Manfaatkan Ampas Jahe Jadi Kukis

Jangan buang ampas jahe anda!

Kenapa? 

Bisa dipakai buat bahan kue lho. Aku sudah mencobanya.

Berawal saat aku diserang batuk hebat setelah melahirkan. Batuknya mungkin berasal dari lelahnya begadang dan menyusui baby newborn. 

Minum obat batuk hitam tidak mempan, obat batuk herbal juga tidak meredakan. Hampir dua minggu batuknya tak kunjung hilang, rasa gatal di tenggorokan, perut bagian bawah jadi terasa pegal dan nyeri akibat tertekan.

Akhirnya mencoba terapi minum air jahe dan susu saja. Jahe kan mengandubg minyak atsiri, gingerol, vitamin C yang dipercaya mengobati batuk, gatal tenggorokan, mual, masuk angin, serta menghangatkan badan.

Cara praktis yang kulakukan adalah dengan melumatkan jahe di blender bersama air matang. Diperas, ditampung dalam botol. Tak perlu direbus lagi, karena menurutku kadar kandungan jahe akan berkurang jika terkena suhu tinggi.

Jika ingin minum, tinggal dituang ke dalam gelas, kemudian mencampurkannya dengan susu.

http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/resep-ampas-jahe-bisa-menjadi-kukis.html
nyam, nyam, nyam

Namun disaat ingin membuang ampas jahenya, rasanya kok sayang banget ya. Pasti tetap bisa dimanfaatkan. Mau bikin apa ya? 

Tiba-tiba teringat kukis jahe. Terbayang renyah dan gurihnya kukis.

Setelah uji coba, ternyata enak juga. Makan kukis jadi tidak mau berenti, tidak cukup 2 keping, tapi mau lagi, mau lagi, dan mau lagi. Meskipun kata Shidqi kukisnya terasa pedas hangat, hihi..

Serat ampas jahenya memang agak terasa, tapi jadi crispy, renyah, gak bikin seret di tenggorokan. Bukankah serat makanan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kan?


Bagaimana cara membuat kukis ampas jahe?

Ini resepnya:
Bahan:
- 200 gr margarin
- 150 gr gula pasir
- 500 gr tepung terigu.
- 50 gr tepung maizena (tidak pakai juga tidak apa-apa kok)
- 3 sdm susu bubuk.
- 1/2 sdt baking powder
- 2 butir telur, ambil kuningnya saja
- 50 gr ampas jahe, boleh lebih.
- 75 gr choco chips

Cara Membuat:
1. Olesi loyang dengan margarin. Sisihkan
2. Kocok margarin dan gula pasir hingga berwarna putih seperti krim.
3. Masukkan kuning telur, aduk rata.
4. Masukkan tepung, baking powder dan susu bubuk, aduk rata dengan sendok.
5. Masukkan ampas jahe, dan choco chips (sisakan sedikit untuk hiasan)
6. Aduk semua dengan tangan hingga rata (beri sedikit tepung pada telapak tangan anda agartidak lengket)
7. Comot sedikit demi sedikit adonan kukis, lalu bentuk membulat dan pipihkan di atas loyang, hingga adonan habis.
8. Beri hiasan choco chips pada setiap kukis
9. Panggang di dalam oven dengan api sedang.
10. Matikan kompor, dan diamkan kukis hingga dingin
11. Simpan di dalam toples kedap udara.

Porsi: 30 keping kukis jahe, atau tergantung cetakan selera anda.

Oiya, bagaimana nasib batuknya? 
Alhamdulillah, ikut membaik. Lebih mempan dibanding obat biasa. Tentu saja dibantu dengan tidur yang cukup, dan makan makanan bergizi.


Selamat mencoba ya teman :)


[Hari Ibu] Jadi Tenang Pakai Pampers, Ikuti Kontesnya!

Meskipun hari libur, Sabtu pagi kemarin aku tetap disibuki menyiapkan sarapan untuk keluarga kecilku, memandikan bayi Syadid, dan bersiap berangkat ke stasiun Bojong Gede menggunakan motor kesayangan. Biasanya sih habis sholat subuh masih leyeh-leyeh malas ke dapur dan ke sumur.
Sebagai ibu yang baru melahirkan, keluar rumah menghadiri seminar itu sesungguhnya seperti disuguhi hadiah sekotak coklat. Terasa manis dan dirindukan, ditunggu sedari malam. Bahagiaa deh, asyiiik besok jalan-jalan. Apalagi dapat undangan dari KEB dalam rangka merayakan Hari Ibu bersama Pampers, dengan tema Tidur Nyenyak Bayi #PakaiPampers.
http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html

