Mei 30, 2017

Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga


www.narasilia.com – Assalaamu’alaikum.. Sudah hampir seminggu kita menjalani rutinitas sahur dan berbuka puasa. Masih semangat ya. Apalagi ada aneka menu dengan berbagai rasa dan bisa berkumpul dengan keluarga menjadi hal yang selalu ditunggu-tunggu. 

Nyanyi dulu ah, biar gak lemess..
Susu saya, susu bendera.
Susu saya, susu Frisian Flag.


Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga
Manfaat Minum Susu
Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga

Di keluarga kami, Ramadan tahun ini kembali menjadi istimewa. Istimewa karena aku berpuasa sambil menyusui si kecil (lagi). Istimewa karena harus ekstra sabar dan semangat untuk bisa berpuasa sambil menyusui. Rasanya berat jika tidak ingat pahala berpuasa, rasanya enggan berpuasa jika mengingat lapar hausnya di siang hari

Apalagi Syadid yang sekarang berusia 19 bulan menyusunya kuat sekali. Dia belum mau mengerti jika bundanya sedang berpuasa. Tetap merengek di saat perutku mulai berbunyi dan mata mulai berkunang-kunang. Biasanya jika seperti ini, terpaksa aku berikan air putih, lalu menepuk-nepuk punggungnya hingga sama-sama kami tertidur, hihi..

Perlu trik agar Syadid tetap bisa menyusu dengan ASI yang melimpah meskipun bunda berpuasa. Kenyataannya lebih sering sedikit jumlahnya. Bahkan sempat mengalami lecet. Agar kondisi itu tidak terulang kembali, aku harus mengkonsumsi makanan dengan porsi lebih, dengan harapan supaya tubuhku tetap prima. Ini pun bukan menjadi salah satu solusi terbaik. Pamungkasnya, aku masih membutuhkan konsumsi susu, minum susu di saat sahur dan buka puasa.


Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga


Beberapa hari mulai rutin minum susu, ternyata jadi menular ke anggota keluarga. Mereka jadi ikutan minum susu meskipun sedikit. Ayah, Shidqi, Selma, jadi ikut mengkonsumsi susu. Kebetulan kemarin Selma sempat dirawat di rumah sakit akibat demam berdarah, susu menjadi terapi andalannya agar segera pulih.

Bosan dengan minum segelas susu, aku tak kehilangan akal. Kubuatkan menu sahur dan berbuka dengan variasi susu. 


Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga


Seperti soto, kolak, es buah, jus buah, apalagi es krim, semua kutambahkan susu. Enaak, cara minum susu yang menyenangkan bagi keluargaku.


Mengapa Tidak Mau Minum Susu?

Sayangnya, masih banyak sebagian masyarakat belum berminat mengambil manfaat susu. Padahal minum susu penting untuk mencukupi asupan gizi keluarga.

Orang dewasa menganggap minum susu itu hanya untuk anak kecil,
Orang dewasa sudah malas mengkonsumsi susu karena mengaggap anak-anak saja yang harus minum susu. Itu pun kalau dipaksa. Ada juga lho anak-anak tidak doyan minum susu karena tidak biasa.

Bahkan ibu hamil mau minum susu karena dia menyadari pentingnya konsumsi susu untuk pembentukan tulang dan gigi sang janin. Atau ibu menyusui mau minum susu karena dia ingin ASI-nya melimpah.

Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga
tetap fit menanti si kecil hadir

Selebihnya bisa anda tebak.
Papa, mama, om, tante, nenek, kakek, atau kakak yang beranjak gede, pasti sudah malas minum susu. Berbagai alasan yang dikatakan sebagai penolakan untuk mengkonsumsi susu.

“ Ogah ah, minum susu itu bikin eneg ”.

“ Minum susu? Ah, takut gemuk “.

“ Udah gede kok minum susu, kaya anak-anak aja “.

Benar tidak?

Harga susu masih dianggap mahal,
Alasan lain, susu masih menjadi barang mahal untuk ukuran kantong yang pas-pasan. Harganya lebih mahal dibanding syrup, teh, atau kopi sachet. Hal serupa juga dirasakan masyarakat di Desa Cibadak Cianjur. Teringat ketika aku pernah praktek menjadi penyuluh gizi.

