9/18/2016

Sensasi Wisata Edukasi Keluarga D’Kandang Depok

Halo, masih ingat caranya menstimulasi daya tangkap anak dan kecerdasan naturalisnya?

Kecerdasan naturalis dapat dilihat dengan adanya potensi dan minat anak akan lingkungan alam dan sekitarnya. Pastinya perlu diasah untuk bekal masa depan. Banyak lho pengusaha ternak, sayur organik, yang sukses.

Baca juga:

Ciri-ciri anak yang cerdas naturalis yaitu menyukai flora, senang bercocok tanam tidak jijikan terhadap serangga, menyayangi hewan, senang mengumpulkan daun untuk dimainkan, dan sebagainya.

Ada tempat edukasi yang cocok sebagai wadah mengembangkan kecerdasan naturalis ini. Bagus juga lho sekalian wisata untuk keluarga. Aku sudah berencana mengajak anak-anak ke sini. Namanya D’Kandang Amazing Farm.


http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html

Sebagai orang Bogor yang mepet ke Depok, aku juga baru tahu kalau ada tempat wisata edukasi yang deket dari rumah. Infonya kudapatkan dari mak Mira Utami, sesama Blogger.

Tapi beberapa hari sebelumnya aku agak galau, karena hampir saja kubatalkan. Adik bayi mendadak demam karena flu berat. Badannya panas, kalau siang hidungnya meler, sedangkan malamnya malah susah tidur karena mampet. Kukira karena juga mau tumbuh gigi.

"Kak, gimana nih? Adek demam. Kalau adek masih sakit, hari Sabtu gak usah jalan-jalan dulu ya".

"Yaaah, kasih obat aja bunda. Biar adek cepet sembuh".

Hmm, kasian liat ekspresi Shidqi dan Selma, sepertinya kecewa, tak mau acara wisata kami dibatalkan. Hufffft...

Ya, sudah. Segera kuberi adek bayi dengan TEMPRA DROPS sebanyak 0.8 ml sesuai untuk usianya yang pas 9 bulan. Diminum 3 kali sehari saja, selesai makan.

Alasannya cepat menurunkan demam. Penurun panas ini kupercaya sejak anak pertamaku pakai, pastinya sesuai anjuran dokter anak langganan kami. Obat turun menurun.

Dosisnya lebih ringan, berbeda dengan dosis Tempra Forte milik kakaknya yang berusia 6 tahun keatas.

Tempra Drops mengandung paracetamol 80 mg, cocok untuk bayi usia 0-12 bulan, lebih aman jika dibandingkan dengan ibuprofen, tidak menimbulkan iritasi lambung pada bayi yang masih rentan obat.

Rasa anggurnya pun disukai Syadid dan cara memberikannya lebih praktis dengan menggunakan pipet. Kan jadi mudah meminumkan obatnya, gak perlu tumpah-tumpah seperti pakai sendok atau gelas takar. Bayi itu gak bisa diam kalau disuapin.

http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html

Selain ASI, tak lupa kuberi dia vitamin berisi lactobasillus agar ususnya tetap sehat. Menyuapinya dengan bubur sop daging hangat, juga memberinya perasan buah jeruk yang mengandung antioksidan alami.

Stamina dedek bayi harus segera diisi ulang. Otakku benar-benar bekerja keras memikirkan agar semua kondisi teratasi. Aku ingin bayiku kembali sehat dan kakak-kakaknya tidak kecewa. Sudah terlanjur janji.

Sepertinya obat ini bekerja langsung di pusat syaraf panas. Nyatanya dua hari sebelum berangkat, Syadid sudah ceria lagi. Alhamdulillah, jadi deh pikniknya.

Hari Sabtu kami berangkat pagi menuju ke sini, melalui jalur Citayam dan menuju Sawangan. Jam bukanya dari pukul 09.00-16.00 WIB. Lebih pagi lebih baik kan?


