be a good life and happy family

Resep Es Kacang Merah Susu Morinaga Chil-Go!

http://lialathifa.blogspot.co.id/2015/11/resep-es-kacang-merah-susu-chil-go.html

Sudah tahu es kacang merah?
Aku baru tahu dan sudah mencoba lho, hehe kuper kok bangga.
Dulu, almarhum ibu selalu membuat sup kacang merah atau menjadikan kacang tersebut sebagai tambahan rendang. Jadinya aku gak tahu enaknya kacang merah dijadikan jajanan es. Ternyata sedap yaa.

Aku sempat terkesan saat menonton sebuah film drama Taiwan, di situ tokoh utamanya jajan es kacang merah, eh kaya apa rasanya sih? keliatannya enak tapi masih terbayang aneh, seperti membayangkan makan sayur dingin. 

Untungnya di salah satu restoran fast food tersedia menu es kacang merah, aku segera memesan. Meski hanya dapat semangkuk dan kurang mengenyangkan, aku jadi tahu rasanya. Ohh, kaya begitu. Satu kata terucap: 
ENAK
SEGAR
Jadi dua kata deh, hihi.

Kata temanku di Palembang, es kacang merah sudah populer. Wah ketauan, ketinggalan jaman deh. Merasa tidak puas karena mahal tapi porsinya sedikit, jadi kepengen bikin aja di rumah. Apa sih yang tidak bisa dibuat? Aku mencari resepnya di tabloid masak, di internet pun lebih banyak. Wah, sepertinya tidak susah tuh.

Ketika hari itu abang tukang sayur menawarkan kacang merah segar yang ukurannya besar-besar, mendadak kepikiran bikin es kacang merah, kebetulan sedang banyak persediaan susu cair Chil-Go! di rumah.

http://lialathifa.blogspot.co.id/2015/11/resep-es-kacang-merah-susu-chil-go.html
simpan dalam kulkas biar makin sip

Meskipun gosipnya kacang merah dapat membuat kembung karena kandungan toksinnya (lectin phytohaemagglutin) cukup tinggi, tapi tidak menyurutkanku membuat penganan tersebut. Toh, zat gizinya juga baik, sumber kalori dan protein yang tinggi, asam folatnya juga tinggi, begitupun seratnya yang baik untuk melancarkan buang air.

Kembali kebat kebet resep, akhirnya aku membuat es kacang merah dengan modifikasi sendiri di dapur. Setelah kutawarkan kepada anak-anak dan suami, dudududuuu.. mereka suka bangeet. Nagih, pengen nambah terus. Untung bikinnya cukup banyak.


Begini resepnya:

Bahan Utama:
- 500 gr kacang merah 
- Air untuk merebus hingga lunak (bisa pakai presto agar hemat gas), jangan ditambahi gula maupun garam, karena kacang ini termasuk susah lunak.
- Pisang lampung yang kecil-kecil bentuknya dan matang, rasanya manis (ini tidak mutlak, variasi saja sesuai selera)

Bahan Kuah:
- 200 gula pasir
- 2 balok gula merah, diiris-iris
- 1/2 sdt garam
- 2 botol susu Morinaga Chil-Go! rasa coklat (atau bisa anda ganti dengan susu bubuk coklat)
- Daun pandan
- 1,5 liter air

Bahan Saus:
- 1 botol susu Morinaga Chil-Go! rasa vanilla (atau santan kental yang sudah dididihkan)
- Es batu yang diblender atau pecahan halus.

Cara Membuat:
Eits, mari pakai celemek dulu, biar bajunya tidak kotor, hehe.
Yuuuk..
- Siapkan bahan kuah, didihkan air, lalu masukkan gula pasir, gula merah, garam, daun pandan, aduk-aduk hingga larut dan harum.
- Masukkan kacang merah dan sisa air rebusan ke dalam larutan gula, aduk rata.
- Masukkan susu Morinaga Chil-Go! coklat, aduk sebentar.

http://lialathifa.blogspot.co.id/2015/11/resep-es-kacang-merah-susu-chil-go.html
tuang perlahan-lahan
- Matikan api, diamkan hingga dingin.
- Sajikan dalam mangkuk, tambahkan pisang yang diiris
- Lalu siram dengan saus susu vanilla dan es batu.


Gimana? beneran gampang ya, kalau dikalkulasikan total pembuatannya, es ini bikin hemat dan kunilai sehat. Meskipun judulnya es tapi aman diberikan kepada anak-anak, karena terbuat dengan menggunakan susu cair steril Morinaga Chil-Go! yang mengandung 1000 mg prebiotik inulin yang berperan sebagai makanan bakteri baik dan serat pangan. Ada juga kolin dan inositol, vitamin B komplek, Zinc, Yodium yang membantu meningkatkan kemampuan otak anak dalam berfikir dan konsentrasi belajar.

