Tips Menghilangkan Bau Jengkol

"Aduh, kamar mandinya bau jengkool, dasar jorok." 

 Itulah pernyataan yang membuat sebagian orang menganggap jengkol dan petai adalah sesuatu yang harus dijauhi. Karena setelah kita mengkonsumsi keduanya, bau mulut dan bau pipisnya akan sungguh menyengat. Memalukan. Kesannya jorook banget. Bahkan dibilang kampungan. Padahal sekarang harga jengkol sering meroket lho, andaikan masuk menu di restoran, kayanya bakalan jadi makanan super special deh, hoho.

Nah, mau bagaimana lagi, padahal menu semur jengkol, rendang jengkol, kalio jengkol, sayur labu petai, nasi goreng petai itu adalah makanan yang menggiurkan (bagi saya), kalau anda? (ngaku doong), hehe.


Sumber foto disini

Kini anda tak perlu khawatir, untuk menanggulangi hal itu, ada tips dan triknya lho. Aku sudah mencobanya (yaaa demi menu-menu tadi). Apalagi jika sudah disuguhi ketika kita berkumpul di keluarga besar yang memang suka membuat rendang jengkol.

Masa mau menolak, tidak sopan dong (alasan yang menunjukkan derajat etika, xixi), mau ditolak rugi bangeet, mau makan yaa konsekwensinya pasti diledekin.

Biarlah, asalkan sudah tau cara menghilangkan baunya, aku segera mengambil beberapa keping mata jengkol (kata orang bijak, ngambil jengkol jangan malu-malu. Sekalian aja ambil banyak, toh baunya tetap sama, wkwkwk...)


Ini dia rahasia andalanku:

1. Pembersih lantai


-  Pilihlah yang kental dan mengandung pewangi, bukan yang cair, bukan pembersih keramik. Jika diperjalanan, aku biasa menyiapkan yang kemasan sachet. Kecil, imut, bisa dibawa-bawa ke kamar mandi.


-  Segera tuangkan pembersih lantai tersebut saat anda pipis, seka-seka dengan kaki anda sambil disiram dengan air yang banyak. Jika masih tercium, segera ulangi lagi.



2. Kopi


-  Minumlah kopi susu 1/2 jam setelah anda memakan jengkol atau petai, alhasil bau mulut dan bau pipis anda mendadak lenyap. Anda seperti lupa, kayanya tadi makan jengkol sebaskom kok gak kecium baunya (haha, lebaaay..). Waktu lalu aku pernah makan jengkol, dan setengah jam kemudian minum es susu kopi. Saat ke kamar mandi, eeh kok malah bau kopi krimer. Aroma kopi malah lebih dominan dibandingkan bau jengkol. Yeayyy..


-  Atau jika dirumah punya sebungkus kopi hitam (soalnya kalau kopi susu mendingan diseduh aja..*ngaduk2 cangkir), taburkan sesendok kopi bubuk ke atas lantai kamar mandi, gosok-gosokkan dengan kaki anda, kemudian siram dengan air yang banyak.



3. Kecap


-  Ini adalah resep guruku yang memang kegemarannya adalah rendang jengkol maupun balado jengkol. Maklum orang minang. Beliau bilang, sehabis makan jengkol, minumlah 1 sendok makan kecap manis (rasanya kaya minum obat batuk hitam yang kemanisan, ih ih..) dan minum air putih yang banyak. 


-  Makanya kalau beli rendang jengkol, suka aku tambahi kecap di dalamnya. Selain membuat gurih, tentu niat lainnya supaya mengurangi bau jengkol nanti, hihi



4. Makan mentimun


-  Makanlah mentimun setelah anda makan jengkol dan petai, bisa dicocolkan ke sambal kecap, lalu minumlah air putih yang banyak. Mudah ya :)


Begitu saja? Yaa.. Anda mempunyai ide lain? Sharing ya.

Sekarang, selamat mencoba dan nikmati hari-hari anda dengan jengkol ^_^


Previous Post
Next Post

59 komentar:

  1. Jujur nih Mak, aku suka lhi jengkol and pete, cuma nggak berani makan kalau nggak pas liburan. Apalagi Ibu paling anti sama makanan berbahan itu. Tipsnya boleh juga untuk dicoba. Thankieesss... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, sama, suamiku tuh mak, kalo ditawarin menu jengkol kudu nunggu hari libur, hihi.. sama-sama mak, makasih udah mampir :)

      Hapus
    2. rebus jengkolnya dikasih KOPI dijamin gak bau di mulut sama air seni juga ga bau

      Hapus
    3. Iya tapi bikin perut kembung uyy

      Hapus
  2. kalo saya lebih milih minum kopi, hehehe... bau jengkolnya berganti bau kopi... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. pengen nyoba apa sebelum makan jengkol, minum kopi duluan, baunya gimana ya? ^__^
      makasih sudah mampir mak :)

      Hapus
  3. hehehe..ide yg kereen mak...kdg klu sya abis makan jengkol n numpang pepsi di rumah orang, sya biasanya siram pake sampo atau sabun cair gitu..pokokek apa aja yg bisa menghilangkan baunya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. duluu banget pernah begitu mak, tapi kayanya aromanya masih samar-samar ya?.. iya usaha banget ngilangin baunya, biar gak turun gengsi, kikikk
      makasih sudah mampir mak :)

      Hapus
  4. Minum kecap? Waduuuh... hehe tapi patut dicba kayaknya. Soalnya, aku jadi jarang banget makan jengkol karena baunya. Padahl sih... udah kangeeeeeen banget. Hehehehehe... TFS, Mak. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya itu sang guru suka melakukan hal itu, pernah kucoba, rasanya emang nyeleg di tenggorokan mak, tapi demi supaya mulut gak beraroma-roma, hihi.. Oiya, tetep sih kayanya lbh afdol kamar mandinya juga diseka pembersih lantai.. Makasih sudah mampir mak, senang deh ^_^

      Hapus
    2. coba minum 3@4 butir vit B complex atau norit.....

