Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan pos dari Januari, 2013

Rejeki Silaturrahim, Rejeki Luar Biasa

Lathifa termenung. Bingung. Jari lentiknya mengetuk-ngetuk meja kerja, pikirannya buntu, kepalanya terasa pusing. Bagaimana merangkai kata-kata yang baik dan tidak menyinggung perasaan ibu untuk disampaikan nanti. Bagaimana cara menegur ibu yang sering kali memakai telepon untuk menelepon teman-teman beliau. Tagihan telepon rumah akhir-akhir ini terus membengkak. Lathifa agak kesal. Karena gajinya yang seadanya harus menanggung semua biaya kebutuhan rumah. Listrik, telepon, makan sehari-hari, iuran ini itu, belum lagi ongkos ia bekerja tiap hari. Lathifa ingin hidup hemat, setidaknya ia bisa sedikit menabung untuk keperluan hidupnya saat akan berumahtangga nanti. Kedua kakak Lathifa sudah menikah, pisah rumah, namun kehidupan mereka belumlah cukup mapan, sehingga ayah dan ibu pun tak pernah mengganggu meminta ini itu dari mereka.
Ayahnya sudah tidak bekerja, pensiunan swasta, tanpa pesangon, tanpa tunjangan hari tua. Masa tuanya dihabiskan untuk ikut pengajian dan berdakwah di berbagai…

Kreasi dari Kertas dan Dus Susu Bekas

FROM NOTHING TO SOMETHING


Melihat tumpukan kertas resi JNE bekas mengirim paket barang olshop dan kardus susu yang tidak terpakai lagi membuat saya dan suami galau. Mau dibakar sayang, mau ditumpuk tapi selalu diacak-acak Selma anak batitaku. Apalagi kalau dikilo-in ke tukang loak, aiiih, mana mau kali, hihi. Akhirnya ada niat membuat sesuatu yang bermanfaat. Iseng-iseng akhirnya jadinya wadah alat tulis seperti di foto.

Awalnya semua kertas digulung menggunakan bantuan besi lurus atau obeng, karena jika digulung hanya mengandalkan tangan malah membentuk kerucut, sulit diatur, maklum jari kami belum terbiasa, masih amatir. Selesai digulung, rekatkan dengan lem kertas. Lalu kumpulan selonsong kertas dapat dibentuk apapun sesuka hati. Kali ini saya membuat kotak pensil berbentuk bulat dan persegi. Sebagai pemanis saya buat bunga warna warni menggunakan kardus susu anakku, dari berbagai merek yang menghasilkan bunga warna kuning, hitam, merah, biru, dan daun berwarna hijau. Tempelkan den…

Ikut Acara Live Rangking 1 bersama DBloggerComm

Perjalanan Bisa Ikut Masuk TransTV
Saat pengasuh Dblogger mbak Ani Berta meminta 5 orang perwakilan KEB (Kumpulan Emak2 Blogger) untuk menjadi anggota tim rangking 1, saya pun langsung meminta izin suami dan mendaftar. Jika masih bisa ikut saya bersyukur, kalau sudah penuh ya sudah berarti bukan kesempatan toh. Tak disangka ternyata saya diterima, hiks, antara senang dan gamang. Iiiiih, nanti masuk tipi, hehehe.. Saya diinstruksikan bahwa hari Rabu 16 Januari 2013 harus standby jam 6 pagi di lobi TransTV, memakai seragam kaos putih dan bercelana jeans. Wow, mari kita bersiap.
Ketika Rabu subuh tiba, saya bersiap menuju stasiun Bojong Gede, setidaknya harus naik kereta maksimal jam 5 pagi. Tapi dasar emak-emak, malah berangkat dari rumah jam 5.00wib, halaah..pake acara ketinggalan ATM lagi. Mampir dulu ke Indomart membeli cemilan buat anak-anak yang dititipkan pada ayahnya, yaa akhirnya tetap saja dapat kereta jam 5.25 WIB, ihiii. Tidak berapa lama membeli tiket, kereta Commuterline se…

Selamat Ulang Tahun Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) yang pertama

Better late than never.. Awal ngeblog itu mulai tahun 2010, namun akhirnya nyaris ditinggalkan begitu saja selama 2 tahun akibat kesibukan saya sebagai Ibu Rumah Tangga yang baru saja melahirkan baby Selma, anak kedua kami. Lagi pula kayanya kurang seru, wong gak punya temen, sepi-sepi aja rasanya. Malah lebih “galak’ posting apapun di fesbuk, lebih nikmat karena langsung diberi komentar apapun dari semua sahabat.
Eh tidak sengaja Awal Desember 2012 mulai lagi menyentuh dunia per-blogan (halah, maksa deh bahasanya, hehe). Ceritanya ada tugas membuat artikel, karena habis mengikuti undangan seminar. Tapi kok terasa masih sepi ya, belum ada yang nengokin “rumah baru nulis” saya, hihi (cuciaaan deh..) Oiya tapi jadi inget, pernah kenalan dengan mbak Mira Sahid dan mbak Nunik Utami saat kami bertemu di acara latihan untuk mengisi acara Fashion Show dan Flasmob Nova Ladies Fair yang diadakan oleh tabloid Nova tanggal 11 November 2012 lalu. Mereka adalah founder dan kontributor dari Kumpu…

Sedapnya Pepes Ikan Yang Kaya Gizi, Bisa Dijadikan Bisnis

Dulu, waktu mulai hamil anakku yang kedua, Selma (saat itu sekitar bulan Desember 2009, dan dilahirkan Agustus 2010), aku doyaaaan banget makan pepes ikan bawal atau ikan mas, dipresto lebih mantap. Bikin sendiri lho, kebetulan punya presto pemberian kakak ipar. Entah kenapa pokoknya aku suka banget pepes ikan yang rasanya gurih pedas. 

