8/30/2017

Resep Lezat Untuk Anak Alergi Susu Sapi

Resep Lezat Untuk Anak Alergi Susu Sapi
Resep Lezat Untuk Anak Alergi Susu SapiCoba bayangkan jika mereka melihat makanan seperti ini, yakin ingin melarangnya makan? Padahal lezat banget kan. 

Tapi gimana dong, ngeri ah kalau ada kandungan susu sapinya. Mereka alergian. Duh, kasihan, padahal anak-anak pasti ingin langsung menyantapnya.

Bu, siapa bilang anak alergi susu sapi tidak bisa makan makanan enak dan lezat? Tidak boleh ini, itu, takut alerginya kumat. Gak boleh makan roti coklat, takut ada kandungan susu sapi. Gak boleh makan kue penuh krim, takut kumat ruamnya.

Resep Lezat Untuk Anak Alergi Susu SapiKebetulan DR. Dr. Zakiudin Munasir, SpA (K) selaku Konsultan Alergi Imunulogi Anak membahas indikasi alergi pada anak, terutama alergi susu sapi. Pada acara Special DayFor Mom-Allergy Sharing Session dengan tema:“Jangan Biarkan Alergi Menghambat Kesuksesan Si Kecil”.

Alergi susu sapi adalah gejala sistem imun anak memiliki respons yang tidak normal terhadap kandungan protein pada susu sapi. Gejalanya beragam seperti muntah, napas berbunyi (ngik-ngik), diare atau pup berdarah karena mengalami gangguan pencernaan, ruam kulit, dan gatal-gatal.

Tetapi yang paling sering adalah diare, kembung, kram perut bagian bawah, dan muntah. Gejala ini akan muncul 30 menit  sampai 2 jam setelah mengonsumsi susu atau produk olahan susu.

Jika si kecil sudah mengalami alergi susu sapi seperti itu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Jangan biarkan, karena akan menghambat aktifitasnya, jangan biarkan alergi menghambat masa depannya.

Resep Lezat Untuk Anak Alergi Susu SapiDokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti cek darah, feses, atau tes alergi kulit si Kecil. Caranya adalah dengan menyuntikkan sejumlah kecil protein susu di bawah permukaan kulit si kecil.

Jika si kecil positif terdiagnosa alergi susu sapi, tetaplah bijak dan jangan  panik. Sebaiknya lakukanlah hal-hal ini:

1. Hindari memberikan susu sapi ataupun makanan yang mengandung susu sapi. Eh, tetapi daging sapi masih boleh ya, kata dokter Zaki bilang tipe proteinnya berbeda.

2. Tetap berikan si kecil ASI sampai dua tahun.

3. Jika si kecil diberikan susu formula, lebih baik ganti dengan susu formula berbahan dasar kedelai (soya). Tetapi bukan sari kedelai yang biasa dijual oleh abang-abang gitu ya bun, kata dokter Zaki asam aminonya sangat berbeda.

4. Susu formula soya memang dibuat khusus formulasi yang pas komposisinya untuk kebutuhan gizi si kecil.

5. Bila si kecil alergi terhadap susu soya juga, biasanya dokter akan memberikan susu formula hypoallergenic. Pada susu formula ini, protein dipecahkan ke dalam partikel kecil sehingga kecil kemungkinannya untuk memicu alergi.


Mensiasati Nutrisi Untuk Anak Alergi Susu Sapi


Penelitian menunjukkan, bahwa anak yang tidak mendapatkan asupan berbahan susu sapi akan kekurangan vitamin D. Tapi tenang, mom, jangan khawatir, kita masih bisa mensiasatinya dengan memberikan makanan yang dapat menggantikan nutrisinya.

Makanan yang kaya vitamin D, kalsium, serta protein adalah ikan-ikanan, ikan kembung, ayam, telur, brokoli, produk olahan kedelai, bayam, sarden. Sekarang juga banyak makanan olahan yang lezat bebas kandungan susu sapi.

Selain itu, vitamin D bisa mereka dapatkan saat bermain di luar rumah. Utamakan pada pagi hari mulai matahari terlihat cerah selama 10-15 menit agar terpapar sinar matahari dan mendapatkan sumber vitamin D alami.


