8/03/2015

Cara Jitu Cegah Wasir dan Tetap Fit Saat Hamil Dengan Sunpride

Wasir alias ambeien bisa menyerang siapa saja. Dari gejala yang paling ringan hingga stadium 4. Dari yang tidak terasa apa-apa hingga di daerah anus menyisakan benjolan yang keluar disertai darah. Kalau sudah begitu, rasanya meresahkan. Duduk tak enak, buang air besar tak nyaman. Benar kan?
Kini, saya todong anda dengan pertanyaan:
Pernahkah anda mengalami gejala wasir di saat hamil?
   Jika tidak,
Mari ucapkan Alhamdulillah.
   Jika iya,
Aha, akhirnya saya punya teman yang senasib, hihi.
   Pada kehamilan anak pertama dan kedua saya selalu mengalami wasir. Hal ini terjadi saat mulai kehamilan berumur 6 atau 7 bulan. Penyebabnya bisa terjadi akibat pengaruh hormon sehingga pembuluh darah mengalami kelemahan, makin besarnya janin, kurang berolahraga ringan, dan sembelit akibat kurang serat makanan.
   Aduh mak, pak, saya sempat menangis jika sudah terasa sakitnya. Nyeri, gatal, agak bengkak dan selalu ada rasa takut menyertai setiap ingin buang air besar. Sempat berkonsultasi dengan dokter, apa yang harus saya lakukan?
   Saya hanya diberi obat salep pereda nyeri yang dioleskan dipermukaan anus, maupun obat secara anal yang dimasukan ke dalam lubang anus. Tidak boleh dibedah jika belum melahirkan, karena akibatnya dapat menyebabkan kontraksi. Disarankan perbanyak minum air putih, makan buah dan sayur. Eh tapi setelah melahirkan, gejala itu terasa hilang dengan sendirinya. Bahkan seperti saya abaikan karena tidak mengalami bengkak lagi.
   Terapi Pola 7 Hari Konsumsi Buah.
   Tahun ini saya hamil anak ketiga. Mulai memasuki usia hamil 6 bulan, bertepatan bulan suci Ramadhan. Saya sempat was-was, takut wasir akan menyerang lagi. Mudah-mudahan gak kambuh. Saya pun tak ingin ketinggalan meraih kemenangan di bulan Ramadhan, maka saya ingat pesan dokter. Lakukan pola banyak minum air putih dan konsumsi buah sebelum sahur, saat berbuka puasa, setelah makan malam, dan sebelum tidur malam hari.
Porsi sedikit asal sering, agar perut tidak terlalu terasa penuh. Diimbangi pola konsumsi buah dalam 7 hari. Dalam sehari harus ada buah segar. Ingin membuktikan bahwa wasir tidak akan balik lagi saat hamil dan saya harus kuat berpuasa sebulan penuh. Semangaat!!
   Sengaja belanja ke supermarket memborong buah-buahan, sekalian jalan, maklumlah jaraknya cukup jauh. Saya memilih produk buah Sunpride, namun karena tidak komplit persediaannya akhirnya buah yang lain pun dipilih. Ya sudahlah, cukup puas dengan buah yang ada. Saya percaya buah-buahan itu lebih baik dan terjaga kwalitas kesegarannya.
   Inilah menu buah-buahan yang saya konsumsi selama 7 hari berturut-turut:
·   Hari Pertama: Rock Melon
   Daging buah ini berwarna kuning oranye. Rasanya lebih padat, renyah, dan amat manis. Mirip labu kukus tapi lebih terasa manis gula dan berair. Cocok banget untuk berbuka puasa, dan untuk penderita wasir yang membutuhkan serat dan cairan, sehingga dapat menghindari sembelit. Bagi kami cukup dipotong dadu saja, tak perlu dibuat macam-macam, karena rasanya sudah nikmat. Shidqi dan Selma saja jadi berebut ingin menghabiskan.
nyam-nyam 
·   Hari Kedua: Guava Crystal
   It’s my favorite fruit. Dikenal dengan jambu biji mutiara. Segar banget jika dibuat stup, manisan, bahkan dimakan langsung dan dicocol sambal rujak. Tak perlu beli asinan buat berbuka. Meskipun ukurannya sudah besar, daging buahnya tetap renyah dan bijinya tidak terlalu keras. Saya sanggup menghabiskan sebuah jambu besar ini sendiri. Hebatnya jambu ini kaya vitamin, mineral, antioksidan, dan serat larut. Makan buah ini yakin deh bisa memenuhi kebutuhan penderita wasir dan ibu hamil seperti saya.