Makanan berbahan baku ikan ini konon berasal dari sunda, pastinya mengandung zat gizi yang baik untuk perkembangan janin. Seperti:·Sumber protein yang penting ·Omega 3 untuk proses perkembangan otak pada dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penghilatan bayi·Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah di cerna·Kaya akan asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita·Vitamin A dalam minyak ikan untuk mencegah kebutaan pada anak·Vitamin D dalam daging dan tulang ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang·Vitamin B6 untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf·Vitamin …

Karena tidur di boncengan makanya jadi masuk koran hehe..

Mengulang lagi cerita duluuuuu banget.. Asyiknya gowes pada bulan November 2009


Selesai dari merenovasi salah satu bagian rumah, aku dan suamiku ingin menjajal kemampuan kami bersepeda. 
Ini atas desakan suami: mau ikut fun bike di Depok apa enggak? 
"ya udah ikut aja, buat refreshing. Padahal badan masih capeek deh nungguin tukang".
"Oke, besok kita berangkat pagi!" ujar suami.

Minggu pagi, kami berangkat dari rumah di Pusparaya jam 06.00, dengan bekal roti lapis gula, sebotol air teh manis & sebotol air putih, menuju stasiun Bojonggede. Dengan atribut yang Insyaallah cukup safety, kami mempercepat rute mengejar jadwal kereta, melewati jalan pintas kampung yg jalanannya cukup "offroad" alias becek bergunduk-gunduk.
Suami cukup tidak yakin apakah kami akan dapat kereta atau tidak, yaaa fifty-fifty lah, aku cukup yakin. Kalau tidak dapat kereta, yaa gowes aja menuju WALIKOTA DEPOK. Wuih... 10km jaraknya kesitu.

Alhamdulillaah, saat kami tiba, ada pengumuman b…

Bijak Konsumsi Gula, Maksimalkan Konsentrasi Anak

Memiliki buah hati yang cerdas dan terampil adalah dambaan setiap orangtua. Salah satu upaya agar harapan tersebut tercapai adalah dengan membimbing dan mendidik mereka sejak kecil. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menstimulasi perkembangan otak dan kejiwaan mereka. Memupuk kemandirian, etika sopan santun, taat beragama, dan yang paling penting adalah bagaimana menciptakan konsentrasi pikiran mereka dalam menyerap berbagai ilmu yang diterima.
Ayah dan bunda adalah guru pertama bagi anak-anak. Pertama kalinya mereka melihat, mendengar, merasakan dunia adalah melalui tuntunan orangtua. Di masa inilah kesempatan kami sebagai orangtua untuk mengajarkan segala hal. Pelajaran yang anak-anak terima adalah merasakan alam ciptaan Tuhan. Sejak usia batita, mereka diajak ke kebun binatang, ke hutan pinus mengumpulkan rontokan bunga kering, ke pinggir sungai penuh bebatuan dekat rumah kami di Bogor, atau membolehkan mereka bergembira kala mandi hujan. Saat itulah mereka diperkenalkan berbagai…

Bagaimana mengetahui anda hamil dan kapan melahirkan?

A. Bingung Anda hamil atau tidak ?Misalkan bulan 15 November anda masih mengalami haid, namun menginjak tanggal 15 Desember anda terlambat haid, wah berarti kemungkinan tanggal 22 Januari 2012 anda mengalami usia kehamilan 1 bulan. Baru bisa anda tes urine pagi hari dengan menggunakan testpack. Karena pada saat ini muncul hormon yang sering disebut dengan hormon kehamilan ini yaitu HCG (human chorionic gonadotropin) dalam tubuh, bisa di check pada usia 14 hari setelah masa ovulasi atau sekitar saat anda tidak mendapatkan haid melalui urin. HCG diproduksi oleh plasenta dan hormon ini ada dalam tubuh ketika sel telur yang telah dibuahi menempel ke rahim. Hal ini terjadi sekitar enam hari setelah hubungan seksual, walau tidak bisa dipukul rata. Pada kenyataannya kadar HCG akan meningkat secara drastis seiring dengan bertumbuhnya janin.

Caranya:1. Tampung urine pertama pagi hari anda pada wadah kecil. Sebelumnya siapkan saat menjelang tidur malam2. Lalu celupkan tespack sebatas garis yang …

Saat Anak Muntaber, Berikan Bakteri Baik!

ini cerita kejadian pada bulan September 2009, kenangan manis yang perlu disikapi dengan baik