Resep Menu Untuk Anak Penderita Alergi Susu Sapi


Jadi kita bisa memberikan makanan sehat dan lezat untuk anak alergi. Pada kesempatan yang sama, chef Deny Gumilang dari Master Chef Indonesia meberikan tips dan memberikan resep sehat menu yang cocok untuk anak alergi susu sapi. Ada dua resep, yaitu Creamy Omega Pasta dan Royal Berries Mousse In The Glass.

1. Creamy Omega Pasta

Bahan utama:
- Pasta Fettuchini dengan bahan bayam
- Ikan kembung fillet yang diberi garam dan lada
- Chicken Powder
- Olive oil

Bahan Saus Putih:
- Daging asap iris-iris kecil
- Wortel iris, jamur iris, kacang polong, jagung pipil
- Tepung terigu, susu bubuk formula soya Nutrilon Royal
- Olive oil
- Margarin
- Air kaldu sayur (tumisan bawang bombay, bawang putih, sayuran, dan air)

Cara membuat:
1. Rebus pasta dengan air mendidih yang diberi garam dan olive oil hingga aldente, yaitu kondisi yang pas tidak terlalu lembek.
2. Matangkan ikan kembung fillet di atas wajan teflon hingga kecoklatan lalu berikan perasan lemon agar aroma amisnya hilang.
3. Membuat saus putih: Tumis tepung terigu dengan margarin, dan berikan sedikit kaldu sampai aroma terigunya hilang dan tambahkan lagi sedikit demi sedikit adonan tepung terigu hingga larut dan mengental.
4. Tumis daging asap, wortel, kacang polong, jagung manis pipil hingga matang lalu campurkan ke dalam saus putih, aduk rata.
5. Berikan suwiran daging ikan kembung, lalu masukkan pasta yang sudah direbus ke dalam saus putih, aduk rata.
6. Terakhir masukkan susu bubuk formula Royal Nutrilon Soya. Ingat, kompor sudah dimatikan ya, agar nutrisi susu tidak rusak karena kepanasan.
7. Hidangkan selagi hangat untuk si kecil.

Resep Lezat Untuk Anak Alergi Susu Sapi

Resep Lezat Untuk Anak Alergi Susu Sapi


Catatan:
- Resep menu ini bebas protein susu sapi. Margarin adalah lemak nabati, bukan hewani. Daging asap bisa digunakan karena proteinnya tidak sama dengan protein susu sapi, boleh diganti dengan daging ayam cincang.

- Ikan kembung diberikan karena mengandung omega tertinggi dibanding ikan-ikan lainnya, mudah didapat, dan murah, serta rasanya gurih.

- Menu ini bisa disajikan pada saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Cocok untuk anak usia mulai 1 tahun karena sudah bisa mengunyah. Bisa untuk bayi dengan cara diblender.

2. Royal Berries Mousse In The Glass

Bahan:
- Buah Blueberry, Strawberry, dan Rasberry
- 250 ml Whipping Cream Non Dairy
- 2 sdm Nutrilon Royal Soya
- 4 buah gluten free cookies, cincang kasar
- Home made Blueberry jam
- Daun mint

Resep Lezat Untuk Anak Alergi Susu Sapi


Cara membuat:
1. Masukkan whipping cream, nutrilon royal soya, kocok dengan mixer hingga mengembang.

2. Bagi adonan menjadi dua rasa, yaitu adonan krim putih dan adonan krim bluberry yang menggunakan selai homemade.

3. Susun isian didalam gelas sebagai berikut:
- Biskuit cincang
Resep Lezat Untuk Anak Alergi Susu Sapi- Krim putih
- Biskuit cincang
- Blueberry
- Krim blueberry jam
- Biskuit cincang
- Strawberry
- Krim putih
- Lalu rasberry
- Berikan paling atas dengan daun mint untuk hiasan

4. Hidangkan dalam keadaan dingin.

Resep Lezat Untuk Anak Alergi Susu Sapi
Catatan:
- Resep dessert ini bebas protein susu sapi. Buah berries dipilih karena mengandung vitamin C, sangat sedap jika dimakan bersama krim dingin.
- Biskuit bisa diganti dengan brownis, chococrunch, cornflake, yang penting bebas kandungan susu sapi.

