11/30/2017

So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak

So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak

Jaman sekarang ya, membaca buku cerita pakai buku sepertinya sudah gak menantang lagi. Kalau aku lihat sekarang lagi demamnya cerita dalam bentuk kartu AR, yang bisa muncul dan bergerak-gerak gitu deh jika di scan menggunakan HP android.

Ada perasaan dilema ketika ketiga anakku tidak rewel minta bermain handphone, seneng sih, tetapi ealah malah nempel juga tuh saat melihat temannya atau saudaranya sedang main handphone.

Kepala-kepala mereka saling berkumpul menyaksikan tontonan atau permainan pada benda fenomenal itu. Kesannya kok patuh tapi malah diam-diam mencari pelampiasan ya?

Kami memang belum membolehkan anak-anak memiliki tablet maupun handphone sendiri. Akan ada masanya mereka diberi kepercayaan, rencananya ketika masuk SMP nanti. Sekarang mereka masih duduk di bangku SD, kalau sudah dibelikan HP atau tablet, aduh, gimana ya, kami takutnya mereka lalai, sembrono, kecanduan, mata jadi cepat sakit, atau lupa waktu.

Tapi lama kelamaan berfikir juga, kalau gak dikasih pinjam kok malah kelihatan jadi norak. Rasanya gak adil juga, melarang anak-anak tetapi ayah dan bundanya terlihat selalu pegang handphone. *Plak..

Apalagi si bungsu, Syadid. Sejak mulai disapih, kebiasaan barunya adalah menonton video kereta sebelum tidur. Dia sudah bosan jika dibacakan majalah kereta, buku bacaan lainnya juga sudah selesai dibuka-buka, sepertinya dia lebih suka yang interaktif.

Melihat adiknya diperbolehkan, kedua kakaknya semakin protes: “kok, adek boleh pegang handphone?”.

Olala.. Generasi jaman now. Hidupnya memang sudah tergeneralisir oleh tekhnologi canggih. Tidak bisa dipisahkan, serba instan, dan memang sangat menarik, jadi kaya merasa rugi kalau sekali saja tidak main HP.


So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak


Akhirnya kami sepakat, solusinya mereka boleh main handphone milik ayah bundanya, asalkan ada syarat dan ketentuan, antara lain :
1. Boleh download aplikasi permainan, tetapi harus betul-betul yang bermanfaat dan lulus izin ayah bunda.
2. Shidqi dan Selma boleh main, jika sudah mengerjakan tugas berhitung atau hafalan surat.
3. Mereka bisa pilih, mau pakai handphone ayah atau bunda asalkan bergantian, karena macam aplikasinya berbeda. Kalau sudah begini, ayah bundanya melipir menjauh dan jadi ngobrol berdua saja.. *ehem.
4. Durasi permainan 1-2 jam saja, habis ashar, atau saat hari libur.
5. Jika sudah selesai, segera bereskan tugas belajar atau bantu-bantu kami di rumah. 

Beginilah cara mendidik anak ala-ala kami. Alhamdulillah, kesepakatan telah disetujui dan dilaksanakan dengan baik selama beberapa bulan ini, hasilnya Shidqi Selma bisa disiplin.

Sampai suatu hari, ketika kami berkunjung ke rumah nenek, Selma terlihat asyik berdua-duaan dengan kakak sepupunya. Hmm, kan, mulai lagi diam-diam. 

Begitu aku dekati ternyata mereka sedang menonton aplikasi 3 dimensi.

“Apa itu?”, tanyaku pada mereka berdua.

Serempak kepala mereka menengadah, Selma kaget.

“Bunda, ayo dong kita punya kaya gini. Selma kan suka banget buku cerita, gambarnya bisa bergerak, ada lagunya juga”, sahut anakku.

Waduh, jawabannya langsung panjang berderet. Itu menandakan dia sedang mengalihkan rasa bersalah karena belum bikin tugas hitungan. Atau semacam mengemukakan isi hati yang terpendam, kenapa sih di rumah sendiri gak ada tontonan seperti begitu.

“Memangnya itu apa?”, tanyaku lagi, berusaha santai.

“Ini buku cerita bergambar, bunda. Gambarnya bisa bergerak, kaya kartu AR si Boboi. Download dulu aplikasi So Good CERDIK di HP ”, jawab kakak Sarah, sepupunya.


So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak


“Iya bunda, nih kakak Sarah sudah banyak koleksi kartunya”, sahut Selma.

“Terus, dapat darimana kartunya?”, tanyaku penasaran.

“Harus beli nugget So Good dulu. Cari yang ada tanda stiker khususnya. Di dalam bungkusnya, ada kartu AR dan frame, judul ceritanya beda-beda”.