Ceria Merasakan Sensasi Wisata Edukasi Bersama Keluarga


Senangnya melihat senyum kebahagiaan anak-anak begitu sampai di tempat wisata. Di sana tempatnya juga enak, anak-anak malah sangat antusias.

Tempatnya nyaman dan bener-bener pas buat refreshing. Hilangkan stress dan penat. Dijamin deh yang habis sakit, akan segera pulih dan segar ceria.

Bahkan Syadid bisa asyik menikmati es susu dan yogurt hasil perahan susu sapi khas yang didapat dekat pintu masuk utama.

Bayi ikut menyicip yogurt?
Iya, bayi Syadid mana mau gak ikutan makan-minum seperti kedua kakaknya. Dilarang-larang malah bisa-bisa direbutnya. Sedikit doang kok, biar gak penasaran, hehe..

http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
sibuk minum es yoghurt

Di bawah saung yang nyaman ini, kami bisa menaruh segala bekal, duduk santai, lonjoran, bahkan rebahan. Mulut tak berhenti ngemil, mata mengantuk kena sejuknya semilir angin dari sela-sela rumpun bambu.

Ini sih enak banget, kebetulan saung kami dekat dengan air mancur. Anak-anak bisa main air di situ sepuasnya, gratis. Aku dan suami bisa duduk santai melihat tingkah mereka asyik main dan berteriak melampiaskan kegembiraan.

Syadid ikutan main air juga?
Hihi, iyaa.. Seperti lupa sebelumnya sempat demam ya. Habis mau bagaimana lagi? Mainnya juga cuma sebentar kok, dia cuma pengen tahu. Lima menit main, langsung minta digendong, selesai.

http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
kapan lagi bisa main air kaya gini?

Shidqi dan Selma terus saja lanjut. Hampir setengah jam mereka bermain air dan ganti pakaian, itu pun setelah kami panggil. Kami masih butuh waktu lagi untuk menjelajahi area D’Kandang yang katanya seluas 60.000m2 ini.

Sebagai tempat wisata dengan tema naturalis ini menurutku unik, nyaman, dengan fasilitas  yang komplit.

http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
mau kemana kita? Peta!

Ada apa saja ya??
Pastinya semua yang ditemui di sini bikin Shidqi Selma ceria, gak sedih lagi karena adeknya kemarin sempat demam.

  • Ada area edukasi ketangkasan dan sosialisasi, seperti flying fox, ATV, naik kuda, memandikan kerbau bule, memberi dot susu kepada Cempek (anak kambing etawa), menangkap ikan, naik delman, melukis camping. Pokoknya hatiku jadi senang lihat mereka menikmati alam yang sesungguhnya. Hitung-hitung belajar sambil bermain kan?
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
menuju lokasi rope dan flying fox
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
cuma menjajal, belum berani beneran.
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
sesuai sunnah Rasul, belajar berkuda.
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
lucu banget mereka, akrab dan jinak
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
bang, ayo jalan..!

  • Ada area edukasi peternakan seperti memerah susu sapi, memberi pakan, melihat peternakan sapi perah, sapi potong, kerbau bule, kuda, ayam, kelinci, kambing Etawa, domba. Shidqi malah minta difoto bareng kerbau bule, hihi..
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
di dalam kandang
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
lorong kelinci dan menuju rumah ayam

  • Ada area edukasi perkebunan, dengan fasilitas lahan sayur organik, memanen sayur, melihat pembibitan buah belimbing, jambu kristal, Kokedama (seni menanam asal Jepang), tanaman hias dan lain-lain. Shidqi, Selma, dan ayahnya sampai terkagum-kagum, senang sekali bergaya di suasana kebun yang cantik.
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
tanaman hias dan Kokedama
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
kebun sayur
  • Kami pun bisa menggunakan fasilitas umum seperti musholla, kantin, aula yang luas, jembatan yang dibawahnya terdapat aliran sungai, toilet, saung, bangku ban di taman yang indah. Cocok buat bikin foto-foto narsis, cakep deh backgroundnya. Anak-anak selalu tersenyum jika difoto, terutama Selma tuh..
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
spot unik buat narsis
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
ada kantin dan musholla
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
ngaso dulu, banyakan duduknya daripada jalan

Well, tempat ini layak untuk coba, sebagai sarana pendidikan dan menjadikan kegiatan anak menyenangkan sambil mengenalkan flora dan fauna. Tentu saja menjadi tempat memanfaatkan waktu bersama keluarga sehabis sibuk bekerja.