Chef Deny memilih Royal Nutrilon Soya karena memang direkomendasikan untuk susu formula soya yang aman untuk si kecil, rasanya juga lezat.

Menurut ibu Dyah Basorie selaku Brand Manager Royal Nutrilon Soya menjelaskan bahwa susu formula Nutrilon Soya yang mengandung pronutra+ dipersembahkan untuk si kecil karena terkandung zat gizi yang mendukung tumbuh kembang, daya tahan tubuh, dan daya ingatnya. Nutrilon Royal Soya sudah dipercaya sejak 25 tahun lalu untuk mendukung kesuksesan si kecil di masa depan.

Jadi sekarang gak perlu takut lagi memberikan aneka makanan, asalkan diberikan dalam jumlah kecil, tubuh anak akan menyesuaikan seiring bertambahnya usia.

Banyak sekali informasi tentang penanganan dan cara mengatasi alergi pada bayi dan anak. Cek di sini ya:
Website        : www.nutriclub.co.id/allergyexpert
Facebook      : NutriclubIndonesia
Instagram     : @Nutriclub_ID
Twitter          : @Nutriclub_ID
Youtube        : Nutriclub Indonesia

Semoga bermanfaat dan kita bisa lebih bijak mengatasi alergi pada anak sejak dini.

Jika menurut anda tulisan ini menarik, jangan lupa dishare ya...! 
Thank youu 😉

21 komentar:

  1. Saya jadi nambah tahu untuk membaut makannan bagi anak yang memiliki alergi susu sapi bisa menggunakan bahan pilihan lainnya yang tidak kalah menarik seperti yang terdapat di dalam artikel ini. Bisa di coba nanti. Terimaksih mba.

    BalasHapus
  2. Keren nih mba Lia nyaksikan Facebook livenya ya. Aku malah ketinggalan yang resep beriesnya karena ikut lomba masaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe aku yg nonton dirimu masak lho mak

      Hapus
  3. Duhhh itu royal berriesnya menggoda banget deh..jadi ngiler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin yuk, gampang bgt :D

      Hapus
  4. Deg-degan pisan yaa kalo baby alergi..

    BalasHapus
  5. Margarin dan krim putih kan mengandung susu mom.. Btw kalau bayi nya alergi susu sapi, berikan nutrilon soya. Tapi kalau ga cocok sama nutrilon soya, bisa ke nestle nan ph pro, tapi kalau ga cocok kasih nutramigen dan ini udah pasti cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Margarin itu lemak nabati mbak, kalau mentega memang mengandung lemak hewani. Kalau utk krim chef menyarankan yg non dairy, yg bebas susu

      Hapus
  6. Nice artikel nih, Teh, aku jadi tahu dan ini jadi pengetahuan yang bisa dikasihtahukan sama orang lain..

    BalasHapus
  7. Wah, makin sehat nin pakai protein nabati, bukan hewani. Aldente itu sama dengan matang ya mba? Resepnnya lezat nih mesti dicoba ni buat anak2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aldente itu matang tapi masih terkesan kenyal, iyap selamat mencoba :)

      Hapus
  8. Waaah lengkap resepnya. Anak alergi susu sapi pun aman mengkonsumsi ini yaa

    BalasHapus
  9. Resep2nya aku noted ya mbaa. TFS yaa :*

    BalasHapus
  10. Yang resep pastanya mantep banget, bisa diganti dg susu non fat untuk orang dewasa. Untuk anak2 dg susu soya, tetap bisa dapat tambahan asupan gizi ya.

    BalasHapus
  11. aduh-aduh, aku mau royal berry nya mabkkkkk...mupenggggg..itu pasti lembut enak gimana gitu ya

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Ibu rumahan, penyuka impian, blogger, hobi naik Commuterline & busway. Penikmat rendang, rujak dan kopi. Pengagum musik Josh Groban. Lulusan akademi gizi yang aktif di dapur sendiri. Admin Sosmed Pempem-Bebibum Clothdiapers. Anggota berbagai komunitas online. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow By Email