Berbincang dengan ibu-ibu di sana, aku jadi mengetahui jika mereka menganggap kalau minum susu itu hanya cocok untuk keluarga menengah ke atas. Mereka tidak mampu untuk membeli susu murni setiap hari. Keuangan mereka pas-pasan dan mensiasatinya dengan mencampur air tajin supaya menjadi banyak.

Heboh Isu Mengenai Susu,
Belum lagi, dahulu tuh sempat heboh isu produk susu yang tercemar bakteri Sakazakii. Isu kalau susu sulit dicerna usus karena tidak melalui proses enzym di mulut. Isu kalau tidak minum susu anak jadi tidak pintar karena sejak kecil tidak mendapat AA-DHA, sehingga banyak iklan susu yang menyesatkan. Menjadi perdebatan panjang dan alot.

Akhirnya alasan-alasan tadi sempat memupuk pola pikir masyarakat bahwa minum susu hanya penting untuk anak-anak, apalagi kalau mereka tidak mendapatkan ASI, minum susu cair atau bubuk bisa menjadi alternatif. Tak heran iklan susu anak merajalela di sela-sela waktu jeda sinetron yang ditonton para ibu. *Eh, aku mah enggak..
 
Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga
sumber @frisianflagID

Tahukah anda, menurut data statistik pada tahun 2015 menunjukkan bahwa konsumsi susu di Indonesia paling rendah dibandingkan negara ASEAN lainnya, hanya 11kg/kapita. Bahkan lebih rendah dari Thailand.

‘Konsumsi susu di Indonesia paling rendah diantara negara ASEAN’

Wah, ironis ya. Padahal produk susu di Indonesia tak kalah saing lho. Banyak produk susu tersedia di Indonesia, tetapi daya konsumsinya malah sedikit. Peternakan sapi perah Di Indonesia tak kalah banyak jumlahnya, bahkan ditambah peternakan kambing, domba, kuda. Kita bisa temukan di Lembang, Cipayung, Depok, Bogor, Jakarta, Surabaya.

Tetapi kembali kepada alasan di atas, masih banyak yang belum paham atau tidak mau mengambil manfaatnya susu. Ayolah, sekarang saatnya kita ubah kebiasaan ini. Negara maju saja masih mengkonsumsi susu seperti di Finlandia dan Belanda, masa Indonesia enggak??


Apa manfaat minum susu saat sahur dan berbuka bagi keluarga?

Dulu ketika aku belajar ilmu gizi, dosen Ilmu Pangan memaparkan manfaat susu. Bukan saja untuk kesehatan tetapi untuk kecantikan. Bahkan di dalam kitab suci Al Quran mengangkat teori susu ini dalam surat Al-Mu’minun : 21,

“Dan sesungguhnya pada hewan ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Kami memberimu minum dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada hewan ternak itu terdapat manfaat yang banyak untuk kamu, dan sebagian darinya kamu makan ”. (4)

Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga
Nutrisi lengkap

Jadi banyak manfaat susu dan olahannya yang dapat kita nikmati, susu menjadi pelengkap asupan gizi tubuh, susu bermanfaat antara lain:

Sumber Energi :
Susu memiliki karbohidrat yang mudah diserap tubuh sehingga baik menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh anggota keluarga kita. Mulai anak-anak hingga usia lanjut, bahkan termasuk untuk pasien stroke, sulit menelan, dan koma. Makanannya yang sebagian larutan susu dialirkan melalui sonde (pipa makanan).

Nah, apalagi minum susu saat sahur, manfaatnya tubuh mempunyai simpanan energi, sehingga tidak mudah lemes dan ngantuk. Demikian juga minum susu saat berbuka, manfaatnya seperti mengisi energi yang terkuras .

Sumber Protein Whey dan Kasein :
Ada fakta menarik dari Kompas bahwa bapak Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, selaku pakar Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB menjelaskan jika protein susu ternyata sangat bermanfaat (1). 

Ada 2 (dua) jenis protein susu, yaitu: Whey dan Kasein.

  • Whey mengandung beta lactoglobulin yang dapat menstimulasi asam lemak tak jenuh, sehingga mencegah kegemukan.
  • Sedangkan Kasein adalah asam amino yang dapat mencegah hipertensi, mengembalikan sel-sel tubuh yang rusak, mestimulasi pembentukan energi, serta menjadi perisai terhadap virus dan bakteri.

Wah pas banget nih buat program diet, sambil berpuasa ternyata minum susu dapat mencegah kegemukan. Mari kita buktikan..!

