NarasiLia.com

Berbagi pengalaman tentang keluarga, gaya hidup, kesehatan, hewan peliharaan, naik kereta, dan kegiatan anak.

12.2.15

Tips Memilih Buah Alpukat Mentega Yang Baik

Ini sudah kedua kalinya kami panen alpukat. Pohon yang rindang namun banyak semut rangrang menghasilkan buahnya yang banyak. Pohon alpukat memiliki khas badan batang yang besar dan selalu meliuk mencari arah matahari terbit. Pohon ini ditanam sejak 10 tahun yang lalu. Baru menghasilkan buah di tahun 2015 ini. Hehe, ini namanya investasi.

Tips Memilih Buah Alpukat Mentega Yang Baik


Buahnya alhamdulillah memuaskan. Alpukat ini biasa disebut alpukat mentega. Rasanya gurih, tidak pahit, dan khas. Satu buah alpukat bisa membuat jus alpukat sebanyak 4 gelas. Subhanallah ya.


Tips memilih alpukat mentega yang baik


Jika permukaan kulit masih hijau mulus dan belum ada burik, menandakan buah alpukat masih berusia muda. Biasanya masih meninggalkan rasa pahit. Alpukat biasanya berukuran kecil, padahal kalau saja pemborong bersabar tunggu saja sampai alpukat benar-benar berukuran sempurna, pasti amat sangat memuaskan.

- Apabila anda memilih alpukat, coba dikocok-kocok. Jika bijinya dapat bergerak, itu menandakan  alpukat sudah berusia matang. Kulit alpukat pun agak bersisik kecoklatan. Jika kulitnya sudah burik kecoklatan namun bijinya belum dapat bergerak, kemungkinan tingkat kematangan belum terlalu pas seperti alpukat yang bijinya sudah "copot" di dalam. 


- Iseng sentil-sentil deh alpukatnya. Jika agak bersuara pok-pok-pok, naah itu sudah tua sekali. Mungkin hanya menunggu 2-3 hari sudah siap santap. Ada lagi yang agak bersuara peuk-peuk-peuk, itu kemungkinan matang setelah alpukat yang pok-pok-pok matang, hahaha.. coba saja bedakan. 

- Lepas bagian ujung batangnya. Tak perlu disimpan di dalam beras untuk segera mengkonsumsinya. Cukup letakan saja di atas meja bersuhu ruang. Saat matang, badan alpukat sudah dapat ditekan-tekan empuk, menandakan dagingnya sudah bisa dimakan dan kulitnya dapat dikupas.



Manfaat Buah Alpukat



- Alpukat termasuk buah organik, karena bebas pestisida. Hal ini membuat buah alpukat menjadi primadona untuk dapat dijadikan makanan sehat, seperti untuk salad, jus, atau campuran makanan dan minuman lainnya.

- Selain buahnya, daun dan biji alpukat ternyata dapat dimanfaatkan untuk menetralkan kolesterol, darah tinggi, dan diabetes. Tetanggaku yang bilang, saat meminta daun alpukat untuk direbus. Sedangkan bijinya dapat ditumbuk dan dibuat seperti adonan bubur untuk dibalur ke tempat badan yang sakit.

- Untuk ibu hamil, alpukat menjadi makanan yang disarankan karena mengandung asam folat. Mengandung vitamin dan mineral tinggi, serta mengandung omega-3. Cocok untuk penderita penyakit degeratif.

Oiya. Percayakah anda?
Bibit pohon alpukat biasa diperjual belikan. Harganya bisa mencapai Rp.400,000/pot. Aku baru tahu saat iseng-iseng melihat situs kupon. Dari harga Rp. 400.000 didiskon menjadi Rp. 200.000, -. Ckckck, fantastis, padahal modalnya tidak seberapa ya.

Menyesal, kenapa kemarin tidak mengumpulkan biji alpukat untuk ditanam kembali, hehe. Mungkin anda tertarik?


4 komentar:

  1. Maaaak, katanya kalo menanam alpukat tuh harus sepasang ya?kalo cuma satu ntar gak mau berbuah hihihihi itu mitos bukan sih?! penasaran saya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi dulu wkt di cibubur saya nanam alpukat dari 3 biji yang berdempetan, maklum bocah ingusan, ternyata 10 tahun kemudian buahnya buanyaak.. Nah kalau yg skrg ditanamnya sudah sendirian, gak tau berapa bibit biji yg ditanam, tapi alhamdulillah berbuah juga. Hayo gimana, mitos bukan ya? ^_^

      Makasih sudah mampir :)

      Hapus
  2. Hai bunda,mau tanya nih saya beberapa kali beli alpukat kata yg jual sih udah tua tapi beberapa hari kemudian kok pas di belah dalem nya item ya jd gak bs dimakan. Salah nya dimana ya bun? Makasi sebelom nya mohon pencerahan nya ya bunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasaan kami panen langsung dari pohon, buah alpukat yang tua itu kulitnya kasar gak mulus. Kalau dalemnya item kurang tau juga kenapa ya? Apa karena ada perlakuan yang 'tidak menyenangkan', jadi buahnya jelek 😊

      Hapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge