6/21/2017

Jenis Makanan Anak Yang Bisa Dibawa Mudik

Beberapa hari lagi Hari raya Idul Fitri tahun akan tiba. Ada rasa sedih dan bahagia bercampur menjadi satu. Sedih karena berkah Ramadan akan usai, namun ada rasa senang karena sebentar lagi akan datang suasana kegembiraan di hari lebaran, berkumpul dengan keluarga.

Apalagi lebaran tahun ini bertepatan dengan liburan anak sekolah. Waktu untuk mudik ke kampung dan rencana liburan ke tempat wisata terasa menjadi lebih longgar. Ayah dan bunda bisa sekalian ambil cuti yang lama deh, yeaay..

Aku yakin, menjelang lebaran ini pasti ibu-ibu sudah mulai mempersiapkan perbekalan untuk perjalanan mudik dan liburan ke tempat wisata. 

Eh, bukan berarti ini tugas ibu-ibu aja ya pak, jika bapak ikut membaca tulisan ini, jadi tahu gimana dan apa aja yang perlu dibawa. Bantuin dong, hehe..

Terbayang betapa repotnya mengemas bekal-bekal yang perlu dibawa, tetapi akan lebih repot kalo gak bawa bekal.


http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html

Terutama jika kita membawa anak-anak dan bayi, wah ini perlu persiapan yang super detail, termasuk persiapan bekal makanannya dan persiapan pakaian ganti, obat-obatan, minuman, semua harus cukup.

Mungkin selama perjalanan jauh, orang dewasa seperti kita bisa menahan-nahan, tetapi kalau anak-anak jangan sampai mereka kehausan dan kelaparan, bisa berujung ribet dan membingungkan jika tidak ada makanan cemilan.

Perlu diperhitungkan sesuai kendaraan yang digunakan dan jarak tempuh yang dicapai. Kalau naik pesawat dan kereta biasanya jarak tempuh menjadi lebih cepat, tetapi jika menggunakan bis dan mobil pribadi tentu saja lebih lama, belum lagi kalau kena macet, hiks..

" Bayi usia < 7 bulan simple, cukup menyusu ASI yang sering dan 2-3 kali makan saja, bisa dalam bubur instan, pure dan biskuit lumer. Jika usia > 8 bulan, bayi mulai butuh makanan tambahan  sebanyak 3-4 kali "


Jadi ingat dulu ketika kami melakukan perjalanan jauh ke Kutoarjo menggunakaan kereta Bogowonto. Perjalanan yang memakan waktu lebih dari 10 jam itu harus membawa banyak snack alias cemilan. Kedua anakku Shidqi dan Selma cepat sekali merasa haus dan lapar. Ditawari makan nasi dan lauknya tidak terlalu nafsu, maunya makanan cemilan atau snack gitu deh.

Berbeda waktu kami mudik ke Gombong menggunakan mobil, persiapannya seperti mau pindah rumah saja. Segala macam yang penting harus dibawa. Pakaian di dalam beberapa koper dan ransel, termos, rantang berisi bekal makanan selama di mobil, minyak kayu putih, diapers, cooler bag, tissue, dan air minum.

Bahkan hasil membaca pengalaman para ibu-ibu di internet, ada yang membawa alat tempur masak MPASI seperti steamerslow cooker, kompor listrik, jadi kalau menginap di hotel pun bisa masak. Bahkan ada alat yang bisa dicolokin di mobil, keren ya.

Tapi karena dompetku pas-pasan, aku cuma bisa membawa bahan makanan yang diatur sedemikian rupa agar tidak benyek dan basi selama diperjalanan, aku cuma bisa mempersiapkan yang praktis-praktis saja, apalagi aku bukan homemade sejati dan bukan juga anti MPASI instan garis keras, seimbang lah.. *uhuk, kok malah curhat.

Membawa bekal makanan selama perjalanan, aku cukup menyiapkan cemilan sehat yang padat gizi, alasannya anak-anak itu mudah lapar, tetapi gak mau banyak makan. Seperti ceritaku barusan. Anak-anak gak suka makan nasi kalau di kendaraan. Bingung kan?

Siapkan snack padat gizi untuk mudik dan perjalanan jauh agar kesehatan keluarga terjaga


Kalau aku siapkan menu makanan utama, malah sering tidak termakan. Porsi anak-anak jadi sedikit yang masuk ke dalam mulut. Bahayanya kalau benar-benar sama sekali gak mau makan, malah kembung dan mabuk kendaraan deh.

Solusinya aku lebih suka membawa makanan dalam bentuk snack. Bedanya apa? kalau snack itu gak banyak macam saat disajikan, porsi kecil-kecil saja, dan jenisnya banyak serta padat gizi dapat menjaga kesehatan. 

Snack apa saja yang dapat dibawa saat bepergian jauh?


Jika sudah mempunyai pasukan kru kecil, ada pengelompokan menu makanan snack yang bisa dibawa. Sejauh pengamatanku, ada beberapa snack yang dapat dibawa selama mudik dan bepergian jauh. Sehingga kita bisa meminimalisir kondisi tidak jajan sembarangan.

Duh, bukannya phobia sama jajanan di jalanan sih, tapi alangkah baiknya kita bawa sendiri, jadi lebih tahu kebersihan dan bahan makanan yang ada di dalamnya. Syarat snack yang dapat dibawa harus praktis, porsinya tidak banyak, instan, tidak banyak air, dan tidak mudah basi.

Makanan yang dapat dibawa saat mudik dan perjalanan jauh harus praktis, porsinya tidak banyak, instan, tidak banyak air, dan tidak mudah basi


Makanan apa saja yang dapat dibawa?

Ini jenis-jenis  bahan makanan yang pernah kubawa saat bepergian jauh sesuai usia anak. Jenis-jenis snack dibawah sudah diurutkan sesuai tingkat daya tahan penyimpanan ya, atau bisa juga dikombinasikan, antara lain:
    
     Usia 6-7 bulan:
     Menunya masih berbentuk makanan saring, halus, dan lumer, dapat diberikan dalam waktu 2-3 kali sehari, seperti:

1. Pure beku.
Sebenarnya ini agak riskan, kita bisa membawa pure beku asalkan segera dihabiskan. Pure beku adalah bubur saring yang sudah dibuat kemudian disimpan dalam freezer agar tidak lekas basi jika dibawa. Selama perjalanan, pure beku dapat disimpan dalam cooler bag.

2. Buah pisang, jeruk, apel, dan pir.
Kenapa buah ini yang aku pilih, karena tidak perlu memerlukan pisau untuk memotong, tidak terlalu banyak air, dan bisa disimpan dalam perjalanan. Aku sering menggunakan parutan keju untuk menghaluskan buah apel dan pir, sedangkan pisang tinggal dikerok sendok saja. Apalagi jeruk, tinggal kupas, buang bijinya dan isap-isapkan saja ke mulut bayi.

3. Kentang dan ubi kukus
Cuci kentang dan ubi hingga bersih. Kukuslah bersama kulitnya. Jadi saat ingin dikonsumsi bisa dikupas kulitnya dan suapi langsung dalam bentuk kecil-kecil, sehingga si kecil bisa menikmatinya tanpa bantuan sendok atau wadah mangkuk. 

4. Bubur Bayi Instan
Bubur instan paling praktis, hanya diberi air panas, tambahkan parutan wortel atau brokoli atau keju, lalu diaduk dalam mangkuk bertutup. Suapi perlahan-lahan sambil melihat pemandangan jalan.

  
Usia lebih dari 8 bulan:
Pada usia ini gigi bayi sudah semakin banyak. Guna membantu perkembangan gigi dan rahangnya, lebih baik menunya sudah berbentuk tim, agak kasar, bahkan sudah bisa makan makanan yang keras, seperti:
   
1. Puding Sehat.
Buatlah puding dengan campuran jus buah, tepung maizena, biskuit, atau campuran susu / ASI. Puding buatan sendiri ini merupakan resep sehat yang aman dan padat gizi. Dapat mengenyangkan perut si kecil dalam beberapa suap. 

Simpanlah dalam beberapa wadah puding bertutup berukuran kecil, aku biasa beli di toko plastik. Ini sangat praktis dan lezat disajikan saat anak-anak merasa kepanasan di jalan.

2. Wortel, labu dan brokoli kukus
Wortel dan brokoli yang sudah dikukus ini bisa sebagai cemilan si kecil yang sudah bergigi sehingga bisa menggigit-gigitnya. Atau bisa diparut menggunakan parutan keju untuk tambahan bubur instannya. Tips aku, sebelumnya dilumuri sedikit butter, agar terasa gurih.

3. Telur puyuh rebus
Telur puyuh kan bentuknya kecil, mengandung protein tinggi, cocok banget untuk dimakan selama perjalanan. Tinggal kupas kulitnya lalu hap hap hap. Atau bisa diparut menggunakan parutan keju sehingga mudah dimakan oleh si kecil.

4. Buah potong, pisang, anggur dan kelengkeng
Buah kelengkeng, anggur itu buah segar dan mudah dibawa dalam perjalanan. Nah, jika terpaksa membawa buah yang berair seperti melon, pepaya atau semangka, potong-potonglah terlebih dahulu lalu simpan dalam rantang dan masukkan dalam cooler bag supaya tetap segar.


http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html


5. Kentang, singkong, labu kuning dan ubi kukus
Cuci kentang dan ubi hingga bersih. Rendam dalam air garam sebentar saja. Garam dapat menetralisir getah di dalamnya. Lalu dikukus bersama kulitnya hingga empuk, diamkan, dan simpan dalam wadah tertutup.

Jadi saat ingin dikonsumsi bisa dikupas kulitnya dan suapi langsung dalam bentuk kecil-kecil, sehingga si kecil bisa menikmatinya tanpa bantuan sendok atau wadah mangkuk.

Untuk orang dewasa juga bisa makan ini juga kok, kalorinya tinggi dan mengenyangkan, bisa sebagai pengganti nasi.

6. Havermut Instan
Havermut alias oatmeal biasanya aku sajikan untuk Shidqi dan Selma, mereka masih suka makan bubur ditambah suwiran daging ayam. Eh ternyata si kecil Syadid juga mau mencicipinya. Jadi ternyata havermut bisa juga dibawa untuk bekal makanan selama di perjalanan, teksturnya kan mirip bubur tim yang agak kasar. Cara membuatnya sama seperti bubur bayi instan saja.

7. Roti tawar dan roti manis
Roti tawar dan roti manis mutlak paling sering kusiapkan untuk diperjalanan, karena rasanya yang gurih dan manis sehingga dapat mengembalikan tenaga seharian di perjalanan panjang. 

8. Biskuit atau kue kering
Sudah menjadi hal biasa membawa biskuit dan aneka cookies (kue kering) di saat bepergian jauh atau mudik. Selain praktis dibawa, dimakannya juga nikmat. Biasanya kalau sudah makan biskuit dan kue kering, tak terasa sudah hampir setengah bungkus dimakan, ya kan?

9. Keju
Keju potong atau diparut bisa menjadi cemilan snack anak-anak. Atau bisa dicampurkan ke dalam bubur instan atau havermut, menambah rasa nikmat gurih sebagai pengganti garam.

10. Promina Puffs
Ini produk baru dari Promina lho. Bukan bubur, bukan biskuit. Aku mencoba berikan sebagai cemilan Syadid, supaya melatih motorik halusnya, biar pinter belajarnya nanti.

http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html
hap..hap..hap.. ngemil yuuk
Bentuknya mungil, teksturnya renyah dengan rasa buah yang nikmat. Kesan pertama Syadid mencobanya, dia sukaaaa, sendirian dia bisa habiskan..


Apa itu Promina Puffs ?

Promina Puffs itu produk finger snacks dari PT. Indofood Nutrition yang dibuat untuk bayi dan anak yang mulai menggigit dan belajar makan sendiri, sebagai media melatih motorik halusnya. Cocok untuk usia 8 bulan hingga 24 bulan.

http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html


Makanan selingan (snack) berisi 15 gram ini produk baru dari Promina. Bukan bubur dan bukan biskuit, beda banget. Promina puffs terasa renyah, crunchy seperti kerupuk dan mudah lumer di mulut, jadi gak bikin keselek di tenggorokan bayi. #ProminaPuffs itu #LumerdiMulut

Bentuknya mungil seperti bunga, pas jika diambil jarinya bayi. Dikemas dalam wadah kedap udara yang memiliki sealer jadi gak gampang tumpah atau melempem. Tanpa bahan pengawet dan tambahan warna. Aman, apalagi sudah ada sertifikat halal dan BPOM RI.MD. 260810241188, mantap kan?


http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html


Promina Puffs tersedia dalam 2 (dua) rasa, ada rasa pisang dan rasa blueberryTerbuat dari: Tepung beras, tepung terigu, pati gandum, tepung oat, bubuk cane sirup, bubuk pisang atau bubuk blueberry (buah alami) sebanyak 2%, bubuk wortel, vitamin, mineral, dan minyak ikan.

http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html


http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html


Yang menarik, Promina Puffs ini bebas lemak, bebas protein susu, jadi gak perlu khawatir bagi penderita alergi susu. Diperkaya Omega 3 (79,5 mg/saji) dan Omega 6 (6,65 mg/saji), tinggi zat besi, tinggi kalsium, dan 7 vitamin seperti vitamin B1, B6, B12, D, Riboflavin, Niasin, dan vitamin E.

http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html

Promina Puffs dipilih karena menjadi snack yang komplit untuk Syadid. Pas teksturnya, sesuai tahapan usianya, memiliki pilihan rasa, dan tentu saja asupan gizinya tercukupi. 

Bagiku ini snack yang paling gampang dibawa dalam segala kondisi. Bisa buat perjalanan di mobil, bis, kereta, pesawat, kapal laut, bahkan di motor sekali pun. #ProminaPuffs itu #snackbayitepat

Gampang juga dapetinnya. Ada di minimarket. Harga sebungkus Promina Puffs cuma Rp. 5500. Lumayan kan buat varian snack biar gak bosan dengan menu itu-itu saja.

Syadid suka banget sama kedua rasa Promina Puffs.  Pinter makan sendiri, jadi anteng deh. 

Lucunya lagi saat aku berikan juga kepada teman sebayanya, euuuh Syadid dengan gayanya seperti gak rela cemilannya dipegang orang lain, hihi..


http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html


Ayolah dek, kita harus belajar berbagi. Oiya, untuk informasi gizi dan produk #snackbayi ini coba saja cek di sosial medianya di:
Facebook: Bayi Sehat Promina
Website: www.promina.co.id
Instagram: @bayisehatpromina

Tips Memberikan Makanan Snack Dalam Perjalanan


Selain untuk bayi, menu-menu diatas bisa diberikan juga kepada kakak Shidqi Selma, mereka ditambah dengan susu kotak, lumayan lah untuk mengganjal perutnya.


http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html


Ada tips lain yang penting dalam memberikan snack saat mudik dan perjalanan jauh, antara lain:

1. Jangan lupa bawa ada alat bantu yang juga harus disiapkan. Perlengkapan makan dan minum ini membantu memudahkan kita memberi makan snack, antara lain:
  • Celemek / Bib,
Benda ini penting dibawa untuk bayi atau si kecil yang masih belajar makan, dipasangkan di bagian dada si kecil dapat terlindungi dari basah dan blepotan. 
  • Termos air panas,
Membawa air panas dalam termos itu penting. Kubawa untuk mempersiapkan susu atau bubur instan, atau ketika pengen minum teh hangat untuk kakak dan suami. Jika kehabisan kita bisa membeli air panas di dapur kereta, saat berhenti di restoran atau warung makan.
  • Air putih dalam botol,
Air putih sebaiknya banyak dibawa karena anak-anak biasanya lebih cepat haus meskipun di kendaraan terdapat AC. Jika kurang, bisalah beli di mini market, yang penting harus selalu ada setiap saat.
  • Wadah penyimpanan bahan makanan,
Wadah berguna untuk menyimpan kembali makanan yang belum habis agar tidak berceceran.
  • Mangkuk bertutup / Botol sendok,
Manfaatnya agar makanan yang disajikan tidak mudah tumpah dan tidak terkena debu. Jika tidak ada kita bisa menggunakan botol sendok
  • Gelas / Botol susu Tutup Berlubang
Pilih gelas bertutup yang memiliki lubang pada bagian moncong, agar saat minum si kecil tidak tersedak dan tidak tumpah di perjalanan
  • Parutan keju
Alat ini paling sering kubawa, karena lebih aman dibanding membawa pisau. Parutan keju bermanfaat sekali untuk menghilangkan kulit apel dan pir, memarut keju, telur puyuh dan buah agar menjadi halus dan mudah disuap si kecil.


http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html

  • Tissue basah,
Gunanya untuk membersihkan sisa-sisa makan yang lengket di mulut dan di tangan si kecil atau tumpah dan ceceran di sekitarnya.
  • Cooler Bag
Biasanya cooler bag dibawa untuk menyimpan makanan siap makan yang dibekukan atau butuh kesegaran dalam suhu dingin, seperti pure, puding, atau buah potong.

2. Simpanlah semua perlengkapan dan bahan makanan tadi di dalam satu tas khusus, jangan dicampur dalam tas pakaian, agar mudah diraih saat perjalanan nanti. Letakkan semuanya di dekat kita. Supaya gak bolak-balik ngambil makanan dan minuman saat anak-anak lapar dan haus.

Seringkali sudah bawa bekal makanan tetapi malah kita tetap kerepotan saat mengambilnya. Malah sibuk mengaduk-ngaduk isi tas dan bercampur dengan pakaian, dan si kecil telat makan, wih berabe lah..

3. Jangan sampai terlewat waktu memberikan makanan dan minuman, ini bisa menyebabkan mereka mabuk kendaraan karena perutnya kosong.

4. Usahakan memberikan makanan dan minuman dalam keadaan laju kendaraan yang tenang, atau tersendat macet, atau lebih baik sesekali berhenti di tepi jalan atau di masjid jika menggunakan mobil pribadi. 


http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html


Memberikan makan dan minum saat ada guncangan di jalanan yang rusak, sedang dalam turbulensi atau sedang banyak ombak besar akan menyebabkan si kecil tersedak bahkan bisa muntah.

Yah siapa juga yang mau memberikan makan dan minum di saat kondisi tidak nyaman, ya kan?

Simpanlah dalam satu tempat yang mudah dijangkau. Berikan makan dan minum tepat waktu. Jangan berikan asupan saat jalanan berguncang


Semoga tips dan tulisan tentang snack bayi di atas bisa membantu jalan-jalan anda semakin nyaman, dengan harapan semua siap, lengkap, dan lancar. Sehingga hati tenang dan silaturrahim bersama keluarga membawa kebahagiaan lahir dan batin, bahagia dunia akhirat.

Aku ucapkan selamat mudik dan menempuh perjalanan jauh kawan, berhati-hatilah semoga selamat sampai tujuan.
http://www.narasilia.com/2017/06/14-jenis-snack-bayi-tepat-untuk-mudik-dan-perjalanan-jauh.html

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Taqobbalallahu minnaa wa minkum, penulis www.narasilia.com memohon maaf lahir dan batin ya..



36 komentar:

  1. Penting banget membawa snack untuk anak-anak kalau mau bepergian jauh. Waah ada promina baru ya, boleh neh buat sepupu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cemilan baru dari produk promina :-)

      Hapus
  2. Jadi ingat pas anak kecil, bakso aja aku bawa dari Jakarta biar nggak ribet pas di kampung karena kuatir makanan nggak cocok. Makan biskuit pas di perjalanan memang lebih pas ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bawa bakso, hehe mantap.

      Hapus
  3. sekarang sih sudah banyak variasi yang baru beda jaman anak2ku masih kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, semakin kesini banyak sekali varisi makanan anak

      Hapus
  4. Kalau aku seringnya hanya bw kue marie buat yg baby, wah senangnya dpt ilmu baru perbekAlan anak2 tfs yaa

    BalasHapus
  5. Anak2ku justru lebih suka Snack yg praktis begini daripada bikinan mamanya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi mungkin karena kemasannya lebih menarik ya mbak

      Hapus
  6. Mudik bawa anak bayi itu ribet, bawaan banyak tapi nyenenginnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus banyak bawanya daripada nanti telat makan malah mabuk perjalanan

      Hapus
  7. keren promina ini. membentuk inovasi snack dari bahan2 bermanfaat
    bisa sangat membantu konsumsi ketika ank td suka makan sayur/buah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya membuat kita juga gak repot ya mbak

      Hapus
  8. Kalau bawa anak-anak pasti bawaannya banyak. Dan promina ini mengerti kebutuhan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, mau gak mau harus siap bekal banyak

      Hapus
  9. Bisa jadi rekomendasi pas mudik nih, keponakan suka deh kayaknya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, semoga suka ya mbak keponakannya

      Hapus
  10. dari kwecil diberikan makanan yang sehat besar jadi pinter nih anaknya hhe

    BalasHapus
  11. ye mudik ria nih hehe
    alhamdulillah perjalanan dengan jarak tempuh tujuh jam lancar
    iya sudah jadi kebiasaan menyediakan snack plus air putih, mudik jadi asik loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul harus siap makanan dan minuman ya mbak, penting..

      Hapus
  12. Baru tahu ada Promina Puff. Enak kayaknya. Anakku yang kecil pasti suka. Kalo pergi2, aku biasanya bawa roti sama biskuit. Lumayan kalo ada snack gitu. Anak jadi gak rewel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, anak-anak jangan sampai rewel karena lapar, snack bisa jadi solusi ya mbak

      Hapus
  13. melakukan perjalanan panjang dan jauh membawa bayi tentu perlu persiapan serta babawaan yang lengkap khususnya snack bayi, maka snack bayi yang paling tepat dibawa ketika melakukan perjalanan jauh ya Promina Puffs

    SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, betul banget..
      sama-sama, selamat idul fitri

      Hapus
  14. Waah lumayan juga perlengkapannya, saya sih gak pernah mudik mbak soalnya saya udik hehe.. tapi kalau membayangkan 10 jam diperjalanan begitu yang cukup lama ya segala sesuatunya memang harus dipersiapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, nanati suatu hari kan merasakan perjalanan jauh lho, perlu persiapan makanan yang banyak hihi

      Hapus
  15. Aku gak pernah mudik sih, Mbak. :D Tapi boleh juga tuh prominanya buat camilan kalo jalan-jalan. Apalagi lumayan susah cari jajanan sehat untuk Michan yang masih 14 bulan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak, kita mudik ke Jakarta, lho hihi. Iya semoga Michan suka nanti ya

      Hapus
  16. Anakku juga suka promina puff

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, toss mbak :)

      Hapus
  17. Emg udh niat mau cari biskuit ini mba, utk si bayi :D. Baca banyak review kok sepertinya enak.. Anakku biasanya suka ngemilin begini.. Apalagi bbrp biskuit kesukaan dia udh mulai bosen dimakan.. Makanya aku pgn cari biskuit baru yg dia suka lagi

    BalasHapus
  18. wihh rempongnya ya mbak kalo punya bayi hehehe, terima kasih sudah berbagi, jadi ilmu untuk saya nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya, lumayan deh. Semoga bermanfaat ya

      Hapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Ibu rumahan, penyuka impian, blogger, hobi naik Commuterline & busway. Penikmat rendang, rujak dan kopi. Pengagum musik Josh Groban. Lulusan akademi gizi yang aktif di dapur sendiri. Admin Sosmed Pempem-Bebibum Clothdiapers. Anggota berbagai komunitas online. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow By Email