9/12/2017

Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak

Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak

Yakin kita bisa mengajak anak-anak ke perpustakaan? 
Anak-anak kan maunya ke mall, main ke KidZania, ke Dufan, ke Timezone, pokoknya ke tempat yang seru-seru lah.

Hari gini pergi ke perpustakaan? 

*krik..krik..krik.

Seketika langsung terbayang suasana sepi, senyap, hanya suara bisik-bisik, rak penuh buku, lalu mengantuk, kemudian gamis ditarik-tarik karena mereka minta keluar ruangan, dan berkata: "Bosaan, pulang yuk..!" 

Padahal kan perpustakaan menjadi wadah bekal masa depan anak, sarana mendidik anak, dan dapat mengembangkan daya tangkap anak. Seperti jaman kita dulu, menjadikan perpustakaan sebagai tempat mencari informasi tambahan. Tapi apakah mereka akan suka, jangan-jangan mereka malah lebih suka baca dari internet?

Heyy, sekarang jangan berfikir seperti itu lagi. 

Ajak deh ke Perpustakaan Umum Cikini yang ramah anak. Aku sendiri gak menyangka kalau ada perpustakaan yang luas banget dan fasilitasnya cukup lengkap untuk dinikmati seluruh kalangan, mulai dari batita hingga orang dewasa. 
Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak
perpustakaan ramah anak di lantai 2

Ini cerita dua tahun yang lalu, baru inget kalau aku pernah ajak Shidqi dan Selma ke perpustakaan yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki. Saat ngubek-ngubek dokumen file foto, eh iya, kami pernah ke sini. 

Awalnya tidak sengaja, niatnya mau jalan-jalan dan nonton peredaran planet di Planetarium, eh ternyata malah tutup karena dalam masa renovasi. Yah, agak kecewa rasanya, masa sih mau pulang begitu saja. 

Beruntung ada perpustakaan umum ini, lokasinya agak mojok, persis di sebelah kanan gedung Planetarium. Langsung saja aku ajak mereka ke sana, lumayan kan bisa mengobati kecewa. Senangnya lagi, tidak dipungut biaya sepeser pun, alias GRATIS.

Gedung Perpustakaan Umum Daerah ini memiliki 4 lantai. Lantai dasar sebagai tempat administratif dan 3 lantai sebagai ruang perpustakaan. Untuk naik ke antar lantai kita bisa menggunakan lift. 




Perpustakaan Lt. Dasar: 


Di dalam ruangan ini, begitu kita masuk pintu utama, deretan lukisan-lukisan terpampang apik seperti menceritakan sejarah. Ada juga goresan tangan anak-anak yang sangat bagus dan luar biasa. Salut pada anak-anak hebat ini.


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak
galeri lukisan di perpustakaan cikini

Semakin ke dalam, kita akan menemukan meja administrasi dan lemari loker tempat menyimpan barang bawaan kita. Yap, lebih baik tas dan bawaan kita disimpan saja dalam loker ini, karena di dalam ruang perpustakaan tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman.


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak
simpan tas bawaanmu di loker perpustakaan saja

Siapkan KTP asli untuk menukar kunci loker ini selama kita berada di dalam perpustakaan. Lumayan, kita jadi gak repot bawa-bawa gembolan tas.

Jika ingin sekalian mendaftar jadi anggota, kita wajib memiliki fotocopy KTP DKI Jakarta dan pas foto ukuran 2x3 (ini bisa menyusul). Keuntungan jadi anggota, bisa meminjam buku-buku di perpustakaan ini selama dua minggu.

Ruang Perpustakaan Lt. 1: 


Di dalam ruangan ini terdapat buku-buku berbagai macam mata pelajaran sekolah, IPA, IPS, agama, bahasa, ada buku-buku biografi, buku ilmiah dan kumpulan makalah-makalah. Bukan cuma dalam bentuk tulisan utuh, bahkan buku-buku dalam bentuk huruf braille pun tersedia di sini.