      Hapus
    3. ooh terimakasih masukannya :)

      Hapus
  5. Wow,,bermanfaat banget iniii...secata suka banget sama jengkol/
    Bookmark aaaah
    TFS ya maaak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, jadi malu tipsnya dibookmark, ayo sharing juga mak, pernahkah mencoba yg lain?.. terimakasih sudah mampir :)

      Hapus
  6. Thanks tipsnya mak..aku fans masakn jengkol

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mak, semoga bermanfaat dan cocok ^_^.. siapa tau kita btoram bareng makan jengkol, hihi.. terimakasih sudah mampir

      Hapus
  7. Boleh dicoba nie..... lagi ada petai di rumah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir, semoga cocok tipsnya ^_^

      Hapus
  8. aku suka jengkol tapi jarang masaknya, orang rumah pada ngga suka, masa mo ngabisin sendiri, mending beli aja kalo kepengen hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. makan jengkol itu bikin nafsu makan ya mbak.. iya mbak, saya juga beli aja, kcuali kalau dimasakin sama saudaraku, enak, legit, gratis.. terimakasih sudah mampir ^_^

      Hapus
  9. ikutan baca aja karena saya gak suka jengkol :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa tidak suka mak? coba deh dikiit aja, hihi.. terimakasih sudah mampir ^_^

      Hapus
  10. aku belom pernah makan jengkol mbak...
    hehehee

    BalasHapus
  11. thanks mbak tips nya... coba ahhhhh.... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe..selamat mencoba, terimakasih sudah mampir ^_^

      Hapus
  12. Cara paling gampang : jangan makan jengkol... *piss

    BalasHapus
  13. Saya lebih memilih makan pete setelah mkan jengkol. Bau jengkol berubah menjadi bau pete:-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahh.. oiya itu belum saya coba :D

      Hapus
  14. Makan vitamin Bkomplek atau campur dengan jengkol yg sedang di masak ....1 butir aja guys

    BalasHapus
  15. Ide lain buat penghuni dapur (yang meracik bumbu hingga jadi aneka makanan jengkol bin pete)

    sebelum jengkol dimasak,, rebus dulu dengan daun salam_ rasa jengkol gak berubah tapi baunya insyaallah hilang ^_^

    *selamat mencoba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh pakai daun salam hilang baunya.. baru tau, thanks ya

      Hapus
  16. Makin keren blognya bunli😚👍
    Utk tips jenki ini aq pake yg makan mentimun bund.. resep dr mamah mitoha heheer

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih cacantik :)
      wah sama nih, mitoha memang yahud

      Hapus
  17. kalau saya sebelum makan jengkol minum coca cola dulu, dijamin bau jengkol hilang sama sekali hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh minumnya sebelum, mudah2an gak kejengkolan ya hehe

      Hapus
  18. Saya suka minum B Complex sebelum makan jengkol atau sesudahnya hehehehhe

    BalasHapus
  19. Untuk menghilangkan bau pada jengkol dan jga sesudah makan jengkol, sebelum d masak rebus jengkol dgn daun jambu batu... Di jamin gak akan bau sama sekali.

    BalasHapus
  20. jengkol oh jengkol makanan kesukaanku :D
    abis makan jengkol trus deketin orang mb, ajak ngobrol xixixi di jamin pada lari

    BalasHapus
    Balasan
    1. hidup.. haha.. deu deu itu dia kenapa ada tips ini supaya org gak lari dari kita :D

      Hapus
  21. coba minum minuman soda deh, pasti bau jengki gak da lagi waktu pipis

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mantap, terimakasih tipsnya ^_^

      Hapus
  22. coba minum minuman bersoda deh, biasanya ilang tu

    BalasHapus
  23. Mba artikelnya bagus, kalau kata mama aku ambil 3 sendok makan beras mentah lalu kunyah-kunyah sampai lembut (jangan di telan) dan buang. Jangan lupa sikat gigi.
    Terimakasih mba

    BalasHapus
  24. Minum air soda seperti coca cola, di jamin pasti nggak bau baik mulut dan kencing nya. Dan jika kita terkena susah kencing setelah makan jengkol, coca cola juga bisa sebagai obatnya..
    Silahkan di coba,,,

    BalasHapus
  25. Cara lain bis juga dengan makan vitamin b complek 2 tablet. Dikunyah setelah makan jengkol. Pasti tak bau kencingnya, di jamin maknyusssssss

    BalasHapus
  26. waaah, makasih bund informasinya
    semoga nggak bermasalah lagi sama bau jengkol

    BalasHapus
  27. Mantappp... Makanan kesukaan ku ini... Tak coba lah nanti....

    BalasHapus

Hallo teman, terimakasih banyak yaa. Dengan senang hati saya persilahkan tulisan ini dikomentari, agar silaturahim terjalin dan saling memberi dukungan dengan baik.

Tapi mohon maaf ya, komentar tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com