Pelayanan petugasnya juga ramah. Abang delmannya komunikatif jika ditanya-tanya. Petugas juga sigap menjemput para tamu yang terjebak hujan lebat dan mengantar menuju parkiran dengan payung besar.

Apa memang sudah mau jam tutup ya? jadi semua dijemput karena harus pulang, masa mau nginep gara-gara hujan, hehehe..

Padahal Shidqi Selma masih suka banget lho di sini. Tempat wisata ini bisa menjadi tujuan bagi rombongan anak sekolah, acara gathering, reuni, kumpul keluarga. Lokasinya strategis mudah dijangkau dari wilayah Jabodetabek.

Harga tiketnya bukan tiket terusan ya, jadi untuk menikmati beberapa fasilitas di sini, tetap dikenai biaya. Ya wajarlah, buat perawatan tempat dan hewan pastinya dibutuhkan dana. Terjangkau kok..

http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html
daftar harga fasilitas

Penasaran??

Sebelum kemari jangan lupa tips berikut ini:
  1. Bawalah bekal nasi lengkap dengan lauk pauknya. Karena lokasinya bikin santai, bisa menghangatkan suasana keluarga bahagia. Sekarang mari buat slogan menjadi kumpul ora kumpul yang penting mangan.. ^_^
  2. Meskipun di sana ada kantin, alangkah baiknya bawa air minum yang banyak. Minum setelah lelah melangkah mengunjungi tiap lokasi wisata sangat menyegarkan.
  3. Jangan lupa bawa handuk dan baju ganti anak-anak. Mereka pasti akan sangat tertarik bermain air mancur di sana, atau mungkin lebih berasa bersih dari kandang sapi atau memandikan kerbau bule.
  4. Bawalah P3K dan obat penurun demam serta nyeri. Meskipun di sana ada klinik kecil tetapi lebih aman jika kita membawanya sendiri. Seperti kemarin aku bawa Tempra Drops obat penurun demamnya Syadid, minyak kayu putih, obat luka, dan plester luka. Alhamdulillah sih gak terjadi apa-apa.
http://lialathifa.blogspot.com/2016/09/sensasi-wisata-edukasi-keluarga.html

Nah jika semua sudah siap, saatnya ciptakan one thousand smile untuk anak-anak. Saatnya berlibur bersama mereka dengan gembira dan ceria. Wajah yang penuh senyum membuat anak-anak lebih sehat dan pintar lho.

Selamat berwisata edukasi keluarga ya, pastinya si kecil akan jadi anak hebat dan makin cerdas mengenal alam dan hewan.

آمِينَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ





38 komentar:

  1. wahhhh aku jadi pengen dateng ke sini deh, futu futu ama ternak ternaknya
    e itu ternak sapi beneran kan mb lia? bukan patung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya beneran semua mbak, gak ada patung samsek..