Acara itu pas banget untukku dan dede Syadid yang baru berusia 2 bulan. Aku butuh informasi lebih tentang bayi. Meskipun sudah mempunyai Shidqi dan Selma, ilmu itu tak boleh terhenti diraih, biar tidak lupa. Jadi, semangat banget untuk pergi acara yang dilaksanakan di DoubleTree by Hilton, Jakarta, dekat sekali dengan stasiun Cikini. Aku membawa ketiga anakku, hitung-hitung liburan naik kereta Commuterline.
Tidur Nyenyak, Tidur Berkualitas.
Tiba di sana, kami beramah tamah sesama undangan dan blogger, sambil icip-icip menu sarapan. Tepat acara dimulai, DR. dr. Soejatmiko, Sp.A(K), Msi dokter spesialis anak dan konsultan tumbuh kembang anak mengawali dengan penjelasan tentang kualitas tidur bayi. Dijelaskan dengan gaya yang menyenangkan, dengan sulap lho, bukan bundanya saja yang jadi mendapat ilmu, anak-anak juga jadi senang lihatnya. Bisa aja nih pak dokter cari perhatiannya, hehe..
http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html

Untuk usia di bawah 3 tahun, total tidurnya adalah 10-11 jam dalam sehari. Sisanya adalah beraktifitas dan bermain. Dan ternyata, tidur itu bukan hanya sekedar melepas lelah, bukan penghilang ngantuk saja, akan tetapi menjadi faktor penentu dalam pertumbuhan fisik (melalui siklus non REM) dan perkembangan emosi-kognitif (melalui siklus REM) pada si kecil.
Jika anak sedang tidur, kedua siklus tersebut akan saling bergantian secara alami dan teratur, membuat pertumbuhan fisik, system imunitas, perkembangan otak, kognitif dan emosi menjadi seimbang dan berkembang optimal. Sehingga masa golden age terlalui dengan baik.
http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html

Apa sih yang dimaksud siklus non REM dan siklus REM?
Kalau yang saya baca, siklus Non REM itu sama seperti deep sleep, alias tidur nyenyak yang didahului proses otot melemas rileks, gerakan mata terhenti, detak jantung melambat, suhu tubuh menurun, dan aliran darah lebih banyak ke otot untuk mengisi energi fisik. Nah di saat ini tubuh akan meregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuh, sehingga memperkuat imunitas.
Sedangkan siklus REM itu siklus Rapid Eyes Movement, lebih dalam dari non-REM, tidur si kecil  ditandai dengan adanya gerakan bola mata, kedutan, jari tangan masih tergerak-gerak, bahkan ada yang terlihat senyum-senyum. Aktifitas otak dan detak jantung kembali meningkat. Di sini terjadi mimpi, namun otak tidak memberi perintah pada otot untuk bergerak, sehingga meskipun mimpi, tubuh tetap diam.
Kalau bayi tidur nyenyak, tentu saja ibu juga merasakan ketenangan juga. Tidak uring-uringan, tidak pusing kurang tidur. Tidak terganggu oleh tangis dan rewel. Tidak sumpek melihat cucian banyak. Hari Ibu bisa dimaknai dengan gembira, tidak lagi jadi Hari (Si) Ibuk dong, hehe.. Tuh Syadid juga tidur nyenyak pakai Pampers hadiah souvenir. Aku pun jadi mudah mengerjakan tugas yang lain. Meskipun begitu, aku tetap menggunakan popok kain di siang hari.
http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html
jadi pengen bobok juga nih
Dokter Soejatmiko bilang, menurut penelitian, sebanyak 40% produktifitas ayah ibunya pun terganggu karena bayi yang tidak nyenyak dan rewel, jadi bangun kesiangan karena begadang gonta ganti celana dan popok karena si kecil mengompol.
Biasanya yang menyebabkan mereka rewel adalah faktor pemicu seperti: lapar, suhu panas atau dingin, banyak mainan di sekitar tempat tidur, berisik, cahaya terlalu terang, atau kulit gatal akibat popok basah.
Air pipis itu mengandung urin yang dapat dipecah menjadi urea sehingga jika terkena kulit akan menimbulkan rasa gatal bahkan ruam kemerahan. Untuk masalah tersebut, Pampers hadir untuk membantu mengurangi masalah tidur bayi dan batita akibat ngompol.
Inovasi Pampers
Pada tahun 1956, Victor Mills, seorang insinyur produk yang bekerja di Procter & Gambles (P&G) menemukan inovasi popok yang lebih baik dan nyaman untuk cucunya yang baru lahir. Sejak itulah Pampers dinamai dan dikembangkan secara pesat mulai tahun 1961, diterima para ibu di seluruh dunia. 
Nama Pampers menjadi Top of Mind. Ingat popok sekali pakai yaa kita langsung menyebut Pempes atau Pempers. Meskipun popok lainnya bermunculan dengan merk bermacam-macam, tetap bilangnya Pampers.
Ibu Febrina Herlambang selaku Communications Manager P&G Indonesia mengatakan, selama lebih dari 50 tahun, Pampers terus berinovasi untuk terus menerus memberikan rasa kering, mudah digunakan, dan nyaman untuk kulit si kecil. Mendukung bayi bebas tidur nyaman, Pampers mampu menampung cairan hingga selama 12 jam. 
Melalui uji coba siang itu, Pampers terbukti memiliki super gel yang mampu menyerap cairan lebih cepat, permukaannya tetap kering, dan rongga pori-pori sehingga membuat kulit bayi tetap sehat karena mendapat sirkulasi udara.
http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html
demontrasi pembuktian produk Pampers
http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html
bukti Pampers lebih cepat menyerap
Bener lho, kecepatan penyerapannya mendahului penyerapan popok sekali pakai (pospak) merk lain, srooot, langsung tersimpan di dalam Pampers. Seperti terkunci tidak balik lagi, permukaannya kering tidak membuat tissue percobaan menjadi lepek. Bahkan saat diberi uap air, gelas percobaan menjadi berembun, menandakan bahwa Pampers tetap memberikan ruang udara keluar.
http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html
Pampers diberi air panas

