2/01/2014

Membuat Minyak Kelapa dan Kemiri Sendiri

Rambut lebat, hitam dan lebat adalah dambaan setiap wanita. Biasanya rambut mulai dipelihara sejak bayi dan anak-anak dengan rajin meminyaki rambut dengan minyak kepala maupun minyak kemiri. Para lelaki pun berkeinginan untuk melebatkan dan menghitamkan kumis, rambut, dan jenggot atau jambang. Tak salahnya mencoba minyak ini.



Manfaat Minyak Kelapa dan Kemiri

- Bisa untuk menjadi minyak rambut menjadi lebih hitam dan lebat. Untuk uban bagaimana? yaa mudah-mudahan juga bisa, hehe
- Bisa mencegah rambut kering
- Bisa untuk minyak urut, pijat, kerokan *hmm.. 👧
- Bisa untuk diminum. Ada yang menyarankan, katanya untuk memperlancar kelahiran, wallaahu a'lam. Minyak goreng aja ada yang iklannya bisa diminum, hoho..
- Untuk minyak bayi, biasanya digunakan karena meminimalisasi alergi
- Mencegah kulit bersisik

Membuat minyak sendiri ternyata mudah, asalkan telaten, minyak dihasilkan dengan cara sederhana. Saya mengkombinasikan manfaat minyak kelapa (coconut oil) dan minyak kemiri, diharapkan perpaduannya memberikan manfaat maksimal.

Cara membuat Minyak Kelapa dan Kemiri

Siapkan:
- 1 butir kelapa tua, parut.
- 1 ons kemiri, sangrai hingga kecoklatan.
- 1 liter air
- 5 lembar daun pandan
- Wajan, serbet bersih, mangkuk, pipet, dan botol kosong

Cara membuat:
1. Campurkan air dan kelapa parut, aduk. Peras hingga keluar santannya

2. Tumbuk/haluskan kemiri

3. Masak santan, kemiri tumbuk, dan daun pandan bersamaan

4. Terus di aduk-aduk hingga santan mengering dan berwarna kecoklatan.

5. Setelah dingin, angkat dan masukkan ke dalam serbet, padatkan dan peras dengan kencang sehingga keluar minyaknya ke dalam mangkuk.

6. Setelah selesai, masukkan minyak kedalam botol bersih menggunakan pipet. Teteskan hingga penuh.

7. Ehhhh, ada sisa ampasnya. Jangan buang ampasnya, karena rasanya enak jika dicampur nasi hangat, yummyy..



Tuh bener kan gampang? Jika sudah jadi manfaatnya banyak.
Yuk, kita coba membuatnya sendiri....

6 komentar:

  1. wow kereeen...
    coba juga aaah di rumah

    BalasHapus
  2. Trims tipsnya bunda...
    kemarin aq da coba buat hasilnya warna kuning kecoklatan cenderung tua,apa kelamaan ya?
    jam 12 siang selesai jam 3 saya aplikasikan ke anak saya, rambutnya lembutttttt dan sedap
    bunda biar baunya fresh n wangi bukan sedap enaknya dikasih tambahan apa ya....? makasih bunda

    BalasHapus
  3. sama-sama.. coklat bisa jadi apinya kebesaran, atau kulit ari kelapanya kurang dibersihkan.. utk wangi-wangian bisa ditambahkan bunga2 wangi segar aja mbak, kalau pakai pandan memang sedap banget ya hehe

    BalasHapus
  4. mbak berartii ini kemirinya sebelum di tumbuk harus di sangrai dulu ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya boleh disangrai dulu aja biar gak bau langu

      Hapus

Hallo teman, terimakasih banyak sudah membaca dan berkunjung ke sini. Tinggalin jejak dong dengan komentarmu, seneng banget rasanya.

Eh iya, tapi mohon maaf, komentarnya tetap dimoderasi agar terhindar dari spammer. Jika ingin berdiskusi lebih lanjut, monggo hubungi saya via email di: bunda.shidqi@gmail.com

Author

Foto saya

Supermom, blogger, publisher, pengelola onlineshop, lulusan bidang nutrisi, mencintai kehidupan sederhana dan harmonis, suka naik kereta, makan rujak, dan penikmat musik klasik. Contact Person: bunda.shidqi@gmail.com

Pengikut