be a good life and happy family

Gathering Blogger-Pampers "From Womb To World"



                Menuju Gathering Blogger bersama Mommiesdaily dan Pampers di Pad28, Jakarta selatan, aku berdua Selma rasanya dejavu deh. Seperti mengulang masa lalu ketika aku masih memiliki Shidqi saja. Acara yang memberikan informasi tentang bahagianya menjadi ibu dan kesehatan kulit bayi baru lahir. Dua kali melahirkan dengan anak berusia menanjak 8 tahun dan 4 tahun rasanya memang perlu menambah ilmu baru.

gayanya Selma

 Tak luput dari perhatian kami sebuah video kampanye "From World To Womb" dengan mengeluarkan film pendek yang menceritakan pengalaman ibu yang melahirkan bayinya ke dunia.
Saksikan sebentar saja yuk..

             Acara dimulai dengan sambutan mbak Lita yang mengungkapkan rasa gembiranya kedatangan para tamu terutama dari emak-emak Blogger. Dan kemudian dilanjutkan oleh Ibu Junita Lauder selaku perwakilan Pampers5starskinprotection memberikan sedikit keterangan bahwa menurut survey yang telah dilakukan bahwa ada:
-          sekitar 85,55% ibu yang mengkhawatirkan masalah ruam popok,
-        sekitar 58,02% para ibu memperhatikan kesehatan kulit pada bayi mereka yang baru lahir.
doc.pribadi

Inilah mengapa acara ini dilangsungkan, karena bersama ibu DR.dr. Rini Sekartini, Sp.KK akan mengemukakan informasi yang sangat bermanfaat, membuat kami semakin melek tentang pentingnya kelembutan kulit bayi.

Organ Kulit
                Dr. Rini menjelaskan secara rinci bahwa kulit kita terbagi menjadi tiga lapisan  (Epidermis, Endermis, dan Hipodermis) merupakan organ penting pada tubuh.
lapisan kulit kita
  
Berfungsi ganda, yaitu:
1.       Sebagai Proteksi
Kulit dapat melindungi tubuh dari gangguan fisik dan mekanik, seperti hantaman benda luar, dan berbagai kuman penyakit.
Bayangkan jika manusia tidak memiliki kulit, bagaikan zombie bukan?
2.       Sebagai Penyerapan
Kulit berguna untuk menyerap hidrasi dan kelembaban udara.
Tergantung tebal tipisnya kulit, penyerapan dilakukan melalui celah antar sel, saluran kelenjar, dan saluran folikel rambut
3.       Sebagai Ekskresi
Kelenjar kulit bekerja mengelurkan sisa-sisa metabolisme yang tidak terpakai seperti keringat
4.       Sebagai Sensorik (panca indra)
Jika terkena api, es batu, rabaan, atau kitik-kitik, kulit akan segera bereaksi, karena kulit mengandung ujung-unjung sensorik yang ada pada dermis dan subkutis
5.       Sebagai tempat Pembentuk Pigmen
Warna kulit manusia dipengaruhi jumlah Melasonit dan besarnya melanin yang terbentuk di dalam kulit.
6.       Sebagai Pengatur Suhu Tubuh
Jika anak anda mengalami demam biasanya bagian kulit-lah yang menjadi penanda panas atau tidaknya suhu tubuh. Mengeceknya pada bagian tubuh yang tertutup pakaian atau gunakan thermometer pada mulut, ketiak, dan dubur.
Suhu tubuh kadang diatur pula melalui pengeluaran keringat.
7.       Sebagai Ekspresi Emosi
Lihatlah bagaimana jika seseorang marah, mukanya terlihat merah, atau sedang cemas pasti mukanya pucat

Masalah Kulit Bayi
Kulit Bayi tidak sama dengan fungsi kulit orang dewasa. Kulit bayi cenderung tipis, lembut dan halus sekitar 20-30% dari kulit orang dewasa. Belum berkembang maksimal, memiliki antar ikatan kulit yang longgar, sehingga mudah menyerap zat-zat asing yang menempel pada kulitnya, system imun mereka masih sedikit, kadar lipid (lemak) pada bayi juga memungkinkan bakteri mudah masuk, sehingga lebih rentan terkena infeksi, iritasi, dan alergi.
 
wilayah terkena Dermatitis Atopik

Penyakit kulit pada bayi biasanya sering disebut DERMATITIS ATOPIK. Merupaka penyakit yang berulang-ulang disertai bintil kemerahan, gatal, dan lama kelamaan akan mengering dan bersisik kehitaman. Bayi dan anak akan selalu rewel karena tidak nyaman. Biasanya bagian lipatan siku, lipatan paha, eksim susu di kedua pipi, dan lekukan lutut.
A. Penyebabnya belum banyak diketahui. Hal ini bisa diakibatkan oleh:
1.  Paparan seperti handuk, pakaian, selimut, sprei, pakaian wol, merupakan bahan yang sering mengenai kulit bayi. Cucilah semuanya dengan menggunakan sabun khusus bayi.
2.   Adanya keturunan alergi dari salah satu anggota keluarga
3. Adanya sensitive terhadap makanan yang memicu alergi, seperti kacang-kacangan, seafood, susu dan telur
4.    Adanya sensitive terhadap udara, perubahan suhu udara yang ekstrim, debu, serbuk bunga, dan bulu binatang.