Morinaga Chil-Go! itu susu cair petumbuhan untuk usia 1 hingga 12 tahun yang dibuat sebagai pendamping susu pertumbuhan Morinaga Chil Kid dan Morinaga Chil School. Senang dong jika tubuh anak-anak sehat, penunjang kecerdasan juga kan, menjadi generasi platinum yang siap menghadapi era global.

Morinaga Chil-Go! sudah terdaftar di BPOM RI MD 260809251006 dan halal. Dikemas praktis dalam botol kemasan 140ml. Tersedia dalam 3 rasa, coklat, vanila, dan strobery. Jadi makin gampang dibawa dan diminum kemana saja. Wherever you go.


http://lialathifa.blogspot.co.id/2015/11/resep-es-kacang-merah-susu-chil-go.html
Mau ke sekolah


http://lialathifa.blogspot.co.id/2015/11/resep-es-kacang-merah-susu-chil-go.html
Mau jalan-jalan naik kereta


Shidqi dan Selma makin ketagihan sama susu itu. Mereka suka malas kalau disuruh bikin susu sendiri, kalau gak tumpah-tumpahan atau malah susu bubuknya diemut-emut saja, hahaha kelakuan lucu. Nah sekarang kan enak tuh, kalau mau minum Morinaga Chil-Go! sih tinggal colokin sedotan, dan minum langsung, srot srot srot glek...

http://lialathifa.blogspot.co.id/2015/11/resep-es-kacang-merah-susu-chil-go.html
di sekolah

Sekilas info juga kalau susu cair Morinaga Chil-Go! itu diproduksi atas lisensi Morinaga Milk Industry Co.Ltd, Jepang. Kalbe Nutritionals dipercayai untuk mendistribusikannya, sekarang sudah ada pusat PT. Kalbe Morinaga Indonesia yang didirikan pada tahun 2005 silam.

Sudah 10 tahun produk Morinaga sangat diterima oleh masyarakat luas. Sudah dieskpor ke berbagai negara seperti Malaysia, Vietnam, Filiphina, negara Asean gitu deh. Sudah dapat sertifikat HACCP dan ISO 14000 juga, jadi wajar dong aku gunakan susu cair ini untuk bikin es kacang merah atau kue lainnya.

Bu, bisa gak kalau resep es kacang merah itu susunya diganti aja?

Bisa, pakai saja susu lain seperti susu Zee, Entrasol, Diabetasol buat yang diabetes, atau ditambah Nutrive Benecol. Naah sekalian toppingnya ditambah irisan Fitbar.
Enak deh pokoknya, makin mantap sehatnya, semua itu juga makanan dan minuman produksi PT. Kalbe Nutritional, masih saudaraan, hehe...

http://lialathifa.blogspot.co.id/2015/11/resep-es-kacang-merah-susu-chil-go.html

Hidup sehat kan pilihan, makanya aku modifikasi resep menjadi lebih bervariasi dan tentu saja menyehatkan keluarga kecilku, daripada jajan sembarangan, lebih baik selektif dalam memilih jajanan sehat.

[Baca juga: Alasan Memilih Morinaga Chil-Go! Jadi Jajanan Anak]

Jika ada keluhan pada produk itu, kita tinggal telepon customer service-nya di nomor 0800-140-2000, bebas pulsa jadi kesempatan bertanya banyak.

Kalau aku telah bergabung dengan sosial media Morinaga Platinum, karena suka ada info lomba dan promosi menarik. Ayah dan Ibu bisa gabung juga kok, klik dan like saja di Fanspage Morinaga Platinum atau follow twitternya di @morinagaID dan Instagram @morinagaplatinum.



Bagaimana, Anda tertarik dengan resep diatas?
Selamat mencoba ya!



6 komentar:

  1. Duh..itu es kacang merah menggiurkan sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin yuk mbak buat hidangan arisan hehe

      Hapus
  2. seger banget es kacang merahnya.maau....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seger mak.. bikin kenyang juga :-)

      Hapus
  3. pernah bikin makanan dari bahan kacang merah. Duh, beneran dech lama sekali matengnya. kalau es kacang merah aku juga suka, tinggal beli saja, hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. triknya jangan pakai gula garam saat direbus.. iya beli lbh praktis yaa hehe

      Hapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow This Blog