http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html
Pampers tetap memberikan udara keluar

Hal ini diakui manfaatnya oleh brand Ambassador Pampers, Artika Sari Devi. Ia menceritakan bahwa kedua anaknya dibuat pola tidur yang baik dengan dibiasakan tidur sesuai jam-nya. Dibantu Pampers setiap malam, yang dipakai sejak sore dan diganti sebelum tidur. Sehingga tidur anak-anak semakin nyaman. Artika mengakui menjadi saksi perjalanan inovasi Pampers dari masa ke masa, sebelum dia menjadi ibu hingga sekarang.

http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html

Dipasaran Indonesia, Pampers ini tersedia dalam dua varian, kita bisa memilih dengan keunikan masing-masing seperti:
a. Pampers Premium Care Active Baby (baru, mulai beredar 1 Oktober):
-  Didampuk menjadi no.1 untuk perlindungan dibanding merk Pampers lain. Lembut dan memiliki gel dengan daya serap tinggi, segar setiap saat sehingga membantu menjaga sirkulasi udara, kulit pun tetap kering tanpa lembab.
-   Bagian karet lebih fleksibel, nyaman, pas dipakai, dirancang dengan estetika yang baik.
-  Memiliki lotion khusus perlindungan kulit sehingga membantu melindungi kulit bayi dari rasa gatal.
- Tersedia dari ukuran Newborn sampai XL, harga mulai Rp. 28.000,-

b. Pampers Baby Dry Pants.
 - Memiliki lapisan ganda Extra-Dry Layer dan Super Gel yang lebih cepat menyerap dan mengunci cairan, mengunci kebasahan hingga 99.9% sehingga menjaga kulit tetap kering dan anti bocor setiap malam.
-  Dilengkapi lotion yang melindungi kulit sensitif pada bayi.
- Popoknya berbentuk celana dengan karet yang lentur sehingga nyaman dan mudah dipakai.
- Tersedia ukuran S sampai XXL, dengan harga kisaran Rp. 21.000,- sampai Rp. 68.000,-
Ikuti Kontes Foto Pampers
Dalam rangka menyemarakkan Hari Ibu 2015, Pampers mengadakan kontes Foto dengan tema “Tidur Nyenyak #PakaiPampers.” Para ibu yang memiliki bayi dan batita, diajak mengirimkan foto kreatifnya di wall Fanspage Pampers Indonesia. Diadakan mulai tanggal 22 Desember 2015 hingga 22 Januari 2016.
http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html

Caranya:
-          Siapkan foto si kecil usia 0 – 36 bulan, yang sedang tidur nyenyak dan memakai popok Pampers tipe apa saja, misalkan Pampers Premium Care Pants/Taped atau Pampers Baby Dry Pants.
-          Like Fanspage Pampers Indonesia
-          Unggah foto dan tulis cerita pengalaman kita dan si kecil saat tidur menggunakan Pampers pada wall, bukan pada kolom komentar atau inbox yaa.
-          Jangan lupa gunakan hastag #PakaiPampers pada cerita tersebut.
-          Sertakan nama depan anak, usia anak, dan kota tempat tinggal.