B. Prinsip Penanganannya sebenarnya mudah, yaitu:
1.  Menghindari faktor pencetus dan bahan pemicu iritasi seperti diatas
2.  Mengatasi radang dan infeksi sekunder dengan konsultasi ke dokter
3.  Mengurangi rasa gatal dan kekeringan kulit, lakukan dengan air bersih, segera keringkan, oleskan dengan air hangat atau salep khusus rekomendasi dokter.
4.  Jangan terlalu sering mengonta-ganti salep atau krim bayi

C. Tips Memelihara Kulit Bayi
1.  Mandi air hangat 2x sehari (paling lama 10 menit) dengan air hangat (celupkan ujung siku tangan anda untuk memeriksa tingkat kehangatan air mandi si kecil), menggunakan sabun bayi ber-PH netral dan mengandung pelembab, hindari pembersih antibacterial. Usaplah dengan lembut tanpa menggosok dengan kencang.
2.  Jangan memberikan minyak telon ke sekujur tubuhnya, cukup dibagian perut saja. Untuk bagian kaki, pakaikan saja kaos kaki biar hangat.
3.  Biasakan mencuci pakaian baru untuk membersihkan debu dan formaldehid atau zat kimia lainnya. Cucilah dengan deterjen dan bilaslah hingga bersih.
4.  Jangan menggunakan pakaian yang tebal, ketat, dan kotor. Hindari bahan pakaian yang memicu alergi seperti wol atau sintetik. Gunakan bahan yang alami seperti serat katun atau serat bamboo.
5.  Hindari makanan yang mencurigakan, makanan instan, makanan banyak pewarna. Sebaiknya konsultasikan ke dokter dan masaklah sendiri di rumah
6. Perhatikan selalu kebersihan popok selama dipakai. Gantilah sesering mungkin, hindari penggunaan yang ketat dan tidak menghambat pergerakan bayi. Pilihlah popok yang berdaya serap yang baik.
7. Jika bayi dan anak-anak selesai berenang, segeralah mandikan dengan air bersih untuk menghilangkan klorin pada air yang menempel di kulit.

 D. Tips Penanganan Kulit Bayi yang terkena Ruam popok/eksim susu.
                1.  Usahakan membuka popok sesering mungkin agar kulit mendapat sirkulasi udara yang baik. Saat bayi terkena ruam, gunakan celana pop yang longgar saja sampai kulit sehat kembali.
                2.  Bersihkan selalu permukaan kulit bayi yang terkena iritasi dengan air hangat, usap-usap lembut, dan segera keringkan.
                3.  Jangan memberikan krim atau salep yang tidak tepat
                4. Konsultasikan ke dokter jika ruam/eksim susu meluas

Pampers Membantu Para Ibu
                Kali ini Pampers Active Baby mempersembahkan popok sekali pakai dengan 5 keistimewaan bagi ibu baru melahirkan. Diharapkan dapat meringankan beban ibu terhadap ompol dan memberikan efek minim iritasi pada kulit bayi yang baru lahir.
https://www.facebook.com/PampersIndonesia
Pampers dengan penawaran 5 Skin Star Protection dibuat dengan mementingkan kualitas sebagai berikut:
1.       Memiliki perekat yang elastic sehingga dapat mengatur kelonggaran popok
2.       Daya serap yang baik sehingga memberikan rasa kering hingga 12 jam
3.       Popok ini memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga menghindari gerah pada kulit bayi
4.       Lembut seperti kapas
5.       Pampers istimewa karena mengandung Aloe Vera yang membuat kulit menjadi lembab dan bebas iritasi.
https://www.facebook.com/PampersIndonesia
Add caption
Itulah bahasan yang aku terima, singkat dan padat. Yuk, mari kita jaga dan rawat kulit bayi kita sebaik mungkin dan pilihlah produk yang tepat untuk bayi dan anak anda. 

Terimakasih ya Mommiesdaily dan Pampers, ilmunya bagus, goodybagnya keren, sudah dihibahkan untuk saudara kecilnya Selma, senang bangeet...

Sumber foto: disini


***

Sumber: 
Foto dan artikel diambil dari: 
- Kumpulan Artikel DR.Dr. Rini Sekarini
- Mommiesdaily.com
- FP PampersIndonesia

2 komentar:

  1. memilih diapers memang sebaiknya yang bagus sekalian. Kasian baby kalau sampe ruam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali. Makasih sudah mampir ya :)

      Hapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Follow This Blog