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak



Ada tempat yang nyaman untuk membaca. Bahkan di beberapa tempat ada wadah stop kontak untuk numpang ngecash. Sekaligus bisa internetan, bagi anda yang ingin menggunakan wifi dan laptop, minta izin dulu pada petugas supaya dapat passwordnya. 

Intinya ruangan ini cocok lah untuk para pelajar dan mahasiswa yang ingin menimba informasi sebagai referensi, data skripsi atau tugas mata pelajaran dari sekolah. Dijamin buku-buku lusuh sudah tidak ada, semua terlihat bersih dan rapi. Gak ada kesan berdebu.

Atau bisa buat kita nih, yang pengen menyendiri sambil baca buku tanpa gangguan, buat menghilangkan gundah gulana, apa salahnya ke perpustakaan, dari pada pergi ke tempat yang ajeb-ajeb #eh..


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak


Di ruangan lain dekat lift, tersedia tempat yang katanya suka dijadikan tempat menyetel film anak-anak. Sayangnya, kami tidak melihatnya, jadi anak-anakku mulai bosan ketika kuajak ke ruangan ini. Terlalu serius kesannya, hehe..

Lantai 2: 


Begitu kami naik ke lantai selanjutnya, lantai 2 inilah menjadi ruangan "surga" untuk anak-anak. Wuah mereka langsung terbelalak melihat aneka buku-buku yang penuh warna, tersusun di beberapa rak-rak yang juga beraneka warna cerah ceria. 


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak


Di sini juga ada pojok bermain keterampilan motorik halus, seperti puzzle kertas, puzzle kayu, aneka mainan balok-balok, aneka mainan huruf dan angka, mengenal hewan, buah-buahan, aneka lego, bongkar pasang, dan banyak lagi. Mirip kelas paud gitu deh. 


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak


Tapi sayangnya di area ini, mainannya sudah banyak banget yang tidak beraturan, jadi bingung mau main puzzle karena pasangannya sudah banyak yang tidak pas.


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak


Lebih menariknya lagi, di sisi lainnya, untuk anak usia dibawah 5 tahun atau maksimal dengan tinggi badan 110 cm, disediakan ruangan playground yang sangat keren. Ada mobil dan motor baterai yang bisa dinaiki dan berjalan di area itu. Ada prosotan, ayunan, kuda-kudaan, sepeda injak, sepeda roda tiga. Ah, menyenangkan sekali. Lantainya pun dialasi semacam gabus agar aman jika mereka terjatuh. 


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak


Tidak semua anak-anak boleh masuk ke ruangan ini, ada petugas yang menunggu di depan pintu, mereka tak segan-segan menyuruh keluar ruangan untuk anak yang bertubuh besar. Khawatir fasilitasnya cepat rusak dan terlalu penuh, kasihan adik-adik kecil tidak bisa ikut main lagi. Benar juga sih, kebayang kalau anak udah gede biasanya suka gampang ngerebut kan? 


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak


Di sini juga sesekali diadakan acara story telling dan aneka lomba menggambar mewarnai saat ada event tertentu. Membuat anak-anak jadi lebih mencintai perpustakaan dengan kegiatan yang positif.

Lantai 3: 


Penasaran di ruangan lantai 3, akhirnya kami mencoba naik. Ternyata lantai ini juga terdapat deretan buku-buku yang cukup disenangi para kawula muda, penggemar komik dan pecinta novel. Ada beberapa kumpulan serial komik animasi dalam negeri maupun luar negeri, kebanyakan komik manga gitu deh.


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah Anak


Di sana terdapat beberapa kelompok muda mudi yang sedang berdiskusi. Di dekat mereka juga terdapat koran-koran seperti sedang dijemur, hehe.. Coba bayangkan seperti handuk yang sedang dijemur pada rak jemuran kan?


Fasilitas lainnya: 


Ini Dia, Perpustakaan Umum Cikini Yang Ramah AnakPerpustakaan ini memiliki toilet yang bersih dan memiliki wastafel di setiap lantainya. Mau sholat pun tak perlu khawatir, disediakan musholla kecil berikut mukenanya. Lebih komplit lagi, bahkan ada ruangan khusus baca anak dan orangtua.