Penilaian:
-          Foto dinilai dari kreatifitasnya, orisinil, imajinatif, ciptaan sendiri, belum pernah dipublikasikan ke media sosial mana pun.
-          Foto bisa diunggah menggunakan ponsel, PC, atau tablet.
-          Bisa mengirimkan beberapa foto, namun tetap dinilai kreativitasnya, bukan banyaknya foto.
-          Jenis perangkat foto tidak dibatasi, bisa menggunakan kamera professional, smartphone, kamera digital, yang penting bagus dong!
-          Pengumaman pemenang pada hari Rabu, 3 Februari 2016.
-          Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

Hadiah:
-       Lima pemenang akan dipilih untuk tampil di majalan Mother & Baby edisi bulan Maret 2016 bersama Brand Ambassador Pampers Indonesia, Gisella Anastasia.
-       Untuk anda yang tinggal di luar kota, tiket pulang pergi, akomodasi 2 hari untuk photoshoot di Jakarta ditanggung pihak penyelenggara (tidak termasuk tunjangan dan keperluan pribadi).
-       Hadiah tidak bisa dipindah tangankan ke pihak manapun, tidak bisa diuangkan, tidak boleh dijual belikan.
-       Pemenang menerima semua keputusan yang disediakan sebagaimana adanya dan tidak menuntut lebih kepada pihak P&G
http://lialathifa.blogspot.com/2015/12/hari-ibu-jadi-tenang-pakai-pampers.html

Informasi lebih lanjut simak saja di Fanspage ya.

Yuk ibu-ibu, pakaikan Pampers pada si kecil dan ikut kontesnya, siapa tahu si kecil jadi foto model majalah, keren kan?!


Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah Mekar Tanpa Telur

Dunia Dari Rumah- Siang ini, nasib ibu menyusui yang belum bisa kemana-mana pengen ngemil kue. Melongok ke dalam kulkas, aiih.. gak ada apa-apa.

Membuka lemari, hanya ada tepung terigu, gula merah, tepung sagu, minyak goreng, margarin, fermipan, soda kue, gula pasir. Rasanya ada yang kurang nih, ah iya, telur. Tadi pagi habis untuk nasi goreng. Mau ke warung kok rasanya repot membawa si bayi.

Pikir-pikir kue apa ya yang bisa dibuat tanpa ada telur sama sekali?
Akhirnya mencoba-coba bikin bolu kukus gula merah saja. Bisa lho tanpa telur.



Ini cemilan alternatif jika kita benar-benar darurat kepengen kue, apalagi sebentar lagi anak-anak pulang sekolah, selalu deh nanyain, "ada cemilan gak? bunda bikin kue apa?"

Jika anda tidak punya cetakan bolu kukus, bisa kok pakai double pan. Resep ini kita coba untuk keperluan ganjal perut ya, santai, tidak perlu cantik. Bahkan saya gunakan kertas HVS yang digunting membentuk lingkaran untuk wadah adonan, karena kertas rotiya tidak ada. 

Aduh, darurat semua ya, hahaha. Untuk urusan perut, semua harus kreatif bahkan nekat.

Baiklah, mari kita mulai membuatnya.

Siapkan bahan:
- 250gr tepung terigu segitiga
- 25gr tepung sagu (tidak pakai juga tidak apa-apa)
- 1sdt munjung soda kue
- 100 ml minyak goreng
- 210 ml air
- 3 keping gula merah (saya suka yang berwarna gelap, kaya gula aren gitu deh)
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdt garam

Cara Membuat:
1. Rebus gula merah, gula pasir, garam, hingga larut, saring. Sisihkan sambil menunggu dingin.
2. Campurkan tepung terigu, tepung sagu, soda kue. Aduk rata
3. Masukkan larutan gula ke dalam tepung, aduk rata dengan sendok.
4. Masukkan minyak goreng, aduk kembali hingga rata dan tidak menggumpal.
5. Diamkan selama 15 menit, sapai terlihat adonan muncul gelembung-gelembung kecil
6. Panaskan dandang untuk mengukus, beri serbet di bagian tutup untuk menghindari air uap menetes
7. Susun kertas di dalam cetakan satu persatu.
8. Masukkan adonan ke setiap cetakan, 3/4 bagian agar ada tempat untuk merekah.
9. Kukus hingga 20 menit.
10. Setelah matang dinginkan. Santap deh..

Rasanya manis legit beraroma gurihnya gula merah, apalagi jika rebusan air ditambah daun pandan segar, hhhmm.. makin wangi dan sedap.