      Hapus
  2. Aku baru tau mba, ada dkandang ini.. makin bnyk aja yaa model kaya gini, bisa buat anak belajar skalian fun hihiii lumayan dkt dong mba lia

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya menyenangkan buat ngaso mbak :D

      Hapus
  3. Aduuhhh... pengen ke sini bawa anak anak😀

    BalasHapus
  4. Sebenarnya kapan itu pas dapet promonya pengen banget kesana mba, tp blm jadi2 haha. Kena macet nda mba :)
    Seru yaa tapi liat anak2 bermain di outdour gitu sambil belajar ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha itulah kenapa aku pun langsung dtg kemari pdhl abis jalan2 juga.. alhamdulillah kami gak lwt jalur macet mbak :-)

      Hapus
  5. Wah seru nih mba tempatnya, cocok buat ajak anak sm ponakan main2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya asik buat anak2 dan ortu juga mbak :-)

      Hapus
  6. Di daerah Pasir Putih itu sepertinya emang ada bbrp lokasi wisata ya mbk, salah satunya dKandang ini? Aku belum pernah menjelajahi Depok sampai ke sana. Hehe. TFS :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh aku pun baru tau Pasir Putih ada lokasi wisata lain.. aku pun kalo gak dikasih tau, gak ngeh ada DKandang hihi

      Hapus
  7. Makasih Mba infonya.. Pas banget lg mau jalan2 ke dkandang. Rumah lumayan deket tp belum pernah ke sana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah bisa jalan2 yg gak perlu jauh2 ya mbak :-)

      Hapus
  8. wah asyik juga yaaa tempatnya bisa jadi pilihan nih buat anak2 kalau ntar main ke depok :)

    BalasHapus
  9. Klo deket pasti langsung ajak anak ke sini deh.

    BalasHapus
  10. Es yogurt kayaknya enak banget itu, mba :D Yang area air mancurnya asyik ya buat anak2 main air gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya rasanya lumayan enak.. klo gak bisa menikmati area lain, main air disitu benar2 bikin anak2 ceria bgt

      Hapus
  11. Balasan
    1. banget utk ukuran Depok :-)

      Hapus
  12. aku kirain kandang apa gitu...hehehe bagus bagus.... lengkap banget di dalamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe beneran kandang sebenernya tapi diperluas jd arena perkebunan dan bermain

      Hapus
  13. asik depok punya tempat rekreasi baru

    budy | Travelling Addict
    blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  14. Tempatnya cocok untuk berwisata sama anak-anak ya mba, akses termudah dari Jakarta via mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.. Kalau Jkt mesti masuk ke Margonda Depok lalu ke arah Sawangan mbak

      Hapus
  15. wah deket dari bojong, bisa jadi pilihan weekend bareng keluarga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau lwt Citayam menuju jembatan serong, deket ternyata

      Hapus
  16. bisa jadi pilihan seru buat trip dengan anak-anak yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak trip ini bikin anak2 gembira

      Hapus
  17. Wah, seru bgt Mba. Anakku suka flying fox. Pasti suka tempat ini. Nanti tak tunjukin ke anak2 ah foto2 liburan ini. Thanks for sharing ya Mba. Informatif sekali. Salam utk si Kecil. Semoga sehat selalu dan selalu sedia Tempra buat jaga2. Saya juga loh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak.. semoga bermanfaat dan anak2 suka ya :-)

      Hapus
  18. ekspresi wajah Syadid gimana saat merasakan yoghurt? Biar cuman dikit, tp pasti bakal gimana gitu raut wajahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya nyerengit mbak, kedua kali ketiga keempat, doyan haha

      Hapus
  19. wisata bersama keluarga memang harus lah selalu kita luangkan .. agar tetap tercipta kebersamaaan dan kehangatan ...:)

    BalasHapus
  20. Bagus banget nih buat wisata edukasi bagi si kecil agar lebih mengenal alam dan dapat brinteraksi dengan hewan. fasilitasnya juga cukup lengkap.

    BalasHapus
  21. Wah...Terima kasih infonya mak Lia. Jadi tau apa aja yg perlu dipersiapkan kalau mau kesini. Seru banget...

    BalasHapus
  22. Kemarin saya ke sini belum sempat keliling semuanya, terutama ke arah kiri yang outbound, ternyata keren yah... Hehehe Pengen nyoba kesana lagi aaah

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Pengikut