Gimana kami gak betah di sana. Semua fasilitas nyaman, adem, dan suasananya tenang (kecuali lantai 2 ya, yang penuh anak-anak). Andaikan perut masih tahan akan lapar dan haus, mungkin kami terus berlama-lama di dalamnya.

Jadwal perpustakaan ini buka setiap hari dari hari Senin - Minggu, mulai pukul 09.00 dan tutup pada pukul 16.00 WIB, sepertinya jadwal tutup berubah-rubah kalau lihat review dari pengunjung lain. 

Saat libur nasional, perpustakaan ini juga ikut libur. Khusus jadwal playground hanya pada hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu, mulai pagi hingga jam 12.00 WIB.

Tips Nyaman Di Perpustakaan: 


Meskipun di dalam perpustakaan sudah nyaman, tetapi menurut review-ku, jika membawa anak-anak tetap saja harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
  • Cek dulu jadwalnya di informasi @jaklib_cikini, karena sewaktu-waktu jadwal bisa saja berubah.
  • Datangnya lebih pagi, agar lebih puas berada di sana
  • Jangan lupa sarapan terlebih dahulu, istilahnya mah jangan sampai kelaparan saat di dalam ruangan. Meskipun bisa bolak balik, keluar gedung, tapi bagiku itu gak nyaman karena bikin menggangu konsentrasi membaca.
  • Tetap bawa sekedar makan dan minum yang dapat disimpan dalam loker, karena kalau saja mereka mendadak lapar, kita gak perlu jauh-jauh cari pengganjal perut.
  • Meskipun di sana ada petugas, sebaiknya anak-anak harus tetap ditemani dan diajari cara merapihkan mainan dan buku selesai digunakan, agar tidak terkesan berserakan.
  • Bawa baju dan salinan untuk anak-anak, supaya tubuhnya tetap nyaman jika berkeringat atau kena kotor.

Gimana? 
Sudah tak ragu lagi kan mengajak anak-anak ke perpustakaan? 
Ini bisa menjadi tempat belajar anak yang nyaman, ramah dan gratis, tanpa membuat dompet kita cepat tipis, tetapi tetap membuat kegiatan yang manis.

Ingat ya, lokasinya di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki, dekat gerbang pintu masuk. Anda bisa menjangkaunya menggunakan angkutan umum seperti kereta (commuteline) turun di stasiun Cikini maupun di stasiun Gondangdia. Anda bisa melanjutkan berjalan kaki ke sini, anggap saja sedang olahraga pagi, hehe.. atau bisa naik bajaj kalau gak mau capek.

Oke, aku ucapkan selamat membaca di perpustakaan umum Cikini yang ramah anak dan keluarga..!

33 komentar:

  1. eh saya salut sama display pajangan hasil karya anak2
    kok asyik ya bisa ditiru

    BalasHapus
  2. Udah lama punya niatan mau ke sana tapi gak jadi melulu. Tadinya mau sekalian ajan anak-anak ke planetarium :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya ya kalau diniatin suka gak jadi-jadi

      Hapus
  3. wah nyaman sekali, di cirebon sih perpusnya kayak rumah hantu jarang yg datang dan bukunya sudah kuno2

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga nanti di Cirebon menyusul ada perpustakaan yg keren juga ya mbak, ngeri juga kaya rumah hantu hehe

      Hapus
  4. Takpikir tadi cuma ilmu pengetahuan aja mb lia, ternysta lantai 3 surganya pecints hibursn alias komik novel en buku cerita, klo majalah bobo jadul ada ga ya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. komplit juga nih mbak, semua kalangan bisa ke sini :)

      Hapus
  5. Bener tuh mbak perpustakaan Cikini sangat rekomended, anak-anak saya aja dua orang member di sini, hanya saja agak jarang mampir kesini karena letaknya lumayan jauh dari rumah di Tebet...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih jauh saya mas, hehe.. tebet kayanya cuma beda 2 stasiun :D
      wah asik ya sudah jadi member