So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak


“Ohh.. ”

“Besok kita beli juga, ya bunda. Selma seneng cerita ini”.

Waduh, kan..kan.. Dilema again. Permintaannya nambah terus, kemarin kuda poni, sebelumnya permainan cooking bikin donat. Semakin banyak aplikasi yang menarik, pastinya kami ketinggalan terus deh.

“Oke, bunda bilang dulu ke ayah, ya. Kalau nanti dibolehkan, seperti biasa, kamu tetap lakukan syarat dan ketentuan sebelum main HP”.

Yes... terimakasih, bunda”.

  

Aplikasi SO GOOD CERDIK


Memenuhi janjiku pada Selma, akhirnya sengaja pergi ke minimarket untuk membeli nugget So Good. Ayahnya sudah mengizinkan boleh mengunduh aplikasi ini, apalagi aku sudah membaca review di internet, banyak yang suka. Iya lah, diizinkan saja, daripada jadi norak lagi, nonton yang enggak-enggak di tempat lain.

Di dalam box frezer, ada beberapa pilihan jenis nugget yang berstiker khusus. Ada pada nugget alphabet, dinosaurus, dan original. Semangat sekali Selma memilih nugget ayam ini. “Ini saja bunda. Apa ini ya? Ini..ini..”

So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak

Monggo, mumpung dikasih izin buat mendukung kegiatan anak, tak apa-apa deh mau pilih yang mana saja. Memang sudah lama juga tidak beli nugget ayam ini. Selain bisa buat lauk, bonus mainannya asyik juga buat anak-anak, konon kalau beli ‘ketengan’ (halah, bahasa mana ini?) malah jadi mahal harganya.


So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak


Selesai membayar, kami pulang ke rumah. Selma semakin tak sabar, pengennya segera bermain. Eits, aturan kesepakatan tetap berlaku. Dia tetap harus melakukan sholat zuhur, makan siang, mengerjakan tugas berhitung sebelum diperbolehkan memegang handphone.

Sambil mendownload aplikasi Storybook So Good Cerdik yang besarnya 141 MB ini, aku juga menggoreng nugget untuk tambahan lauk makan siang.



Deal...

Akhirnya Selma mencoba. Saking penasaran, aku ikut bergabung bersama, kakak dan adiknya pun ikutan menonton dongeng ini. 

Ihihi, ternyata lucu juga. Seperti membaca buku cerita yang terdiri dari beberapa halaman. 

Setiap halaman dibuka, seketika gambarnya bergerak, karakternya hidup, bisa ikut menari dan bernyanyi. Kali itu, kartu cerita AR (Augmented Reality) yang kami dapat, berjudul Lala dan Sing-Sing Part 1 :

Cerita tentang seorang gadis kecil bernama Lala yang pandai menyanyi. Begitu hendak masuk ke dalam rumah, ternyata Lala kedatangan tamu dari planet lain, bernama Sing-Sing, karena seperti gasing.


So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak

Lala pun mengajak Sing-Sing masuk dan menginap di rumahnya. Keesokan harinya, Lala menyiapkan bekal piknik berupa nugget goreng yang lezat untuk dapat dinikmati oleh mereka berdua. Sing-sing senang, mendadak tubuhnya berubah menjadi bentuk nugget, Lala pun ikut menjadi senang.

 (bersambung...)

Yaahh, ternyata ceritanya harus berlanjut ke Part 2. Harus punya koleksi baru nih. Bikin penasaran saja, atau memang sengaja ya, biar anak-anak juga gak kelamaan pegang HP.

Seru banget, Syadid saja jadi ikut mencolek-colek, dipikirnya bisa dicomot. Manfaatnya bisa mengasah imajinasi anak-anak, tentunya juga menjalin keakraban bersama. Hikmahnya juga mengajarkan kebaikan kepada sesama dengan memuliakan tamu, 

Selain Lala dan Sing-Sing, ada 2 cerita seru lainnya, yaitu Umbo Larage dan Chika & Chiko. Setiap seri judul, ada 2 cerita. Jadi total koleksi frame adalah 6 buah. Hayoo siapa yang sudah komplit??


So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak


Jika memilih settingan AR-nya ditiadakan, gambar 3 dimensinya bisa diputar 360 derajat, sehingga kita bisa melihat seisi gambar.

Untuk para mama, So Good Cerdik juga menyediakan contekan resep masakan berbahan dasar produk So Good berupa bakso, nugget, sosis, atau chicken spicy. Salah satunya adalah resep "Chicken Croissant With So Good".