Sumber Lemak Susu :
Masih diuraikan profesor Made, bahwa lemak susu dapat mendukung pertumbuhan prebiotik (bakteri baik), sebagai anti hipertensi, anti diabetes, imunitas, anti kanker usus besar, serta fosfolipid dan fosfatidil kolin-nya membantu meningkatkan kemampuan memori dan belajar anak. Daya tangkap anak tetap baik meskipun berpuasa, demikian juga untuk orang dewasa. (1)

Sumber Kalsium :
Kalsium pada susu bukan hanya menunjang pertumbuhan tulang dan gigi, ternyata juga bermanfaat membantu pelepasan hormon dan menyampaikan pesan melalui sel saraf, baik untuk perkembangan otak anak.


Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga
Menu Buka Puasa Favorit Selma

Sedangkan untuk orang dewasa membutuhkan kalsium untuk menambah kepadatan tulang biar gak keropos (Osteoporosis). Dosis anak-anak memerlukan 500 mg, sedangkan orang dewasa membutuhkan sekitar 1000 mg setiap harinya (2). 

Menetralisir Racun :
Pernah lihat kan jika ada yang keracunan biasanya diminumkan susu sebagai penetralisir, kok bisa ya? 

Ternyata menurut BPOM, susu dapat mengurangi konsentrasi racun pada saluran cerna, nanti terproses dan dikeluarkan melalui pipis. Selain itu susu bertugas melapisi membran mukosa pada usus agar terhindar dari iritasi racun (3). *Hebaaat...

Minum susu saat sahur dan berbuka setidaknya dapat membantu membuang racun-racun, sehingga tubuh kita semakin bersih dari penyakit.

Mempercantik Kulit dan Rambut :
Susu dan madu biasanya menjadi pasangan istimewa yang sering direkomendasikan oleh para ahli kecantikan. Manfaat susu dan madu dipercaya dapat mencerahkan dan melembabkan kulit.

Mungkin seperti cerita legenda Ratu Cleopatra yang menyukai mandi susu untuk merawat kecantikan tubuhnya. Sekarang juga banyak tuh shampo dan sabun mandi yang mengandung susu. Bahkan ada yang menjual sabun susu domba tuh di internet.

Banyak lagi manfaat susu untuk kesehatan dan kecantikan. Rugi rasanya jika tak mau minum susu ya. Makanya keluarga yang minum susu saat berbuka puasa dan sahur itu keren, karena mereka terlihat sehat dan cakep.. *seperti kamu, iyaa kamuu.


Jadi, bagaimana supaya sekeluarga mau minum susu?

Diperlukan niat yang kuat untuk mau mengkonsumsi susu. Tidak mudah seperti membolak balikkan telapak tangan. Apalagi sempat galau terhadap pro kontra susu. Aku sudah membuang segala gundah dari perdebatan tentang susu. Ambil saja baiknya, selama tidak memberatkan dan tidak membahayakan. Bahkan ada dalil Quran Hadist tentang keutamaan susu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada satu pun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu” (HR. Tirmidzi No. 3455).

Aku meyakininya, jadi mulailah lakukan hal berikut ini agar keluarga mau minum susu, seperti:

Anggota Keluarga Harus Paham Manfaat Susu
Ingatlah akan manfaat susu yang halal dan baik manfaatnya. Susu sudah diciptakan Tuhan melalui hewan ternak seperti: sapi, domba, kambing, kuda, unta.

Seperti dalam firman-Nya: “Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya (Q.S An-Nahl : 66). (4)

“ Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan syukurilah nikmat Allah jika kamu hanya menyembah-Nya” (QS. An-Nahl : 114). (4)

Nah teori seperti ini harus diajarkan kepada anggota keluarga. Nabi saja mau minum susu masa kita tidak mau mencontoh kebaikan ini?

Jangan Menyesal Di Kemudian Hari
Aku mau sedikit cerita. Sejak adanya isu tentang susu, aku pernah menghentikan minum susu pada kehamilan anak kedua. Aku jadi malas minum susu. Cuma minum suplemen dari dokter kandungan saja.

Pada kenyataannya, anak keduaku mengalami pertumbuhan gigi yang kurang rapi, mudah keropos, dan sebagian agak kehitaman, dibanding gigi kakaknya yang rapi tanpa karies. Padahal keduanya sama-sama full ASI hingga dua tahun.


Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga
Bentuk Gigi Anak-anakku

Menyesal akan hal ini, aku sadar bahwa minum susu saat hamil itu penting. Aku melanjutkan lagi kebiasaan minum susu saat hamil anak ketiga. Entah mitos atau nyata, aku benar-benar melihat perbedaannya seperti foto di atas, gigi anak ketiga tidak mudah keropos. Wallahu a’lam.

Ayah Bunda Adalah Role Model
Tanpa beralasan lagi akhirnya kebiasaan minum susu aku terapkan kepada seluruh anggota keluarga. Mulai dari diri sendiri. Orangtua adalah role model. Jangan menyuruh dan memaksa anak mau minum susu, tetapi ayah bundanya malah malas minum susu. 

Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga
ayah dan bunda adalah contoh (role model)

Lakukan serempak, beri contoh, agar semua bisa menikmati minum susu, seperti yang dijelaskan ibu Ajeng Raviando, Psi selaku psikolog dalam acara Kampanye Frisian Flag Indonesia: 'Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!

[Baca juga: Wahai Ibu, Keluargamu Perlu Minum Susu  Sekarang Juga ]

Buat Aneka Menu Dengan Bahan Dasar Susu
Ingat ya, jangan pernah memaksa siapa pun agar suka minum susu. Kesadaran harus dimulai pelan tapi pasti, gak langsung glek glek glek minum susu dari gelas. Tetapi bisa dimulai dengan minuman es buah susu, havermut dicampur susu, jus buah campur susu, kolak dicampur susu, bahkan soto betawi pakainya susu bukan santan.


Tips Memilih Susu Yang Bisa Dinikmati Keluarga

Jangan bingung ketika di depan rak supermarket, mau pilih susu yang mana ya? Kalau aku pilih susu Frisian Flag. Sejak dulu, almarhum ibu sudah memberikan #susukentalmanis, susu yang lebih dikenal dengan susu bendera.

Tipsnya karena susu #FrisianFlag sudah menjadi minuman susu sehat turun temurun, karena sudah ada sejak 1871, dan mulai ada di Indonesia sejak tahun 1922. Pastinya sudah berpengalaman lebih lama. Bahkan pabriknya sudah familiar di Ciracas, tempat aku bermain sepulang sekolah. Dan ada di Pasar Rebo, lokasi yang akrab setiap hari ketika berangkat kuliah dan kerja.
 
Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga
Frisian Flag di Langit Biru (dok.pribadi)

Jadi mana mungkin bisa beralih dari susu Frisian Flag. Pilihannya pun bermacam-macam, mulai dari susu cair pertumbuhan Frisian Flag untuk anak-anak, susu cair Frisian Flag Purefarm, susu kental manis Frisian Flag Gold, susu cair Frisian Flag dalam kemasan botol, bahkan susu bubuk Frisian Flag untuk tahapan usia dan ibu hamil. Es krim Campinanya juga enak banget. Semua anggota keluarga bisa memilih dan menikmati varian susu Frisian Flag #KeluargaMinumSusu.


Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Bagi Keluarga
Aneka Varian Frisian Flag

Untuk mengetahui lebih lanjut susu Frisian Flag, kita bisa bergabung di website dan sosial medianya, antara lain:
Facebook      : Frisian Flag Indonesia
Twitter          : @frisianflagID
Website        : www.frisianflag.com
Hotline          : 021-2975-1355 (konsultasi langsung nomor bebas pulsa)

Yuk, ajak keluarga minum susu mulai sekarang, agar anggota keluarga mendapat banyak manfaatnya, sehingga tercipta keluarga yang sehat lahir dan batin. Bahagia dunia akhirat, menjadi generasi harapan bangsa yang hebat.

Ayo, nikmati bulan Ramadan ini dengan minum susu saat sahur dan berbuka puasa bersama keluarga..!



Sumber tulisan:
(1) http://lifestyle.kompas.com/read/2011/04/22/15334787/khasiat.protein.dan.lemak.susu
(2) https://www.ibudanbalita.com/artikel/tulang-tak-sekedar-penyangga-tubuh
(3) http://ik.pom.go.id/v2014/qa/manfaat-susu-pada-keracunan
(4) Al-Quran surat An-Nahl dan Al-Mu’minun




26 komentar:

  1. Anak2ku suka banget susu. :D Daya tahan tubuh mereka juga jadi bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, enak ya :-)

      Hapus
  2. Frisian flag susu faforit deh. Apalagi yang gold. Selain itu harganya juga terjangkau. :) Jadi nggak ada alasan mahal lagi, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, yg gold serbaguna ya :-)

      Hapus
    2. Tapi saya lebih suka yang putih biasa.

