be a good life and happy family

Jenis Bisnis Jasa Online Yang Menggiurkan

Haloo.. jika anda ingin tahu apa itu bisnis online? Tanya dulu pada diri sendiri, anda mau atau tidak? Jangan cuma mau, tapi action. Mulai dari mana? Mulailah dari minat dan hobi anda. Ikut-ikutan boleh, tetapi harus terus dipelajari, sampai akhirnya kita menemukan mana yang lebih menyenangkan, cocok, dan pas di jiwa kita. Jika kita sudah mencintai bisnis kita, maka magnet yang ada dengan mudah menarik pembeli.

Bisnis online bukan hanya punya web onlineshop, jual beli barang, terima order, ngecek saldo, bungkus, melakban, kirim ke JNE/TIKI/POS. Akan tetapi buaaanyak sekali tema bisnis yang dapat kita pelajari. Kali ini Lia Lathifa akan mencoba memberikan sedikit bocoran tentang bisnis jasa di internet.

Enaknya di bisnis ini, kita tinggal duduk manis di belakang laptop, sedia kopi dan cemilan. Kalau ibu-ibu seperti aku, yaa bisa sambil masak, nyuci, nyuapin Selma, menemani Shidqi belajar, atau sambil ngobrol sama suami tersayang. Kalau pun di luar rumah, setidaknya kantor bisa pindah di mana saja, kantornya ada di gadget. Syukur-syukur batrenya gak lowbat dan harus siap sinyal internet harus kuat, percuma dong kalau gak punya akses yang mantep, bisa-bisa pusing kepala dengan jaringan yang lemoot.

Oke, ini dia yang mulai sedang digeluti Lia selain bisnis onlineshop-nya.
Apa saja itu?
1.      Nulis di Blog
Awalnya menyangka nulis di blog itu hanya sekedar curhat dan cerita-cerita biasa. Ternyata diluar dugaanku. Seringnya aku menghadiri undangan yang sering ditawarkan Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) membuatku menjadi melek. Duniamu tidak sempit kawan, hati dan fikiranmulah yang membuat dunia ini terasa sempit.

Aku banyak belajar dari teman-teman di sini, sering blogwalking sekedar ikut membaca dan berkomentar. Tetapi malah membawa oleh-oleh yaitu ilmu dan praktek. Aku mempelajari gaya tulisan, bentuk template blog-nya, memperhatikan banner-bannernya, dan semuanya kutelusuri satu persatu. Akhirnya ahaaa…
       Konon, blog yang kontent-nya original, bukan copy paste, unik dan banyak pembacanya, maka banyak perusahaan besar yang akan mendukung dan mensponsori alias pasang iklan di blog kita. Bayarannya bikin ngeces. Bayangkan, jika kita punya 5 blog yang konsisten berisi tulisan yang bagus. Jika sebuah blog dibayar Rp. 10.000.000, Maka tiap bulan kita akan mendapatkan Rp. 50.000.000,- bahkan ratusan juta hingga milyaran (impian semoga jadi kenyataan).

2.      Admin Sosial Media.
Menjadi admin social media adalah salah satu pekerjaanku hampir 1,5 tahun yang lalu. Apa saja tugasnya? Cuap-cuap dan membuat artikel singkat yang sesuai dengan tema perusahaan yang kita bina. Sebagai contoh, Alhamdulillah aku dipercaya memegang social media Pempem & Bebibum Clothdiapers. Popok kan berhubungan dengan dunia bayi, untuk itulah segala bentuk informasi kucari lebih banyak yang berkaitan dengan ibu dan anak.

Bisnis jasa ini kutawarkan kepada owner Pempem dan Bebibum Clothdiapers. Memang sih sebelumnya aku cukup aktif belanja dan memberikan masukan yang membangun. Akhirnya ketika mereka butuh orang untuk menjadi petugas social media, saya berani maju, dan mereka mempercayainya. Tugasnya hanya menangani akses sosial media seperti di facebook, twitter, fanpage, BBM, google +, Line, We Chat, path, instagram, Pin it, Linkeldin. Namun harus juga kreatif, nyeni, dan jeli.

3.      Afiliasi.
Semakin banyak situs web besar yang menawarkan jasa afiliasi. Mereka "numpang" banner dipasang pada web/blog kita.
 Mereka punya sistem yang saling terkait dengan blog/web kita. Jika banner di-klik pemirsa dan ternyata dia tertarik belanja dan langsung ada transaksi, maka kita akan diberi komisi sekitar 5-10% dari harga penjualan mereka.

Bisnis Jasa Lain
Tanpa sengaja aku menemukan beberapa jasa unik namun memang dibutuhkan, seperti:
1.      Jasa penyedia kartu kredit/paypal.
Sebagai admin sosmed yang ingin membesarkan nama perusahaan yang dia kelola, harus dibutuhkan keberanian memasang iklan. Namun sayang, biayanya tetap menggunakan kartu kredit atau paypal. Aku tidak punya, tetapi harus membayar pasang iklan di Fanspage. Tak perlu bingung. Ada jasanya lho, mereka bertugas membantu kita menyelesaikan pembayaran, misalkan kita butuh membayar iklan senilai Rp.60,000, mereka akan menagih kita sebesar Rp.65,000, dst.
Bisnis ini banyak dipakai oleh pengguna dan pemilik kartu kredit. Usaha yang tidak memerlukan bungkus dan lakban. Cukup siapkan token keybank dan mainkan di layar monitor.
2.      Ghost Writer.
Mengapa disebut Ghost, karena memang penulis yang tidak diketahui identitas aslinya. Tujuannya agar traffic web terus meningkat seiring konsistennya artikel yang tayang. Nah, gak kebayang-lah kalau web yang isinya ribuan artikel ditulis sendirian. Pasti ada timnya. Mereka dibayar saat menyelesaikan sekian artikel. Mirip wartawan, tapi tidak resmi. Tulisan merupakan hasil ide dan kreatifitas penulis.
3.      Penjual Tiket Online
Mereka menjual jasa penjualan tiket penerbangan, kereta api, konser, pameran, dan lain sebagainya. Biasanya laris manis menjelang liburan, lebaran, tahun baru, dan natal.
4.      Pengetik Capcha
Kata suamiku ini ada lho, tugasnya hanya mengetik kode Capcha, mengetik, mengetik, mengetik. Monoton.

Dan masih banyak lagi bisnis jasa yang tidak mungkin kusebutkan satu persatu. Ini hanya hasil pengamatanku saja. Menurutku, apapun bisnisnya, kita sendiri yang harus membangun ide kreatifitas dan peka melihat kesempatan yang ada. Ayo perbanyak belajar, perbanyak baca, perbanyak silaturahim dengan bergabung dalam komunitas yang sesuai dengan pekerjaan sejenis. Kita akan dapat bertukar fikiran dan bisa memunculkan ide baru.
Bagaimana? Anda tertarik?

7 komentar:

  1. Sangat tertarik maaak..
    Tapi baru tahap awal nih.. blajar ngeblog.. hihihi. Trimakasih infonya mak.. sangat memotivasi..

    BalasHapus
  2. tertarik mbak tapi yang bisa dikerjakan dirumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini nyaris kulakukan di rumah aja mak, blm buka yg offline hehe

      Hapus
  3. banyak juga ya bisnis online itu.. :) btw, pengetik capthca itu untuk perusahaan apa Mbak?

    BalasHapus
  4. untuk penulis blog sepertinya saya sudah mulai :) terimakasih bun informasinya, oiya bun hari ini saya baca refrensi bagus di peluangproperti.com

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow This Blog