be a good life and happy family

Tips Memilih Buah Alpukat Yang Baik

Ini sudah kedua kalinya kami panen alpukat. Pohon yang rindang namun banyak semut rangrang menghasilkan buahnya yang banyak. Pohon alpukat memiliki khas badan batang yang besar dan selalu meliuk mencari arah matahari terbit. Pohon ini ditanam sejak 10 tahun yang lalu. Baru menghasilkan buah di tahun 2015 ini. Hehe, ini namanya investasi.

anak tetangga liatin aja ^_^

Buahnya alhamdulillah memuaskan. Alpukat ini biasa disebut alpukat mentega. Rasanya gurih, tidak pahit, dan khas. Satu buah alpukat bisa membuat jus alpukat sebanyak 4 gelas. Subhanallah ya.

cantik mulus


masih terlihat kental


Berikut tips yang saya bagikan untuk anda, bagaimana sih memilih alpukat yang baik?

Jika permukaan kulit masih hijau mulus dan belum ada burik, menandakan buah alpukat masih berusia muda. Biasanya masih meninggalkan rasa pahit. Alpukat biasanya berukuran kecil, padahal kalau saja pemborong bersabar tunggu saja sampai alpukat benar-benar berukuran sempurna, pasti amat sangat memuaskan.

- Apabila anda memilih alpukat, coba dikocok-kocok. Jika bijinya dapat bergerak, itu menandakan  alpukat sudah berusia matang. Kulit alpukat pun agak bersisik kecoklatan. Jika kulitnya sudah burik kecoklatan namun bijinya belum dapat bergerak, kemungkinan tingkat kematangan belum terlalu pas seperti alpukat yang bijinya sudah "copot" di dalam. 

kulitnya burik
- Iseng sentil-sentil deh alpukatnya. Jika agak bersuara pok-pok-pok, naah itu sudah tua sekali. Mungkin hanya menunggu 2-3 hari sudah siap santap. Ada lagi yang agak bersuara peuk-peuk-peuk, itu kemungkinan matang setelah alpukat yang pok-pok-pok matang, hahaha.. coba saja bedakan. 

- Lepas bagian ujung batangnya. Tak perlu disimpan di dalam beras untuk segera mengkonsumsinya. Cukup letakan saja di atas meja bersuhu ruang. Saat matang, badan alpukat sudah dapat ditekan-tekan empuk, menandakan dagingnya sudah bisa dimakan dan kulitnya dapat dikupas.





Manfaat Buah Alpukat

- Alpukat termasuk buah organik, karena bebas pestisida. Hal ini membuat buah alpukat menjadi primadona untuk dapat dijadikan makanan sehat, seperti untuk salad, jus, atau campuran makanan dan minuman lainnya.

- Selain buahnya, daun dan biji alpukat ternyata dapat dimanfaatkan untuk menetralkan kolesterol, darah tinggi, dan diabetes. Tetanggaku yang bilang, saat meminta daun alpukat untuk direbus. Sedangkan bijinya dapat ditumbuk dan dibuat seperti adonan bubur untuk dibalur ke tempat badan yang sakit.

- Untuk ibu hamil, alpukat menjadi makanan yang disarankan karena mengandung asam folat. Mengandung vitamin dan mineral tinggi, serta mengandung omega-3. Cocok untuk penderita penyakit degeratif.

Oiya. Percayakah anda?
Bibit pohon alpukat biasa diperjual belikan. Harganya bisa mencapai Rp.400,000/pot. Aku baru tahu saat iseng-iseng melihat situs kupon. Dari harga Rp. 400.000 didiskon menjadi Rp. 200.000, -. Ckckck, fantastis, padahal modalnya tidak seberapa ya.

Menyesal kenapa kemarin tidak mengumpulkan biji alpukat untuk ditanam kembali, hehe..
Mungkin anda tertarik?


7 komentar:

  1. Aku suka banget alpukal tapi gak bisa memilih buah yang baik. Teirma kasih untuk tipsnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mak, anak-anak juga jd suka. Dulu saya juga selalu gagal, mungkin kebetulan dapat buahnya langsung jadi sedikit iseng memperhatikan :)

      Hapus
    2. bagi" dunk klo udh panen,...

      Hapus
    3. hehehe.. mip main ke sini yaaa ^_^

      Hapus
  2. Maaaak, katanya kalo menanam alpukat tuh harus sepasang ya?kalo cuma satu ntar gak mau berbuah hihihihi itu mitos bukan sih?! penasaran saya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi dulu wkt di cibubur saya nanam alpukat dari 3 biji yang berdempetan, maklum bocah ingusan, ternyata 10 tahun kemudian buahnya buanyaak.. Nah kalau yg skrg ditanamnya sudah sendirian, gak tau berapa bibit biji yg ditanam, tapi alhamdulillah berbuah juga. Hayo gimana, mitos bukan ya? ^_^

      Makasih sudah mampir :)

      Hapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow This Blog