam Nestle LACTOGROW, susu pertumbuhan usia 1-3th dan 3-5th. Komposisinya sudah pas untuk si kecil lho.

Nah, kebetulan Nestle LACTOGROW kembali mengadakan event yang mendukung agar kegiatan kebersamaan ayah, ibu, dan anak menjadi lebih seru dan berkesan. Setelah tahun lalu sukses dengan event bertema “Happy Date With Legendaddy”, kini Nestle Lactogrow ingin mengulang kembali kesuksesan itu dalam tema “LACTOGROW Happy Wonderland”.

Wiih, kayanya seru banget nih..

Ibu Gusti Kattani Maulani selaku Brand Manager Nestle LACTOGROW pun mengatakan bahwa acara ini dibuat lebih menarik agar tercipta kebahagiaan keluarga demi pembentukan karakter dan tumbuh kembang anak.

LACTOGROW Happy Wonderland dibuat agar lima bahasa kasih bisa tersampaikan di sini. Beragam permainan interaktif dan edukatif, seperti:
  • Magical Art: ada layar interaktif berukuran besar yang dapat dinikmati anak-anak untuk menunjang imajinasinya menjelajahi dunia wonderland sambil beraktifitas fisik.

  • Happy Tummy Journey: permainan yang mengajak si kecil berpetualang dalam halang rintang sambil mengenal saluran pencernaan yang sehat
  • Happy Steps: ada papan permainan yang dilengkapi pesan mendidik
  • Fantasy Box: area photo booth untuk ayah, bunda, dan si kecil mengabadikan kebahagiaan di Happy Wonderland.
  • Carousel Craft: bermain sambil membuat kerajinan tangan korsel (komidi putar) yang dibantu ayah ibu agar si kecil semakin kompak
  • Happy Hour: ini nih yang seru, ada balon raksasa dan bubble shower, yeaaayy..
Manfaatkan juga fasilitas di sana, karena akan ada ahli gizi medik dan psikolog yang dapat menjawab pertanyaan dan konsultasi membantu orangtua dalam mencari solusi dalam mendidik dan memonitor tumbuh kembang.

Makanya besok saya mau ajak anak-anak ke sini. Usia anak yang bisa diajak mulai usia 1 tahun ke atas ya.


Nestle #LACTOGROWHappyWonderland ini akan diadakan di beberapa kota, selain di Solo Square, akan ada beberapa tempat lain.

Catat dulu ya tanggalnya, jangan sampai kelewat:
  • 1 - 2 April  = Kota Kasablanka, Jakarta
  • 22 - 23 April  = Duta Mall, Banjarmasin
  • 6 - 7 Mei = Boemi Kedaton Mall, Lampung
  • 6 - 7 Mei = SKA Mall, Pekanbaru
  • 13 - 14 Mei = Summarecon Mall, Bekasi
  • 13 - 14 Mei = Manado Town Square, Manado
  • 20 - 21 Mei = Malang Town Square, Malang
Hayooo, mau datang ke lokasi kota manaaa??
Tiketnya bisa LANGSUNG didapat di sana dengan membeli paket A, B, C, atau D. Ada hadiahnya juga lho. Asyiiik..

Atau lihat dulu info lainnya di:
- facebook : Nestle Lactogrow
- twitter: @awalsehatnestle

Yuk mulai besok kita lakukan penerapan 5 bahasa kasih agar tercipta quality time, sehingga si kecil cerdas bahagia, sehat, dan ayah ibu pun bahagia.




*Sumber: Disadur dari Konfrensi Pers #LACTOGROWHappyWonderland, 30 Maret 2017




14 komentar:

  1. Wah lactagrow happy wonderland ini kayanya seru ya mak acaranyaaaaaa. Jadi pengen dateng yang di kokas. Hihii. Makasi infonya ya mak Liaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Bekasi ada juga mbak.. yoook main :-)

      Hapus
  2. Waah, di Jogja ga ada ya? Yang agak mungkin berarti yang di Malang tuh...
    Makasih banyak ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama pak.. yuk ajak main anak2 :D

      Hapus
  3. Di bandung ga ada ya...
    Makasih sharing quality timenya, saya jd diingetin lg :)

    BalasHapus
  4. nice sharing mba alhamdulilah selama ini sudah menerapkan 5 bahasa kasihnya xixixi

    BalasHapus
  5. Wahhh jadi belajar bagimana nanti jadi ibu yang baik nih aku mba, thanks ya mba. Pantes sering denger ibu-ibu bilang anaknya pinter dll jadi itu salah satunya 5 Bahasa Kasih Untuk Anak (Love Languages of Children)

    BalasHapus
  6. aku paling suka sama sentuhan fisik, gemeees sama anak sendiri, diunyel-unyel deh tuh anak

    BalasHapus
  7. belum punya anak sih mbak, tap (insyaallah) lumayan sering quality time bareng ponakan dari mbak saya hehe.

    BalasHapus
  8. Nice share mbak, apalagi aku ketemu anakku kalau weekend aja jadi harus bener2 quality time kalau lagi bareng :)

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge