NarasiLia.com

Berbagi Pengalaman Gaya Hidup, Keluarga, Kesehatan, Wisata, Kereta, dan Kucing

16.10.13

Memilih Kosmetik Halal Untuk Cantik Luar Dalam.


Apa makna cantik menurut anda? Bagi saya kecantikan itu bukan hanya wajah dan tubuh. Namun jiwa dan fikiran harus sejalan di dalam diri wanita. Wanita diciptakan untuk mengisi dan mengimbangi serta menghiasi dunia. Bukankah Rasulullah pernah bersabda bahwasanya “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita sholehah” (HR. Muslim, Ibnu Majah, dan Nasai)

Cantik yang Halal Lagi Baik

Jika kita bisa dikatakan perhiasan dunia, untuk itu jadilah wanita, istri dan sekaligus ibu yang sholehah untuk menghiasi dunia yang damai. Bukanlah sebagai perhiasan pengumbar syahwat, bukan untuk dunia penuh kemudhorotan, akan tetapi menjadi pilar dalam dunia keluarga, masyarakat, dan dimana saja kita melangkah sebagai tonggak berdirinya akhlak dan sopan santun generasi selanjutnya. 

Tak ada salahnya jika kita merawat diri di salon, mempercantik diri dengan bersolek, asalkan tujuannya membawa kebaikan. Bukan untuk mengikuti dan mencontoh wanita jaman jahiliyyah yang bermegah-megah dan menyombongkan diri. Na’udzubillaahi min dzaalik. Terutama wanita yang sudah menikah, berhiaslah, untuk suamimu dan anak-anakmu agar mereka makin menyayangi kita. Jauhi bau badan dan berpenampilan dekil. Karena Islam sangat mengutamakan kebersihan. Tidak hanya cantik, namun lebih sempurna jika apa-apa yang menyentuh diri kita adalah sesuatu yang halal. 
Halal artinya diizinkan, difirmankan Allah SWT dalam Al-Quran (Qs.Al- Maaidah: 88) bahwa apapun yang  kita gunakan sebaiknya adalah yang halal dan baik. Tentu saja hal ini akan mendukung kesehatan seorang muslim dan muslimah. Dengan sehat, ibadah pun lancar. Demikian pula kosmetik yang kita pakai sebaiknya kosmetik halal. Untuk itulah Wardah hadir. Mengusung nama yang berarti mawar, tentu saja diharapkan Wardah ini memberi keindahan dan layak digunakan oleh setiap wanita, untuk halal, cantik lagi bermanfaat. Selain itu sesuatu yang haram itu mengandung pemicu penyakit. Bukannya sehat atau cantik, alih-alih bisa rusak kulit ini.

Bagaimana jika kita tidak peduli terhadap kehalalan kosmetik? maka takutlah bahwasanya Allah SWT tidak akan menerima ibadah dan do'a bagi pengguna bahan-bahan yang haram, serta tidak tercapainya derajat taqwa. Seperti diriwayatkan dari Atiyyah as- Sa’di, Rasulullah SAW bersabda, “Seorang hamba tidak akan mencapai derajat muttaqin sampai meninggalkan sebagian yang halal karena khawatir terperosok pada yang haram.”. Astaghfirullah, apalah gunanya cantik jika kita dilirik sedikit pun oleh sang Maha pencipta?. Aiih, rasanya pasti sedih sekali.

 Tahukah anda? Sejak tahun 1995 Wardah adalah kosmetika berlabel halal. Diakui LPPOM MUI,  karena produk Wardah sudah menggunakan bahan-bahan yang teruji dan diperbolehkan. Tentu saja terhindar dari bahan-bahan yang meragukan (syubhat) dan haram.

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui mengapa kita perlu waspada terhadap produk yang belum bersetifikat halal. Sesuai fatwa MUI No.2/Munas VI/MUI/2000 bahwa penggunaan anggota tubuh, ari-ari (plasenta) dan air seni termasuk diharamkan.

Dan menurut bapak Nanung Danar Dono, S.Pt, M.P sebagai Dosen Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta, bahwasanya beberapa bahan kosmetik seperti gliserin, gelatin pelarut vitamin, kolagen sebagai pencegah penuaan kulit, aceton pada cat kuku, AHA (Asam Alfa Hidroksi) yang merupakan senyawa kimia untuk membuat kulit halus dan anti keriput tersebut pembuatannya sering kali menggunakan media hewan. 

Nah, perlu dipastikan hewan apa yang digunakan. Wardah menghindari hal-hal yang diharamkan seperti darah, babi, atau hewan yang disembelih tidak menyebut nama Allah (QS. Al-Baqoroh: 173)
Sebagai wanita muslimah yang sudah diharuskan berjilbab, serta merta aku harus terus berupaya menjaga kesucian diri ini, tak hanya jiwa, akan tetapi raga pun harus dijaga. Halal is my life. Oleh karena itulah aku memilih menggunakan produk Wardah perawatan tubuh diantara berbagai produk lainnya sejak dulu. Saat itu yang kumulai pakai adalah Wardah shampoo mawar. 

Hanya saja, dulu Wardah masih dijual secara khusus di bawah naungan sebuah perusahaan berprinsip Islami, tidak mudah mendapatkan produk ini, kecuali jika memesan terlebih dahulu. Sehingga sempat terbersit semoga suatu saat produk Wardah tidak hanya terbatas untuk satu kalangan, akan tetapi siapapun bisa memperoleh dan menggunakannya dengan mudah. 
 Kini, dalam kurun waktu 18 tahun Wardah secara konsisten telah mewujudkannnya. Wardah semakin diterima masyarakat yang peduli dengan kesehatan dan kehalalan. Wardah banyak ditemukan di mana saja, bahkan semakin banyak pembawa acara, berita dan wanita penuh inspirasi mempercayai produk ini. Seperti Inneke Koeherawati, Marshanda, Dewi Sandra, Lisa Namuri, dan Dian Pelangi. Serta siaran televisi, film, fashion show dan berbagai acara hebat lainnya.


Colourfull, Natural, And Fresh


Aku pun makin jatuh hati saat Wardah semakin mampu bersaing memenuhi kebutuhan wanita manapun. Produk Wardah sudah colourfull namun tetap syar'i, anggun sederhana, dan segar. Dalam hal ini Aku pernah menggunakannya saat tampil di sebuah acara Ladies Fair salah satu tabloid wanita ternama. Awalnya sih khawatir, karena aku tidak terbiasa dandan, ngeri mukaku nanti seperti ondel-ondel. Tetapi tak mau cerewet, kubiarkan mbak perias menyapu-nyapu merias wajahku
Pasrah, sampai akhirnya mbak perias bertanya, "bajunya warna apa, mbak?". Ungu muda. Ya, saat itu aku diberi kesempatan menggunakan baju batik rancangan Itang Yunaz. Selesai didandani, deg-degan rasanya mau lihat kaca. Padahal mbak perias sudah menenangkan diriku. "Ngaca dulu mbak, ada yang kurang gak?". Mataku terbuka dan kulihat cermin di depan, berharap tidak pecah seketika, dan hasilnya: wow hasilnya mengejutkan, fresh, natural and girly!. Cukup mbak, ini saja sudah bagus.

Memilih Kosmetik Halal Untuk Cantik Luar Dalam.
me & Reni (dok.pribadi)

Banyak teman-teman yang pangling ketika mereka melihat foto-fotoku, termasuk kakak kandungku sendiri, “ihh, gak sangka, segar banget Li, cakep. Pakai kosmetik apa?.”
“Pakai Wardah”. Tersenyum layaknya artis aku menjawab malu-malu. “Wardah seri apa? Beli dimana?”. Wah, wah, banyak yang tertarik nih.
Sesungguhnya aku tidak suka dandan. Alasannya, aku itu pemalu dan tak bisa sembarangan kosmetik ‘nemplok’ di wajahku. Salah kosmetik saja, langsung wajah ini gatal-gatal, esok harinya mulai deh timbul jerawat, hiks. Akhirnya aku memilih pembersih wajah dan bedak Wardah. Kenapa? karena sudah tentu halal sesuai dengan kandungannya yang aman untuk kulitku, mengandung anti bakteri, dan tidak mengandung alkohol yang dapat membuat kulit menjadi kering

Jika ingin bepergian, aku hanya menggunakan pelembab, bedak dan lipsgloss saja. Cara simple dan nyaman. Begini caraku:
1.    Bersihkan wajah dengan Wardah Lightening Gentle Wash
Cara ini kulakukan setelah dan sebelum tidur, juga setelah beraktifitas di luar. Pembersih wajah ini bebas deterjent atau soap base jadi bisa dipakai kapan saja. Kotoran dan minyak pada wajah hilang. Wajah lebih lembab dan bersih sehingga menghindari iritasi. Mudah saja menggunakannya, layaknya kita menggunakan sabun wajah lainnya. Hanya saja jika tidak terasa kesat bukan berarti wajahmu belum bersih, itu menandakan bahwa Facial Wash justru memberikan efek melembabkan dan mencerahkan. 
2.    Sapukan seluruh wajah dengan pelembab, lalu tepuk-tepuk perlahan hingga menyerap sempurna.
3.  Usapkan keseluruh wajah dengan bedak. 
     Kupilih Wardah Acne Powder tabur karena warnanya sesuai dengan kulit wajahku, bisa menyamarkan dan mencegah jerawat, tidak membuat mengkilap, anti bakteri dan anti radang karena mengandung bahan Triclosan sebagai anti bakteri, Asam Salicylate yang membantu proses menipiskan bekas jerawat, dan Soybean Extract yang membantu mencerahkan kulit. 
4.    Terakhir kupoles bibir ini menggunakan lipgloss Wondershine warna kalem, agar terlihat senatural mungkin. Ini bisa dipergunakan setelah menggunakan lipstik atau dapat langsung diaplikasikan ke bibir untuk menampilkan efek glossy and fresh.
5.     Untuk merias mata kadang kusapukan warna peach setipis mungkin. Itu sudah sangat cukup bagiku. Karena memang suamiku tak suka melihat istrinya dandan menor. Hohoho..

6. Dan untuk urusan alis, aku tidak pernah mencukur maupun memotongnya. Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa Allah SWT melarang hal tersebut untuk alasan apapun. Dan aku pun sudah sangat bersyukur diberikan penciptaan alis yang tebal dan membuat ciri khas tersendiri. Jika bertemu teman lama mereka akan mengakui, "ingat Lia ya liat saja alisnya." Alhamdulillaah.

Rahasia Cantik Luar Dalam


Oiya teman, jangan lupa. Selain kosmetik, sebenarnya ada hal yang luar biasa bisa menimbulkan kecantikan alami lho, untuk apa cantik berdempul di wajah namun dasarnya lupa kita rawat dengan baik.
Untuk merawat tubuh dari dalam berikut tips-tipsnya:
1.      Biasakan minum air putih setiap bangun pagi dan konsumsi buah sebelum makan makanan utama.
Air putih dapat memberikan kesegaran alami dan memperlancar kerja ginjal sehingga membuat badan terlihat sehat bugar. Apalagi jika diberi irisan jeruk lemon atau jeruk nipis, manfaatnya memberikan ekstra antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini. Demikian pula konsumsi buah-buahan sebelum makan makanan utama. Karena buah dapat membantu pencernaan lebih sehat dalam mengolah makanan yang masuk, hasilnya kesehatan diri terjaga.
2.      Biasakan berwudhu dan sholat sebagai penenang hati.
Kulit wajah akan mengalami berkurangnya kelembaban hampir 4 jam sekali. Hal ini bisa dikarenakan cuaca panas, AC, atau pengaruh kosmetik dan aktifitas kita. Untuk itu jika saja wudhu dijadikan rutinitas, niscaya cahaya wajah akan terlihat berseri. Untuk itu kita menjadi tahu manfaat berwudhu setiap kali kita akan melakukan sholat, ternyata menjadi pelembab alami. Sholat pun memberikan rangsangan konsentrasi dan ketenangan jiwa membuat diri ini selalu siap menghadapi kehidupan.
3.      Banyaklah tersenyum kepada saudara kita.
Tidak semua orang mudah tersenyum. Nyatanya bisa saja kita tersenyum saat difoto, saat bersama teman dan sahabat kita. Namun sadarkah kita, bahwa senyum itu untuk semua saudara kita. Siapa mereka? semua manusia di muka bumi ini adalah saudara kita. Seringnya tersenyum dengan tulus hati akan nampak memancarkan sinar kecantikan dari dalam. 
Menimbulkan kedamaian tanpa prasangka. Menimbulkan keindahan dan kecantikan dalam kehidupan. Untuk apa malu dan memalingkan muka saat kita bertemu dengan orang lain? Bukankah senyum itu adalah sedekah yang sangat dianjurkan Rasulullah?

4.   Rajin berpuasa selain di bulan Ramadhan ternyata dapat memberikan kesempatan tubuh kita untuk mengatur keseimbangan metabolisme dalam tubuh, sehingga dapat membersihkan saluran pencernaan dan mengendalikan segala penyakit. Contohnya diabetes, obesitas, jerawat, dan lain-lain. Hal ini pun dicontohkan Rasulullah yang terbiasa menjalankan puasa sunnah Senin dan Kamis ternyata berdampak luar biasa.
5.    Sering aktif di berbagai komunitas.
Berkumpul dan menemukan teman baru bisa memberikan efek luar biasa lho, sebagaimana sabda Rasulullah bahwa silaturahim itu memperpanjang umur dan mempermudah rejeki.
مَنْ أَ حَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
"Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi (HR.Bukhori Muslim)."
Demikian pula diriku, senang berkumpul dan berkenalan dengan teman-teman dimana pun berada. Berkumpul bisa saling memberikan nilai positif dan semangat baru, hasilnya membuat tubuh rileks dan wajah bahagia akan terpancar. Jika anda stress, bayangkan sendiri deh bagaimana wajah cemberutnya, hehe.

Untuk itu ayo kita percantik dan sempurnakan diri dengan sesuatu hal yang baik dan halal, dari dalam maupun luar tubuh ini, agar senantiasa menjadi wanita cantik yang hakiki. Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan mencintai keindahan. Bagaimana? pasti kamu bisa.

 sumber:
-http://halalmui.org/newMUI/
-http://e-lppommui.org/product_customer/ 
-http://www.wardahbeauty.com/id
-http://www.islam-qa.com/id/2162 
-https://www.facebook.com/Must.Be.Halal 
-http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/13/01/15/mgnm7l-bahaya-harta-haram




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge