be a good life and happy family

Solusi Jitu Menyiapkan Bekal Masa Depan Si Kecil Bersama Morinaga Chil-Go!


http://lialathifa.blogspot.com/2016/08/solusi-jitu-menyiapkan-bekal-masa-depan.html

Fiuhh... sudah awal bulan. Bukannya senang malah empot-empotan. Rasanya keuangan mulai mengalami pasang surut. Sejak anak-anak kembali ke sekolah, aku mengalami gagap dan gugup finansial. Uang daftar ulang, SPP, dan ekskul sudah menari-nari di dalam otak minta dibayarkan.

Sekarang ini, Shidqi sedang bersekolah di SDIT dengan SPP sebesar 250.000 dan daftar ulang sekitar 2.5 juta selama setahun, sudah termasuk buku-buku paket.

Sedangkan Selma bersekolah di TK dengan SPP 125.000 dan daftar ulang sebesar 800.000, belum termasuk biaya manasik haji dan porseni.

Kalau buka kartu, kondisi pendapatan kami sekarang pas-pasan. Kebutuhan hidup dan pendidikan harus betul-betul dibagi dengan baik. Tambahan sampingan terus kami cari, agar semua benar-benar pas.

Terbersit di hati kecil: sampai dimana kesanggupan kami membiayai kebutuhan pendidikan mereka sampai kuliah nanti??

Shidqi sudah mantap bercita-cita ingin menjadi kepala masinis. Imajinasinya sudah matang, dia ingin mengoperasikan kereta di Eropa.

Matanya selalu berbinar jika ada tayangan dan buku-buku tentang kereta. Bahkan CD film animasi " The Polar Express" rasanya makin tipis akibat terlalu sering diputar, ckckck...

Jika dibandingkan dengan kakaknya, Selma masih amburadul cita-citanya. Seperti ceritaku waktu itu, keinginannya masih berubah-ubah. Ya, mungkin karena pengaruh kecerdasan visual spasial dan kinestetiknya itu. Solusi kami cukup mengarahkan dan terus menstimulasi dirinya, kira-kira minatnya kemana.


Merencanakan Biaya Bekal Masa Depan Menggunakan Kalkulator Pendidikan.

Menurut survey, setiap tahun biaya pendidikan swasta di Jakarta pasti mengalami kenaikan sesuai inflasi sekitar 7-15%. Jika saja tahun ini biaya kuliah 50 juta, mungkin 15 tahun kemudian akan berlipat menjadi 400 juta. Fantastis..!

Hal ini diakui oleh penulis buku dan pakar perencanaan keuangan independen dari ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie, SE, M.Com, GcertFinPlanning, CFP, QWP (baca gelarnya bikin hati bercetar-cetar, hihihi) yang aku petik, adalah:

"Inflasi pendidikan adalah nyata. Siasati dana pendidikan yang fantastis dengan bijak dan cerdas, agar tidak terlalu membebani di kemudian hari."


Nah, melihat hal ini, sebagai -menteri keuangan- di rumah, aku mencari berbagai informasi, agar dapat mensiasati biaya bekal masa depan dengan bijak dan cerdas.

Ini solusi jitunya, yaitu:

  • Tawakal dan berusaha, bahwa rejeki anak tidak pernah tertukar. Dekatkan diri kepada sang Pemberi Rejeki.
  • Lakukan perencanaan pendidikan dan diskusi sejak dini. Seperti diskusi kami bersama Shidqi.
Tujuannya agar menumbuhkan minat dan tanggung jawabnya terhadap pendidikan dia sendiri, sehingga kami mantap mencari dan survey tempat berikut biaya sekolah yang diinginkan sesuai dana.

Seperti suatu malam, kami dan Shidqi berdiskusi tentang jenjang pendidikannya. Selepas SD nanti, kami minta Shidqi bisa melanjutkan ke SMP, lalu SMK, dan masuk ke Akademi Transportasi Darat jurusan Perkeretaapian di Cibitung.

Berharap sih dia bisa masuk negeri atau meraih beasiswa. Kami merasa kedua cara ini cukup meringankan beban biaya pendidikan masa datang.