      Hapus
  6. Ish, keren perpustakaannya. Yang deket rumahku malah sebaliknya. Gak ramah anak. Gak boleh ribut dan gak ada fasilitas buat anak. Kalo bawa anak, mereka jadinya gak betah. Pada pengen cepet pulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, kasian anak-anak, minat bacanya jadi terhalang karena tidak difasilitasi semestinya

      Hapus
  7. Saya pernah mampir sambil nyari beberapa refrensi buku untuk persiapan anak-anak menjelang ujian di perpustakaan ini mab, Selain bersih, tempat ini juga nyaman ko untuk kita bersantai sambil baca-baca. Koleksi dan daftar pustakanya juga lumayan banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas, tempat yg tepat :)

      Hapus
  8. Jadi ngiri pengin ke perpustakan Umum Cikini koleksinya lengkap banget sih Sayang jauh saya di Cikarang.Di bekasi Ada gak ya Perpustakaan seperti ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga nanti di Bekasi ada ya :)

      Hapus
  9. Nah begini kriteria perpustakaan yang kids friendly.. Btw planetarium perasaan dari tahun jebot renivasi mulu yahh mba ga buka buka, apa udah buka th 2017 ini hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha jaman jebot.. kayanya skrg sudah oke deh

      Hapus
  10. eh lucu juga tempat ini..... rame ya ternyata....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tapi jujur lebih rame di lantai 2 khusus anak-anak

      Hapus
  11. Perpustakaannya mirip dengan perpustakaan yang ada di tugu. Bersih dan nyaman, dan gratisnya ini yang membuat ketagihan berkunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semoga semakin banyak tempat-tempat seperti ini :)

      Hapus
  12. Tempat yang keren, bikin belajar dan baca buku makin semangat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sudah ada fasilitas bagus, silahkan kita pakai dan jaga dengan memanfaatkannya :)

      Hapus
  13. kalau gitu minggu depan saya akan kesana ah

    BalasHapus
  14. menganjak anak anak jalan jalan bagus lho ...apa lagi ke PERPUS ada makna edukasinya kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi boss, sudah saatnya mengajak anak jalan-jalan ke perpustakaan

      Hapus
  15. Ini keren nih, bukan sekedar ramai anak, tapi bikin nyaman dan betah..he
    Mulai dari lantai satu dan dua sama-sama keren..

    Sebenarnya gak cuma di perlus aja lho, Teh, di TK juga biasanya kalau mau mainan puzzle suka gitu, udah gak beraturan pasangannya, karena biasanya anak-anak suka pasang yang ini sama yang bukan jodohnya..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, sebenarnya kalau diajari letakkan pada tempatnya bisa lho, cuma kemarin itu aku lihat ada bbrp ortu yg memang masa bodo utk bantu membereskan

      Hapus
  16. perpustakaanya ko rame ? buat anak anak kan :D

    BalasHapus
  17. wah kalau perpusda di tempatku seperti ini, anak anakku juga bakalan betah. disini adanya cuma buku-buku dan tempatnya tidak seluas ini...

    BalasHapus
  18. Waaah mbaaaa, kalo ini sih aku yg paling semangat ^o^. Lantai 3 nya jd buku2 utk dewasa lah yaaa.. Dari dulu aku slalu seneng kalo k perpustakaan.. Bisa pinjem buku, baca buku.. Betah bangetlah dr pagi sampe tutup kadang cuma utk baca pas msh sekolah dulu.

    Kalo skr anak2ku, baru si kaka doang yg kliatannya suka baca. Si adek mah 1.5 thn jd blm tau apa bakal suka ato ga..

    BalasHapus
  19. Betul sekali, bila datang ke perpustakaan biasanya saya juga suka datang lebih pagi :)

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Ibu rumahan, penyuka impian, blogger, hobi naik Commuterline & busway. Penikmat rendang, rujak dan kopi. Pengagum musik Josh Groban. Lulusan akademi gizi yang aktif di dapur sendiri. Admin Sosmed Pempem-Bebibum Clothdiapers. Anggota berbagai komunitas online. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow By Email