·   Hari Ketiga: Sop Buah Pisang Cavendish
   Selain dimakan utuh, pisang Cavendish itu enak sekali dicampur dalam sop buah atau ditambah es krim. Rasanya manis, tidak asam dan lembut dikunyah. Mengandung kadar potassium (kalium) yang tinggi dapat memberikan energi ekstra dan dapat mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Jadi bagi yang suka lemas berpuasa, gak salah nih jika memilih menu berbuka puasa dengan konsumsi sop buah pisang. 
Sop pisang dan apel, manis asam segar
   Atau jika anda kesiangan bangun sahur dan masih ada beberapa menit menjelang azan subuh, saya sarankan makan buah pisang ini dan minum air putih ya, praktis dan cukup memenuhi energi selama berpuasa hingga maghrib. Ini pengalaman saya dan suami. Jadi jangan alasan tidak berpuasa karena tidak sahur lagi, duh rugi ah!
daging buahnya tidak cepat coklat kusam
·   Hari Keempat: Rujak Apel
   Bagiku apel itu lebih nikmat dimakan sambil dicocol garam pedas. Seperti orang ngidam lagi saja. Perpaduan rasa renyah, asam, manis, asin, dan pedas di lidah membuat rasa ngantuk hilang menjelang sholat tarawih. Apel yang kaya antioksidan dan serat larut ini juga kupilih untuk mengatasi wasir dan pelepas lapar.

krauk segar rasanya
·   Hari Kelima: Golden Melon dan Jus Alpukat
   Golden Melon adalah produk buah Sunpride selain Rock Melon. Bedanya kulitnya berwarna kuning menyala, daging buahnya berwarna putih kehijauan, renyah, dan manis. Kami konsumsi buah ini menjelang imsak. Kadar air di dalamnya cukup membuat saya kuat berpuasa, dan tentu saja mencegah bibir kering dan wasir. Dan tak lupa saat berbuka puasa saya siapkan jus alpukat yang tentu saja menambah nikmat di saat haus dan lapar.
bikin ketagihan
·   Hari Keenam: Nanas dan Belimbing.
   Ini nih perpaduan buah tropis yang cocok banget jika disantap sesudah sholat maghrib. Rasa yang segar dan kadar air serta seratnya sangat tinggi, cukup menjadi pengganti cairan yang berkurang setelah berpuasa. Kalau dipikir-pikir buah ini bagus juga untuk anda yang menginginkan berat badan ideal.
bebas haus kalau makan ini


   Jangan alergi membayangkan makan nanas akan membuat gatal. Nanas Honi beda kok, karena memiliki kadar kalsium oksalat yang rendah sehingga tidak memicu gatal, dan asam askorbat yang rendah sehingga tidak membuat mulas di perut. Seratnya bagus juga untuk pencernaan usus. So, pilih deh! 
·   Hari Ketujuh: Rujak Jambu Air dan Nanas
     Aha, ini menu yang ditunggu-tunggu. Rujaaak.. slruup *lap iler
   Jambu air biasanya musiman, entahlah akhir-akhir ini malah sering saya temukan, bersyukur sekali. Saya senang memilih buah yang kadar airnya tinggi. Hal ini menjadi alasan penting dalam memenuhi kadar air dan serat di dalam tubuh. Agar bebas wasir, tentunya ingin kehamilan tetap fit. Bener deh, saya sudah mulai merasakan manfaatnya. Bukan omong kosong.
Cobain ini di siang hari, pusing minggat

  Fresh Everyday dengan 7 Hari Konsumsi Buah.
   Percaya tidak percaya, pola 7 hari mengkonsumsi buah ini memberikan efek yang sangat menyenangkan. Meskipun setelah 7 hari itu dijeda selama 3 hari tanpa buah, tetapi kemudian dilanjutkan dengan pola itu kembali, saya tetap nyaman. Tak lagi mempersiapkan obat peluru untuk meredakan nyeri, hahaha. Pola tersebut tidak harus baku ya, bisa kita ganti-ganti menu buahnya. Bukan hanya dimakan langung, bisa saja anda jadikan salad buah, topping pie, jus, campuran bolu, puding, es mambo, dan sebagainya. Seru deh...
  
   Alhasil wasir yang sempat menghantui saya, benar-benar tidak kambuh sama sekali. Buang air besar jadi lancar, gak keras, jadi teratur. Setiap pagi, perut jadi punya alarm untuk membuang hajatnya. Rasanya plong bebasss merdeka. Gak bengkak dan gak nyeri lagi. Ahh, tapi saya gak bisa membuktikan langsung secara nyata, gak mungkin dong pamer anggota tubuh ini, yihihi.. Coba saja sendiri. Pelan-pelan tapi teratur dan konsisten mengkonsumsi buah juga sayur.

Selain itu seumur-umur saya bisa melaksanakan puasa Ramadhan secara penuh. Biasanya kan suka bolong-bolong dan harus bayar hutang puasa. Alhamdulillah, meskipun sedang hamil tetapi tetap fit berpuasa. Jadi berkah rasanya.

Usia hamil bertambah, berat badan tetap saja stabil. Ini karena teratur makan buah, apa karena saya rajin jalan kaki juga ya?. Suka banget jalan kaki menyusuri trotoar untuk menghadiri undangan Blogger setelah turun dari kendaraan umum. Orang-orang yang bertemu saya malah tidak menduga saya sedang hamil. Eh, tapi suka keki dan bete juga sih, jika sedang naik kereta Commuterline. Karena kalau tidak pamer perut, saya harus berjuang berdiri cukup lama tanpa diberi kesempatan duduk di situ, hihi. Padahal kaki sudah mulai pegal menahan tubuh agar tak oleng saat kereta hendak berhenti. Tak apalah, semoga tetap sehat dan lancar hingga melahirkan nanti, aamiin.
percaya gak saya hamil? ^_^


   Hingga setelah lebaran ini pun pola tersebut tetap saya dan keluarga lakukan. Hari lebaran kan biasanya pola makan menjadi asal-asalan, kandungan lemak dimana-mana. Ada di opor, rendang, sambal goreng ati, sayur gulai, kerupuk, nastar, coklat, dan makanan yang berlimpah enak itu. Kalau tidak dijaga, berat badan yang sudah oke setelah berpuasa, malah membuat jarum timbangan kembali ke atas kan? *mengakulah. Untuk tetap seimbang, harus dong didukung dengan buah-buahan.
Fresh everyday
   Kami makin mencintai buah. Makan buah rasanya Fresh Everyday seperti slogan Sunpride. Jangan terkecoh, merk itu asli produk buah-buahan lokal lho, dinaungi oleh PT. Sewu Segar Nusantara (SNN), ditanam oleh petani Indonesia, di tanah Indonesia wilayah Lampung. Meskipun ada sebagian buah hasil kerjasama dengan pertanian luar negeri, tetapi sudah menjadi distributor utama pemasaran buah secara nasional maupun internasional. 
Siapa lagi yang dapat membanggakan produk perkebunan Indonesia, selain dari kita sendiri. Gak lagi deh pelit, irit, medit, untuk membeli buah-buahan. Toh, hasilnya terbukti. Yuk, mulai sekarang sayangi tubuh kita dengan rajin makan buah lokal, buah nusantara.


Sumber: http://www.sunpride.co.id


22 komentar:

  1. Yang membuat sakit di dubur apa itu wasir ya? Tapi bukan mencret mencret loh. Apakah itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biasanya di bagian ujung anus/dubur. Rasanya perih sampai berdarah. Lama-lama bengkak

      Hapus
  2. duhhh ampun aku ngiler mbak lihat rujak buah dan sop pisang cavendishnya mbak, enak banget itu, kenyanggg tiada tara

    BalasHapus
  3. hehehe.. sama mak, pengen makan lagi rasanya *ngoprek dapur

    BalasHapus
  4. Ya Allah mba mupeng.. sy di banjarmasin sunpride nya gak lengkap. Waktu hamil anak kedua ngidam pisang cavendish baru keturutan pas sdh hamilnya 8 bln..hehe tp alhamdulillah ada..
    salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga ya :-)
      Di sini juga gak semuanya lengkap mbak, tapi pola 7 hari bisa pakai buah lainnya.

      Hapus
  5. kalo saya, setelah kelahiran anak kedua, saya sempat kena wasir. Tiap hari saya makan bengkuang, dan Alhamdulillah sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh bengkuang ya, sip tips baru nih, makasih masukannya mak :-)

      Hapus
  6. Beneran tuh mbak hamil langsing amat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, gemuknya ke perut dan kaki doang :-[

      Hapus
  7. Wah, udah posting euy. Saya masih bikin draftnya. Emang deh buah-buahan itu bikin sehat, ya, mbak. Duh saya belum dapet guava crystalnya, euy. Kayaknya enak bingits.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ayo mak.. msh ada bbrp hari lagi kok.. guavanya kudapat di kerpur.. enak mak, dicocol ke bumbu rujak apalagi, slruup *lap iler

      Hapus
  8. bagus bgt infonya ternyata tanpa obat kimia wasir juga bisa sembuh dengan makan buah secara teratur ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jangan kebanyakan obat kimia yg sifatnya meringankan sementara, tp tubuh juga perlu diperbaiki dari dalam :-)

      Hapus
  9. Salam kenla Bunda Sidqi, mudah-mudahan kita selalu bisa mengkonsumsi buah dari Sunpride :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, aamiiin :)

      Hapus
  10. Wihihi lengkap kap kaaap, paling suka nanas honii..maniiisnya bagai madu...
    Aku juga ikutan ni lombanya...sukses ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. kereen buah Sunpride ya mak, selalu disuka.. wah good luck juga ya yaa :-)

      Hapus
  11. salam kenal,
    sunpride memang produk yahud, berkualitas, dan 100% buah nusantara
    dulu awalnya hanya mengenal pisang cavendish yang kupikir buah impor namun ternyata sunpride asli produk lokal dan sekarang sudah banyak variasi buahnya
    semoga diberi kelancaran hingga melahirkan... amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak.. salam kenal yaa.. terimakasih doanya :-)

      Hapus
  12. kualitas buah sunpride memang selalu terjaga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang sangat dijaga kualitas dan kesegarannya :)

      Hapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Pengikut