Bahan diatas pas menjadi adonan untuk 12 cetakan ya.
Mudah banget kan? silahkan mencoba :)


Cahaya Hati Untuk Menuju Khazanah Ilahi

Suatu hari saya iseng membuka file backup di komputer yang kerap kali ngehang, ternyata malah ketemu kumpulan tulisan almarhum ayah yang selama ini menjadi inspirasi jiwa dan fikiran saya sebagai manusia.
Saya buka tiap judul, ah sungguh membangkitkan rasa kangen saya kepadanya. Ayah itu senang ngobrol dan menulis. Kalau tidak ada teman ngobrol, beliau akan menuangkan semua apa yang dipikirkannya ke dalam suatu tulisan. Seperti ini salah satunya yang sedikit saya perbaiki agar tatanannya enak dibaca.
Kata Ayah:
Untuk mengenal dunia ini, manusia membutuhkan cahaya yang menyinari untuk bisa melihatnya, seperti matahari, lampu, obor, dan sebagainya. Begitu pula hati ini, apabila ingin melihat khazanah Allah swt maka dia membutuhkan  nur (cahaya) hidayah yang dapat memperlihatkan dengan jelas segala kebesaran Allah swt.
Tanda-tanda Adanya Cahaya Dalam Hati:
1.   Manusia tidak tertipu oleh keduniaan.
            Dihadapan Allah swt, dunia ini tidak lebih berharga dari sehelai sayap nyamuk, dan karena tidak mempunyai nilai tinggi tersebut maka Allah swt berikan kebebasan kepada siapa saja yang menghendakinya untuk mengambil sepuas-puasnya tanpa batas.
Dan bagi manusia yang tidak menyadari akan nilai dirinya yang sebenarnya lebih mulia dari segala makhluk yang pernah Allah swt ciptakan, maka dia akan merasa bahwa kebahagiaan hidupnya adalah apabila bisa meraih dunia yang tak berharga itu sebanyak mungkin.
Dia korbankan dan habiskan harta, diri, waktu dan segalanya demi meraih dunianya tersebut. Adapun orang-orang beriman justru sebaliknya, dia tidak terkesan dengan kehidupan dunia yang melalaikan, tetapi dia sibuk dengan cita-citanya untuk bisa meraih kehidupan akhirat yang membahagiakannya kelak.
2.   Kehidupannya terpaut dengan kehidupan akhirat.
            Dikisahkan contoh seorang anak kecil berusia sekitar 7 tahun bernama Zainal Abidin, ketika sedang bermain dengan anak-anak lainnya, dia melihat ibunya sedang membakar kayu dalam tungku untuk memasak dengan kayu-kayu berukuran kecil karena mudah menyala. Yang terjadi justru dia menangis karena membayangkan api neraka yang menyala-nyala membakar dirinya. Masya Allah.
3.   Mempersiapkan diri untuk bekal mati.
            Dihabiskan segenap waktu hidupnya untuk berda'wah mengajak manusia taat kepada Allah swt tanpa mengenal lelah dan bosan. Bagaimana Salman Al Farisi berpesan ketika akan menemui ajalnya saat dia sedang sakit, yaitu minta disirami dengan minyak kasturi, karena sebentar lagi malaikat maut akan datang menjemput dirinya, dan dia suka wangi-wangian tersebut.
Abu Bakar ra berpesan agar dimandikan bagaikan Rosululloh saw dimandikan. Begitu pula raja Zulqornain berpesan agar ketika dikafani tangannya dikeluarkan agar rakyatnya melihat dan mengetahui bahwa kematiannya tidak membawa harta benda.
Perbanyaklah permintaan ketika dalam berdo’a:
      -  Iman yang sempurna.
      -  Cinta kepada iman.
      -  Memperoleh cahaya iman.
      -  Kekuatan iman.

Praktek keimanan yaitu:
a. Ketika perut lapar maka ingatlah kepada Allah swt bukan kepada makanan, baru setelah itu upayakan untuk meni’mati lezatnya makanan dengan tidak melupakan adab-adab di waktu makan, karena yang menghilangkan lapar adalah Allah swt.
Allah swt bisa membuat seseorang kenyang tanpa harus memakan makanan. Contohnya Siti Fatimah rha ketika dalam keadaan kelaparan yang sangat, dido’akan oleh ayahandanya Rosululloh saw, maka sejak itu dia tidak pernah mengalami kelaparan.
b. Ketika sakit ingatlah Allah swt dan upayakan sholat dahulu sebelum pergi berobat, setelah itu carilah madu dan minumlah dengan keyakinan Allah swt Yang Maha Menyembuhkan.
Luruskan iman kita, maka amal akan lurus pula.

Terimakasih ayah, sudah menasihati aku saat ini.