      Hapus
  3. Begitu banyak manfaat minum susu untuk kalangan usia
    berita2 yg membuat orang meninggalkan susu harus dicermati betul jng langsung percaya gitu aja
    apalagi susu kan nutrusinya sangat lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku yang penggemar susu sempat jadi down pas baca berita-berita bahwa susu tak bermanfaat

      Hapus
    2. iya, ttp ambil baiknya aja, gak terlalu dibuat menakutkan

      Hapus
    3. yang kasihan tuh mama Maya, neneknya anakku, sekarang sudah tidak mau minum susu lagi, katanya karena susu dia jadi DT, padahal sebelumnya beliau suka banget minum susu Anln gld, meski tdk pagi sore, paling tdk sehari sekali, meski sdh di kasih penjelasan slm minimnya tdk berlebihan tdk ada efek buruknya, tp tetep kekeh nggk mau jg hehe

      Hapus
  4. Alhamdulillah anak2 termasuk penggemar berat susu tinggal aku nih emaknya br nyadar kalau ternyata susu jg penting bgt org dewasa lg coba rutin minum jg walau sering bolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya haha dah besar gini harus mau minum susu juga

      Hapus
  5. Alhamdulillah aku juga berusaha merutinkan minum susu tapi pas sahur doang mba Nara :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip.. gak papa, klo aku krn menyusui jd harus ditambah pas buka

      Hapus
  6. Susu memang menyehatkan ya mba :)

    BalasHapus
  7. Air tajin, jadi ingat masa kecil. Saat itu susu mahal sekali. Terpaksa, jika menanak nasi, airnya diperbanyak terus jika sudah mendidih, diambil dikit-dikit pakai sendok. ah itu dulu.
    Sekarang saya juga suka minum susu, apalagi sahur, wajib bagi saya. Biar siangnya badan fit dan sehat.

    BalasHapus
  8. aku sukaa susu! anak2ku juga mba. tapi kata temenku yg dokter bilang kalau minum susu sebaiknya 1 jam sebelum makan.. karena susu bisa mengikat zat besi yang ada dalam makanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya aku pun minumnya gak lgsg, bbrp menit sesudah makan

      Hapus
  9. Susu bermanfaat sekali untuk kesehatan, saya pun menyukainya, tapi sayang karena setelah minum susu, perut jadi sakit gak karuan karen gak cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. meskipun dicampur pakai buah di es buah ya mas?
      mgkn mas gak cocok sama laktosanya ya, jd timbul mulas

      Hapus
  10. Aku paling minum susunya sudah dalam bentuk olahan kaya buat es campur gitu saat buka puasa, kalo saat sahur jarang minum yg berwarna lebih sering air out h saja

    BalasHapus
  11. Susu bisa buat ganti santan untuk es buah ya. Btw, mba Lia hamil lagi?

    BalasHapus
  12. Aku malas minum susu ^^' hehehe.. Kecuali coklat. Tapi memang iya mba, semakin besar baby nya nyusu nya semakin kuat dan banyak.. Mommy nya harus banyak makan dan minum susu juga

    BalasHapus
  13. Waaah, tulisan ini jadi mengingatkan saya, oh iya ya... ternyata saya kok sepertinya belum minum susu sejak awal puasa. Makasih ya, Mbak, semoga nanti malam teringat untuk bikin dan minum susu :)

    BalasHapus
  14. Nah ini, biasanya aku kalau di rumah sering. Di kost sendiri suka gak tentu. Aku lebih suka beli yang sasetan kalau di kost. Karena semutnya gak karuan banyak. Jadi suka gak aman...he

    Masalah susu jadi inget susu bear brand. Satu kaleng susu saat sahur..hehe
    Manfaatnya banyak juga ya, Teh. Gak salah dari kecil seorang orangtua suka kasih anaknya susu, apalagi disaat sebelum berangkat sekolah.. Minum susu dulu, minimal satu gelas baru berangkat..hehe

    Tapi susu itu katanya kalau di minum dibarengin dengan minum obat. Nanti obatnya itu seperti percuma karena gak ada khasiatnya ya.

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com