So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak


Asyik deh, kita bisa ikutan meniru kreasi resep dengan produk Nugget ayam So Good, apalagi kan sudah halal MUI No.000100078503398 dan terdaftar BPOM RI MD 239731134081. Jadi gak usah ragu lagi masak menu menarik menggunakan bahan produksi PT. SO Good Food ini.


Cara Menggunakan Aplikasi SO GOOD CERDIK


Tahukah anda, ternyata CERDIK ini adalah singkatan dari Cerita Digital Interaktif. Memang diharapkan anak-anak semakin cerdik dengan adanya bounding kebersamaan bermain bersama anggota keluarga.

Untuk kesempurnaan melihat cerita digital interaktif ini, kita harus penuhi beberapa tips cara berikut ini:

1. Siapkan jenis gadget yang mumpuni dan mempunyai memory besar.

2. Pastikan baterai dan paket datanya full.

3. Unduh aplikasi So Good CERDIK di Google Playstore, gratis.


So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak


4. Siapkan frame yang sudah diisi kartu bergambar

5. Buka aplikasi, jika ingin melihat bookstory, klik MULAI. Atau kalau mau melihat resep masakan, klik RESEP.


So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak


6. Pastikan arahkan layar gadget  tepat di bagian tengah frame, Auto Fokus, sehingga otomatis dapat bergerak sendiri.


So Good Cerdik : Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak


Mudah banget kan? Ini memang jadi cara asyik membaca buku cerita untuk anak-anak.

Untuk informasi lengkapnya, kita bisa lihat pada akun sosialnya di:

Instagram: @sogoodid
Twitter: @so_good_ID
Website: www.sogood.id
Call Center: 08041509006

Semoga ke depannya So Good CERDIK tidak hanya ada di aplikasi ya, bisa juga tampil di serial kartun televisi atau DVD, soalnya bagus lho, sayangnya tidak semua bisa menikmati karena keterbatasan perangkat media. 

Anda juga mau coba?
Suka cerita yang mana?
Jangan lupa cekrak cekrek saat main So Good Cerdik ini bersama si kecil, bun. Ada hadiah jutaan rupiah lho..


So Good Cerdik: Cara Asyik Baca Buku Cerita Anak

Caranya tinggal diupload saja foto yang seru dan asyik ke facebook atau instagram So Good, jangan lupa mention lalu ceritakan pengalamannya bermain So Good Cerdik, dan tambahkan hastag #SoGoodKartuBercerita. 

Gampang kan, hayuk ikutan... !! 😉


15 komentar:

  1. Enaknya kakak Selma udah agak besar ya, jadi bisa nonton sembari jelasin ke adiknya :D Mamanya pun jadi untung dapat ide masak menggunakan bahan nugget. Sama2 menyenangkan sih ya, Mba kartu video dari So Good ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak, dapat banyak manfaatnya

      Hapus
  2. Waah anakku dah gede gede. Cocok gak ya cerita cerita di aplikasi ini buat duo krucils mbak. Belum.pernah nyobain beli so Good yg ada kartunya sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk anak yang mulai besar tetap penasaran mbak, walau gak seantusias adik-adiknya sih

      Hapus
  3. Anak2ku suka aplikasi ini. Saya sukanya krn waktu ceritanya dibatasi jg, jd kita bisa punya alaasan membatasi waktu anak bermain gadget jg ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, singkat dan bikin penasaran :)

      Hapus
  4. kemarin baru beli lagi demi dapat serial lainnya padahal nugget nya belum habis, tapi keren sih aplikasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi ketagihan cerita selanjutnya ya mbak

      Hapus
  5. Betul sekali Mba, lebih bagus kalau usia pertumbuhan anak2 mending belajar mengenal benda2 yg real saja atau mengenal huruf angka hehehe. Soalnya kalau sudah pegang Handphone apalagi tablet dan suka maen game kalau tidak didampingi dan dibimbing bisa2 kecanduan hihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya jaman now memang harus balance dan didampingi, main HP sesekali saja, itu pun yg harus bagus aplikasinya

      Hapus
  6. Sogoodnya ok say, aku belum mulai lagi kenalkan tabletnya lagi diskoor sementara lagi semesteran
    ya betul harus ada pembatasan waktu dan perjanjian dulu dg anak hehe

    BalasHapus
  7. Aku punya chika dan chiko mba.. dan anak2 nggak bosen2 liat so good Cerdik ini..

    BalasHapus
  8. So Good nih tehnik marketingnya keren ya, Mbak. Senang deh pasti anak-anak dapat mainan seru. Bermanfaat banget Cerdik ini.

    BalasHapus
  9. seru ya so good cerdik. yang bersambung itu bikin penasaran

    BalasHapus
  10. aplikasi yang bagus buat anak ya

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Pengikut