Contoh kalkulasi dana pendidikan untuk Shidqi sebagai berikut:

http://lialathifa.blogspot.com/2016/08/solusi-jitu-menyiapkan-bekal-masa-depan.html


Hasilnya adalah Shidqi membutuhkan dana pendidikan S1 sebesar Rp. 189,659, 417 selama 4 tahun.

Dengan asumsi inflasi 15% pertahun, aku harus membayar sejumlah Rp. 1,297,428 setiap bulannya dalam jangka waktu 8 tahun, dengan harapan memberikan keuntungan sebesar 10% per tahunnya.


Bagaimana dengan Selma?

http://lialathifa.blogspot.com/2016/08/solusi-jitu-menyiapkan-bekal-masa-depan.html


Kebutuhan dana pendidikan Selma 12 tahun sejumlah Rp. 331,715,507. Jadi aku harus menyisihkan uang sebesar Rp. 1,199,964 setiap bulan.
  • Solusi diatas belum cukup jika kita hanya berinvestasi, tapi lebih baik kita juga bisa memproteksi keuangan kita dengan asuransi untuk melindungi jiwa.
  • Selain bekal dana pendidikan, bekal asupan gizi juga penting untuk anak-anak.  Tubuh sehat, jiwa dan fikiran juga sehat.
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/solusi-jitu-menyiapkan-bekal-masa-depan.html

  • Ikut bergabung program BEKAL MASA DEPAN (BMD) Morinaga Chil-Go! untuk meraih hadiah utamanya.


Memilih Ikut Program Bekal Masa Depan (BMD).

Ahh.. semoga tulisan ini tidak membosankan ya?!

Jujur, sebenarnya aku bukan agen asuransi maupun investasi ya, sodara.. sodara..

Aku cuma mau berdiskusi dengan kalian semua. Akhirnya aku juga memilih ikutan Bekal Masa Depan (BMD).

Program ini  diselenggarakan oleh Morinaga Chil-Go hingga akhir tahun mendatang, dengan tujuan #SiapCerdaskanBangsa. 

Orangtua diajak untuk mengirimkan ide-ide brilyan yang dapat dimanfaatkan pula oleh orangtua lainnya. Seperti anda...

Aku sudah ikutan dan mengirimkan ide stimulasi kecerdasan Selma. Bisa dibaca ulasannya: Meraih 500 juta Bersama Bekal Masa Depan Morinaga Chil-Go!


Berharap aku adalah salah satu dari 9 orang pemenang dengan hadiah utama total nilai 3 milyar rupiah dari 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :
  1. Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)*
  2. Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)*
  3. Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)*
*nilai investasi hingga usia 18 tahun mendatang.


Jika kita menang, dana asuransi pendidikan dapat digunakan pada anak kita nanti. Morinaga Chil-Go! yang akan mengatur semuanya.

http://lialathifa.blogspot.com/2016/08/solusi-jitu-menyiapkan-bekal-masa-depan.html



Cara ikutannya seperti ini:
  • kita membeli 6 (enam) botol Morinaga Chil-Go!, kirim struk bukti pembelian dengan kartu khusus yang didapat dari situs resmi Morinaga Chil-Go!.
  • Dapatkan kode unik dari hasil kiriman struk 
  • Daftar dan masukkan kode unik, lalu tuliskan ide cerita ayah bunda di www.bekalmasadepan.com
  • Jika sudah muncul, jangan lupa dishare ya ke sosial media.

Coba klik video di bawah ini, agar anda semakin YAKIN ikutan ya!





Aku memilih ikutan BMD Morinaga Chil-Go!  karena Shidqi dan Selma suka banget minum susu cair pertumbuhan ini. Praktis, bisa diminum kapan dan dimana aja.

Rasanya juga lezat, apalagi jika dalam keadaan dingin, seperti es krim dengan pilihan rasa coklat, strawberry, dan vanilla.

Kesempatan kan, sekali dayung, berharap salah satu hadiah utama dapat diraih. Beli, minum, sehat, dapat hadiah. Aaamiin...

http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/solusi-jitu-menyiapkan-bekal-masa-depan.html


Morinaga Chil-Go! juga sudah terdaftar  BPOM RI MD 260809251006 dan mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh anak-anak usia 1-12 tahun, seperti:
  • Protein yang diperlukan pada masa tumbuh kembang
  • Prebiotik Inulin 1000mg, menjaga pencernaan anak-anak tetap sehat .
  • Vitamin A, B, dan 9 vitamin serta mineral yang baik menunjang pertumbuhan sel-sel tubuh.
  • Zink yang membantu daya tahan tubuh.
  • Kalsium, membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Morinaga Chil-Go! diproduksi oleh Kalbe Nutritionals PT. Sanghiang Perkasa, pemegang lisensi resmi dari Morinaga Milk Industry CO.LTD, Japan.

http://lialathifa.blogspot.com/2016/08/solusi-jitu-menyiapkan-bekal-masa-depan.html

Kalbe Nutritionals sudah 50 tahun dipercaya oleh masyarakat di berbagai negara Asia. Berbagai penghargaan sudah banyak diraih dalam bidang food and beverages.

Jika asupan konsumsi anak-anak sudah baik, penting juga mendukung pendidikannya yang baik. Semoga ayah dan bunda yang ikut program ini bisa merasakan manfaatnya juga untuk si kecil ya.

Good Luck!




18 komentar:

  1. Wah Selma TK nya ada daftar ulang juga ya. Lebih gede biayanya daripada di Citayam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lumayan mbak :-)
      makanya kudu dipilah pilih dgn baik pengeluarannya nih

      Hapus
  2. aku jg ikut bmd morinaga chil go mbk, dan skrg mau nyiapin ide yg kedua, semangat bgd yak, hahaha, namanya jg usaha ya mbk, kali aja rejeki, hehe
    tengkiu shrenya mbk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren nih mbak Inda udah persiapan ide selanjutnyaa :-)

      Hapus
  3. Ikut ketar ketir Mbaaa...anakku juga 2. Sekarang sih belum sekolah, inyaAllah tahun depan si Kakak masuk TK.
    Iyaa...biaya pendidikan gede banget ya, huhu. Dan sebagai orangtua pasti ingi memberikan yang terbaik buat anak2.
    Ini lombanya siapa aja bisa ikut Mba? Mau coba ikutan ah..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum.. biar bgm pun pendidikan itu bayarnya mahal, hrs punya solusi utk meminimalisirnya :-)

      BMD buat orangtua yang punya anak usia Batita-SD mbak :-)

      Hapus
  4. daftar ulangnya gedhe juga yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk setahun penuh mbak.. iya sih lumayan juga ya hehe

      Hapus
  5. Yawloh biaya masuk sekolah skrg mahal ternyata gimana entar pas saya punya anak ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ayo menabung dan lakukan tips solusi jitunya ya mas, jangan lupa gabung di bekalmasadepan.com ^^

      Hapus
  6. Saya termasuk emak yang ketar ketir memikirkan biaya sekolah nih, mbak. Makanya mulai dari bayi, saya coba sisihkan uang untuktabungan pendidiksn anak. Tapi karena penghasilsn belum seberapa, ya nabungnya baru seumprit. Hihihi. Ini lebih baik daripada enggak sama sekali. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tindakan mbak sudah bagus banget.. sama nih gak bisa dipungkiri bayaran sekolah mmg bikin dagdigdug

      Hapus
  7. Terima kasih infonya, Mbak. Bakalan ikutan ah, hadiahnya menggiurkan soalnya. :)

    BalasHapus
  8. Semoga berhasil ya Mbak, Morinaga Kontesnya. Biaya pendidikan kayaknya sekarang kok ngga masuk akal banget yak. Apalagi tingkat universitas, biayanya gila-gilaan sampai ratusan juta. Gimana mau mikirin pengabdian yak, yang ada hanya cari kerja selepas kuliah. Hiks. Gimana nanti pas zaman anak-anak sekolah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiks fenomena bisnis juga mbak :( #nuduh tapi kayanya bener

      Hapus
  9. Hadiah nya banyak banget yaaa 3 milliar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bikin mupeng sayah ini :-)

      Hapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow This Blog